7 Bahaya Minum Air Daun Ketum Bagi Kesehatan Tubuh

13071

Banyak yang belum tahu bahaya minum air daun ketum bagi kesehatan tubuh, namun ternyata harus anda ketahui juga agar tidak berdampak kronis. Tanaman Ketum atau Biak merupakan tumbuhan yang banyak terdapat di Afrika, Malaysia, dan Thailand. Tanaman ini tergolong famili Rubiaceae. Daun Ketum sejak lama dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan tradisional yang berfungsi memulihkan tenaga bagi wanita yang baru melahirkan. Selain itu juga digunakan untuk mengatasi masuk angin. Selain sebagai obat tradisional ternyata ada juga yang menyalahgunakan tanaman ketum ini. Pada tahun 2003 diketahui bahwa air ketum ternyata dapat menyebabkan ketagihan karena mengandung mitraginin. Setelah itu air ketum mulai dilarang karena berbahaya, berikut ini beberapa bahaya yang diakibatkan dari minum air ketum:

daun ketum1. Berat badan yang menyusut

Minum air ketum yang berlebihan bisa mengakibatkan berat badan menyusut. Hal ini serupa efeknya dengan bahan-bahan yang menyebabkan ketagihan semacam narkoba. Tentu saja penurunan berat badan ini merupakan efek yang tidak baik karena air ketum mengandung bahan-bahan yang berbahaya sehingga tidak cocok untuk diminum apalagi berlebihan.

2. Insomnia

Minum air ketum bisa menyebabkan insomnia atau sulit tidur. Jika sudah sulit tidur maka akan mengganggu aktivitas keesokan harinya. Tidur diperlukan untuk memulihkan tenaga dan perkembangan tubuh jadi minum air ketum sama saja dengan merusak kesehatan tubuh.

Baca juga : Bahaya kopi – Akibat kebanyakan minum kopi  – Bahaya obat tidur – Bahaya kafein

3. Bibir menjadi kering

Kandungan yang terdapat dalam air ketum bisa menyebabkan bibir menjadi kering. Hal ini mungkin terjadi karena air ketum bisa menyebabkan tubuh menjadi kekurangan cairan.

Baca juga : Penyebab mulut terasa pahit dan keringpenyebab bibir hitamBahaya ciuman bibir

4. Sulit buang air besar

Bahaya lainnya adalah sulit buang air besar. Jika kotoran dalam tubuh tidak dapat dikeluarkan secara rutin maka akan menumpuk di dalam. Hal tersebut akan menyebabkan penyakit lainnya jika tidak segera diatasi.

5. Lebam atau terasa terbakar di bagian muka

Pengguna air ketum bisa merasakan lebam atau rasa terbakar di bagian muka. Hal tersebut tentu akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

6. Mudah marah dan tidak dapat bekerja dengan baik

Serupa seperti obat-obatan yang mengandung bahan-bahan yang menyebabkan ketagihan, air ketum juga berakibat pada kinerja seseorang. Dalam pekerjaan mereka yang megonsumsi air ketum tidak dapat bekerja dengan baik dan mudah marah-marah tanpa alasan yang jelas.

7. Mata dan hidung berair

Bahaya air daun ketum terakhir adalah mata dan hidung jadi berair. Mata dan hidung yang berair juga menjadi salah satu akibat dari konsumsi air ketum. Air ketum yang mengandung mitraginin memang tidak baik bagi kesehatan tubuh dan malah membuat mata dan hidung berair.

Nah itulah beberapa bahaya minum air ketum yang harus anda waspadai agar tidak bablas merasakan khasiatnya yang juga cukup penting. Jika anda ingin meminumnya, anda harus berusaha untuk melakukan konfirmasi pada orang yang telah mencobanya atau para herbalist.