7 Cara Mengatasi Kekurangan Kalsium Pada Tubuh

Jika mendengar kata kalsium pasti terbesit dalam pikiran kita tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan tulang. Hal ini ada benarnya karena salah satu tugas kalsium adalah menjaga kesehatan tulang manusia. Jadi sebenarnya apakah kalsium itu? Kalsium merupakan suatu zat kimia dan mineral penting yang sangat dibutukan oleh tubuh manusia, seperti yang telah disinggung, kalsium berperan serta dalam menjaga kesehatan dan pertumbuhan tulang dan gigi manusia, kemudian kalsium juga dapat mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis sekaligus mengurangi terjadinya penyakit kardiovaskuler pada wanita yang sudah menopause. (Baca Juga: Gejala Menopause , Makanan Penyebab Osteoporosis)

Jadi dengan fakta-fakta di atas tidak dapt dipungkiri bahwa tersedianya mineral kalsium yang cukup dalam tubuh adalah hal yang mutlak diperhatikan oleh tiap individu, terlebih ibu-ibu yang sedang memiliki anak kecil. Kubutuhan kalsium mereka harus cukup, kalau tidak maka proses pertumbuhan tulang mereka akan terganggu, tidak hanya anak-anak yang perlu memiliki asupan kalsium yang cukup, karena orang dewasa pun juga sangat membutuhkan mineral ini, karena semakin bertambahnya usia tulang manusia juga akan ikut berkurang kekuatannya, jadi untuk mencegah agar tulang tidak keropos dibutuhkan supalai kalsium yang cukup di dalam tubuh. Dan untuk lebih lengkapnya mari langsung saja kita simak ragam informasi lebih lanjut seputar nutrisi kalsium berikut ini. (Baca Juga: Cara Mencegah Tulang Keropos , Kalsium)

Manfaat Kalsium

  1. Membantu pengoptimalisasian proses metabolisme dalam tubuh seorang individu (Baca Juga: Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh)
  2. Mengaktifkan kinerja sistem syaraf dengan cara menjadi sutu media penghubung yang efektif
  3. Memperbaiki sistem kardiovaskular mulai dari melancarkan aliran darah dan menjaga kadar keasaman dari darah di tubuh kita, membantu menjaga keseimbangan tekanan darah dan yang tak kalah penting yakni membantu menjaga agar kinerja jantung tetap optimal sesuai dengan sebagaimana fungsinya seharusnya (Baca Juga: Tanda tanda Darah Tinggi)
  4. Membantu mempertahankan cairan tubuh dalam kondisi yang seimbang
  5. Membantu mengendalikan kadar gula darah dan mencegah gejala diabetes dengan membantu menjaga kinerja pankreas secara optimal (Baca Juga: Makanan yang Dilarang untuk Penderita Diabetes)
  6. Membantu pasangan suami istri dalam memaksimalkan performa seputar masalah reproduksi
  7. Membantu menjaga kesehatan kulit sehingga tampak lebih halus dan lembut (Baca Juga: Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering)
  8. Banyak berperan dalam menjaga kesehatan tubuh terutama pada wanita baik saat hamil, menstruasi ataupun setelah saat menopause tiba
  9. Meminimalisir permasalahan seputar persendian semisal reumatik, sakit pinggang maupun kram (Baca Juga: Gejala Rematik Kaki)
  10. Meminimalisir keluhan wasir dan juga gangguan usus dari serangan tumor maupun kanker
  11. Tak hanya memperkuat tulang tubuh namun sekaligus juga dapat membantu menjaga kelenturan otot sehingga beragam cidera maupun nyeri dapat dihindarkan (Baca juga: Akibat kelebihan Kalsium)

Gejala Kekurangan Kalsium

  1. Berkurangnya asupan nutrisi jenis mineral kalsium dapat menyebabkan tubuh merasa sangat lesu (Baca Juga: Bahaya Kekurangan Kalsium)
  2. Jumlah keringat tubuh yang dikeluarkan biasanya akan bertambah dalam jumlah semakin banyak dalam hitungan yang tidak normal pastinya
  3. Dapat berpengaruh cukup signifikan terhadap kondisi psikis seseorang semisal munculnya rasa gelisah, terganggunya kualitas istirahat umumnya muncul gejala insomnia sampai dapat juga memicu pada timbulnya gejala sesak napas (Baca Juga: Buah yang Mengandung Kalsium Tinggi)
  4. Secara terhubung maka sistem imunitas tubuh pun akan berkurang fungsi optimalnya sehingga dipastikan tubuh akan semakin gampang rentan terhadap penyakit
  5. Munculnya beberapa keluhan nyeri ataupun kram pada anggota tubuh (Baca Juga: Makanan Yang Mengandung Kalsium)
  6. Mulai terlihat ada gangguan pada pola makan seperti menurunnya nafsu makan atau bahkan pada sistem cerna bisa berujung pada masalah sembelit atau bisa juga malah menimbulkan gejala yang menyerupai diare akibat mulai acak dan tak teraturnya sistem makan kita (Baca Juga: Bakteri Penyebab Diare)

Dan di bawah ini adalah sumber-sumber kalsium yang direkomendasikan untuk memastikan suplai kalsium yang cukup, agar tulang dan gigi sehat dan tidak terjadi pengeroposan.

