Home MinumanMinuman Berbahaya 10 Bahaya Kopi bagi Penderita Kista Ovarium dan Rahim

10 Bahaya Kopi bagi Penderita Kista Ovarium dan Rahim

by Mei Riska

Kista merupakan jenis tumor jinak yang tidak berbahaya tetapi tetap berpeluang untuk menjadi tumor ganas jika tidak diatasi dengan  pengobatan segera. kista dapat berubah menjadi tumor yang jahat yang pergerakannya atau pertumbuhannya bisa bertindak seperti kanker yaitu bisa menjalar dan merusak jaringan tubuh. Kopi memang selain berdampak kurang sehat pada tubuh , namun kaya manfaat bagi kesehatan organ tubuh jika mengkonsumsinya dalam batas yang wajar dan berlebihan. Namun bagaimana dengan  penderita kista, ternyata kopi memiliki efek untuk penderita kista, berikut ini adalah efek samping kopi ddan juga mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein tinggi bagi penderita kista :

  1. Memperbesar Kista

Mengkonsumsi kopi dengan jumlah kafein yang terlalu tinggi dapat meningkatkan pertumbuhan dan mempercepat pergerakan kista jaringan dan kista payudara pada wanita muda ataupun yang telah berusia diatas 40 tahun. Kafein yang berlebih di dalam rahim dapat melekat pada dinding rahim dan jika terus menumpuk dari tahun ketahun maka akan muncul kista berisi cairan dengan bentuk yang kecil lalu lama kelamaan menjadi besar. Kista tersebut adalah hasil reaksi dari kafein yang telah meracuni rahim dan mengganggu embrio jika ternyata seseorang sedang hamil muda.

  1. Membuat Haid Tidak Teratur

Bahaya kafein pada penderita kista atau seseorang yang telah sembuh dari serangan kista sangat tidak baik, karena dapat memnperparah gejala sindrom pada haid yang tidak teratur semakin menjadi tidak teratur dan menimbulkan rasa nyeri pada bagian rahim, yang pada akhirnya dapat memicu pembentukan kista baru.

Baca : Bahaya minum kopi saat haid

  1. Mengiritasi Rahim

Seseorang yang pernah menjalani operasi kista indung telur sebaiknya menghindari kopi, karena kondisi tempat indung telur yang pernah mengalami pembedahan akan sensitif terhadap kafein yang dapat mengiritasi dan merusak jaringan indung telur, bahkan pada beberapa kasus kafein dan zat lain yang ada pada kopi dapat memicu pembentukan kista baru.

Baca : Penyebab kram perut bagian kiriCara menjaga kesehatan organ reproduksi

  1. Membuat Kista Tumbuh Kembali

Mengkonsumsi kopi dalam batas wajar baik bagi kesehatan tubuh namun bagi wanita yang pernah sembuh dari penyakit kista sebaiknya tidak mengkonsumsi kopi lagi, gantilah minuman yang tidak mengandung kafein misalnya jus buah atau susu kacang kedelai yang baik untuk menjaga kesehatan. Kopi akan membuat kista tumbuh kembali pada tempat yang sama.

  1. Kemandulan

Kafein pada kopi bagi penderita kista memiliki kandungan AMP yang mempunyai kemampuan mempercepat pertumbuhan kista pada wanita yang sering keguguran dan terancam kemandulan.bahkan kista tersebut akan mengalami peningkatan pergerakannya dan tumbuh subur menyerupai gerombolan buah anggur didalam ginjal.

Baca : Makanan untuk kesuburanMakanan penambah sperma Cara meningkatkan kualitas sperma

  1. Kerusakan Indung Telur

Seorang wanita yang sedang hamil muda dan sudah 3 kali mengalami keguguran tetapi terlalu sering mengkonsumsi kopi maka indung telurnya akan mengalami kerusakan dan tumbuh pembengkakan semacam benjolan kecil, hal itu akibat serangan kafein yang bersifat tajam dan beracun. Pembengkakan yang terjadi bisa saja berubah menjadi kista yang kemudian akan memicu benjolan lain dalam jumlah yang lebih banyak. Hentikan mengkonsumsi kopi dan gantilah dengan jus!

