20 Obat Pengapuran Tulang Alami dan Di Apotik Paling Alami

10181

Pengapuran tulang juga disebut dengan istilah osteoarthritis di mana ini adalah salah satu macam dari arthritis yang terbilang umum terjadi pada manusia. Pada keadaan ini, penderita bakal merasa kaki dan sakit di bagian sendi-sendinya. Bahkan pada bagian tersebut jugalah sendi mengalami pembengkakan dan kerusakan, yaitu meliputi tulang punggung, pinggul, lutut dan juga tangan.

Rasa nyeri di bagian sendi pada umumnya tak terjadi sendiri, karena akan muncul pula gejala-gejala lainnya, seperti misalnya penurunan kelenturan sendi, penurunan massa otot, serta otot yang menjadi mudah lemas. Hanya saja, gejala-gejala tersebut bukanlah tipe gejala yang bertahan lama, melainkan akan gampang datang dan pergi begitu seterusnya. Ada sejumlah obat pengapuran tulang yang bisa Anda pertimbangkan supaya bisa mengatasi sendiri kondisi ini.

(Baca juga: penyebab radang sendi)

1. Jahe

Jahe adalah sebuah obat alami yang tak hanya bisa dijadikan obat batuk, tapi juga baik untuk mengobati pengapuran tulang. Rupanya, telah ada sebuah studi di tahun 2001 yang menyatakan bahwa ekstrak jahe adalah yang paling baik untuk dijadikan obat. Rasa sakit yang tak tertahankan saat mengalami osteoarthritis akan dapat berkurang dengan bahan ini.

  • Cara 1: Terlepas dari efek samping jahe, ada banyak manfaat terkandung di dalamnya. Untuk mengobati pengapuran tulang, silakan meminum 2-3 cangkir teh jahe setiap harinya. Untuk mengonsumsi teh ini, siapkan sepotong jahe yang bisa diparut dan kemudian didihkan bersama secangkir air selama kurang lebih 10 menit. Sebelum mengonsumsinya, silakan saring lebih dulu dan tambahkan madu secukupnya.
  • Cara 2: Pakailah minyak jahe yang bisa dioles ke bagian yang sakit seraya memberikan pijatan. Obat ini bisa digunakan sehari beberapa kali saja.
  • Cara 3: Siapkan beberapa iris jahe yang masih segar dan Anda bisa mengunyahnya setiap hari. Atau, bisa juga irisan jahe Anda masukkan ke dalam masakan Anda, tapi pastikan yang digunakan adalah jahe kering. Konsumsilah secara rutin untuk pengobatan pengapuran tulang dari dalam sehingga hasil efektifnya bisa dirasakan.

(Baca juga: cara menjaga kesehatan tulang)

2. Cuka Sari Apel

Selain dapat diandalkan sebagai obat tradisional kolesterol serta cara mengobati tipes dengan cepat, cuka sari apel punya manfaat lainnya, yaitu mengobati pengapuran tulang. Ini karena di dalamnya ada kandungan sifat basa serta anti inflamasi yang bisa menurunkan rasa sakit serta kakunya sendi. Bahkan bila pada sendi ada racun, maka cuka sari apel inilah yang berguna untuk menyingkirkannya.

  • Cara 1: Coba Anda campurkan cuka sari apel bersama dengan minyak zaitun murni dengan takaran masing-masing 1 sendok makan. Namun, obat dengan cara ini bukanlah untuk dikonsumsi, melainkan sebagai obat pijat. Anda bisa memijat sendi yang terkena sehari beberapa kali agar lebih efektif hasilnya.
  • Cara 2: Pakai cuka sari apel asli yang masih mentah dan belum melewati proses penyaringan. Campur bersama madu untuk ditambahkan ke segelas air hangat. Setelah diaduk rata, Anda bisa mengonsumsinya sehari 2 kali, namun lebih dianjurkan untuk meminumnya setiap sebelum makan. Konsumsi rutin akan membawa Anda melihat kebaikan bahan ini.

3. Kunyit

Telah diteliti oleh sebuah studi bahwa kunyit merupakan obat manjur bagi pengapuran tulang selain bisa dijadikan cara mengatasi jantung lemah. Karena di dalamnya terdapat antioksidan dan anti inflamasi tinggi pada kurkuminnya, tentu ini akan membantu untuk menyembuhkan dan memperlambat perkembangan dari penyakit ini.