Solusi Untuk Kekurangan Kalsium

  1. Susu

Tentu saja susu menduduki peringkat teratas sebagai sumber kalsium yang tinggi, oleh karena itu tidak mengherankan lagi produk-produk susu yang tersebar di swalayan-swalayan kebanyakan untuk anak-anak dan orang dewasa karena pada dua masa ini keadaan tulang sangat rawan jadi kebutuhan kalsium dalam tubuh haruslah cukup, yaitu untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada anak-anak serta mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang pada orang dewasa. Selain itu kandungan kalsium dan fosfor dalam susu sangat mudah dicerna oleh sistem pencernaan kita, hal ini karena protein dalam susu atau bisa disebut juga kasein dapat membuat tubuh lebih mudah dalam menyerap kandungan kalsium di dalam susu. Bagi anda yang kurang suka dengan susu hewani atau susu sapi ada alternatif lain yaitu anda bisa menggantinya dengan susu nabati yaitu susu kedelai. Susu olahan dari kedelai ini ternyata juga mengandung kalsium yang lumayan banyak, jika kita rutin mengkonsumsi susu kedelai maka akan membantu mencukupi asupan kalsium harian kita. (Baca juga: Bahaya Susu Kaleng , Khasiat Susu Sapi Murni)

  1. Keju

Keju merupakan makanan yang berasal dari susu, atau produk olahan dari susu. Intinya keju adalah alternatif lain dari cara menghidangkan susu, jadi kandungan nutrisi dalam keju tidaklah jauh beda dengan nutrisi-nutrisi yang dimiliki oleh susu, yaitu diantaranya kalsium, protein dan fosfor. Mengkonsumsi keju secara seimbang dan optimal sangat baik untuk tubuh kita, karena kandungan kalsium di dalamnya dapat menjaga kesehatan gigi dan mencegahnya dari kerusakan. Diketahui orang yang rutin mengkonsumsi keju akan memiliki kepadatan tulang yang baik dari[ada orang yang jarang mengkonsumsi keju. Jadi keju adalah makanan alami yang bisa anda coba untuk kesehatan tulang dan gigi anda. (Baca Juga: Cara Mengatasi Pengapuran Tulang , Cara Mengatasi Tulang Belakang Sakit)

  1. Yogurt

Olahan susu selanjutnya adalah yogurt, yaitu mudahnya susu yang telah di fermentasi. Kandungan nutrisi dalam yogurt tidaklah jauh beda dengan susu, karena pada dasarnya yogurt adalah susu yang telah diolah. Selain populer untuk pencernaan kandungan kalsium ditambah vitamin D dalam yogurt bagus untuk tulang, yaitu untuk mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis. Dewasa ini banyak olahan yogurt yang bermacam-macam seperti ada yogurt dengan rasa buah yang pasti akan membuat yogurt lebih lezat, jadi mulailah secara rutin mengkonsumsi yogurt yang bagus untuk sistem pencernaan anda sekaligus mencegah pengeroposan tulang. (Baca Juga: Makanan yang Rendah Karbohidrat , Makanan yang Rendah Kalori dan Mengenyangkan)

  1. Bayam

Kita sangat familiar dengan sayuran hijau kaya serat yang satu ini, karena kita biasanya menjadi bahan primadona untuk membuat sayur bening, bayam juga dapat dijadikan sayur bobor, bahkan bayam bisa juga dijadikan keripik, menarik bukan? Dengan dapay diolah menjadi aneka bahan makanan yang bermacam-macam  ternyata bayam juga mempunyai kandungan nutrisi yang tidak kalah banyak, semisal kandungan anti oksidan di dalam daun bayam yang dapat mengusir racun berbahaya dan menetralisirnya dari tubuh manusia sehingga akan mengurangi resiko terkena panyakit berbahaya seperti kanker. Kandungan kalsium di dalam daun bayam juga bisa mencegah pengeroposan tulang serta dapat mengerangi resiko terjadinya penyakit kardiovaskular pada wanita yang telah menopause. Jadi mulai sekarang jadikan bayam sebagai menu wajib anda yang patut anda coba untuk hidup yang lebih alami dan menyehatkan. (Baca Juga; Bahaya Sayur Bayam yang Dihangatkan , Bahaya Bayam bagi Penderita Asam Urat)