  1. Keguguran

Kehamilan muda masih sangat rentan keguguran jika  terserang segala bakteri yang dihasilkan dari radikal bebas termasuk sisa limbah makanan, kafein dalam jumlah berlebih dapat bertindak sebagai racun dan sama bahayanya dengan bakteri. yaitu kafein mampu menetap dan mengalami penggumpalan didalam darah yang nantinya adalah bakal calon janin. gumpalan kafein itu memicu terjadinya kista yaitu gelembung berisi cairan seperti anggur yang terjadi diluar rahim yang akhirnya dapat  menggagalkan atau menggugurkan kandungan.

Bahaya Kopi Bagi Wanita dengan Operasi Kista

Meskipun sudah diangkat kistanya dan telah di operasi, wanita tidak boleh mengonsumsi kopi sebab akan sangat berbahaya bagi kesehatan dirinya. Berikut ini adalah ahaya kopi bagi wanita yang pernah memiliki kista :

  1. Kista tumbuh kembali – Seseorang yang pernah terkena kista tubuhnya akan rentan terserang kista kembali jika tidak merubah pola hidup yang lebih sehat, rajin olahraga, menghindari kopi atau minuman lain yang mengandung kafein. Kista terbentuk karena makanan dan minuman yang tidak sehat yang telah terkontiminasi zat berbahaya termasuk kafein kopi. kafein dapat dimasukan sebagai kategori minuman yang tidak sehat, karena kafein bisa menjadi racun bagi penderita kista dan tidak akan memberikan manfaat sama sekali.
  2. Sensitif terhadap kafein – Seseorang telah sembuh karena penyakit kista pada dasarnya tempat dimana dulu pernah ditumbuhi kista akan menjadi lebih sensitif dan peka terhadap kafein dan akan mengalami gangguan jika anda tetap ingin mengkonsumsi kopi walaupun dalam jumlah sedikit saja. gangguan yang muncul berupa rasa nyeri pada seputar ovarium, rahim mengalami penegangan atau kista baru akan muncul kembali.
  3. Membuat iritasi. Kopi tidak cocok untuk penderita kista, pada orang yang sudah sembuh dari kista dan pada orang yang sedang menjalani progran pemulihan setelah bedah operasi kista. Kafein dapat mengiritasi indung telur dan meningkatkan pergerakan sel sel hidup kista yang seharusnya sudah tidak aktif lagi, namun zat kafein mampu membangkitkan jaringan kista yang telah mati menjadi tumbuh kembali.

Penyebab Kista

Berikut ini adalah hal-hal yang bisa menyebabkan munculnya kista :

  1. Seseorang yang pernah menjalani kemoterapi
  2. Seorang wanita yang sulit hamil, biasanya setelah 10 tahun menikah
  3. Seringnya wanita hamil muda yang mengalami keguguran
  4. Seseorang yang dinyatakan dokter memiliki indung telur yang bermasalah misalnya tumbuh benjolan
  5. Seorang wanita yang diklaim dokter kandungan indung telurnya tidak subur
  6. Karena faktor keturunan
  7. Wanita yang dipastikan dokter mengalami kemandulan
  8. Karena sikulus haid yang sering berubah ubah
  9. Karena adanya gangguan serius pada jaringan perut
  10. Seseorang yang menderita penyakit Hipotiroid
  11. Karena malas melakukan aktifitas berolahraga. ( Baca juga : Akibat kurang olahragaDampak negatif tidak pernah olahraga )
  12. Seseorang yang menyukai minuman beralkohol
  13. Karena stres berat dan depresi berlebihan yang berlangsung selama berbulan bulan. ( Baca juga : Penyebab stresCara menghilangkan stres Ciri ciri depresi )

Gejala Kista

Berikut ini adalah gejala kista yang sering diabaikan oleh wanita :

