23 Cara Mengatasi Pengapuran Tulang Terefektif

Seseorang dengan kepadatan tulang yang berkurang seiring bertambahnya usia menjadi tua biasanya disebut dengan kondisi pengeroposan tulang. Osteoporosis adalah sebutan bagi pengeroposan tulang ini di mana tubuh juga mengalami kekurangan kalsium. Sedangan pengapuran tulang serta sendi bukanlah osteoporosis, melainkan terkenal dengan istilah medis osteoarthritis.

Osteoarthritis biasa terjadi dan dihubungkan dengan peradangan sendi akibat penipisan pada bantalan ujung tulang. Intinya, seiring berjalannya waktu dan pertambahan usia seseorang, pada bagian area tulang dan sendi bakal mengalami kerusakan. Hal ini tak dapat terhindarkan oleh kebanyakan manula, namun selalu ada cara mengatasi pengapuran tulang seperti yang akan dibahas berikut ini.

(Baca juga: terapi saraf kejepit)

1. Terapi Fisik

Jika rasa nyeri begitu terasa mengganggu, maka terapi fisik adalah salah satu cara mengatasinya di mana terapi ini biasa juga direkomendasikan oleh dokter. Terapi fisik ini akan meliputi penguatan otot yang akan melatih si pasien atau penderita untuk dapat bergerak dengan lebih baik dan rasa sakitnya berkurang. Ada ahli terapi yang akan membantu sehingga penderita tak perlu khawatir.

2. Mengurangi Berat Badan

Tekanan berlebih bisa menjadi pengapuran tulang dan kerusakan sendi tubuh. Ingat juga bahwa pengapuran tulang yang sudah Anda alami mampu menjadi lebih buruk apabila tekanan yang didapat oleh sendi sangat berlebihan. Ini biasanya terjadi pada orang-orang yang mengalami obesitas, sehingga solusinya sudah pasti adalah mengurangi berat badan melalui tips diet sehat.

3. Menggunakan Obat Pereda Nyeri

Di luar sana ada banyak dijual gel atau krim yang merupakan obat pereda rasa sakit dan nyeri. Datanglah ke toko obat untuk mendapatkan obat pereda nyeri, lalu oles ke sendi yang berada di area permukaan kulit, seperti misalnya sendi pada jari dan lutut. Cara ini bisa cukup membantu ketika nyeri datang begitu tak terduga dan mengganggu aktivitas Anda.

(Baca juga: cara mengatasi tulang belakang sakit)

4. Olahraga

Otot bisa kuat dan selalu dalam kondisi sehat adalah karena rajin olahraga, jadi bisa dibayangkan apabila kita kurang olahraga di mana otot sekitar sendi akhirnya berakibat mengalami pengapuran. Sendi akan jauh lebih baik dan selalu berkeadaan stabil dengan olahraga ringan sekalipun.

Bahkan tingkat osteoarthritis yang dialami penderita akan menjadi jauh berkurang dengan melakukan olahraga secara rutin. Namun, perlu diwaspadai juga akan bahaya olahraga yang berlebihan karena ini akan sangat mampu membuat kondisi tubuh menjadi semakin buruk nantinya.

5. Menggunakan Alat Bantu

Penderita akan lebih termudahkan saat menderita pengapuran tulang dengan menggunakan alat bantu khusus. Ketika terjadi pengapuran tulang, segala rutinitas penderita akan menjadi terhambat karena gerak tubuh yang sangat terbatas. Untuk mengatasinya, maka alat bantu yang tepat sangat diperlukan di mana hal ini dapat dibicarakan dengan ahli terapi atau dokter.

6. Terapi Okupasi

Selain dari terapi fisik, ada pula terapi okupasi yang sangat efektif untuk membantu orang dengan masalah pengapuran tulang. Tujuan dari terapi ini adalah supaya penderita mampu menjalankan kegiatan sehari-harinya tanpa membuat rusaknya sendi menjadi lebih serius. Penderita akan dibantu oleh ahli terapi untuk melakukan aktivitas sehari-hari agar dapat berkegiatan tanpa merasa sakit.

(Baca juga: penyebab sakit tulang belakang)

7. Menggunakan Jahe

Jika ingin mengatasi pengapuran tulang secara alami dan tradisional, maka jahe adalah rempah yang bisa Anda andalkan. Meski efek samping jahe dapat dikatakan cukup mengkhawatirkan, namun selama pemakaiannya benar dan tidak berlebihan maka tak akan menjadi masalah. Minumlah air jahe secara rutin untuk mengatasi pengapuran tulang dan sendi secara maksimal.

