Home Merk Obat A-ZMerk Obat C Cardiomin – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

Cardiomin – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

by Kartika Puji Rahayu

Cardiomin adalah suplemen dalam bentuk kapsul lunak yang digunakan untuk menjaga kesehatan jantung. Produk ini termasuk dalam golongan obat bebas terbatas dan dalam pembeliannya tidak diperlukan menggunakan resep dokter, namun jumlah pemasarannya memang dibatasi. Cardiomin di produksi oleh PT. Darya Varia Laboratoria Tbk atau yang biasa disebut juga darya varia. Obat ini juga di farmasikan oleh Medifarma Lab Inc PT atau familiar dengan sebutan Medifarma.

Konsumsi Cardiomin untuk menjaga dan membantu terpenuhinya kebutuhan berbagai vitamin yang baik bagi tubuh. Cardiomin sendiri tergolong dalam sub kategori vitamin dan atau mineral, namun merupakan suplemen baik untuk membantu kesehatan jantung. Produk ini biasa dijual dengan satuan penjualan strip dan mudah ditemukan diberbagai tempat. Cardiomin mampu bekerja sebagai multivitamin yang sangat baik untuk tubuh dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh beserta fungsi tubuh lainnya.

Kandungan Cardiomin

Cardomin mengandung banyak vitamin dan asam folat dengan masing masing dari kandungannya mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Kandungan dalam Cardiomin :

  1. Pyridoxine (Vitamin B6) HCl 25 mg
  2. Cyanocobalamin (Vitamin B12) 25 mcg,
  3. Folic acid (asam folat) 500 mcg,
  4. d-α tocopherol (Vitamin E) 400 iu

Vitamin B6 dalam Cardiomin sangat penting bagi kulit, sistem saraf dan juga fungsi darah sebab mampu membantu aktivitas enzim, meningkatkan metabolisme tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi gangguan emosional, mengontrol hormon, mengurangi gejala premenstrual syndrome (PMS), mengatur tekanan darah, membantu komunikasi syaraf, meningkatkan performa finess, energi dan melawan penyakit.

Vitamin B12 dalam Cardiomin membantu proses aktivasi asam folat, menghasilkan sel darah merah, membantu dalam proses sintesis DNA, serta menjaga dan mengatur kesehatan sistem saraf, kulit dan juga mata. Selain itu vitamin ini bisa memproduksi energi, mencegah penyakit jantung dan kanker.

Vitamin E dalam Cardiomin sangat diperlukan sekali karena menunjang kinerja dari banyak organ didalam tubuh. Selain itu juga berfungsi untuk memperlambat sel – sel tubuh dari kerusakan, mengencerkan darah, mengobati diabetes beserta komplikasinya, melawan efek negatif penggunaan obat-obatan, mencegah kanker, mencegah dan menyembuhkan penyakit.

Asam folat dalam Cardiomin juga membantu dalam memproduksi sel darah merah, perkembangan syaraf otak, perkembangan syaraf motorik, mengobati depresi, menghindarkan dari penyakit jantung, meningkatkan daya ingat, mencegah stroke, menghilangkan racun dalam tubuh, menghindari alzheimer (kepikunan parah), membantu pertumbuhan jaringan tubuh, mencegah osteoporosis, menghilangkan dan menghindari nyeri otot.

Fungsi Cardiomin

Fokus dari Cardiomin adalah suplemen untuk membantu kesehatan jantung, namun memiliki fungsi lain yang baik bagi tubuh yaitu membantu memenuhi berbagai kebutuhan vitamin dalam tubuh.

Indikasi Cardiomin

Ada 2 indikasi yang dimiliki Cardiomin :

  • Sebagai anthihosmosistein
  • Sebagai suplemen pemenuh kebutuhan vitamin pada saat kondisi defisiensi vitamin B12, vitamin B6 dan asam folat

Dosis Cardiomin

  • Konsumsi Cardiomin 1 kali sehari sebanyak 1 kapsul
  • Gunakan sesuai dengan aturan dan usahakan tidak mengkonsumsi Cardiomin secara berlebihan

Cara Penggunaan Cardiomin

  1. Cardiomin bisa dikonsumsi bersama dengan makanan atau sesudah makan
  2. Konsumsi Cardiomin dengan langsung telan, tanpa dikunyah
  3. Bila muncul gangguan sebaiknya hentikan dan konsultasikan ke dokter.

Kemasan Cardiomin

  • Setiap Cardiomin dikemas dalam kapsul lunak berupa 1 dos berisi 5 strip x 4 tablet

Penyimpanan Cardiomin

  • Cardiomin sebaiknya disimpan dalam tempat sejuk, kering dan usahakan terlindung dari cahaya.

Efek Samping Cardiomin

  • Penggunaan Cardiomin relatif aman dikonsumsi dan tidak memiliki efek samping selama dipergunakan sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan. Selain itu Cardiomin juga aman dikonsumsi oleh ibu hamil dengan kondisi kehamilan kembar ataupun kehamilan ektopik.

Kontradiksi Cardiomin

  • Sejauh ini tidak ditemukan kontradiksi yang terjadi dalam mengkonsumsi Cardiomin

You may also like