Dikabarkan Serangan Jantung, Robby Sugara Mengembuskan Nafas Terakhir

268

Robby Sugara yang merupakan aktor kawakan kelahiran 24 April 1951 telah tiada. Robby mengembuskan nafas terakhirnya di usianya yang ke-68 tahun. Menurut cerita anak perempuannya, Patricia Grace, sang ayah terkena serangan jantung yang padahal sebelumnya kondisi masih baik-baik saja namun tiba-tiba mengalami sesak nafas.

Juan Bernard, anak bungsu Robby mengatakan bahwa kejadian berawal di rumah kakaknya yang pertama hari Rabu (12/6/2019). Saat sedang berkumpul di sana, sang ayah harus dilarikan ke Rumah Sakit Adhyaksa, Jakarta Timur untuk memperoleh penanganan medis dengan gejala sesak nafas yang begitu mendadak. Hanya saja, dalam perjalanan menuju RS nyawa aktor bernama lengkap Robert Kaihena Sugara ini tak dapat ditolong.

Juan juga mengatakan kalau ayahnya tak sempat dapatkan pertolongan saat tiba di IGD karena tim medis menyatakan bahwa Robby meninggal dunia di jalan. Patricia juga bercerita bagaimana sang ayah sebenarnya sudah menunjukkan keluhan seperti sesak di dada dan bahkan sampai muntah-muntah juga sebelum dibawa ke rumah sakit.

Sayangnya, pria kelahiran Malang, Jawa Timur ini tutup usia dini hari pada Kamis (13/6/2019). Seorang wartawan senior bernama Ilham Bintang juga mengisahkan bagaimana Robby masih nampak segar dan bugar ketika enam bulan lalu mereka reuni. Rambut almarhum memang mulai memutih, namun badan masih sehat dan fit, bahkan menurut Ilham sang aktor juga sempat mendendangkan sejumlah lagu.

Tak salah lagi, gejala umum dari serangan jantung adalah timbulnya rasa sakit dan sesak pada bagian dada. Ada pula yang sampai muntah-muntah seperti kasus Robby Sugara, namun selain itu ada beberapa keluhan lain seperti berikut:

  • Keringat dingin
  • Timbul perasaan cemas
  • Timbul perasaan gelisah berlebihan
  • Sakit perut
  • Mual
  • Pusing
  • Hilang kesadaran

Penanganan paling segera yang dianjurkan adalah dengan membawa penderita langsung ke rumah sakit, khususnya IGD. Umumnya jika masih dapat diobati, dokter akan memberi resep sederet obat-obatan. Namun, ada pula yang harus sampai menempuh operasi pemasangan ring atau operasi bypass jantung (langkah ini lebih tepat diberikan kepada pasien yang arteri koronernya alami banyak sumbatan).

Selain itu, operasi transplantasi organ seperti transplantasi jantung juga kemungkinan bakal dokter anjurkan apabila penanganan-penanganan sebelumnya tidak efektif dan menimbulkan gagal jantung. Menurut hasil lansiran dari Liputan 6, acara pemakaman Robby Sugara diadakan pada Jumat (14/6/2019) di TPU (Tempat Pemakaman Umum) Pondok Ranggon, Jakarta Timur yang sebelumnya akan ada ibadah pelepasan sekaligus tutup peti lebih dulu.