Begini Seharusnya, Menu Makanan Penderita Diabetes Dan Hipertensi yang Dianjurkan Dokter

839

Dengan memperhatikan dan menjaga pola makan sehat dengan kandungan nutrisi yang mencukupi merupakan salah satu perawatan yang wajib untuk diperhatikan terhadap anda yang menderita Penyakit Diabetes komplikasi Hipertensi. Karena Diabetes dan Hipertensi sama-sama jenis penyakit yang tidak mempunyai obat khusus untuk menyembuhkan hingga tuntas dan menyebabkan penderitanya seratus persen terbebas dari kedua penyakit ini. Faktor lainnya adalah memperhatikan pola makan yang sehat dengan disertai asupan nutrisi tepat akan mampu memperbaiki gejala awal anda mengeluh karena serangan kedua penyakit tersebut.

Maka dari itu, para Penderita Diabetes dan Hipertensi tidak boleh sembarangan dalam mengonsumsi makanan / minuman. Ada banyak pantangan dan saran dianjurkan oleh dokter wajib dijalankan dengan teratur dan rutin setiap hari. Meskipun demikian, penderita komplikasi Diabetes dan Hipertensi tetap saja dapat mengonsumsi menu makanan yang bercita rasa lezat dengan memperhatikan 4 menu makanan sehat untuk Penderita Diabetes dan Hipertensi yang dianjurkan oleh dokter (seperti yang kami rangkum dari berbagai sumber berita) tersebut di bawah ini bisa anda coba mengolah di rumah :

Mengonsumsi Dada Ayam Sebagai Sumber Protein Rendah Lemak

Jenis makanan yang mengandung protein rendah lemak adalah paling diprioritaskan untuk dimakan oleh Penderita ‘Diabetes’ dan ‘Hipertensi’. Sedangkan makanan yang mengandung sumber protein tinggi terhadap lemak adalah sebaliknya yaitu dapat memperburuk tekanan darah, nah harus diimbangi dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung protein rendah lemak sehingga mampu menyeimbangkan kadar gula darah menjadi normal di dalam tubuh.

Jenis makanan ini ampuh buat mengenyangkan perut sehingga baik untuk kesehatan Jantung dan Penderita Diabetes komplikasi Maag. Untuk kelompok makanan yang menagndung sumber protein rendah lemak dengan mudah dapat anda temukan di pasar hingga supermarket diantaranya adalah dada ayam dihilangkan kulitnya, putih telur, ikan laut / ikan air tawar, serta beberapa jenis kacang-kacangan. Jangan sampai anda lupa mengkombinasikan dengan segelas susu segar yang terbuat dari bahan kacang-kacangan seperti susu kacang ijo atau susu kedelai. Pilihlah penyajian makanan dengan cara mengolahnya menjadi makanan rendah lemak seperti dikukus atau direbus.

Sayuran Hijau Sebagai Sumber Mineral Dan Nutrisi

Yang dimaksud dengan sayuran dalam hal ini adalah salah satu bahan makanan yang sehat bisa anda olah selanjutnya menjadi menu pendamping nasi untuk penderita Diabetes dan Hipertensi. Diketahui bahwa sayuran hijau banyak mengandung zat seperti Mineral, Vitamin, Antioksidan, dan Serat yang bermanfaat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. Maka dari itu sayuran hijau mampu mengurangi tumpukan kadar gula darah di dalam tubuh serta membantu menormalkan tekanan darah.

Sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari sebagai menu lauk-pauk teman anda makan nasi. Karena sayuran hijau yang dimasak bersamasama dengan daging ayam akan saling bahu-membahu dalam membantu menjadikan tubuh anda dalam kondisi bugar. Selain diolah dengan cara dimasak, sayuran hijau bisa anda konsumsi dalam keadaan segar / mentah yang kaya akan kandungan nutrisi seperti Sayur Brokoli.

  • Buah-Buahan Segar Sebagai Sumber Nutrisi Dan Vitamin

Hampir menyerupai sayuran hijau tersebut di atas, buah – buahan segar merupakan salah satu jenis makanan yang banyak menagndung nutrisi dan vitamin. Seperti diketahui bahwa buah merupakan salah satu makanan sehat yang kaya akan kandungan Serat di samping memiliki fungsi untuk melancarkan proses pencernaan sehingga anda mampu mencegah / mengatasi masalah Diabetes komplikasi Hipertensi. Buah meja yang segar dengan kandungan air cukup banyak dan berasa enak ini bagus dimanfaatkan sebagai pencuci mulut atau camilan untuk anak – anak.

Buah – buahan yang bisa anda konsumsi adalah Buah Pir, Buah Plum, Buah Avokad dan beberapa lagi jenis buah yang lainnya. Sedangkan untuk beberapa jenis buah sayur seperti kentang dan labu perlu memperhatikan porsi untuk dikonsumsi jangan sampai berlebihan karena dua jenis buah sayur ini ternyata banyak mengandung Zat Karbohidrat dalam jumlah cukup tinggi.

  • ‘Whole Grains’ Sebagai Sumber Serat Dan Nutrisi

Yang dimaksud dengan whole grains adalah salah satu produk olahan yang dibuat dari bahan biji – bijian. Makanan jenis ini bersifat siap saji yang dikemas menarik dengan harga yang cukup mahal di supermarket. Meskipun termasuk ke dalam makanan siap saji namun beberapa fungsi dan manfaat di dalamnya cukup bagus buat menjaga kesehatan tubuh manusia terutama bagi yang menderita Penyakit Diabetes komplikasi Hipertensi. Nah menu istimewa bagi penderita 2 penyakit ini adalah dibuat berdasarkan bahan – bahan ‘whole grains’ yang dengan mudah dapat anda coba membuat / berkreasi sendiri di rumah dengan bahan seadanya saja seperti remahan produk roti, aneka pasta, tortilla,  dan sereal.

Bahan makanan ini dapat menjadi menu utama makan siang / makan malam bahkan sarapan pagi sebagai pengganti menu utama nasi beserta lauk – pauk atau kentang dan labu. Asupan nutrisi dan Serat terkandung di dalam produk – produk whole grains memiliki fungsi guna memberikan rasa kenyang lebih lama dalam perut anda serta menjadikan kadar gula darah di dalam tubuh menjadi normal.

Nah untuk menu makanan / minuman bagi Penderita Diabetes dan Hipertensi wajib menperhatikan menu makanan yang dicermati komposisi dan nutrisinya setiap hari. Semoga bermanfaat !