Bolehkah Minum Kopi Setelah Makan Durian? Ini Penjelasannya

7540

Durian adalah salah satu jenis buah yang memang menggoda bahkan hanya dari aromanya saja pasti kita sudah dibuat ngiler karenanya. Tekstur daging buahnya pun bakal langsung lumer di mulut karena saking lembutnya, ditambah rasa manisnya memang membuat pengonsumsinya ketagihan. Hanya saja, buah durian juga bukan sembarang buah yang bisa dimakan kapanpun dan dengan apapun.

Dalam hal kesehatan, durian masuk dalam buah yang cukup berbahaya, khususnya untuk orang-orang yang memiliki riwayat kolesterol tinggi, diabetes, penyakit jantung, darah tinggi, dan gangguan pencernaan pada lambung. Jika Anda seorang penggemar durian sekaligus kopi, bolehkah minum kopi setelah makan durian?

Minum kopi setelah makan durian, boleh dan aman atau tidak?

Beberapa waktu lalu sempat ada kabar beredar dari Malaysia bahwa sejumlah orang harus dibawa ke rumah sakit karena mengonsumsi kopi durian. Dari situlah, banyak orang kemudian memiliki rasa penasaran yang tinggi tentang buah durian dan kaitannya dengan konsumsi kopi.

Namun sebetulnya, boleh tidak sih minum kopi sesudah makan durian? Apakah akan aman-aman saja atau malah berbahaya sehingga harus dilarikan ke rumah sakit seperti kasus tadi? Rupanya, minum kopi sesudah menikmati durian sah-sah saja, boleh karena hal ini bukanlah hal yang mematikan.

Bahkan tentang boleh tidaknya konsumsi kopi sesudah makan durian sudah dijelaskan juga oleh seorang dokter gizi bernama Inge Permadhi bahwa minuman soda maupun kafein seperti kopi bisa dikonsumsi sesudah atau bahkan di saat bersamaan dengan konsumsi durian. Bahkan untuk risiko keracunan sendiri juga sangat kecil dan hampir tidak ada.

Hanya saja, tentu menikmati kopi sesudah makan durian dinyatakan aman apabila orang yang mengonsumsinya dalam keadaan sehat. Jika seseorang memiliki riwayat penyakit tertentu, khususnya penyakit kronis, lalu mengonsumsi durian dan kemudian disusul kopi terlalu banyak, hal ini dapat membahayakan kesehatan dan berisiko memperburuk kondisi medis yang sudah ada.

Tips Makan Durian yang Benar dan Sehat

Durian pada dasarnya hampir sama seperti buah yang lain, yakni mengandung berbagai vitamin dan mineral yang tubuh butuhkan. Kandungan nutrisi di dalam buah durian antara lain adalah antioksidan, vitamin C, karbohidrat hingga serat tinggi. Namun, durian menjadi kurang baik apabila seseorang memiliki riwayat kesehatan yang sudah buruk sebelumnya.

Jadi, adakah tips atau cara makan durian yang baik dan supaya tubuh tetap dalam kondisi sehat?

  • Pilih durian yang dalam keadaan setengah matang atau yang mengkal di mana memang daging buahnya malah justru yang masih cukup keras. Dilansir dari CNNIndonesia.com, menurut seorang dokter spesialis gizi, Samuel Oetoro, karbohidrat di dalam durian yang sudah sangat manis karena saking matangnya justru mampu berfermentasi menjadi alkohol dan inilah alasan mengapa durian jadi tak bagus untuk kesehatan tubuh.
  • Makan dengan porsi yang sewajarnya dan tidak berlebihan.
  • Makan durian tidak boleh terlalu sering.
  • Makan durian bersama-sama dengan konsumsi air putih supaya porsi durian dapat lebih terkontrol.

Segala sesuatu yang berlebihan jelas tak akan sehat bagi tubuh, oleh karena itu hal ini pun berlaku pada konsumsi buah durian. Supaya tak terjadi gangguan pencernaan, mengonsumsi air putih banyak akan menjadi penyeimbang asupan durian yang baik. Ini karena metabolisme tubuh justru jadi lebih maksimal dari sebelumnya.

Tapi, bukan lantas berarti sesudah makan durian tidak boleh minum kopi. Bolehkah minum kopi setelah makan durian? Boleh saja dan bahkan tak ada patokan harus selisih berapa jam. Anda pun tak masalah mengonsumsi buah durian sekaligus kopi di saat yang sama. Namun dengan satu syarat, pastikan dulu bahwa Anda memiliki tubuh sehat tanpa adanya kondisi medis kronis demi terhindar dari efek samping makan buah durian yang mematikan.