25 Cara Mengatasi Nyeri Haid Karena Kista Secara Alami Paling Efektif

850

Pada beberapa wanita yang memiliki kista, haid akan terasa begitu menyiksa karena perut bakal mengalami rasa nyeri begitu hebat lebih dari biasanya. Lalu, adakah cara mengatasi nyeri haid karena kista? Berikut adalah beberapa solusi yang dapat dicoba saat nyeri haid begitu tak tertahankan dikarenakan adanya kista.

  1. Menggunakan Cuka Apel

Saat kista ovarium muncul dan menyebabkan rasa nyeri haid pada waktunya benar-benar mengganggu dan tidak nyaman, campurkanlah cuka apel 1 sendok makan ke segelas air hangat yang bisa Anda tambah dengan madu secukupnya. Konsumsi sehari 2 kali pada waktu pagi dan sore bisa membantu Anda dalam mengatasi nyerinya.

  1. Minum Teh Kamomil

Selain layak dicoba untuk menangani stres, minum teh kamomil adalah salah satu minuman untuk menghilangkan nyeri haid yang ampuh, dan bahkan ketika nyeri juga disebabkan oleh kista. Siapkan secangkir air panas, masukkan 2 sendok teh kamomil kering, tunggu penyeduhan selama 5 menit dan saring kemudian. Sebelum meminumnya Anda bisa tambahkan madu 1 sendok teh dan konsumsi sehari 2-3 cangkir untuk menghilangkan nyerinya.

  1. Konsumsi Jus Jahe

Nyeri haid karena kista bisa juga diatasi menggunakan jahe terlepas adanya efek samping jahe yang harus Anda waspadai. Anda bisa mencoba membuat teh jahe yang dikonsumsi 3 cangkir per hari. Atau, campurkanlah 2 tangkai seledri, sebuah jahe 2 inci, ¼ buah nanas, serta ½ gelas jus apel. Jus jahe ini siap ntuk dinikmati sehari sekali setiap hari sampai kista hilang.

  1. Makan Almond

Saat nyeri haid datang sebagai salah satu tanda-tanda haid namun rasanya tak tertahankan karena kemunculan kista, makanlah almond panggang kering secukupnya untuk meredakan nyeri. Kandungan mineral magnesium di dalam kacang inilah yang akan membantu menghilangkan rasa nyeri akibat kista ovarium.

  1. Memakai Minyak Almond

Minyak almond manis pun bisa Anda pergunakan untuk menghilangkan nyeri haid yang menjadi-jadi akibat kista. Cukup sediakan segelas susu hangat, lalu tambahkan minyak almond manis sebanyak 1 sendok teh. Sehari sekali cukup untuk mengonsumsinya demi nyeri cepat hilang.

  1. Berendam Air Garam Epsom

Air garam Epsom juga dapat Anda pakai untuk mengatasi nyeri haid yang disebabkan oleh kista. Campurlah secangkir garam Epsom langsung ke bak mandi Anda yang sudah terisi dengan air hangat disusul dengan minyak esensial apa saja sebanyak 10 tetes. Setelah tercampur, rendamlah cukup bagian bawah tubuh Anda setengah jam lamanya.

  1. Menggunakan Akar Bit

Akar bit mampu mengurangi tingkat keparahan berbagai gejala yang ditimbulkan oleh kista ovarium. Setiap sebelum sarapan, sekali sehari setiap pagi Anda bisa mengonsumsi larutan campuran ½ cangkir jus bit segar dengan 1 sendok makan blackstrap molasses serta gel lidah buaya. Sampai nyeri berkurang, Anda bisa konsumsi ramuan ini secara rutin.

  1. Kompres Hangat

Demi menghilangkan nyeri haid sementara, Anda bisa mencoba menaruh botol berisikan air panas atau bantal pemanas pada perut yang terasa sakit. Melakukannya paling tidak 15 menit lamanya akan sangat membantu dalam meredakan nyeri secara instan.

  1. Konsumsi Makanan Penyeimbang Hormon Estrogen

Ada beberapa jenis makanan yang diketahui mampu menyeimbangkan hormon estrogen dalam upaya mengatasi kista ovarium penyebab rasa nyeri hebat pada waktu haid. Sumber makanan inilah yang bisa Anda konsumsi demi gejala kista ovarium mereda secara alami:

  • Sayuran berdaun hijau
  • Kacang-kacangan
  • Bawang putih
  • Yogurt murni
  • Ikan salmon
  • Brokoli
  • Ubi
  1. Berolahraga

Manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh sangat besar dan hal ini tak dapat dipungkiri lagi, jadi tak salah bila Anda memilih jenis olahraga tepat supaya nyeri haid karena kista juga bisa hilang. Pilihlah olahraga yang ringan namun dapat meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh Anda. Bahkan melakukan peregangan 15 menit per hari pun sangat bagus untuk fisik.

  1. Menambah Asupan Air Putih

Ketika nyeri haid begitu hebat dan diketahui disebabkan oleh kista ovarium, pastikan untuk menambah asupan cairan bagi tubuh. Air putih adalah yang terbaik dan tersederhana untuk mengeluarkan berbagai macam racun dari dalam tubuh. Bukan hanya efektif sebagai cara mengatasi nyeri haid, Anda pun bakal terbebas dari bahaya dehidrasi.

  1. Menghindari Makanan dan Minuman Tertentu

Ada sejumlah pantangan makanan dan minuman bagi para wanita yang menderita karena nyeri haid akibat kista, seperti:

  • Makanan dari tepung.
  • Makanan olahan.
  • Makanan tinggi garam.
  • Makanan tinggi gula.
  • Minuman beralkohol.
  • Minuman mengandung kafein.
  • Minuman bersoda.
  1. Konsumsi Jus Lobak Putih

Satu lagi rekomendasi cara menghilangkan nyeri saat haid karena kemunculan kista dalam tubuh, yakni dengan menyediakan lobak putih 3 buah bersama sesendok makan gula. Setelah dicuci bersih, blenderlah lobak putih dan saringlah untuk memperoleh jusnya. Jus itulah yang bisa Anda campur bersama gula sebelum mengonsumsinya; anjuran terbaik adalah mengonsumsi jus lobak putih setiap sebelum tidur dan saat merasa lapar.

Demikianlah beberapa cara mengatasi nyeri haid karena kista yang bisa Anda coba di rumah secara sederhana. Jika setelah memakai cara-cara tersebut belum juga terasa membaik, segeralah ke dokter supaya tertangani dengan cepat dan tepat.