11 Penyebab Sakit Tulang Belakang Paling Berbahaya

5811

Penyebab sakit tulang belakang bisa saja didasari oleh ragam penyakit berbeda meskipun dengan gejala sakit yang cenderung memiliki kemiripan. Hal ini pastilah sering membuat kita rancu dan kebingungan dalam menyimpulkan sakit yang sesungguhnya kita derita. Lebih parah dari itu maka jenis terapi yang dipilih pun seringkali malah tidak tepat sasaran. Maka dari itu tak ada salahnya kita sambil menambah wawasan seputar penyebab sakit tulang belakang. Dengannya kita diharapkan akan semakin bisa untuk menjaga kesehatan kita secara lebih maksimal ya.

Langsung saja mari mulai simak daftar penyebab sakit tulang belakang di bawah ini :

1. Ankylosing Spondylitis

Penyebab sakit tulang belakang yang satu ini sangat berkaitan erat dengan kondisi peradangan pada pertemuan antara dua anggota tulang. Lebih spesifiknya yakni rasa nyeri yang diderita oleh pasien biasa menyerang pada daerah tulang pertemuan pada daerah punggung cenderung bagian agak bawah. Yakni daerah yang terhubung antara tulang belakang dan juga bagian pelvis pada tubuh kita. Rasa sakit tulang belakang ini umumnya mengganggu aktifitas dengan intensitas yang besar. Sakit tulang belakang mampu menghambas kinerja keseharian karena dapat membuat tidak nyaman baik saat sedang berbaring, duduk, berdiri, berjalan dan kemungkinan sangat menghambat aktifitas bagi para pelari aktif. Begitulah betapa sentralnya tulang belakang menjadi penonggak gerak manusia.

2. Slipped disc

Tulang belakang pada punggung kita utamanya memiliki beberapa susunan cakram untuk memantapkan posisi serta mengoptimalkan kinerjanya sesuai fungsi normal. Namun jika dalam kondisi tertentu kesehatan cakram ini terancam atau bahkan terusak maka sakit yang amat akan dapat menyerang penderita. Hal ini lantaran cakram tersebut erat berdekatan dengan jalinan syaraf yang berada di sekitarnya. Rusaknya cakram tulang punggung kita akan berdampak pada persyarafan dan apada akhirnya akan membuat penderita mengalami rasa nyeri berkelanjutan.

3. Gejala arthritis

Penyebab sakit tulang belakang yang lainnya bisa dikarenakan oleh adanya manifestasi dari gejala arthritis. Yakni gejala peradangan pada bagian tulang manusia. Meski tak menutup kemungkinan penyakit ini tak hanya menyerang khusus pada bagian tulang belakang saja. Sangat sering nyeri yang dirasakan penderita justru pada persendian anggota gerak layaknya tangan, kaki dan juga pada bagian punggung bawah atau lebih tepatnya berada pada daerah pinggang. Pola hidup sehat sangatlah berpengaruh pada munculnya keluhan radang sendi ini. Mengurangi makanan tinggi kandungan purin layaknya jerohan, seafood, melinjo dan sejenisnya yang berlebihan memiliki kandungan purin serta diimbangi dengan meminum cukup banyak air putih mampu menjadi opsi pencegahan pada serangan sakit yang semakin parah.

Topik lain terkait arthritis : Cara Mencegah OsteoarthritisObat Radang SendiPenyebab Radang SendiObat Herbal Nyeri Sendi

4. Frozen shoulder

Meski bukan khusus menyerang daerah tulang belakang namun keluhan nyeri tulang yang satu ini bisa juga dirasakan merambat sampai kepada tulang punggung. Utamanya gejala sangat dirasakan di daerah bahu. Nyeri dan kaku saat digerakkan utamanya menjadi hal yang sering dikeluhkan oleh penderita. Kurangi menaruh beban berlebbih pada pundak serta usahakan memilih posisi tidur paling nyaman dapat meminimalisir keluhan yang mungkin diderita oleh pasien.

5. Whiplash

Utamanya menyerang sekitar tulang leher naamun keluhan juga bisa sampai mencapai tulang punggung bagian atas. Kasus paling sering adanya nyeri yang timbul diakibatkan oleh cedera yang langsung melukai tulang leher. Gaya hidup yang memperhatikan keselamatan uatamanya bagian leher haruslah diterapkan. Sebisa mungkin minimalisir kegiatan yang mengancam kesehatan tubuh anda. Dan tak lupa pula selalu utamakan keselamatan terlebih jika sedang berada dalam perjalanan maupun bekerja dalam lingkungan konstruksi yang berpotensi rawan dengan cidera kecelakaan.

6. Tumor atau kanker tulang

Hal ini merupakan pertanda tidak normalnya pertumbuhan sel penyusun suatu jaringan. Dalam hal ini yakni pada susunan tulang belakang. Rasa nyeri yang muncul biasa disertai dengan penurunan imunitas tubuh secara umum. Nafsu makan mulai berkuranyg, tubuh terasa semakin lemah dan pastinya muncul ragam abnormalitas pada daerah tulang belakang. Pada tumor sel abnormal yang tumbuh masih dalam skala jinak dan jika mengarah ke kanker maka penanganan medis jangan sampai untuk ditunda lebih lama lagi. Bisa memakai opsi mulai dengan obat kemoterapi hingga jika memungkinkan dilakukan pengangkatan jaringan tumor tentunya dengan pertimbangan yang sangat serius. Mengingat tulang belakang merupakan susunan jaringan yang teramat sentral bagi tubuh kita.

