Home Tips KesehatanKesehatan Tulang 13 Tanda tanda TBC Tulang Belakang Yang Harus Diketahui

13 Tanda tanda TBC Tulang Belakang Yang Harus Diketahui

by Lia Yuliana

TBC Paru-paru ternyata TBC tidak hanya terjadi pada paru-paru saja, tetapi juga terjadi pada tulang. TBC tulang yang terserang adalah tulang belakang. TBC tulang belakang ini tidak boleh terlambat ditangani karena dapat menyebabkan suatu yang sangat fatal. Sebelum menyinggung mengenai TBC tulang, apasih TBC itu ? TBC merupakan kondisi dimana bagian tubuh yang terserang terkena bakteri mycobacterium tuberculosis. Bakteri ini akan menganggu darah termasuk pada aliran darah. Tbc memang mampu terjadi  di luar paru-paru, salah satunya TBC yang terjadi pada tulang belakang.

Bagian tulang belakang yang terserang virus ini adalah tulang belakang yang berada pada setinggi pinggang iga, yaitu bagian tulang atas dan pada ingat dibagian bawah rendah. Pada saat bakteri ini menyebar ke dua bagian maka akan terdapat bantalan pada verterbra itu. Yang biasa disebut dengan intervertebralis.

Pada bagian yang terserang vertebralis akan kesulitan mendapatkan nutrisi karena dihalangi oleh bantalan yang berada pada kedua bantalan itu. Dengan hal ini tulang belakang menjadi kehilangan kelenturan dan menyebabkan kerusakan pada tulang belakang. Pada saat kondisi ini menyerang bagian tubuh terus menerus dapat menyebabkan kesulitan bergerak pada penderitanya. Seperti layaknya orang Stroke.

Tulang vertebra yang saling berdekatan menjadi ada bantalan antara keduanya jika virus tbc menyerang. Banyak pertanda yang dapat diketahui dengan mudah apakah seseroang menderita TBC ataukah tidak. Adapun tanda tanda TBC tulang belakang sebagai berikut.

  1. Sakit punggung

Sakit punggung yang dirasakan adalah sakit punggung pada bagian tertentu. Sakit punggung ini terjadi pada iga atas dan iga bawah. Sakit punggung yang dirasakan bila semakin lama tidak segera diobati akan menyebabkan kesulitan bergerak bagi penderitanya. Hal ini karena lama kelamaan bila TBC menyerang terus bagian tulang belakang menyebabkan tulang belakang tidak menerima nutrisi dan akan kekurangan kelenturannya. Sehingga akan menjadi sakit dalam bergerak.

  1. demam dan tubuh berkeringat

Seperti biasa demam tentu dirasakan oleh mereka yang menderita penyakit.demam memang menjadi pertanda umum. Demam merupakan efek dari adanya kekebalan tubuh yang membuat sistem syaraf merespon pada bagian tubuh sehingga membuat tubuh mengeluarkan panas. Hal ini disebabkan karena kekebalan tubuh tidak dapat mengalahkan virus sehingga menyebabkan demam.

  1. Berat badan menurun

Berat badan pada penderita TBC tulang akan menurun, bahkan bisa menurun sangat drastis. Banyak orang yang ingin diet, mungkin diet air putih agar mendapatkan tubuh yang ideal. Tetapi beda halnya tentu dengan penderita ini. Seorang yang menderita TBC tulang belakang pasti memilih untuk menstabilkan badan dan banyak mengkonsumsi makanan seperti makanan yang mengandung omega 3, makanan yang mengandung protein, makanan yang mengandung kalori yang dapat membantu mengembalikan imun tubuh. Meskipun terkadang agak sulit dalam mengkonsumsinya karena rasa pahit dan tidak enak yang dirasakan di mulut.

  1. Tubuh menjadi bungkuk

Ketika tulang belakang tidak dapat bekerja dengan normal pantaslah tubuh menjadi bungkuk, karena tulang belakang tidak dapat menahannya lagi. hal ini tentu tidak diinginkan bagi setiap orang karena dapat menyebabkan ketidak percayaan diri. Apalagi terjadi ketika usia masih muda. Untuk itu jagalah tubuh dan kebersihan terutama pada makanan. Jangan banyak mengkonsumsi bahaya junk food dan makanan berbahaya lainnya yang akan memperburuk keadaan tubuh.

