Home Tips KesehatanKesehatan Wanita 17 Tanda-tanda Haid pada Wanita

17 Tanda-tanda Haid pada Wanita

by Erlita

Seorang wanita tentu lazimnya akan mendapatkan tamu bulanan setiap bulannya, yakni yang kita juga sebut dengan proses menstruasi atau haid. Siklus satu ini adalah suatu siklus yang sangat natural, tapi sayangnya efeknya seringkali membuat para wanita tidak nyaman. Haid sebetulnya adalah sebuah siklus di mana hal ini terjadi pada wanita dengan adanya darah haid yang keluar dari miss V.

Siklus ini akan terjadi hanya beberapa hari saja dan kalau dihitung, secara umum dan normalnya bakal terjadi tiap 28 hari sekali walau memang setiap wanita bisa mengalaminya secara berbeda. Apabila Anda seorang wanita dewasa yang telah sering haid, maka tanda-tanda haid bukan lagi menjadi hal asing. Namun masih ada juga yang belum begitu menyadari, termasuk juga yang baru masuk masa pubertas.

(Baca juga: bahaya minum kopi saat haid)

1. Tubuh Cepat Lelah

Saat mendekati jadwal haid, tanda-tandanya akan mulai dirasakan oleh para wanita di mana biasanya yang paling umum adalah rasa lelah pada tubuh tanpa alasan yang jelas. Ketika tubuh terasa cepat lelah memang bukan harus selalu menjadi tanda haid, namun tetap perlu diwaspadai.

Tak semua wanita mengalami tanda satu ini, namun terbukti cukup banyak wanita yang menderita kelelahan sebelum haid datang. Biasanya walau sudah tidur yang cukup dan tidak terlalu banyak aktivitas pun rasanya tubuh hanya ingin beristirahat.

2. Merasa Malas

Saat tubuh terasa begitu cepat lelah, otomatis rasa malas yang datang pun akan berkali-kali lipat. Rasa malas yang datang biasanya akan terjadi beberapa hari sebelum haid maupun setelah haid datang. Kemalasan ini juga terjadi tanpa alasan yang jelas di mana diakibatkan oleh rasa lelah pada tubuh yang tidak pula diketahui penyebab pastinya.

3. Mudah Mengantuk

Selain tubuh lelah dan malas, seorang wanita yang akan haid biasanya juga akan mengalami rasa kantuk yang begitu luar biasa. Walau sudah tidur yang cukup dan juga aktivitas harian tidaklah terlalu menyita tenaga dan kekuatan fisik, biasanya sebagai tanda haid rasa kantuk bakal datang tanpa alasan.

Rasa ngantuk terus ini akan timbul bersamaan dengan rasa lelah serta kemalasan di mana semuanya saling berkaitan. Jika Anda sudah merasakan tanda-tanda ini, sebaiknya jangan lantas dituruti karena bisa-bisa pekerjaan Anda menjadi terbengkalai. Carilah cara mengusir kantuk, malas dan juga kelelahan tersebut agar tidak terbawa efek negatifnya nanti.

(Baca juga: bahaya donor darah)

4. Ngidam Makanan

Ngidam tak hanya berlaku pada seorang wanita yang tengah hamil muda saja, tapi juga bagi yang memasuki jadwal haid. Ketika Anda merasa ingin makan sesuatu yang khusus, terutama makanan yang rasanya asam, bisa jadi itu adalah tanda bahwa Anda akan haid. Biasanya rasa ngidam ini terjadi 3 hari-1 minggu sebelum haid.

Sebelum haid datang, Anda tak hanya merasakan ngidam ingin makan sesuatu, tapi juga merasakan haus yang cukup sering. Untuk masalah ini, Anda tak perlu khawatir karena bisa langsung membeli makanan/minuman yang Anda idamkan. Hal ini tergolong wajar walau tak semua wanita ketika akan haid bakal mengalami tanda ini.

5. Membutuhkan Banyak Air

Rasa haus berlebih bisa saja terjadi pada wanita yang akan masuk masa haid di mana rasa haus tersebut lebih dari biasanya. Sebelum haid datang, beberapa hari sebelumnya biasanya dahaga muncul secara berlebih dan untuk itulah Anda perlu minum banyak air putih.

Menghidrasi tubuh tidak hanya penting di saat hendak menstruasi saja, tapi juga sebenarnya merupakan hal wajib untuk dilakukan setiap hari. Minumlah 10 gelas air putih setiap hari selama sebelum haid datang karena ini akan meredakan rasa haus yang cukup besar. Dengan minum banyak, Anda pun bakal dapat menghindari bahaya dehidrasi.

