6 Bahaya Makan Daging Kambing bagi Kesehatan

4961

Daging kambing, pasti anda sudah sangat familiar dengan salah satu jenis daging merah ini. ya, daging kambing merupakan salah satu jenis daging yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Meskipun demikian, daging kambing masih kalah popularitasnya dengan daging sapi maupun daging ayam. Kalahnya popularitas dari daging kambing ini, selain dari harganya yang cukup tinggi, daging kambing juga diternakkan tidak sebanyak daging sapi. Daging kambing pada umumnya diolah dan dikonsumsi sebagai salah satu bahan makanan dalam acara-acara tertentu, seperti lebaran dan juga acara pernikahan. Apabila dikonsumsi sehari-hari, biasanya daging kambing diolah sebagai olahan sate kambing.

Berikut ini adalah beberapa hasil dari olahan daging kambing, yang umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia :

  • Kambing guling
  • Gulai kambing
  • Sate kambing
  • Tongseng kambing
  • Sop kambing, dll

Daging kambing sendiri sering dikaitkan dengan berbagai macam bahahya kesehatan yang ditimbulkan setelah mengkonsumsi berbagai macam olahan dari daging kambing tersebut.

Apa saja bahaya dari daging kambing

Untuk mengetahui dan melihat lebih lanjut dari bahaya apa saja yang dapat ditimbulkan karena makan daging kambing, maka berikut ini adalah beberapa bahaya yang muncul karena memakan daging kambing :

1. Obesitas dan kegemukan

Bahaya pertama yang dapat muncul dari makan daging kambing adalah bahaya mengalami obesitas dan juga kegemukan. Ya, daging kambing memilki kandungan lemak yang sangat tinggi, dan kandungan lemak yang tinggi ini tentu saja akan sangat mempengaruhi jumlah lemak di dalam tubuh anda.

Apabila anda makan daging kambing secara berlebihan, tanpa disertai dengan olahraga dan gaya hidup sehat, maka hal ini akan menyebabkan lemak menjadi menunpuk pada tubuh anda. Penumpukan lemak ini akan meningkatkan bahaya obesitas pada diri anda, yang merupakan salah satu pintu masuk dari munculnya berbagai macam penyakit.

2. Naiknya kadar kolestrol

Anda yang memiliki bakat mengalami gejala kolerstrol tinggi, maka anda wajib untuk menghindari daging kambing. Ya, daging kambing memilki kandungan kolesetrol jahat atau LDL yang sangat tinggi. Kandungan kolesterol jahat ini akan sangat berpengaruh terhadap kadar kolesterol di dalam tubuh anda, sehingga dapat menyebabkan kolesterol anda meningkat.

Kolesterol sendiri memiliki banyak sekali dampak negatif bagi kesehatan tubuh anda, karena dapat menyebabkan terjadinya berbagai macam gangguan kesehatan , seperti penyakit jantung, penyumbatan pembuluh darah, pusing dan sakit kepala, serta meningkatkan resiko terjangkit stroke.

3. Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu efek buruk lainnya dari bahaya makan daging kambing yang anda makan. Ya, daging kambing memiliki efek yang sangat signifikan dalam meningkatkan tekanan darah anda. Meningkatnya tekanan darah, maka anda akan mengalami berbagai macam gejala hipertensi yang membuat tubuh anda akan merasa tidak nyaman.

Gejala -gejala hipertensi antara lain mudah merasa pusing, pening dan juga terasa lemas dan mudah lelah. Selain itu, apabila tekanan darah anda menjadi tinggi, emosi dan juga mood anda akan terganggu, dimana anda akan mudah untuk merasakan marah. Beberapa sumber juga menyarankan konsumsi daging kambing bagi mereka yang memiliki darah rendah atau hipotensi, namun tetap saja konsumsi daging kambing ini haruslah berada dalam batas kewajaran.

4. Sembelit

Bahaya lainnya dari konsumsi dari daging kambing adalah munculnya gejala sembelit, alias susah membuang air besar. Hal ini disebabkan karena daing kambing memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi. Apabila anda juga merupakan salah satu orang yang sering makan daging kambing dan ditambah dengan kekurangan makanan kaya serat, maka sembelit ini akan sangat mudah menghampiri anda.

Kandungan lemak yang tinggi ini dapat menghambat kerja dari saluran pencernaan, yang mana memiliki pengaruh yang signifikan untuk organ pencernaan, yang juga dapat menyebabkan munculnya gejala sembelit atau kesulitan buang air besar.

5. Meningkatkan gejala naiknya asam lambng / GERD

Anda mengalami gejala asam lambung? Berarti buang jauh-jauh keinginan anda untuk makan daging kambing. Ya, bahaya daging daging kambing dapat memicu terjadinya peningkatan dan juga naiknya asam lambung di dalam tubuh, atau yang dikenal dengan istilah gejala GERD. GERD ini dapat menimbulkan berbagai macam gejala yang sangat tidak nyaman, terutama pada bagian lambung dan kerongkongan.

Lambung dan juga kerongkongan anda akan terasa sangat panas, perih dan juga terasa seperti terbakar. Lambung anda juga akan terasa sangat mual dan ingin muntah, serta memberikan efek buruk bagi nafas anda, karena GERD dapat menyebabkan nafas menjadi bau dan tidak segar..

6. Memperlambat dan memperburuk sistem peredaran darah

Efek buruk lainnya dari bahaya makan daging kambing yang harus anda ketahui adalah daging kambing dapat memperburuk dan memperlambat dari sistem peredaran darah. Hal ini sangat erat kaitannya dengan kondisi lemak dan juga kolestrol tinggi yang terkandung dalam daging kambing. Lemak dan kolestrol ini sangat “berperan penting” dalam menyumbat pembuluh darah anda.

Pada penyumbatan pembuluh darah, maka sudah bisa dipastikan, kondisi peredaran darah anda menjadi terhambat. Hal ini dapat menyebabkan berbagai macam hal, salah satunya adalah dapat menyebabkan tidak berfungsinya organ-organ tubuh vital, seperti jantung dan juga otak secara optimal. Hal ini karena kekurangan pasokan darah dan juga oksigen, yang terhambat.

Itulah beberapa bahaya makan daging kambing bagi kesehatan anda. namun demikian, bukan berarti kita tidak boleh memakan daging kambing sama sekali. Daging kambing boleh untuk dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Dan juga ketika makan daging kambing, cobalah menggunakan pendamping, seperti acar dan juga minuman lemon atau jeruk nipis agar dapat menetralisir panas di lambung, yang dapat menyebabkan naiknya asam lambung.

Sekian artikel mengenai bahaya makan daging kambing. Semoga artikel ini bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan anda semua para pembaca mengenai daging kambing ini.