Home MinumanMinuman Sehat 10 Minuman Penambah Ion Tubuh Paling Cepat

10 Minuman Penambah Ion Tubuh Paling Cepat

by Henny Anugerah

Minuman penambah ion tubuh merupakan minuman pengganti cairan tubuh yang hilang akibat aktivitas sehari hari termasuk setelah selesai berolahraga. Untuk bisa mengkonsumsi minuman penambah ion tubuh tidak harus dibeli dari berbagai toko dan apotik, Namun bisa dibuat sendiri dengan memanfaatkan bahan bahan alami disekitar kita. (Baca juga: Cara Agar Nafas Panjang Saat Berlari , Jenis Olahraga untuk Diet)

Jenis-jenis Ion Tubuh

Pada dasarnya didalam tubuh terdapat beberapa ion yang sangat berperan dalam meningkatkan kualitas kesehatan seseorang. Jika ion ion tersebut hilang maka tubuh akan kehilangan keseimbangan. Apa saja nama ion ion tubuh tersebut?

  1. Kalsium

Kalsium (Ca2) adalah ion logam yang paling berlimnpah didalam jaringan tubuh manusia termasuk natrium dan oksigen. 90 % kalsium terdapat didalam tubuh yang tersebar didalam tulang rawan, Tulang keras, Persendian, Gigi dan kuku. (Baca juga : akibat kelebihan kalsium , Cara mengatasi kekurangan kalsium)

  1. Natrium

Kinerja natrium dalam tubuh dikendalikan dan diatur oleh mekanisme hemeostosisyang menstabilkan kadar air , Asam dan basa dalam cairan ekstraseluler jaringan pankreas, Keringat melalui lubang pori pori dan jaringan empedu. (Baca Juga: Bahaya Natrium Benzoat , Akibat Kelebihan dan Kekurangan Natrium)

  1. Magnesium

Magnesium merupakan jenis mineral alami yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan stamina tubuh dan mengembalikan ion yang telah hilang akibat berolahraga atau aktivitas berat yang membutuhkan banyak energi. Magnesium dapat bertindak kuat senagai garam atau mengendalikan kondisi garam dalam tubuh yang memiliki komposisi cairan elektrolit yang sesuai dengan komposisi cairan yang ada didalam tubuh. (Baca juga : Bahaya akibat kekurangan magnesium , Dampak Akibat Kekurangan Magnesium)

  1. Kalium

Kalium dapat disebut sebagaiaa ion + yang terdapat didalam larutan garam alami yang bermanfaat untuk kelancaran pertumbuhan dan kesehatan sel sel tubuh , Mengatur kondisi reaksi biokimia dalam tubuh sehingga tubuh tidak mudah menderita dehidrasi dan penurunan stamina. (Baca juga : bahaya kekurangan kalium , Cara Mengatasi Kekurangan Kalium)

Ciri-ciri Seseorang Telah Kehilangan Ion Tubuh

  • Tubuh mudah sekali merasa lelah, Capek dan pegal pegal
  • Mengantuk, Mengalami penurunan konsentrasi
  • Menderita sakit kepala dan cenderung bingung
  • Tubuh lemas , Limbung, Pergerakan melambat
  • Mulut terasa getir dan pahit serta mengeluarkan abu yang tidak sedap ketika berbicara
  • Wajah nampak lesu dan kusam
  • Penurunan kesadaran dan menjadi sering lupa
  • Perut dan ulu hati terasa nyeri, Muncul mual mual dan keinginan ingin muntah
  • Tidak mampu mengendalaikan emosi dengan baik (mudah marah)

(Baca Juga: Cara Menghilangkan Ngantuk saat Bekerja , Penyebab Cepat Lelah)

Minuman Penambah Ion Tubuh

1. Air kelapa hijau

Air kelapa terutama kelapa hijau dapat menetralkan racun dalam tubuh, Meningkatkan metabolisme tubuh dan melindungi jaringan tubuh dari kerusakan akibat kelelahan. Kesegarannya yang alami mampu menjadi minuman penambah ion tubuh yang mulai berkurang akibat aktivitas berat.

Baca Juga:

2. Jus jeruk

Jeruk adalah buah yang mengandung vitamin c yang bertindak sebagai antioksidan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Rajin mengkonsumsi jus jeruk dapat menghindari tubuh dehidrasi penyebab stamina tubuh menurun. Jeruk dipercaya secara medis sebagai minuman penambah ion tubuh yang dapat dikonsumsi setiap hari oleh segala usia.