  1. Perut terasa tidak nyaman (bisa berlangsung selama berbulan bulan)
  2. Panggul pegal pegal dan nyeri terus menerus
  3. Sering buang air kecil
  4. Sering buang air besar
  5. Dada terasa berat, sesak nafas, nyeri dan timbul pembesaran (bengkak). ( Baca juga : Dada sesak sebelah kiriPenyebab dada sesakPenyebab dada sakit dan sesak )
  6. Perut semakin membuncit dari minggu keminggu
  7. Saat sebelum dan sesudah haid selesai panggul. pinggul. seputar perut dan daerah kemaluan terasa nyeri
  8. Haid sering tidak teratur, kadang hanya 5 hari, kadang tidak berhenti sampai 2 minggu lebih
  9. Tubuh meras mudah lelah dan sering mengantuk
  10. Tubuh kerab terserang dehidrasi dan lemas

Pencegahan Kista

Mencegah lebih baik dibandingkan mengobati, berikut ini adalah pencegahan kista yang bisa dilakukan :

  1. Pola Makan Sehat

Seseorang yang sering menyantap makanan yang mengandung zat pengawet berbahaya, karena radikal bebas  hasil dari polusi udara, makanan yang memiliki kandungan zat karsinogen, karena makanan yang mengandung merkuri, makanan yang terpapar radiasi partikel berbahaya seperti logam, mengandung protookogen dan lain lain yang memicu peningkatan perubahan kearah Onkogen yaitu pembentukan sel kanker padaa jaringan ovarium atau jaringan lain.

  1. Hidup Sehat

Karena kebiasaan dan gaya hidup yang tidak sehat, termasuk menyukai makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi tetapi tidak mencukupi asupan serat yang tinggi. kondisi ini dapat memicu tumbuhnya kista jika seorang wanita menjalani  kebiasaan tersebut selama bertahun tahun.

  1. Menghindari Pantangan Kista

Ada beberapa pantangan kista yang harus dihindari oleh wanita dengan kista atau wanita yang belum memiliki kista, berikut ini adalah pantangnnya :

  • Sedapat mungkin hindari sesering mungkin makanan yang bercita rasa pedas. ( Baca : Bahaya makanan pedas )
  • Sedapat mungkin hindari makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi.
  • Hindari alkohol atau semua minuman yang mengandung alkohol walaupun hanya 5 persen. ( Baca : Bahaya alkohol )
  • Hindari mengkonsumsi kopi pahit tanpa gula atau teh apapun alasannya
  • Tidak mengkonsumsi secara berlebihan makanan hasiul laut seperti Ikan, kepiting, kerang, tiram, lobster, Cumi cumi  dan lain lain.

Fakta tentang Kista

Ada beberapa fakta yang belum diketahui oleh masyarakat luas, berikut ini adalah fakta yang harus diketahui masyarakat luas tentang kista :

  • Penyakit kista merupakan aktifitas pelepasan sel telur dari ovarium yang ternyata berpeluang untuk berkembang biak, memperbanyak dirinya lalu membesar ketika aktifitas Ovalusi (haid) terjadi dan kondisi hormon progesteron melukai dinding rahim kemudian membentuk seperti bantalan lunak untuk embrio dikemudian hari.
  • Bantalan yang sangat lunak dan transparan tersebut didalamnya mengandung cairan yang terbungkus oleh kantung kantung mungil yang halus dan tipis, mengandung jaringan lemak yang menggumpal dan mengandung pembuluh darah yang berdinding halus.
  • Kista adalah proses pembentukan embrio yang gagal pada ibu hamil muda, dimana jaringan yang ada pada ovarium telah terkontiminasi dengan zat makanan yang mengandung lemak tingggi, zat bahan pengawet berbahaya dan karena terpapar radiasi logam ataupun partikel lain yang  tanpa sengaja terbawa lewat makanan atau minuman selama bertahun tahun sebelum ibu hamil mengalami kehamilan.

Kista hampir mirip seperti kanker yang sewaktu waktu bisa timbul kembali jika anda tidak merubah pola dan gaya hidup kearah yang lebih sehat. Kanker sebagian besar disebabkan karena radikal bebas termasuk yang dihasilkan lewat sisa limbah makanan  yang mengandung lemak tinggi, makanan mengadung bahan pengawet, zat logam dan lain lain, begitu juga dengan kista yang dapat muncul karena pola makan yang tidak sehat.

You may also like