  1. Terdapat kelainan pada syaraf

Kondisi seperti ini tidak hanya menyerang pada bagian tulang belakang saja, tetapi juga menyerang pada bagian syaraf lainya sehingga bagian syaraf-syaraf tertentu akan merasakan sakit pula. Tidak hanya bagian tulang belakang saja yang merasakan rasa sakitnya.

  1. Muncul benjolan pada selangkangan

Benjoan pada selangkanan ini sering terjadi seiring berkembangnya virus tubercolosis  itu. Benjolan pada selangkangan memang mudah untuk diketahui. Penyakit atau tanda-tanda ini biasa dikenal sebagai hernia. Jadi jika terserang hernia bisa menjadi kemungkinan itu adalah tanda-tanda dari TBC tulang.

  1. Pegal-pegal

cepat lelah  akan sering dirasakan pada mereka yang menderita penyakit. Mudah lelah akan menyerang pada bagian tubuh apalagi pada bagian organ yang terserang TBC, akan merasakan lebih pegal. Seperti Kelelahan otot tentu hal ini akan menyebabkan nyeri pada otot pula. Rasa pegal-pegal ini tidak hanya dirasakan sekali saja, tetapi dirasakan berualang kali terutama ketika sedang melakukan kegiatan yang membutuhkan tenaga pada punggung.

  1. Nafsu makan berkurang

Nafsu makan pada seroang yang menderita penyakit pasti akan berkurang secara drastis, rasa ini banyak dirasakan karena kondisi perut yang tidak stabil jadi merasa tidak enak. Lidah pun akan merasa lebih pahit ketika sedang menderita penyakit.

  1. Bengkak pada tubuh

Pada bagian tubuh tertentu,tepatnya pada bagian yang terserang virus TBC akan menderita sakit. Sakit yang dirasakan ini ditandai dengan bengkaknya bagian tubuh sehingga bagian tubuh menjadi sulit untuk digerakkan. Meskipun pada awalnya terasa biasa saja, namun bengkak ini dapat menjadi penyebab utama tubuh sulit bergerak.

  1. Merasakan tubuh yang dingin

Demam biasanya menjadi penyebab tubuh menjadi dingin. Tanda tanda TBC tulang pada penderita akan mengalami demam pula. Sehingga pada saat yang bersamaan tubuh merasakan dingin. Seperti halnya yang biasa dikenal sebagai panas dingin. Tubuh merasa dingin padahal suhu badannya sangat panas.

  1. Kejang otot di malam hari

Kejang ini bukan berarti epilepsi. Beda. Jika epilepsi terjadi karena adanya kejang yang terjadi pada otak. Karena adanya struman dari otak. Bila ini terjadi karena demam yang terlalu tinggi.

  1. Batuk berdahak

Batuk, menjadi ciri utama dari TBC, baik TBC tulang maupun TBC paru. TBC paru salah satu gejala dan tanda-tandanya adalah batuk berdahak. Pada TBC tulang, batuk berdahak ini akan disertai dengan dahak yang berupa darah. Sehingga memerlukan berbagai macam perawatan yang intensif agar cepat disembuhkan.

  1. sesak nafas

Batuk berdahak dapat menyebabankan sesak pada nafas. Karena kesulitan untuk mengumpulkan oksigen. Pada saat batuk berdahak ini akan membuat dada menjadi nyeri karena harus mengeluarkan banyak tenaga untuk batuk. Bahkan batu yang disertai dengan darah.

Gejala atau tanda-tanda dari TBC tulang perlu diwaspadai sejak dini agar tidak terus berkembang virusnya sehingga akan lebih mudah untuk disembuhkan. Virus ini akan lebih mudah disembuhkan jika belum banyak penyebarannya. Beda halnya jika sudah menyebar hampir ke seluruh tubuh. Tentu akan kesulitan pula dalam memulihkan pada kondisi normalnya kembali.

You may also like