15 Makanan yang dapat Menyebabkan Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang dapat mematikan manusia, mengapa demikian ? karena penompang kehidupan manusia adalah jantung, dengan adanya jantung manusia dapat bernafas, dengan adanya jantung manusia mampu untuk mengalirkan darah dan oksigen ke tubuh yang membutuhkan, bayangkan saja bila jantung tidak berfungsi selama 10 menit saja, pastilah tidak akan ada kehidupan lagi. banyak sekali penyebab atau faktor faktor yang membuat jantung menjadi rusak diantaranya:

Faktor yang merusak jantung

  1. rokok
    seorang yang merokok tentu sudah pasti akan membuat jantung menjadi rusak, nikotin yang ada di dalam rokoklah yang membuat fungsi jantung menjadi berkurang. (efek bahaya nikotin pada rokokinilah penyakit yang disebabkan oleh rokok)
  2. tekanan darah tinggi (hipertensi)
    tekanan darah sangat dibutuhkan untuk mengontrol degub pada jantung, biasanya tekanan darah tinggi akan membuat jantung sulit untuk mengatur detak jantungnya secara normal, tentunya hal ini akan membuat jantung semakin melemah. (bahaya garam bagi penderita hipertensi)
  3. kolestrol darah tinggi
    kolestrol darah yang tinggi dapat mempengharui daya kerja jantung, pada dasarnya jantung memiliki fungsi untuk bekerja mengalirkan darah keseluruh tubuh, namun jika pada darah mengandung kolestrol yang tinggi justru akan membuat jantung menjadi tidak normal kerjanya. (pantangan bagi penderita kolesterol)
  4. penyakit turunan
    penyakit jantung merupkan salah satu penyakit turunan, dimana penyakit ini mampu menurunkan ke keturunan kita, biasanya proses penurunan ini secara bersilang (meskipun tidak selalu). misalnya yang memiliki riwayat penyakit jantung adalah ayah, maka bila keturunannya perempuan ia juga memiliki resiko terserang penyakit jantung juga. (penyebab penyakit jantung pada manusiaketahui 10 gejala jantung koroner)
  5. usia lanjut
    pada masa usia lanjut, pembuluh darah sudah tidak dapat berfungsi dengan normal, begitu pula untuk pengambilan oksigen yang dibutuhkan jantung, maka dari itu banyak orang yang sudah lanjut usia tubuhnya menjadi retan terhadap penyakit.
  6. makanan
    terkadang, bahkan tak jarang, makanan yang kita makan mampu untuk membuat jantung menjadi semakin lemah, banyak faktor memang, dan banyak pula makanan yang membuat jantung menjadi lemah. adapun hal tersebut akan dibahas lebih lanjut

untuk membahas makanan apa saja yang dapat memicu rusaknya jantung, maka anda harus menyimak artikel ini baik-baik, setelah mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan penyakit jantung saya fikir itu belum cukup untuk menghindarinya dari penyakit jantung. selain mengetahui faktor-faktor penyebab, anda juga perlu mengetahui makanan apa saja yang mampu memicu rusaknya jantung

berikut ini daftar makanan yang dapat menyebabkan penyakit jantung :

  1. gorengan

Gorengan merupakan makanan yang cukup lezat, bahkan nikamat, apalagi disaat hujan, atau disaat santai, gorengan akan menjadi menu utama untuk menemani ke luaganan waktu kita, tetapi yang perlu anda ketahui adalah, terlalu banyak mengkonsumsi gorengan ternyata menjadi salah satu penyebab penyakit jantung. hal ini bukan berarti melarang anda untuk tidak mengkonsumsi gorengan, boleh saja anda mengkonsumsinya, hanya saja dengan catatan ada tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsinya. beberapa menu makanan gorengan yang tidak boleh terlalu banyak dikonsumsi diantaranya adalah


  • gorengan pisang
  • gorengan tempe
  • ayam goreng
  • tahu goreng
  • kripik

mengapa tidak boleh dimakan terlalu banyak ? karena pada gorengan akan menyababkan adanya reaksi imflamansi yang akan membuat pembuluh darah pada tubuh anda terutama pembuluh darah di jantung anda menjadi tersumbat dengan tumpukan lemak yang ada karena gorengan ini. (inilah makanan yg jadi penyebab kolesterol tinggi – ketahui akibat gaya hidup tidak sehat)