8. Memakai Madu

Ada lagi bahan alami yang bisa Anda peroleh dengan mudah dan berkhasiat sangat tinggi, yakni madu. Carilah madu murni (untuk memperolehnya silakan cari cara membedakan madu asli dan palsu) untuk kemudian Anda minum setiap hari. Entah secara langsung atau dicampur dengan air putih, Anda bisa mengonsumsi serutin mungkin supaya rasa sakit hilang dan pengapuran tulang cepat sembuh.

9. Menggunakan Daun Senggugu

Apabila Anda mungkin lebih nyaman menggunakan obat-obatan herbal, maka atasi pengapuran tulang dengan memakai daun senggugu. Tanaman obat ini memang cukup jarang terdengar, tapi bila Anda dengan mudah menjumpainya, jangan ragu untuk memanfaatkannya. Untuk membuatnya pun termasuk mudah karena Anda hanya perlu menyediakan beberapa lembar, secukupnya. Kemudian setelah dicuci bersih, rebuslah sampai matang di mana airnya bisa Anda konsumsi ketika sudah agak dingin. Pengapuran tulang dan sendi dijamin menjadi jauh lebih baik dan sembuh pada akhirnya dengan konsumsi rutin.

(Baca juga: cara menjaga kesehatan tulang)

10. Menggunakan Daun Kentut

Sama halnya dengan daun senggugu tadi, daun kentut merupakan salah satu tanaman herbal meski memang namanya unik dan pasti membuat Anda tertawa. Tanaman obat ini sangat bisa membantu para penderita pengapuran tulang dan sendi dengan cara merebusnya setelah dicuci sampai bersih.

Ketika sudah bersih, rebus hingga matang dan mendidih, barulah airnya Anda minum ketika suhunya sudah lebih turun. Mengonsumsinya secara rutin alias setiap hari akan jelas membantu proses kesembuhan tulang dan sendi Anda secara maksimal. Bila Anda bisa memperoleh daun ini secara mudah, jangan ragu lagi untuk mengolahnya menjadi sebuah ramuan obat pengapuran tulang.

11. Memakai Kulit Manggis

Baik dalam bentuk cair maupun kapsul, kulit manggis tampaknya sudah sangat populer dan gampang dijumpai. Untuk lebih mudahnya, Anda bisa membeli yang sudah dalam bentuk kapsul tersebut untuk diminum harian sampai pengapuran tulang dan sendi Anda menjadi lebih baik. Tapi jika ingin meramu sendiri juga sangat bisa.

Sama halnya dengan tanaman herbal yang sebelumnya sudah disebutkan, Anda bisa merebus kulit manggis. Air rebusan itulah yang dapat Anda minum secara rutin untuk mengatasi masalah pengapuran tulang secara alami tanpa efek samping berbahaya. Jadi jika Anda menikmati buah manggis, kulitnya jangan dibuang dulu karena bisa Anda pergunakan sebagai ramuan obat.

12. Memanfaatkan Kumis Kucing

Satu lagi tanaman obat yang bisa dipakai untuk mengatasi pengapuran tulang, yakni kumis kucing yang sangat sederhana dalam mengolahnya. Sama dengan tanaman obat lain, Anda bisa mengolah dengan cara merebusnya. Air rebusan itulah yang diminum ketika sudah mendidih, diangkat dan telah lebih hangat.

(Baca juga: obat herbal nyeri sendi)

13. Memakai Daun Sirsak

Bagi Anda yang ingin mencoba obat herbal lainnya dalam mengatasi pengapuran tulang, cobalah daun sirsak. Penggunaannya sama seperti yang sudah-sudah, yaitu dengan cara merebus daunnya yang sudah dicuci. Ketika sudah mendidih bisa Anda angkat, lalu minum airnya secara rutin sampai tulang dan sendi kembali terasa normal.

14. Menggunakan Daun Brotowali

Jika agak kesulitan dalam memperoleh beberapa tanaman herbal di atas, daun atau tanaman brotowali adalah yang termasuk umum. Kebanyakan orang akan dapat dengan mudah memperoleh daun tanaman ini sehingga Anda bisa mencoba meramunya menjadi obat pengapuran tulang. Obat nyeri tulang kaki yang juga mujarab adalah daun brotowali ini.

Minumlah jamu brotowali bila Anda tak ingin repot membuatnya sendiri. Jamu ini memang terkenal pahit, tapi sebetulnya ada kandungan-kandungan baik di dalamnya yang akan membantu menjadikan tulang dan sendi jauh lebih baik. Dikonsumsi secara teratur, Anda bisa membuktikan sendiri seberapa efektif efek kesembuhan yang diberikan oleh daun brotowali ini.

15. Memakai Daun Dewa

Daun dewa adalah tanaman yang sangat bagus untuk mengatasi beberapa penyakit dan hal ini tak terkecuali pengapuran tulang. Sama seperti daun-daun yang lain, tanaman ini bisa Anda racik dengan direbus di mana air rebusannyalah yang Anda minum secara rutin. Rasa sakit akibat pengapuran dijamin akan hilang dan sembuh perlahan.

