Amankah Kopi bagi Penderita Ginjal Kronis ?

5388

Kopi merupakan jenis minuman yang lebih sering diminati oleh kalangan pria, tetapi seiring dengan perkembangan zaman, kopi sekarang sudah banyak diminati oleh kaum wanita juga. Bagi seorang yang telah terbiasa minum kopi atau bisa dikatakan penikmat kopi maka jika tidak minum kopi maka seperti ada yang kurang dalam hidupnya. Banyak penikmat kopi yang memaparkan bahwa mereka mendapatkan banyak manfaat dari minuman yang dinikmatinya tersebut. Zat kafein yang berada didalam kopi tersebut memang dapat memberikan banyak efek baik bagi tubuh yaitu menimbulkan rasa senang, merefreshkan pikiran serta menghilangkan rasa ngantuk. Berikut ini adalah hal-hal yang berhubungan dengan kopi:

  • Kopi berasal dari biji kopi yang tumbuhannya berasal dari dataran Ethiopia. Dahulu sebelum terkenal seperti sekarang, tanaman kopi merupakan tumbuhan liar. Setelah tanaman kopi ditemukan kemudian pada abad ke-15 tanaman ini dikembangkan di semenanjung Arab.
  • Jenis kopi yang ditemukan di semenanjung Arab sekarang dikenal sebagai kopi jenis Arabica. Kopi yang ditemukan di semenanjung Arab ini mempunyai sejarah tersendiri yaitu dahulu kopi ditemukan oleh seorang pemuda yang sedang menggembala kambing yang bernama Kaldi.
  • Saat sedang menggembala kambingnya, Kaldi melihat kambingnya terlihat gembira setelah memakan biji dan daun tumbuhan kopi. Setelah itu dia mendekati tanaman tersebut dan mencoba memakan biji kopi, kemudian dia juga merasa gembira. Setelah hal tersebut maka tersebar berita ini keseluruh negara Arab.
  • Kemudian negara india juga mulai menanam kopi pada tahun 1610 serta pada tahun 1614 Belanda mulai mengembangkan tanaman kopi. Kemudian tanaman kopi juga dikembangkan di Srilangka dan Indonesia oleh Belanda pada tahun 1699.

Berikut ini bahaya kopi bagi penyakit ginjal :

  1. Merusak Filter Ginjal

Kopi salah satu minuman yang tidak dianjurkan dikonsumsi oleh orang yang menderita penyakit ginjal. Hal ini karena zat yang terdapat didalam kopi tidak baik untuk kesehatan ginjal. Kopi dan kandungan zat yang terdapat didalamnya harus dijauhi oleh orang yang menderita penyakit ginjal. Kopi bagi penderita ginjal, juga mengandung zat kafein yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi dan meningkat maka akan menyebabkan ginjal harus bekerja lebih keras karena ginjal merupakan organ yang berfungsi untuk menfilter darah didalam tubuh. Tekanan darah yang tinggi bisa memberikan tekanan tambahan pada ginjal. Jika hal ini terjadi secara terus-menerus maka filter ginjal akan cepat rusak. Jika filter ginjal rusak maka ginjal tidak bisa menyaring darah dalam urin.

Baca :Melinjo bagi penderita hipertensiCara mencegah darah tinggiPantangan darah tinggiPenyebab darah tinggi

  1. Merusak Ginjal

Jika filter ginjal semakin rusak maka lama kelamaan ginjal akan kehilangan fungsinya. Saat sudah kehilangan fungsinya manusia bisa terkena penyakit ginjal berupa gagal ginjal dan harus dilakukan cuci darah setiap minggu atau setiap bulannya.

Baca : Bahaya gagal ginjalGejala penyakit ginjal Penyebab terjadinya gagal ginjalJenis penyakit ginjal

Apa itu Ginjal ?

Ginjal merupakan organ tubuh yang terletak di rongga belakang usus agak atas. ginjal didalam tubuh manusia terdapat dua buah yaitu sebelah kanan dan kiri. Ginjal sebalah kanan letaknya lebih rendah dibanding dengan ginjal yang berada disebelah kiri. Ginjal merupakan saluran kemih yang mempunyai banyak fungsi dalam membantu metabolisme dan kerja tubuh kita. Beberapa fungsi ginjal diantaranya yaitu seperti, membersihkan darah dari zat-zat hasil metabolisme, mengatur volume cairan tubuh, mengatur metabolisme kalsium dan vitamin D, mengatur pH darah agar tidak terlalu asam, menghasilkan eritropen, renin, kalsitriol atau vitamin D3.