  • Cara 1: Pakai saja bubuk kunyit yang bisa Anda tambah dan campurkan dengan masakan sehari-hari untuk lebih sederhananya. Ini akan sangat menolong menyembuhkan pengapuran tulang dari dalam.
  • Cara 2: Ambil ekstrak standar kunyit sebanyak 300 mg yang merupakan dosis untuk dikonsumsi sehari 3 kali. Namun pastikan bahwa Anda sudah mengonsultasikan hal ini terlebih dulu dengan dokter.
  • Cara 3: Siapkan segelas susu dan tambahkan dengan sesendok teh bubuk kunyit yang kemudian bisa Anda didihkan. Tambahkanlah sedikit madu ke dalamnya dan minumlah sehari 2 kali. Pastikan bahwa Anda meminumnya setiap hari dalam beberapa hari untuk merasakan perkembangan efek baik yang ditawarkan oleh kunyit ini.

(Baca juga: cara mengobati amandel tanpa operasi)

4. Bubuk Kayu Manis

Tak disangka, ternyata bubuk kayu manis merupakan salah satu bahan yang berkandungan antioksidan dan anti inflamasi tinggi sehingga sangat bisa diandalkan dalam menyembuhkan penyakit pengapuran tulang. Pembengkakan serta rasa nyeri yang membuat menderita dapat dilawan dengan kandungan serta sifat-sifat tersebut. Bahkan untuk otot yang kaku sekalipun bisa dikendurkan kembali.

  • Cara 1: Gunakan bubuk kayu manis untuk membuat pasta dengan air secukupnya saja. Tambahkan juga madu sedikit saja yang bisa dicampur. Setelah mencampurnya, pijatlah daerah yang nyeri dan bengkak dengan ramuan ini selama beberapa menit. Lakukan setiap hari 2-3 kali per harinya supaya hasilnya bisa dirasakan secepat yang Anda harapkan.
  • Cara 2: Siapkan takaran sesendok teh bubuk kayu manis dan kemudian Anda bisa campur dengan madu sebanyak 1 sendok makan. Campurkan keduanya bersama segelas air hangat dan aduk sampai benar-benar rata. Setiap pagi Anda bisa meminumnya, tapi pastikan konsumsi dilakukan sebelum sarapan, alias perut masih dalam keadaan kosong.

5. Teh Hijau

Pasti sudah banyak dari Anda yang tahu bahwa teh hijau merupakan sebuah bahan alami yang sangat bisa diandalkan sebagai solusi gangguan kesehatan. Walau diketahui ada bahaya minum teh bagi kesehatan, teh hijau ini mengandung sifat antioksidan dan anti inflamasi yang sudah terbukti mampu mengendalikan gejala pengapuran tulang. Bengkak dan sendi akan berkurang secara berangsur dengan bahan ini.

  • Caranya: Siapkan air panas sebanyak 1 cangkir yang kemudian bisa Anda tambahkan dengan sesendok teh daun teh hijau. Tutuplah cangkir tersebut untuk proses penyeduhan yang bisa Anda tunggu selama beberapa menit saja. Saringlah dan bisa tambahkan madu secukupnya; barulah Anda minum 2-3 cangkir per harinya.

(Baca juga: bahaya minum teh setiap hari)

6. Lidah Buaya

Nama lain dari aloe vera ini merupakan bahan terbaik untuk mempercantik diri biasanya. Khasiat lidah buaya untuk kulit tentu tak perlu diragukan lagi, tapi untuk pengapuran tulang juga terbukti baik. Karena ada sifat penyembuh, gelnya sangat bisa dimanfaatkan oleh penderita osteoarthritis.

  • Caranya: Sangat mudah, yakni dengan mengambil gelnya secukupnya saja yang kemudian dioles ke bagian yang nyeri dan bengkak. Pengapuran tulang dan sendi bakal membaik dengan cepat apabila obat herbal satu ini digunakan secara teratur setiap hari di mana per harinya Anda melakukan pengobatan atau perawatan ini beberapa kali.

7. Terong

Bahan satu ini tak hanya bisa dimasak saja tapi juga dapat Anda jadikan obat pengapuran tulang paling ampuh. Selain meningkatkan kesehatan otak dan jantung, terong pun bisa menyehatkan kembali tulang dan sendi yang nyeri dan mengalami pembengkakan.