Topik lain terkait tumor dan kanker; Efek Akibat Terkena Radiasi NuklirBahaya Ikan Lele – Evening Primrose OilBahaya Obesitas – Gejala Benjolan di Ketiak

7. Kondisi khusus

Seperti misalnya faktor usia, menjelang umur yang semakin tua maka rasa nyeri punggung pun dapat semakin sering mendera. Pada keadaan lain yakni menyerang orang dengan keadaan obesitas ataupun berat badan berlebih. Pada ibu hamil nyeri tulang belakang juga dapat dirasakan lantaran semakin bertambahnya beban yang harus ditopang tubuh. Kebiasaan buruk mulai dari meminum alkohol serta merokok juga memiliki manifestasi terhadap munculnya nyeri pada tulang belakang. Bahkan keadaan psikologis yang tidak stabil alias pada orang yang mengalami gangguan depresi juga lebih rentan untuk terserang nyeri pada tulang belakang. kebiasaan memberi beban berlebih pada punggung ataupun juga sikap tubuh yang tidak sesuai dibiarkan terus berulang akan sangat berdampak pada kesehatan tulang belakang kita.

8. Osteoporosis

Gejala pengeroposan tulang juga biasanya membidik daerah tulang belakang dengan sangat sering pada sebagaian besar penderita. Faktor usia serta asupan nutrisi sangat mempengaruhi manifestasi keluhan yang satu ini. Pengeroposan tulang menurunkan kekuatan dan kepadatan tulang dan seringkali menimbulkan rasa nyeri yang bisa juga berujung pada hal yang lebih serius. Memberi asupan mencukupi untuk jarinan tulang layaknya konsumsi kalsium sangat dianjurkan demi mencegah munculnya penyakit satu ini. Utamanya meminum susu serta konsumsi ragam sayuran sehat dapat dijadikan opsi untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh akan nutrisi tulang dan gigi yang satu ini.

Topik lain terkait osteoporosis : Ciri-ciri OsteoporosisGejala OsteoporosisCara Mencegah OsteoporosisPenyebab Osteoporosis

9. Abnormalitas tulang belakang

Sering kita pelajari semenjak kita kecil mengenai jenis kelainan tulang belakang berikut ini. Kita selalu diajarkan tentang sikap tubuh yang benar saat sedang belajar sehingga ragam kelainan postur tulang belakang berikut tidak mengancam. Jika sudah terlanjur semakin parah maka tindakan pembedahan pun harus segera diusahakan demi meredakan rnasa neri serta memperbaiki postur tubuh menjadi lebih baik dan normal demi semakin optimalnya aktifitas harian yang dikerjakan. Terdapat utamanya tiga kelainan tulang belakang yang biasanya tidak terlalu sulit diidentifikasi. Yakni kifosis, lordosis serta skoliosis. Lebih jelasnya kifosis yakni kondisi postur tulang belakang cenderung terlalu membungkuk. Lordosis mengindikasikan postur tulang belakang terlalu tertarik ke belakang. Sedangkan skoliosis yakni postur tak normal tulang belakang yang membengkok ke arah samping, baik kanan ataupun kiri.

10. TBC tulang

Penyakit satu ini dapat pula menyerang tulang belakang pada punggung. Dalam kondisi parah infeksi yang terjadi dapat menimbulkan nyeri peradangan yang disertai pula dengan kemunculan nanah. Kondisi tulang juga akan semakin melemah ataupun rapuh. Gayaa hidup sehat sangatlah diharuskan demi mencegah perkembangan penyakit satu ini. Usahakan pula untuk menjaga agar lingkungan tinggal tidak justru terkesan lembab sepanjang waktu. Dan paling penting yakni sinar matahari harus bisa masuk ke dalam ruangan tinggal. Cahaya matahari pagi juga terbukti sangat bagus untuk perkembangan tulang kita menjadi senantiasa sehat.

Topik lain terkait penyakit TBC : Tanda-tanda TBC Tulang BelakangMadu bagi Penderita TBC

11. Gaya hidup buruk

Beberapa contoh gaya hidup tidak baik yang berpengaruh pada sakit tulang belakang yakni umumnya menyerang pada wanita yang sangat sering memakai high heels. Hal ini dikarenakan bentuk postur tubuh yang dipaksakan dalam keseharian mampu memberikan beban yang berlebih khususnya pada anggota tubuh bagian tulang belakang. Yang selanjutnya yang dapat dimasukkan kategori gaya hidup tak baik bagi kesehatan tulang belakang yakni diantaranya pemilihan alas tidur yang kurang bisa membuat tubuh nyaman. Hal ini bisa mengurangi kualitas istirahat sekaligus menimbulkan keluhan pegal-pegal yang bisa mengganggu aktifitas keseharian.

Nah itulah beberapa kemungkinan penyakit sebagai penyebab sakit tulang belakang. Semoga wawasan kita semakin bertambah dan pastinya semakin jeli dalam merawat kesehatan tubuh masing-masing ya.