  1. Brokoli

Brokoli adalah sayuran hijau super yang multi manfaat, jika anda mengkonsumsi semangkuk brokoli yang telah dikukus terlebih dahulu berarti sama dengan anda meminum segelas susu, jadi intinya kandungan kalsium pada sayuran ini hampir sama dengan kandungan kalsium yang ada di dalam susu. sebagai nilai plus, layaknya mayoritas sayuran hijau yang lain, brokoli kaya akan serat, jadi mengkonsumsi brokoli akan sangat bagus untuk kesehatan pencernaan kita terutama usus, selain itu brokoli populer sebagai pahlawan anti kanker, antioksidan di dalm brokoli akan bertarung melawan virus jahat dalam tubuh kita jika kita mengkonsumsinya, jadi tunggu apa lagi, keluarlah dari rumah anda dan tunggu mamang tukang sayur, brokoli akan menjadi agen kesehatan yang alami di dapur anda. (Baca Juga: Bolehkah Brokoli Untuk Penderita Asam Urat , Makanan yang Baik untuk Otak)

  1. Tahu

Tahu, atau di Jepang bisa disebut juga tofu, adalah salah satu makanan sumber kalsium yang mudah ditemukan di Indonesia. Sebagaimana halnya dengan olahan kedelai yang lain seperti tempe dan susu kedelai, kandungan kalsium dalam tahu tidak boleh kita pungkiri. Kandungan kalsium dalam tahu akan sangat bermanfaat untuk tubuh manusia, dikatakan kadar kalsium dalam seporsi tahu hampir bisa menandingi dengan kalsium yang ada di dalam segelas susu, menarik bukan? Dengan tekstur yang kenyal lembut plus empuk tahu cocok untuk dikonsumsi oleh anak-anak maupun orang tua, apalagi dalam masa-masa ini mereka membutuhkan asupan kalsium yang cukup agar pertumbuhan tulang lancar dan tidak terjadi pengeroposan tulang bagi orang dewasa. Jadi kita seharusnya merasa beruntung karena tahu  bahan makanan merakyat dan murah meriah sekaligus dapat mudah ditemui di Indonesia, sehingga tidak ada alasan tidak ada tahu di meja makan kita setiap hari. (Baca Juga: Ciri Ciri Flu Tulang , Obat Nyeri Tulang Kaki)

  1. Ikan Sarden

Bagi anda yang merupakan penyuka masakan laut ikan sarden bisa menjadi pilihan yang baik, kalau tidak bisa dibilang yang terbaik. Ikan yang biasanya diolah menjadi ikan kalengan ini ternyata mengandung kalsium yang cukup tinggi, dengan rasa yang dapat dipastikan lezat sebaiknya anda juga memakan tulang-tulangnya, karena biasanya ikan sarden telah di presto, hal ini karena tulang ikan sarden juga mengandung kalsium. Bagi anda yang butuh mencari alternatif lain untuk asupan harian kalsium anda ikan sarden bisa menjadi solusi, selain mudah didapatkan rasanya yang lezat pasti akan menggoada selera. Hidup sehat itu sebenarnya mudah bukan? (Baca Juga: Bahaya Makan Ikan Lele , Bahaya Ikan Tongkol)

Demikianlah berbagai ragam informasi dasar mengenai topik seputar nutrisi tubuh jenis kalsium beserta daftar beberapa macam makanan yang bisa dicoba untuk memastikan asupan kalsium harian kita terpenuhi. Kita tidak mungkin bisa mengesampingkan urgensi kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh kita, apalagi untuk anak-anak yang mana berada dalam masa pertumbuhan. Tulang dan gigi mereka harus tumbuh dengan optimal dan tidak ada hambatan. (Baca Juga: Efek Samping Kolagen)

Untuk orang tua, kalsium bisa mencegah terjadinya pengeroposan tulang akibat usia, bahkan dewasa ini osteoporosis juga bisa mengancam siapapun. Seperti inilah pentingnya kalsium bagi tubuh kita, dengan tulang yang sehat kita bisa beraktifitas semau kita dengan kelurga yang kita cintai. Jadi mari putuskan untuk hidup yang lebih sehat mulai sekarang. Demikian pembahasan tentang Cara Mengatasi Kekurangan Kalsium semoga bermanfaat.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Gizi & Nutrisi