(Baca juga: nyeri sendi lutut)

16. Menggunakan Temulawak

Mungkin banyak dari kita yang tahu betul bahwa temulawak merupakan bahan ampuh dalam mengatasi asam lambung. Tapi ternyata tak hanya itu, temulawak merupakan bahan yang sangat ampuh pula dijadikan sebagai obat pengapuran tulang. Cukup dengan merebusnya seperti biasa, airnya bisa dikonsumsi sampai tulang dan sendi terasa baik.

17. Memakai Daun Seledri

Seledri biasanya adalah jenis sayuran yang tak begitu digemari, tapi padahal daun seledri merupakan bahan ampuh dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Cukup dengan merebusnya, air rebusan daun seledri dapat diminum rutin untuk membuat kondisi tulang serta sendi sembuh secara berangsur.

Tak hanya diminum airnya, Anda pun dapat mengonsumsi daun seledri secara langsung jika tak ingin merasa repot. Rasa nyeri yang mengganggu berasal dari anggota tubuh Anda pun akan sedikit-sedikit menjadi lebih baik apabila mengonsumsinya rutin. Asam urat dan rematik pun diketahui dapat Anda sembuhkan dengan memakai daun seledri ini.

18. Menggunakan Kedelai

Bahan alami lainnya yang dijamin aman untuk mengatasi pengapuran tulang adalah kedelai. Kandungan baik di dalam kedelai akan sangat membantu dalam menjadi solusi bagi kepadatan tulang yang menurun. Minumlah susu kedelai secara rutin untuk membuat pengapuran tulang Anda mereda dan sembuh cukup cepat tanpa efek samping berbahaya.

(Baca juga: penyebab dengkul kopong)

19. Memakai Terong

Tak banyak yang tahu bahwa terong dapat dijadikan sebagai obat pengapuran tulang dan sendi. Sama halnya dengan penggunaan tanaman herbal di atas, Anda cukup merebusnya bersama dengan jahe merah. Hasil rebusan, yakni airnya, bisa Anda minum secara teratur hingga tulang dan sendi Anda sembuh.

20. Memakai Bawang Putih

Mengatasi pengapuran tulang juga bisa menggunakan bahan yang terdekat dengan kita. Bawang putih adalah bumbu dapur yang tentunya selalu ada di rumah, jadi tak salah kalau Anda mencobanya untuk dijadikan obat pengapuran tulang. Memakannya langsung adalah cara terbaik meski memang ada bahaya bawang putih mentah yang perlu untuk diwaspadai.

Asalkan konsumsi pada takaran yang wajar, maka bawang putih sebenarnya tak akan membahayakan bagi kesehatan tubuh Anda. Cara alternatif yang bisa Anda lakukan adalah membuat jus bawang putih dan mengonsumsinya. Apapun cara yang dipilih, terlepas dari efek samping bawang putih, bahan ini sangatlah berguna bagi kesehatan.

(Baca juga: cara mencegah osteoarthritis)

21. Suntikan Kortison

Ada pula obat kortikosteroid yang model suntik untuk Anda dapatkan demi mengatasi rasa sakit berlebih yang bisa mengganggu aktivitas Anda. Dokter biasanya akan membius pasien lebih dulu pada area sendi, barulah jarum ditempatkan pada ruang dalam sendi sambil obat disuntikkan. Obat ini tidaklah untuk jangka panjang karena mampu merusak sendi lebih serius lagi.

22. Operasi

Jika memang sudah cukup serius, maka pengapuran tulang perlu diatasi dengan cara dioperasi di mana dokter bedah akan menghapus permukaan sendi yang mengalami kerusakan. Sebagai gantinya, logam dan plastik sudah disiapkan. Hanya saja, sendi buatan tentu mampu menjadi longgar dan aus di kemudian hari sehingga beberapa tahun kemudian perlu diganti.

23. Akupuntur

Contoh dari solusi alternatif ini memang terpercaya ampuh dalam mengurangi rasa nyeri pada penderita pengapuran tulang. Bahkan akupuntur adalah sebuah pengobatan yang dengan metode jarumnya dapat mengembalikan fungsi tubuh, tulang dan otot penderita osteoarthritis. Selama ahli profesional yang melakukannya, Anda bisa percaya dan yakin akan hasil terbaik dari metode ini.

(Baca juga: apa manfaat pemijatan dan akupuntur bagi kesehatan)

Itulah sekilas tentang cara mengatasi pengapuran tulang dan sendi di mana Anda bisa memilih untuk mencoba salah satu atau beberapa cara di atas.