Home Penyakit dan KelainanOsteoporosis 12 Makanan Penyebab Osteoporosis yang Wajib Diketahui

12 Makanan Penyebab Osteoporosis yang Wajib Diketahui

by Fenny Cresi Damayanti

Osteoporosis ataupun pengeroposan tulang itu sendiri dapat disebabkan oleh banayk faktor mulai dari usia, gaya hidup penderita dan juga faktor kesehatan yang lainnya dan beikut ini adalah beberapa daftar utama yang berasal dari makanan di sekitar kita yang ternyata memiliki potensi untuk menjadi penyebab semakin parahnya resiko serangan osteoporosis pada penderita, mari langsung saja disimak berikut ini ya:(Baca juga: Ciri-ciri Osteoporosis , Gejala Osteoporosis )

Makanan Penyebab Osteoporosis

1. Roti gandum

Demi menghindari keluhan serangan osteoporosis ataupun kerapuhan sistem tulang kita maka ada baiknya kita mulai memperhatikan dan membatasi asupan roti gandum dalam jumlah yang cukup dan jangan sampai kita mengonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Memang roti andum terutama yang utuh sangatlah bagus demi mengatur asupan karbohidrat serta gula sehingga kita dapat lebih terjaga dari resiko obesitas, penyakit kardiovaskular maupun diabetes. Namun ternyata agak mirip dengan kandungan dalam garam, roti gandum juga memiliki kandungan mineral natrium yang cukup tinggi sehingga hal ini justru akan berakibat buruk bagi kesehatan tulang kita jika dibiarkan terus secara berkepanjangan tanpa kesadaran diri yang tepat.(Baca Juga: Cara Mencegah Osteoporosis , Penyebab Osteoporosis)

2. Sosis

Makanan instan siap makan yang satu ini juga tak kalah membahayakan dampaknya bagi kesehatan tulang dan gigi kita. Kandungan natrium tinggi dalam makanan instan satu ini juga tak kalah buruknya berdampak dalam pengeroposan tulang ditambah dengan fakta bahwa sosis itu sendiri dalam produksinya mengandung beragam zat tambahan yang sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh pengonsumsinya. Bisa kita bayangkan saja untuk tiap-tiap miligram natrium yang masuk ke dalam tubuh kita itu artinya kita akan kehilangan pula mineral kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh kita sehingga sudah barang tentu maka keoptimalan kesehatan tulang kita pun akan mengalami penurunan dalam kinerjanya.(Baca Juga: Bahaya Makanan Instan , Ciri-ciri Makanan Sehat)

3. Sereal

Tak berbeda jauh dengan konsumsi roti gandum maka mengonsumsi sereal pun berpotensi dapat menumpuk mineral natrium berlebih yang justru dapat langsung secara otomatis membuang mineral kalsium dalam tubuh kita lewat zat sisa tak berguna yang harusdibuang semisal melalui urine. Untuk itulah baiknya saat kita mengonsumsi sereal tak usahlah dalam takaran jumlah yang berlebihan sehingga justru berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita sendiri utamanya bagi kekuatan tulang kita. Dan juga dianjurkan mengonsumsi sereal dengan imbangan susu sehingga mineral kalsium pun juga dapat kita asup dari kandungan susu tersebut sehingga kesehatan tulang kita juga senantiasa terpenuhi kebutuhan mineralnya.

