9 Penyebab Kaki bengkak Sebelah Kanan

7317

Kaki bengkak di dalam dunia medis sering disebut dengan edema tungkai, di mana kaki akan mengalami pembengkakan akibat adanya penumpukan cairan. Pada beberapa kasus, pembengkakan kaki juga bisa disertai dengan gejala nyeri sehingga menyebabkan aktivitas terganggu. Pada beberapa kasus, pembengkakan kaki bisa terjadi hanya pada sebelah kaki saja. Ada beberapa kondisi atau faktor yang bisa menyebabkan kaki bengkak sebelah, terutama kaki sebelah kanan. Pembengkakan yang terjadi pada kaki di sebelah kanan umumnya disebabkan oleh penumpukan cairan pada bagian-bagian tubuh.

Pembengkakan yang terjadi akibat akumulasi cairan biasanya tidak akan menyebabkan nyeri, kecuali jika pembengkakan disebabkan oleh cidera atau karena radang. Pembengkakan di area kaki sangat umum terjadi, hal tersebut karena adanya efek gravitasi. Umumnya pembengkakan kaki sebelah kanan ataupun keduanya akan terjadi seiring dengan pertambahan usia. namun pada beberapa kasus, bisa juga terjadi pada usia muda. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa faktor yang bisa menyebabkan kaki sebelah kanan bengkak beserta metode pengobatan yang bisa diupayakan.

(Baca juga: penyebab kaki bengkak sebelah)

1. Limfedema

Limfedema merupakan gangguan kesehatan yang terjadi akibat adanya gangguan pada pembuluh getah bening yang membuat peredaran cairan pada kaki terhambat. Kondisi semacam ini akan menyebabkan kaki sebelah kanan membengkak. Bisa juga kaki di sebelah kiri.

2. Cidera

Penyebab lain kenapa kaki sebelah kanan bisa membengkak adalah cidera. Jika cidera terjadi pada kaki sebelah kanan maka pembengkakan kaki juga akan terjadi di sebelah kanan. Kenapa cidera bisa menyebabkan kaki bengkak. Ketika cidera terjadi pada kaki sebelah kanan, maka ligamen (sebuah pita fleksibel yang menghubungkan satu tulang dengan tulang lainnya) akan merenggang dan melampaui batas normal. Kondisi semacam itulah yang akan menyebabkan kaki menjadi bengkak.

3. Infeksi

Infeksi juga bisa menyebabkan kaki sebelah kanan membengkak. Kondisi semacam ini sangat umum dialami oleh penderita diabetes dan juga orang-orang yang memiliki masalah dengan saraf-saraf di kakinya. Jika anda memiliki riwayat penyakit-penyakit tersebut maka anda patut untuk waspada jika kaki anda mengalami luka atau lecet karena bisa menimbulkan infeksi, mengingat penderita diabetes atau gangguan saraf akan mengalami kesulitan dalam proses penyembuhan luka.

(Baca juga: jenis-jenis penyakit sarafpenyebab luka tidak cepat keringluka diabetes)

4. Pembekuan Darah

Apabila pembekuan darah di pembuluh darah terjadi pada kaki sebelah kanan, maka kondisi tersebut sudah pasti akan menyebabkan kaki sebelah kanan membengkak. Hal tersebut terjadi karena penumpukan pembekuan darah di pembuluh darah kaki sebelah kanan akan menyebabkan aliran darah ke jantung terhambat hingga akhirnya memicu kaki bengkak. maka tidak heran jika penderita penyakit jantung biasanya akan mengalami gejala pembengkakan pada kaki mereka.

(baca juga: penyebab darah beku saat haid)

5. Mengidap Penyakit Tertentu

Seseorang yang mengidap penyakit tertentu juga bisa mengalami kaki bengkak sebelah kanan. Adapun beberapa jenis penyakit yang bisa menyebabkan kaki bengkak sebelah kanan seperti penyakit ginjal, penyakit jantung, dan juga gangguan pada fungsi hati. Penyakit ginjal akan menyebabkan proses filtrasi cairan menjadi tidak lancar sehingga terjadi penumpukan cairan di dalam tubuh, termasuk di area kaki. Sementara itu, gangguan pada fungsi hati akan menyebabkan proses metabolisme terganggu sehingga racun-racun dari dalam tubuh tidak terbuang dengan baik. Hal tersebut juga bisa menyebabkan kaki sebelah kanan bengkak.

6. Insufisiensi Vena

Kaki bengkak sebelah kanan juga bisa menjadi gejala awal dari insufisiensi vena. Insufisiensi vena merupakan kondisi di mana darah tidak dapat naik dari pembuluh darah kaki menuju ke jantung. Kondisi semacam inilah yang akan menyebabkan kaki menjadi bengkak. Apabila kondisi semacam itu tidak segera ditangani dengan benar, bisa jadi akan menyebabkan komplikasi lain, seperti borok kulit, infeksi, dan juga perubahan pada bentuk kulit.

7. Penggunaan Obat

Penyebab lain kaki bengkak sebelah kanan adalah efek samping penggunaan obat-obatan. Pada beberapa kasus, mengkonsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menyebabkan kaki kanan bengkak. Adapun beberapa jenis obat-obatan yang bisa menyebabkan kaki bengkak di antaranya obat-obatan untuk penderita diabetes, obat anti inflamasi non steroid, obat anti depresan, obat steroid, obat untuk mengatur tekanan darah, dan juga penggunaan alat kontrasepsi oral.

8. Penyakit Kaki Gajah

Penyakit kaki gajah juga menjadi salah satu faktor yang bisa menyebabkan kaki bengkak sebelah kanan. Pada beberapa kasus, pembengkakan juga bisa terjadi pada kaki kiri. Kondisi semacam ini terjadi karena adanya penyumbatan pada sistem getah bening. Penyebab utama dari kaki gajah sendiri adalah cacing filaria. Cacing filaria menginfeksi seseorang melalui gigitan nyamuk.

Cacing filaria akan berkembang di dalam saluran getah bening, menyebabkan penyumbatan, hingga akhirnya menyebabkan penderitanya mengalami gejala pembengkakan pada kaki. Kaki gajah memang bukan penyakit yang mematikan, namun jika tidak segera dilakukan pengobatan bisa jadi pembengkakan akan semakin parah hingga mengganggu aktivitas dan juga sering membuat penderitanya malu.

(Baca juga: gejala kaki gajah)

9. Terlalu Lama Berdiri

Terlalu lama berdiri juga bisa menyebabkan kaki sebelah kanan bengkak. Kondisi tersebut akan terjadi ketika kaki kanan digunakan sebagai tumpuan utama untuk berdiri. Kaki kiri juga bisa mengalami pembengkakan ketika kaki tersebut digunakan sebagai tumpuan. Jadi, pembengkakan akan terjadi ketika bagian tersebut digunakan untuk tumpuan ketika berdiri. Kondisi semacam ini merupakan efek dari gravitasi di mana cairan akan lebih banyak terkumpul di bawah, yakni di area kaki sebagai tumpuan.

(Baca juga: bahaya terlalu lama berdiri)

Itulah beberapa faktor yang bisa menyebabkan kaki kanan menjadi bengkak. Untuk mengatasi permasalahan tersebut anda bisa melakukan beberapa metode, di antaranya:

Itulah beberapa metode yang bisa dilakukan untuk mengatasi kaki kanan yang bengkak. Apabila kaki bengkak tersebut belum teratasi maka sebaiknya anda segera melakukan pemeriksaan medis. Bisa jadi kaki kanan yang bengkak tersebut merupakan gejala penyakit berbahaya yang harus ditangani dengan penanganan khusus.