  • Cara 1: Sediakan terong secukupnya, yakni 60 gram yang bisa direbus bersama dengan bahan lain seperti jahe merah sebanyak 15 gram dalam air 600 ml. Sesudah tersisa menjadi 200 ml, saring dan dinginkan lebih dulu. Air rebusan terong dengan jahe merah inilah yang akan membantu menurunkan risiko pengapuran tulang menjadi lebih parah. Minumlah secara teratur dan rutin sehari 3 kali agar hasilnya bisa dirasakan dengan cepat dan secara maksimal tanpa harus khawatir akan efek samping berbahaya.
  • Cara 2: Untuk alternatifnya, terong sebanyak 100 gram dapat Anda siapkan bersama dengan serai 3 batang dan sambiloto 30 gram. Seluruh bahan-bahan tersebut dapat Anda rebus bersama dengan air 600 ml. Tunggu mendidih dan biarkan bersisa 200 ml sebelum Anda angkat. Saring lebih dulu dan sabar supaya lebih dingin. Minumlah saat sudah lebih dingin sehari 3 kali untuk hasil terbaik bagi kesembuhan pengapuran tulang Anda.

(Baca juga: obat sakit perut)

8. Temulawak

Kandungan pada temulawak cukup banyak, yakni minyak atsiru, kurkuminoid serta juga sifat anti inflamasi yang pastinya sangat baik untuk mengobati pengapuran tulang. Tak hanya bisa diandalkan sebagai obat infeksi lambung, temulawak dapat Anda ramu untuk mengobati pengapuran dari dalam.

  • Caranya: Sediakan saja sekitar 20 gram temulawak yang bisa Anda rebus dan air rebusannya bila sudah matang bisa ditunggu agak dingin dulu sebelum meminumnya. Mengonsumsi air rebusan dari bahan alami satu ini secara rutin akan membawa kebaikan bagi pemulihan sendi dan tulang Anda.

9. Bawang Putih

Meski ada bahaya bawang putih mentah, khasiatnya tak bisa kita ragukan lagi karena memang sudah banyak gangguan kesehatan yang dapat diatasi oleh bawang putih. Tak hanya sebagai penurun gejala kolesterol, bawang putih bagus juga untuk pengapuran tulang.

  • Caranya: Sederhana saja, Anda hanya tinggal mengonsumsinya secara langsung atau tambahkan lebih banyak ke masakan atau makanan Anda. Atau kalau Anda tidak begitu suka harus mengunyahnya, silakan dijus lebih dulu saja supaya lebih mudah mengonsumsinya nanti. Asal digunakan tak berlebihan, Anda bisa menghindari efek samping bawang putih.

(Baca juga: efek samping daun sirsak)

10. Daun Sirsak

Bila kebanyakan orang mengenal daun sirsak sebagai obat kanker paling mujarab dan alami, manfaat daun sirsak tak hanya sebatas itu saja. Selain menjadi penurun kolesterol tinggi, daun sirsak juga bisa jadi solusi tepat untuk pengapuran tulang serta sendi.

  • Caranya: Cukup dengan menyediakan daun sirsak secukupnya, Anda lagi-lagi dapat merebusnya untuk pengobatan dari dalam. Rebuslah daun ini sampai matang, tapi pastikan Anda sudah membersihkannya. Air rebusan yang sudah disaring bisa diminum secara teratur untuk merasakan hasil yang paling baik tanpa efek samping berbahaya bagi tubuh Anda.

11. Kulit Manggis

Dalam mengatasi dan mencegah banyak penyakit kronis, kulit manggis sangat terpercaya kealamian dan keampuhannya. Ada senyawa bernama xanthone di dalamnya yang akan membanti menjadi antioksidan untuk melawan radikal bebas, segala jenis kanker serta diabetes.

  • Caranya: Sediakan saja kulit manggis seperlunya dan caranya masih sama seperti bahan-bahan lainnya di atas, yaitu Anda bisa merebusnya. Rebus sampai matang dan air rebusan bisa disarang dulu sebelum meminumnya. Mengonsumsi rutin akan memberikan hasil optimal bagi penurunan risiko gejala pengapuran tulang menjadi lebih serius.

(Baca juga: kelainan tulang akibat posisi duduk yang salah)

12. Madu

Asalkan Anda tahu cara membedakan madu asli dan palsu, Anda bisa dengan mudah memperoleh madu asli untuk mengobati pengapuran tulang. Memiliki banyak khasiat, madu boleh Anda coba sebagai obat alami radang sendi.