6. Payudara Melembut

Tanda haid lainnya yang juga bakal dialami oleh para wanita kebanyakan adalah payudara yang kemudian secara tiba-tiba menjadi lebih lembut. Hal ini merupakan tanda umum yang sebaiknya tak dikhawatirkan. Jika Anda merasakan tanda satu ini, itu berarti beberapa hari kemudian Anda akan mengalami haid.

(Baca juga: makanan yang dilarang saat haid)

7. Sakit Kepala

Ketika akan haid, biasanya para wanita juga kebanyakan akan mengalami sakit kepala yang sebetulnya juga tak begitu beralasan. Rasa sakit kepala tersebut timbul secara tiba-tiba dan tidaklah berbahaya karena nantinya setelah haid datang, sakit kepala pun akan berangsur hilang dengan sendirinya tanpa harus mengobatinya secara khusus.

Namun bila memang rasa sakit kepala tersebut terlalu mengganggu, Anda bisa mencoba mencari obat sakit kepala alami atau kimia untuk meredakannya. Pada umumnya, beberapa wanita akan mengalami sakit kepala ini bersamaan dengan rasa malas yang besar. Tanda haid ini cukup umum dan tak perlu panik saat sakit kepala Anda mulai rasakan tanpa sebab.

8. Payudara Mengencang

Selain menjadi lebih lembut, biasanya para wanita yang akan masuk jadwal haid juga merasakan adanya perubahan di bagian payudara yang menjadi lebih kencang. Payudara kencang dan lembut ini biasanya dialami di waktu yang sama dan merupakan hal yang wajar sehingga tak perlu khawatir. Nanti setelah haid selesai pasti akan kembali seperti semula.

9. Payudara Nyeri

Selain menjadi lembut dan kencang, para wanita juga sebaiknya mewaspadai adanya tanda berupa rasa nyeri pada payudara. Rasa nyeri ini akan memberikan ketidaknyamanan bagi wanita yang mengalaminya karena tersentuh sedikit saja akan terasa sakit. Namun, setelah haid datang biasanya rasa nyeri pun juga akan hilang sehingga ini bukanlah kondisi jangka panjang.

(Baca juga: bahaya berenang saat haid)

10. Suasana Hati Mudah Berubah

Para wanita kebanyakan juga akan mengalami tanda haid berupa perubahan suasana hati yang cukup drastis. Kalau biasanya perubahan suasana hati ini dikaitkan dengan gejala depresi atau stres, maka bila suasana hati berubah disertai tanda haid lain yang telah disebutkan, tentu bukan berhubungan dengan stres.

11. Sakit Punggung

Sebelum haid datang, para wanita juga rata-rata akan mengalami yang namanya nyeri di bagian punggung. Jadi bukan hanya di bagian payudara saja rasa nyeri tersebut menyerang, punggung pun akan terasa sakit. Rasa sakit di sini bisa nyeri atau juga pegal-pegal tanpa alasan di mana sebetulnya wajar dan nanti bisa hilang sendiri.

12. Kram Perut Bawah

Rasa sakit di punggung dan payudara ternyata juga bisa diikuti dengan rasa sakit di bagian perut. Bila perut terasa sakit dan kram, sebetulnya ini hal yang biasa. Kram akan datang pada umumnya di perut bagian bawah di mana ini disebabkan adanya kontraksi di bagian rahim.

Rasanya benar-benar tidak nyaman saat kram perut ini datang. Ada beberapa kasus di mana wanita dengan tanda haid ini akan sulit hanya untuk bangun karena rasa sakit yang begitu serius di perutnya. Saat sedang mengalami rasa nyeri perut semacam ini, rata-rata wanita akan kesulitan untuk berkonsentrasi dalam melakukan aktivitasnya.

(Baca juga: cara mengatasi nyeri haid)

13. Vagina Kering

Pada wanita, biasanya akan keluar cairan putih setiap bulannya ketika hendak masuk jadwal haid dan ini adalah hal yang termasuk wajar. Namun tak semua wanita mengalami hal ini karena ada pula yang malah mengalami tanda yang sebaliknya. Tapi tentu saja, kondisi ini pun terbilang normal.

Sebelum masuk siklus haid, ada pula beberapa wanita yang akan mengalami vagina kering dan jangan langsung panik apabila mengalami kondisi semacam ini. Kasus vagina kering sebagai tanda haid hanya dialami oleh sebagian kecil wanita, namun bila pun terjadi pada Anda, tak usah khawatir karena tak akan membahayakan kesehatan.