2. telur

sayang sekali, ternyata telur juga menyebabkan jantung menjadi rusak, padahal telur juga menjadi salah satu makanan favorit, apalagi untuk anak kecil, tentunya telur menjadi sangat favorit sekali, biasanya anak kecil makan telur dengan meremas bagian kuning telur untuk dicampur dengan nasi, tetapi taukah anda, kuning telur mengandung kadar kolesterol yang cukup tinggi, akibatnya bila kuning telur sering dikonsumsi maka kolesterol pada darah anda juga akan semakin tinggi. (bahayanya jika terlalu sering mengkonsumsi telurcara menjaga kadar kolesterol tetap normal)

hal ini bukan berarti menjadikan anda untuk tidak mengkonsumsi telur, tetapi anda juga harus mengkonsumsinya, karena telur mengandung

  • energi 162 kkal
  • protein 12,8 gram
  • lemak 11,5 gram
  • karbohidrat 0,7 gram
  • kasium
  • fosfor
  • vitamin A, B1, dan C
  • zat besi

yang semua kandungan itu memiliki manfaat bagi tubuh yang cukup banyak, diantaranya adalah

  1. membantu perkembangan pada sistem tubuh
  2. membantu memicu hormon kebahagiaan
  3. membantu menyehatkan mata
  4. menjaga kesehatan rambut
  5. menjaga berat badan
  6. membantu penjagaan pada saat/proses kehamilan
  7. membantu menyehatkan otot dan paru-paru

jadi anda tidak perlu takut untuk mengkonsumsi telur, yang perlu anda ketahui adalah bagaimana anda mengkomsusi telur itu sesuai dengna porsinya, tidak berlebihan juga tidak kurang.

3. garam (makanan yang asin)

kandungan dalam garam membuat kadar garam dalam tubuh menjadi meningkat sehingga mampu untuk mengaggu proses kerja jantung, yang mengakibatkan jantung menjadi rusak, selain itu anda tidak hanya harus menghindari garam saja, tetapi anda juga perlu untuk menghindari/mengurangin konsumsi garam pada makanan, misal makanan yang asin. (bahaya konsumsi garam berlebihinilah jika anda kekurangan garam)

4. makanan yang manis

tak hanya asin saja ternyata makanan yang manis juga mampu untuk merusak jantung. sebenarnya tidak langsung merusak jantung, tetapi karena makanan yang manis ini akan membuat tubuh menjadi sakit diabetes. nah, diabetes ini lah yang akan memicu timbulnya penyakit jantung.

5. makanan berlemak

makanan yang berlemak seperti gorengan yang telah dibahas di atas akan memicu tubuh untuk mengonsumsi lemak secara berlebihan, ini akan mengakibatkan gangguan pada tubuh dikarenakan makanan yang mengandung banyak lemak akan lebih banyak mengandung lemak jenuh, yang secara otomatis ini memiliki potensi menyebabkan penyakit jantung. selain itu makanan berlemak juga akan membuat tekanan darah menjadi tinggi, dimana tekanan darah ini juga merupakan salah satu pemicu datangnya penyakit jantung. makanan yang berlemak yang perlu anda hindari adalah:

  • daging merah
  • kelapa sawit
  • susu
  • pure kentang
  • es krim
  • kripik kentang
  • makanan cepat saji
  • minuman bersoda

6. makanan cepat saji

makanan cepat saji sudah disebutkan diatas merupakan salah satu makaanan yang juga memasuki kategori makanan yang berlemak, dimana makanan berlemak akan membuat pembuluh darah menjadi tersumbat, selain itu juga akan menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi, dari tekanan darah tinggi dan pembuluh darah yang tersumbat itulah yang akan membuat jantung anda menjadi rusak dan terganggu.

7. ayam goreng

ayam goreng merupakan makanan dalam kategori gorengan yang sudah dijelaskan diatas bahwa merupakan salah satu penyebab penyakit jantung, namun karena diatas tidak dijelaskan secara mendetail, maka akan dijelaskan disini. ayam goreng mengandung energi sebanyak 100 gram, protein 30.5 gram, lemak, karbohiddrat, kalsium dan banyak lainnya, dimana beberapa kandungan diatas akan membuat jantung tidak berfungsi dengan maksimal. (efek samping dari makanan yang digoreng)

