5 Cara Mengatasi Kecanduan Kopi Tanpa Efek Samping

93

Bagi sebagian orang yang memiliki kebiasaan minum kopi, tentunya sangat sulit untuk berhenti minum kopi. Hal ini karena kopi menjadi adiktif dalam tubuh yang menyebabkan kecanduan. Bahkan jika tidak minum kopi satu hari saja maka bisa membuat tubuh tidak nyaman. Tapi karena ada bahaya kopi bagi kesehatan sangat mematikan maka sebaiknya Anda mulai mengurangi kebiasaan minum kopi. Masih bingung harus bagaimana? Kami akan memberikan cara mengatasi kecanduan kopi tanpa efek samping.

  1. Tidak Minum Kopi Saat Libur Kerja

Cara terbaik untuk mulai berhenti minum kopi adalah dengan cara yang lembut dan pelan. Waktu terbaik untuk mencobanya adalah saat hari libur. Anda bisa membuat sarapan dengan jus penambah stamina dari buah-buahan yang sehat seperti apel, anggur, kiwi dan jenis buah yang lain. Tambahkan beberapa rasa seperti es krim atau krim. Anda bisa menikmati hari libur yang santai, detak jantung yang normal dan lebih nyaman.

  1. Motivasi untuk Berhenti

Setelah Anda merasakan hari libur tanpa kopi, maka Anda bisa melihat pada diri sendiri. Apa yang Anda rasakan ketika tidak minum kopi? Apakah tubuh Anda lebih nyaman dan Anda merasa tidak apa-apa? Semua pertanyaan itu bisa membuat Anda menemukan motivasi untuk berhenti minum kopi. Dan tentu saja berhenti dari asupan gula, krim dan susu berlemak bisa menjadi  cara menurunkan berat badan.

  1. Seduh Teh Herbal

Minum teh memang tidak disarankan ketika Anda sedang mencoba untuk berhenti minum kopi. Tapi ada beberapa jenis teh yang terbuat dari bahan-bahan herbal alami. Misalnya seperti akar licorice, jahe, kencur dan gingseng. Semua minuman ini akan membuat tubuh lebih segar sehingga tidak tertarik untuk minum kopi. Bahkan bisa membantu mencegah sakit kepala akibat tidak minum kopi.

  1. Gantikan Kebiasaan Waktu Minum Kopi

Biasanya semua orang menikmati kopi saat pagi atau sore hari. Agar Anda tidak terpikirkan untuk minum kopi maka cobalah dengan kegiatan yang lain. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan seperti mandi air hangat, bersantai sambil membaca buku, minum jus, minum teh herbal dan bermanja dengan hewan peliharaan. Berbagai kebiasaan ini akan baik untuk membuat pikiran tidak terlalu menginginkan kopi.

  1. Minum Air Putih yang Cukup

Salah satu efek yang sering terjadi ketika menarik kopi dengan perlahan adalah tidak nyaman dan sakit kepala. Semua kondisi itu bisa berasal dari kebiasaan tubuh yang mendapatkana kafein. Untuk menjaga agar tubuh lebih nyaman maka cukupi kebutuhan air mineral. Air mineral akan membuat tubuh tidak terkena dehidrasi. Selain itu masih diperbolehkan minum obat pereda sakit kepala seperti paracetamol dan multivitamin.

Itulah semua cara mengatasi kecanduan kopi tanpa efek samping. Anda bisa mencoba semua cara, selanjutnya lihat yang terjadi dan apa yang Anda rasakan. Jika masih belum berhasil segera temui praktisi medis terdekat.