3. Jus lidah buaya

Khasiat Lidah buaya untuk kulitsudah terkenal sejak dulu namun perlu diketahui bahwa lendir lidah buaya dapat dijadikan jus sehat, Lidah buaya merupakan salah satu minuman penambah ion tubuh yang dapat mengaktifkan ion tubuh baru bagi orang orang yang menyukai olahraga yang membutuhkan tenaga ekstra misalnya lari marathon, Sepakbola dan sebagainya. Selain dapat menambah energi jus lidah buaya mamapu menyembuhkan infeksi yang terjadi didalam tubuh sehingga meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca Juga:

4. Jus markisa dan madu

Buah markisa yang digabungkan dengan madu dapat dijadikan sebagai minuman penambah ion tubuh yang segar dan nikmat. Markisa mengandung karoten, Asam sitrat, Protein, Niasin, Zat besiu, Kalsium, Fosfor, termasuk senyawa berta, Zeta, Alpha, B-cryptoxanthin dan lucopen yang dapat mencegah tubuh kehilangan ion dan melindungi jaringan tubuh menjadi lebih kuat. Sedangkan keberadaan Madu akan mengimbanginya untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Jus apel, Daun seledri dan lemon

Jus apel yang ditambahkan dengan sari daun seledri dan air lemon dapat dijadikan sebagai minuman penambah ion tubuh yang dapat dinikmati segala usia mengingat minuman sehat itu mampu mengganti cairan tubuh yang telah hilang akibat tubuh kelelahan. Jus tersebut bersifat menyegarkan peredaran darah, Melindungi jaringan tubuh dari kekeringan.

Baca Juga:

6. Jus sari kacang merah dan madu

Sari kacang merah mengandung protein, Asam amino lengkap, Karbohidrat, Kalsium, Zat besi, Vitamin A, B1 dan C yang dapat meningkatkan energi, Mencegah tubuh dehidrasi, Meningkatkan metabolisme tubuh , Sedangkan madu mendukung manfaat kacang merah menjadi lebih sempurna yaitu tubuh menagalmi peningkartan daya tahan tubuh terhadap bakteri, Jamur dan virus jhasil dari radikal bebas dan dari orang lain.

7. Sport drink

Sport drink atau minuman khiusus untuk olahragawan sangat baik untuk memulihkan kondisi tubuh yang kehilangan ion akiubat aktivitas berat olahraga. Sport drink mudah didapat diberbagai gerai toko dan pusat perbelanjaan, Hendaknya mengkonsumsi sport drink disesuaikan dengan aturan yang tentera dibelakang kemasan.

Baca juga:

8. Susu cokelat

Susu mengandung protein , kalsium dan vitamin D sedangkan cokelat memiliki kandungan senyawa yang dapat meningkatkan energi serta menambha ion tubuh yang mulai berkurang. Konsumsilah susu cokelat 2 kali sehari dalam takaran gelas sedang untuk mendapatkan stamina tubuh yang tetap stabil dari pagi hingga malam hari.

9. Kopi dan teh

Mengkonsumsi kopi atau teh hangat baik bagi peningkatan konsentrasi, Energi dan ion tubuh yang dibutuhkan ketika beraktivitas. Kafein yang ada dalam kopi bermanfaat untuk melindungi tubuh dari dehidrasi. Konsumsilah kopi atau teh tidak lebih dari 2 kali sehari dengan ukuran gelas kecil. Penggunaan kafein yang sesuai aturan justru akan menyehatkan tubuh tetapi jika berlebihan maka akan muncul masaalah kesehatan lain yang merugikan. Salah satuEfek terlalu banyak minum kopi bagi tubuhmisalnya ion tubuh mudah hilang.

Baca Juga:

10. Air putih

Jangan pernah sepelekan manfaat air putih karena air putih adalah minuman penambah ion tubuh yang luar biasa karena bisa mempengaruhi kondisi jaringan seluruh tubuh ketika dikonsumsi. Air putih tidak mengandung zat atau partikel apapun sehingga lebih aman diminum setiap saat . Organ tubuh mudah menyerap air putih sehingga tubuh terhindar darai dehidrasi.Seseorang yang mempunyai kebiasaan minum air putih disela sela rutinitas kerjanya atau dimanapun berada maka tubuhnya akan tetap fit dan terhindar dari kekurangan ion tubuh. Ion tubuh akan selalu terjaga dengan baik ketika cairan tubuh selalu tercukupi dan cenderung tidak terlalu memerlukan lagi minuman yang mengadung sari buah dan sayuran.

You may also like