Home Merk Obat A-ZMerk Obat C Cetalgin – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

Cetalgin – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

by Johan Firdaus

Cetalgin adalah obat anti nyeri dan anti penghilang radang serta penurun demam yang termasuk dalam kategori Non Steroid Anti Inflamation Drugs (NSAID). Artinya obat ini adalah yang dapat digunakan untuk mengurangi rasa nyeri, menurunkan suhu tubuh dan menghambat terjadinya peradangan. Cetalgin  produksi Soho Industry Pharmacy dalam bentuk Tablet.

Kandungan Cetalgin

Dalam setiap tablet Cetalgin mengandung dua zat utama yaitu:

  • Metamizole 500mg
  • Diazepam 2mg

Fungsi Cetalgin

Cetalgin memiliki fungsi sebagaimana kandungan utama yang terdapat didalamnya. Kandungan pertama adalah Metamizole, Metamizole dikenal sebagai obat yang termasuk  kelompok obat anti inflamasi nonsteroid yang dapat berfungsi menghilangkan rasa sakit, menghilangkan radang atau bersifat anti inflamasi, penurun demam dan sebagai pereda kejang otot atau antispasmodic. Obat Jenis NSAID ini bekerja dengan menghalangi produksi prostaglandine sehingga dapat mengurangi rasa nyeri yang dirasakan oleh pasien.

Metamizole merupakan obat yang dapat digunakan secara umum untuk berbagai penyakit seperti sakit kepala pasca operasi atau luka. Metamizole juga digunakan untuk mengobati tunor. Akan tetapi Metamizole adalah obat anti nyeri kuat yang dapat memberikan efek anti nyeri dua hingga empat kali lipat dari efek ibuprofen dan parasetamol, karenanya tidak disarankan untuk digunakan menangani rasa sakit yang sifatnya ringan seperti sakit kepala, sakit nyeri hadi ataupun sakit gigi.

Sedangkan diazepam berfungsi sebagai obat penenang yang dapat berpengaruh pada kondisi seperti kejang. Diazepam melakukan transmisi sinyal ke otak untuk memberikan efek tenang dan mengatasi gangguan seperti insomnia, kecemasan, kejang ataupun juga digunakan sebagai obat bius untuk operasi

Dosis Penggunaan Cetalgin

Dosis umum penggunaan Metamizole adalah:

  • 500-1000 mg beberapa kali sehari. Dosis harian maksimal adalah 5000 mg. Durasi perawatan tidak boleh lebih dari 5 hari.

Akan tetapi, mengingat bahwa obat ini adlah obat keras dengan berbagai efek samping yang dapat menyertainya, maka penggunaan obat ini diharuskan dengan menggunakan resep dokter.

Efek Samping Cetalgin

Sebagaimana kandungan yang terdapat pada cetalgin, maka konsumsi Cetalgin dimungkinkan menimbulkan efek samping sebagaimana efeksamping yang muncul pada penggunaan zat kandungan Cetalgin yakni Metamizole dan Diazepam.

Metamizole dapat menyebabkan efek samping yang dihasilkan dari gejala gangguan saluran gastrointestinal atau gangguan pecernaan seperti:

  1. Diare
  2. Mual
  3. Muntah
  4. Sakit dan tidak nyaman di perut

Metamizole juga dapat berpengaruh pada sistem saraf dan dimungkinkan dapat menyebabkan beberapa efek samping seperti:

  1. Nervous
  2. Kantuk
  3. Mabuk
  4. Sakit kepala

Beberapa reaksi yang sering terjadi ketika menggunakan obat dengan kandungan Metamizole termasuk pada munculnya ciri ciri alergi seperti :

  1. Gatal
  2. Napas pendek
  3. Ruam kulit
  4. Bengkak
  5. Keringat dingin dan lainnya

Kontraindikasi Cetalgin

  • Hipersensitifitas terhadap Metamizole
  • Hipersensitifitas terhadap Diazepam

 Hal Hal yang Harus Diperhatikan

  1. Simpan obat pada suhu ruangan s.d. 25oC
  2. Hindarkan  obat dari sinar matahari langsung dan impan ditemat yang sejuk dan kering.
  3. Jauhkan obat dari jangkauan anak anak
  4. Oat ini adalah obat yag termasuk golongan obat keras, karenanya selalu gunakan dosis yang telah ditentukan oleh dokter.
  5. Jangan merubah dosis yang telah ditetapkan baik menambah ataupun mengurangi dosis.
  6. Obat dengan kandungan Metamizole tidak seharusnya dikonsumsi selama kehamilan, utamanya  selama masa 12 minggu pertama dan periode 12 minggu terakhir karena akan menghancurkan janin.
  7. Hindari menyusui ketika Anda sedang menggunakan obat dengan kandungan Metamizole. Ketika berhenti menggunakan obat ini jangan langsung menyusui, berikan setidaknya jeda 2 hari atau lebih untuk kemudian dapat menyusui kembali.
  8. jangan mengemudikan kendaraan ataupun mengoperasikan alat berat selama menggunakan obat ini.

You may also like