  • Caranya: Madu asli dapat Anda jadikan campuran bagi air rebusan dari bahan-bahan yang sudah disebutkan di atas, namun Anda juga bisa meminumnya secara langsung tanpa menjadi campuran apapun. Namun memang untuk khasiat yang lebih besar, Anda bisa meminumnya dengan mencampurkan bersama air rebusan daun sirsak dan kulit manggis. Meminumnya secara rutin tak akan memberikan efek samping dan justru menyembuhkan pengapuran tulang dan sendi lebih cepat.

13. Seledri

Di dalam seledri ada banyak kandungan baik yang meliputi vitamin A, kalium, serta zat besi yang memang akan menutrisi tubuh dengan baik. Selain bisa menurunkan tekanan darah tinggi, seledri terbilang efektif untuk mengobati pengapuran dengan ditambah bahan lainnya sebagai campuran.

  • Caranya: Sediakan seledri 30 gram, bersama juga dengan cuka apel 30 ml, jahe merah sebanyak 30 gram, serta pegagan segar sebanyak 30 gram juga. Sesudah seluruh bahan dicuci bersih, blenderlah bersama-sama yang ditambah dengan 100 ml air. Sebelum meminumnya, Anda dapat menambahkan madu secukupnya sesuai selera. Melakukan pengobatan dari dalam dengan obat ini sehari 2 kali secara rutin akan membantu penyembuhan lebih maksimal.

(Baca juga: cara mencegah osteoarthritis)

14. Terapi Pijat

Pijat adalah sebuah terapi yang banyak digunakan untuk meredakan nyeri dan sendi, dan terapi semacam ini pun dapat menjadi obat tradisional ampuh bagi pengapuran tulang Anda. Terapi pijat adalah obat yang baik untuk otot dan sendi yang nyeri karena akan memberikan efek tenang. Bahkan dengan terapi pijat jugalah sirkulasi darah yang tadinya kurang begitu lancar akan kembali sempurna.

  • Caranya: Pakailah minyak zaitun atau minyak kelapa untuk dioles ke bagian yang nyeri, lalu pijatlah area tersebut dengan lembut sehari beberapa kali. Namun kalau memang kondisi menjadi lebih buruk atau tidak kunjung ada kemajuan, segera berhenti.

15. Garam

Berkandungan magnesium tinggi, garam akan membantu menurunkan peradangan, mengempiskan pembengkakan dan mengurangi rasa nyeri pada bagian yang terkena pengapuran.

  • Caranya: Tidak sulit untuk menggunakannya, Anda cukup menambahkan garam ini sebanyak 2 cangkir ke air mandi hangat Anda. Rendam bagian yang terkena pengapuran sekitar 20-30 menit dan bisa diulang seminggu 2-3 kali selama beberapa minggu atau sampai rasa nyeri sudah tak terasa lagi. Namun solusi ini tidak diperuntukkan bagi yang memiliki penyakit ginjal maupun diabetes.

(Baca juga: bahaya akibat kurang minum air putih)

Obat Pengapuran Tulang Medis

Selain dari obat tradisional yang sudah direkomendasikan di atas, ada beberapa obat medis yang juga bisa Anda pergunakan untuk meredakan rasa nyeri.

  1. Kalsitonin – Obat ini merupakan obat pereda nyeri di mana rasa nyeri akibat pengapuran tulang dapat dikurangi. Biasanya, obat ini digunakan oleh penderita rasa nyeri saat mengalami patah tulang.
  2. Aledronat – Obat satu ini adalah jenis obat yang mampu meningkatkan kembali jumlah massa tulang. Wanita yang sudah masuk masa menopause biasanya rentan terhadap pengapuran dan patah tulang, maka sangat baik untuk menggunakan obat ini ketika terjadi hal yang tak diinginkan tersebut.
  3. Hormon Estrogen – Obat ini khusus untuk para wanita yang sudah menopause dan mengalami pengapuran tulang.
  4. Hormon Testosteron – Obat ini bagus untuk para pria yang mengalami kesulitan dalam proses penyerapan vitamin D dan juga kalsium.
  5. Flourida – Obat ini akan membantu membuat kepadatan dalam tulang meningkat. Hanya saja, memang obat ini jarang dianjurkan karena bisa saja berefek samping memicu kelainan dan kerapuhan tulang.

(Baca juga: cara mencegah osteoporosis)

Itulah obat pengapuran tulang baik secara alami maupun medis yang terbilang efektif dan bisa Anda coba. Konsultasikan lebih dulu dengan dokter untuk obat medis, supaya tak berefek buruk bagi tubuh.