8. sosis

sosis merupakan salah satu makanan dalam kategori fast food, dimana makanan fast food juga tidak baik bagi tubuh selain itu makanan fast food juga merupakan makanan yang mengandung banyak lemak, padahal lemak merupakan salah satu makanan yang membuat jantung menjadi terganggu. (penyebab obesitas pada tubuhobesitas menjadi pemicu kanker)

9. kelapa sawit

minyak kelapa sawit, namanya saja sudah minyak pastilah memiliki kandungan minyak yang sangat banyak sehingga jantung sudah jelas tidak dapat menerima kadar minyak yang terlalu berlebih, sehingga minyak untuk kelapa sawit yang terlalu banyak tidak baik untuk kesehatan jantung, meskipun pada dasarnya minyak pada kelapa sawit juga memiliki fungsi atau manfaat yang cukup banyak diantaranya

  • memiliki kadar yang lebih baik daripada minyak nabati yang lain.
  • dapat menurunkan panas
  • dapat digunakan sebagai obat oles untuk nyeri dan pegel linu
  • dapat menghilangkan varises yang terjadi pada kaki
  • memiliki energi dari minyak kelapa sawit adalah 902 kkal yang baik untuk tubuh

10. susu

di dalam susu mengandung beberapa manfaat yang cukup baik untuk tubuh, tetapi susu juga mengandung beberapa lemak yang kurang baik untuk kesehatan tubuh. meskipun susu juga termasuk dalam 4 sehat 5 sempurna (susu sebagai penyempurna) tetapi terlalu banyak mengkonsumsi susu juga tidak baik, apalagi bila susu dalam kemasan, karena sudah mengandung beberapa kandungan yang kurang baik untuk kesehatan tubuh, apalagi lemak yang terlallu banyak akan membuat jantung sulit untuk mengendalikan proses pembuluh darah untuk menyebarkan berbagai darah keseluruh tubuh, dalam artian terlalu banyak lemak membuat jantung menjadi terganggu fungsi kerjanya.

11. es krim

es krim dibuat dengan bahan-bahan seperti susu, maizena, tepung, gula, telur dan vanili. dimana bahan-bahan ini juga mempengharui kesehatan jantung anda, terutama gula, gula dengan rasa manis yang digunakan pada eskrim ini akan dapat membuat obesitas jika terlalu banyak, padahal kita ketahui bahwa obesitas sangat tidak baik untuk keberlangsungan kesehatan jantung anda.  dengan demikian bolehlah anda mengkonsumsi es krim untuk sesekali, tetapi tidak boleh terlalu sering karena selain dapat membuat obesitas eskrim juga dapat membuat tenggorokan anda menjadi tidak sehat atau radang tenggorokan.(cara mencegah obesitas secara alami)

12. kripik kentang

kripik kentang yang memiliki citra rasa yang lezat ini ternyata juga merupakan salah satu makanan yang dapat mengakibatkan penyakit jantung, karena pada dasarnya kentang tidak terlalu baik untuk kesehatan jantung anda, itu sebabnya anda tidak boleh terlalu banyak mengkonsumsi kentang agar anda tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit jantung. (bahaya kentang goreng bagi kesehatan)

13. daging sapi

selain dari kentang, dan 12 makanan yang sudah dibahas diatas, ternyata daging sapi juga merupakan salah satu dari makanan yang dapat menyebabkan penyakit jantung, kenapa demikian ? karena daging sapi sejatinya memiliki banyak lemak yang tidak baik untuk tubuh, selain tidak baik untuk tubuh, lemak pada daging sapi juga tidak baik untuk jantung anda, karena kebanyakan lemak akan menyumbat saluran urat menjadi terhambat sehingga tidak dapat mengalirkan darah dengan baik ke seluruh tubuh.

14. kulit ayam

tak berbeda jauh dengan daging sapi, kulit ayam juga dapat menyebabkan penyakit jantung karena kulit ayam mengandung beberapa minyak jenuh yang dapat menyebabkan kolesterol yang tinggi, dan otomatis akan mengaggu proses penyebaran darah keseluruh tubuh juga.