Dari sekian banyak fungsi ginjal tersebut maka akan terjadi tidak berfungsi lagi jika ginjal mengalami kerusakan. Penyakit ginjal bermacam-macam seperti gagal ginjal, batu ginjal, radang ginjal (nefritis), glukosuria, hematuria, nefritis glomerulus, sistisis, pielonefritis, ketosis, diabeter insipidus, penyakit polistik, serta anuria. Penyakit-penyakit tersebut dapat menyebabkan kerja ginjal menjadi tidak normal sehingga dapat mengganggu kesehatan tubuh anda.

Bagi orang yang telah mengalami penyakit ginjal, maka harus lebih menjaga kesehatan tubuh serta memperhatikan setiap makanan atau minuman yang hendak kita konsumsi karena tidak semua makanan dan minuman baik untuk dikonsumsi apalagi seseorang yang telah mengalami sakit ginjal maka harus bisa mengenal makanan dan minuman yang dianjurkan serta tidak dianjurkan untuk dikonsumsi.

Bahaya Kopi

Kopi dengan sensasi rasanya yang nikmat ternyata mempunyai manfaat dan bahaya untuk kesehatan tubuh kita. Kita harus benar-benar dapat mengenali kesehatan tubuh kita sehingga kita dapat memprioritaskan diri kita serta tahu takaran tubuh kita sejauh mana bisa mengkonsumsi kopi. Berikut ini ada beberapa bahaya jika kita minum kopi yang terlalu berlebihan yaitu :

  1. Menyebabkan detak jantung lebih cepat dari biasanya. ( Baca : Detak jantung normal )
  2. Dapat menimbulkan gejala atau sakit maag. ( Baca : Bahaya kopi bagi penderita maagBahaya maag kronisObat maag tradisional )
  3. Dapat menimbulkan resiko serangan jantung dan stroke. ( Baca : Jenis-jenis strokeBahaya stroke )
  4. Menimbulkan gejala insomnia. ( Baca : Penyebab insomniaDampak insomnia )
  5. Bagi ibu hamil, minum kopi berlebihan dapat menyebabkan keguguran
  6. Kopi dapat melemahkan daya tahan tubuh anda

Fakta Kopi dengan Ginjal

Sebenarnya mengkonsumsi kopi atau mengkonsumsi makanan dan minuman mengandung kafein boleh boleh saja asalkan tidak berlebihan. Berikut ini fakta kopi dengan ginjal yang belum diketahui:

  • Kopi yang dapat merusak ginjal yaitu jika dengan dosis yang tinggi artinya dengan secara berlebihan dan dengan kadar kafein yang tinggi. ( Baca : Bahaya kafein )
  • Batas mengkonsumsi kopi secara berlebihan yaitu sehari semalam sampai melebihi 4 kali sehari. Apalagi jika mengonsumsi dengan batas yang berlebihan serta kopi yang mengandung kafein tinggi maka akan lebih berbahaya efeknya terhadap ginjal anda. ( Baca : Bahaya kopi bagi penderita asam lambungKopi bagi penderita hepatitis )
  • Jika anda mengkonsumsi kopi dengan dosis dan tingkat kafein yang wajar maka hal ini tidak akan memberikan dampak negatif yang berati bagi kesehatan anda. Tetapi bagi orang yang telah mengalami sakit ginjal maka harus tetap berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan atau minuman berkafein seperti kopi.
  • Batas mengkonsumsi kopi yang wajar bagi orang sehat dan tidak menimbulkan efek negatif bagi kesehatan yaitu tidak lebih dari satu cangkir per hari dan alangkah baiknya untuk menjauhi kopi bagi penderita ginjal.
  • Mengkonsumsi kopi dengan dosis wajar dan tingkat kafein yang rendah malah dapat mencegah terjadinya batu ginjal bagi orang yang belum terkena penyakit pada ginjal. Tetapi bagi orang yang telah mengalami penyakit ginjal maka tetap dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi kopi tetapi diperbanyak dengan minum air putih. ( Baca : Bahaya batu ginjalPantangan batu ginjal Gejala batu ginjal )

Sebenarnya mengkonsumsi kopi tidak begitu berbahaya bagi orang yang sehat dan tidak mengidap penyakit jika dengan cara yang tidak berlebihan, tetapi jika dengan cara yang berlebihan tentu saja tidak baik untuk kesehatan karena memang yang berlebihan itu menyebabkan efek negatif. Bagi penderita ginjal sebaiknya menghindari kopi karena kandungan kafein dalam kopi itu berbahaya bagi ginjal. Maka dari sekarang kurangi konsumsi kopi untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan bugar. Sayangi kesehatan tubuh anda karena siapa lagi yang akan menjaganya kecuali diri anda sendiri