14. Sekresi Serviks

Seperti dibahas sebelumnya, hanya sebagian kecil wanita yang mengalami vagina kering yang artinya hal tersebut sangat jarang. Justru kebanyakan wanita yang akan haid malah mengalami sekresi serviks, yakni keluarnya cairan yang berwarna putih tepat sebelum haid. Ini adalah kondisi yang dianggap lebih normal walau vagina kering juga bukan masalah besar.

Cairan yang dikeluarkan adalah seperti susu putih dan biasanya kondisi ini terjadi 1-2 hari sebelum waktunya haid datang. Tanda haid satu ini merupakan tanda bahwa haid sebentar lagi akan datang dan merupakan sebuah keadaan yang normal. Jika mulai mengalami hal ini, maka bersiaplah karena Anda akan kedatangan tamu 1-2 hari setelahnya.

15. Sulit Konsentrasi

Karena merasa mengantuk, tubuh juga merasa lelah, otomatis wanita juga turut merasakan sulitnya berkonsentrasi pada aktivitas yang dilakukannya. Jelas saja, karena sulit fokus maka pekerjaan pun bisa menjadi terpengaruh. Maka bila Anda merasakan hal ini, segera atasi supaya tidak membuat kegiatan yang dikerjakan terbengkalai.

(Baca juga: penyebab tidak haid)

16. Mual

Rasa mual juga dapat terjadi pada sebagian wanita yang akan mengalami haid dan tidak selalu terjadi setiap akan haid. Perut terasa mual memang tak selalu menjadi tanda haid, karena bisa jadi asam lambung Anda sedang tinggi. Namun untuk memastikannya, Anda bisa coba cek kembali apakah tanda-tanda lain yang sudah disebutkan di atas Anda juga rasakan.

17. Penurunan Berat Badan

Turunnya berat badan juga bisa menjadi pertanda akan datangnya haid pada sebagian wanita. Tanda ini tidaklah begit umum sebenarnya dan hanya dialami sebagian kecil wanita yang akan masuk jadwal haid. Meski begitu, kondisi ini bukan masalah besar yang perlu Anda khawatirkan.

Setelah haid datang, biasanya berat badan bisa kembali normal bagi yang mengalami tanda ini, sama seperti tanda lainnya yang hanya sementara saja. Penurunan berat badan juga tidak terlalu banyak dan biasanya hanya sekitar 1 kg saja sehingga tak terlalu drastis sehingga tak usah dikhawatirkan.

(Baca juga: obat sakit perut saat haid)

Tanda-tanda Haid Tidak Normal

Sedikit informasi tambahan yang juga penting untuk Anda para wanita ketahui adalah tentang tanda-tanda haid yang dianggap tidak normal. Sebagai wanita, penting juga bagi kita untuk mengetahui tentang ada tidaknya perubahan yang terjadi pada menstruasi kita. Haid yang lebih singkat atau lebih lama, kemudian keluarnya darah sedikit atau lebih banyak juga perlu dicermati.

Ketika Anda juga mengalami yang namanya perdarahan di luar jadwal atau siklus haid yang seharusnya, Anda perlu mengecek kondisi langsung ke dokter. Perdarahan yang juga terjadi sehabis berhubungan intim pun perlu diselidiki karena hal ini tidaklah wajar khususnya kalau tidak berada pada siklus seharusnya.

Selain itu, perdarahan yang terjadi setelah mengalami menopause pun adalah hal yang mencurigakan sehingga Anda perlu ke dokter dan membiarkan dokter memeriksanya. Penyebabnya bisa sangat beragam, seperti kanker, kelainan serviks, atau infeksi. Supaya tidak makin parah, tentunya Anda perlu mendeteksinya secara dini dan menanganinya secepatnya.

Terkadang ada yang mengira bahwa mereka tengah hamil saat terjadi perubahan tanda-tanda haid dan siklus haid itu sendiri. Apabila memang haid tidak datang sesudah Anda berhubungan intim sebelumnya, kehamilan bisa jadi adalah penyebabnya. Namun, Anda harus lebih dulu melakukan tes kehamilan supaya lebih jelas akan hasilnya.

(Baca juga: cara menghilangkan nyeri saat haid)

Demikian informasi mengenai tanda-tanda haid yang paling umum terjadi pada wanita setiap bulannya atau bagi yang masuk masa pubertas. Kondisi-kondisi yang telah disebutkan tersebut terbilang sangat normal, namun apabila ada beberapa tanda yang berkelanjutan, Anda sebaiknya jangan ragu untuk tanyakan ke dokter. Hal ini supaya bisa mencegah bila ada suatu kondisi serius tertentu di dalam tubuh.

You may also like