Baca juga:

4. Makanan cepat saji

Beragam makanan cepat saji yang menawarkan keringkasan serta penghematan waktu bagi orang-orang yang memiliki mobilitas tinggi tentulah kita tahu juga memiliki dampak negatif bagi kesehatan tubuh pengonsumsinya itu sendiri. Ragam zat tambahan juga sangat rentan memicu timbulnya beragam penyakit abnormalitas pada tubuh yang bisa juga semakin parah sampai mengancam jiwa semisal saja timbulnya ancaman kanker ganas yang mematikan. Di samping itu kandungan natrium pada ragam makanan cepat saji semisal saja mie instan, burger dan seterusnya ini jua terbukti dapat meningkatkan asupan nutrisi jenis mineral natrium yang cenderung mendominasi kebutuhan harian tubuh sendiri akan mineral tersebut. Hal ini menyebabkan begitu riskannya tubuh akhirnya menumpuk mineral natrium berlebih dalam tubuh yang akhirnya justru akan semakin merusak jaringan tulang pada penderita. (Baca Juga: Dampak Bahaya Makanan Cepat Saji , Makanan yang Dilarang untuk Kolesterol Tinggi)

5. Telur

Selain kaya akan protein yang bagus untuk pertumbuhan tubuh secara optimal, telur juga memiliki kandungan vitamin A berlimpah yang bagus untuk menjaga sistem imunitas tubuh tetap optimal utamanya juga untuk merawat kesehatan mata bagi pengonsumsinya. Namun konsumsi telur juga diharapkan dalam jumlah sewajarnya, secukupnya, yakni jangan sampai dalam takaran yang termasuk berlebihan. Hal ini dikarenakan jumlah kadar vitamin A yang masuk ke dalam tubuh kita juga akan berperan untuk menyebabkan pengeroposan tulang jika jumlahnya berlebihan. (Baca Juga: Bahaya Telur Puyuh , Bahaya Makan Telur Setiap Hari)

6. Hati

Tak berbeda jauh dengan kandungan telur yang kaya akan vitamin A, maka konsumsi jenis jerohan satu ini pun layak untuk diperhatikan lagi secara lebih seksama, jangan sampai menjadi berlebihan dalam takaran konsumsinya. Selain daripada itu konsumsi jerohan tanpa tahu takaran yang mencukupi juga dapat memicu sakit nyeri peradangan pada daerah persendian yang menghubungkan tiap-tiap tulang. Maka dari itu konsumsi makanan berimbang dengan jumlah mencukupi sangatlah dianjurkan. Dan jika anda tengah berfokus untuk menjaga kekuatan jaringan tulang anda maka ada baiknya anda lebih mengatur untuk mengurangi konsumsi jerohan utamanya hati dalam menu keseharian anda ya. (Baca juga:  Akibat Bahaya Konsumsi Jeroan , Bahaya Makan Ati Ampela)

7. Tumis

Selain daging, tumis juga identik dengan sayuran hijau. Rasa lezat serta cara masak yang cenderung praktis biasa dipilih ibu-ibu rumah tangga untuk rajin menyajikan menu masakan tumis pada keluarga mereka dalam hidangan sehari-hari. Perlu juga kita ketahui bersama bahwasanya sayuran hijau amatlah memiliki kandungan vitamin K mencukupi yang jika diduetkan dengan kalsium akan sangat bagus untuk menjaga kesehatan serta kekuatan jaringan tulang kita. Namun cara masak yang kurang tepat yakni dengan menumis menggunakan minyak sembarangan ternyata akan mengurangi kandungan vitamin K itu sendiri sehingga secara signifikan mampu mengurangi kesehatan jaringan tulang yang dapat mengarah lebih lanjut menjadi serangan osteoporosis. Sebagai alternatif mungkin alangkah baiknya anda rajin mengonsumsi sayuran hijau tanpa harus ditumis, yakni dengan direbur atau dibuat menjadi sayur sop yang segar. Namun jikalau anda menghendaki tetap membuat tumis sayuran maka alangkah baiknya anda gunakan minyak zaitun secukupnya demi tetap menjaga khasiat sayuran hijau itu sendiri dan juga terhindar dari serangkaian bahaya akibat menumpuknya lemak jahat dalam tubuh kita.