15. olahan pabrik

olahan pabrik biasanya mengandung banyak pengawet makanan atau bahan bahan yang berbahaya lainnya. dengan beberapa pengawet makanan yang berbahaya ini akan membuat anda menjadi kurang baik dalam pengelolaan darah di dalam tubuh, terutama pada jantung. sehingga pentinglah untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan dari olahan pabrik ini. makanan yang lain yaitu coklat, almond, kacang kenari, wijen, permen, sereal.

itulah makanan yang dapat menyebabkan jantung anda menjadi rusak, maka dari itu bukan tidak boleh untuk mengkonsumsi makanan itu tetapi setidaknya tidak boleh terlalu banyak dalam mengkonsumsi makanan di atas. selain itu semua yang perlu anda ketahui adalah bagaimna cara menjaga kesehatan jantung agar tidak mudah sakit atau tidak mudah rusak. mari kita simak bersama.

Tips Menjaga Jantung Agar Sehat

  • Lakukan olahraga secara teratur

Banyak olahraga yang dapat anda lakukan untuk melatih jantung anda atau untuk menjaga jantung anda agar tetap sehat. adapun olah raga yang dapat anda lakukan adalah perengangan tangan seperti tangan dibuka dan ditutup, atau biasakan berjalan dipagi hari. (inilah akibatnya jika kurang olahraga)

  • Mengkonsumsi makanan yang sehat

makanan sehat yang lebih dianjurkan disini adalah makanan yang mengandung banyak sayuran, karena makanan berupa sayur-sayuran sangat bermanfaat untuk membantu kelancaran dalam pencernaan tubuh, terutama pada kelancaran dalam aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh dan kejantung lagi, begitu seterusnya.

  • Periksa dengan teratur

memeriksa kesehatan dengan teratur akan membantu anda mengetahui bagaimana keadaan kesehatan tubuh anda terutama jantung anda, karena jantung merupakan tonggak dari kehidupan manusia. maka anda harus memerika kesehatan anda secara teratur.

  • Jangan merokok

seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa merokok berbahaya untuk kesehatan terutama untuk organ-organ dalam, hal ini juga berlaku untuk kesehatan pada jantung anda, nikotin yang ada dalam rokok dapat meracuni darah yang juga akan mengalir keseluruh tubuh dan juga dapat mengaggu proses kerja pada jantung anda.

  • makan buah dan sayuran yang cukup

makan-makanan seperti buah dan sayur akan membantu anda untuk meningkatkan metabolisme tubuh terutama untuk menjaga kesehatan kekebalan tubuh anda, ini adalah salah satu hal yang melandasi bahwa sayur dan buah-buahan dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk menghindari sakit jantung dengan cara mengkonsumsi buah dan sayur yang cukup. (Baca juga : buah dan sayur untuk lemah jantung)

  • Hindari alkohol

Menghindari alkohol akan membuat anda menjadi sehat, terutama untuk kesehatan jantung anda, jika anda tidak mengkonsumsi alkohol maka tubuh anda dan jantung anda akan tetap sehat dan terjaga dengan baik.

  • Makan makanan yang berupa kacang-kacangan

kacang-kacangan juga merupakan salah satu makanan yang bemanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh anda, selain itu kacang-kacangan juga dapat membantu anda memberikan protein yang cukup.

  • Istirahat malam yang baik

dengan beristirahan yang baik maka akan membuat jantung anda dapat bekerja dengan normal, ketika anda sering beristirahat yang cukup pada malam hari secara tidak langsung anda kan membuat diri anda sehat dan tidak mudah sakit, karena jantung anda juga telah mendapatkan waktunya untuk beraktifitas dengan normal

  • Konsumsi teh hijau, tetapi jangan menggunakan gula

teh hijau, adalah jenis teh yang memiliki antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh anda, itu sebabnya teh hijau menjadi salah satu alternatif untuk merawat tubuh anda dari berbagai penyakit, selain itu teh hijau juga dapat digunakan untuk diet sehat.

  • Jangan terlalu makan-makanan yang manis-manis

makan yang manis-manis dilarang karena makan yang manis dapat menyebabkan obesitas yang secara tidak langsung hal ini akan membuat jantung anda tidak dapat memfungsikan jantung dengan normal lagi. selaiin itu obesitas juga dapat membuat urat-urat menjadi tertekan.

itulah beberapa tips agar anda jantung anda tetap sehat. pada pembahasan kali ini sudah kita bahas mengenai penyebab sakit jantung, makanan yang tidak boleh dikonsumsi atau makanan yang menyebabkan penyakit jantung dan juga tips dan cara membuat jantung menjadi sehat. semoga dengan pembahasan diatas dapat bermanfaat untuk anda, dan dapat membantu anda untuk menjaga jantung anda agar anda tetap sehat.

, , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Penyakit Jantung