Baca juga:

8. Daging merah

Konsumsi daging merah secara dalam batas cukup tidak berlebihan biasanya sangat bagus untuk kesehatan sistem kardiovaskular dan juga utamanya dapat menghindarkan pengonsumsi dari serangan anemia ataupun lemas akibat kekurangan hemoglobin darah. Namun jangan sekali-sekali mengonsumsinya secara berlebihan juga ya karena ternyata kandungan protein hewani yang berlimpah ini jika dikonsumsi secara berlebihan justru akan berkontribusi melenyapkan kalsium dari dalam jaringan tulang kita. Nah itulah sebabnya konsumsi protein hewani secara berlebih erat kaitannya dengan potensi terjadinya osteoporosis.(Baca juga: Ciri Ciri Osteoporosis , Gejala Osteoporosis)

9. Coklat

Jika anda memang tidak terlalu rajin mengonsumsi susu maupun kudapan kaya mineral kalsium lainnya untuk menjaga kekuatan serta kesehatan tulang anda maka imbangilah juga dengan meminimalisir konsumsi kudapan yang memiliki kandungan kafein tinggi. Dari segi minuman ada baiknya anda jangan terlalu maniak dalam mengonsumsi kopi dan teh. Nah jika dari segi makanan ada baiknya anda lebih teliti untuk membatasi konsumsi coklat batangan demi menjaga tetap terjaganya kondisi tulang anda. Hal ini menjadi penting karena jika anda tetap cuek dengan adanya fakta ini maka resiko yang bisa anda dapatkan yakni semakin merapuhnya jaringan tulang yan berimbas pada semakin beresikonya anda mengalami gampang patah tulang ketika tengah mengalami cidera.(Baca Juga: Bahaya Makan Coklat Setelah Makan Mie)

10. Karbohidrat berlebih

Ada banyak jenis makanan yang berkontribusi mengasup nutrisi karbohidrat bagi tubuh kita utamanya yakni beraam jenis makanan berat semisal nasi maupun roti. Nah jika sedari awal tadi telah dijelaskan apabila konsumsi protein hewani berlebih akan buruk bagi kesehatan tulang kita maka konsumsi karbohidrat berlebih juga sangat mungkin berkontribusi untuk menurunkan tingkat kepadatan tulang kita yang walhasil dapat menyebabkan gejala kerapuhan atau pengeroposan tulang yang sering disebut juga dengan istilah odsteoporosis. Apalagi jika hal ini diperparah dengan malasnya kita menyeimbangkan dengan konsumsi buah dan sayur secara mencukupi maka suasana asam yang tercipta pada tubuh kita akan semakin nyata dapat mengancam kondisi kesehatan tulang-tulang kita secara lebih signifikan. (Baca Juga: Akibat Kelebihan Karbohidrat)

11. Tape

Konsumsi makanan satu ini memang menyegarkan namun jika dikonsumsi dalam takaran berlebihan bukan tidak mungkin justru akan menimbulkan beragam permasalahan kesehatan misalnya saja timbul masalah pencernaan dalam perut kita. Lebih parah lagi jika kita mengonsumsinya dengan sanagt sering maka kandungan alkohol yang kemungkinan terkandung di dalamnya meskipun tidak dominan namun jika terus menumpuk juga dapat berkontribusi serius dalam menjadi penyebab munculnya permasalahan pengeroposan tulang-tulang kita.

Baca juga:

12. Makanan manis

Jangan lupa pula konsumsi makanan manis secara berlebihan utamanya pada makanan-makanan instan non alami semisal buatan pabrik juga sangat berpotensi pula untuk berkontribusi dalam menyebabkan semakin parahnya potensi terjadi pengeroposan tulang. Baiknya kurangi konsumsi ragam permen yang sarat akan zat tambahan utamanya pemanis buatan yang dapat berujung mampu untuk menghambat terjadinya penyerapan kalsium yang dibutuhkan oleh tulang-tulang kita. Semoga bermanfaat. (Baca Juga: Akibat kelebihan Kalsium)

You may also like