13 Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering Secara Alami

6168

Kulit kepala kering adalah sumber dari munculnya ketombe dan ini dapat terjadi dikarenakan berbagai faktor, seperti gaya hidup yang tidak baik dan faktor genetik. Kurangnya nutrisi pada kulit kepala juga dapat menjadikannya kering sehingga mudah mengelupas. Terkadang, karena kulit kepala yang kering juga bisa disertai dengan kulit kepala yang bersisik.

Kekeringan pada kulit kepala juga dapat menjadikannya gatal dan ini bisa sangat mengganggu kegiatan kita. Oleh karena itu, di bawah ini bisa diintip cara mengatasi kulit kepala kering dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita. Perawatan kulit kepala dengan bahan-bahan ini dijamin aman dan pasti lebih menyehatkan tanpa efek samping.

(Baca juga: dermatitis seboroik)

1. Cuka Sari Apel

Selain terkenal menjadi obat pencegah dan penurun risiko jenis-jenis penyakit jantung serta menjadi obat hipertensi ampuh, cuka sari apel pun bisa diandalkan untuk mengatasi kulit kepala yang kering. Bagusnya lagi, segala virus dan jamur yang kiranya menyebabkan kering dan gatal pada kulit kepala bisa dibasmi.

  • Caranya: Kulit kepala hanya perlu dibilas dulu secara rutin menggunakan air bersih, keringkan, lalu lanjutkan dengan mencampur air dan cuka sari apel secukupnya pada sebuah botol. Botol semprot adalah yang lebih dianjurkan, lalu tinggal oles saja ramuan ke kulit kepala yang ingin dirawat. Tunggu beberapa menit sebelum akhirnya dikeramasi. Obat ini efektif bila digunakan seminggu 2 kali saja.

(Baca juga: bahaya rambut rontok)

2. Telur

Perawatan menggunakan telur juga dikatakan efektif karena memang telur ini bisa dijadikan kondisioner alami. Termasuk dalam sumber makanan yang mengandung protein super tinggi, telur bakal menutrisi kulit kepala dan mencegahnya dari kekeringan.

  • Caranya: Campurlah 2 kuning telur bersama air sebanyak 1/8 cangkir dan juga minyak zaitun 2 sendok teh. Ketika ramuan sudah tercampur rata, oleskan ramuan ini ke kulit kepala dan juga rambut Anda secara merata sesudah keramas. Sewaktu rambut masih lembab itulah waktu pengaplikasian yang tepat. Tunggu sekitar 15 menit sebelum Anda dapat membilasnya menggunakan air hangat, jangan air panas.

3. Alpukat

Alpukat yang kaya akan lemak baik ini juga dikenal mengandung vitamin E tinggi, jadi pasti baik untuk kulit kepala kering. Bahkan untuk perawatan kulit seluruh tubuh pun buah ini sangat bisa diandalkan.

  • Caranya: Siaplan 1 buah alpukat matang untuk kemudian dihancurkan, baik itu menggunakan blender, manual dengan tangan, atau food processor. Campurlah dengan madu 1 sendok teh dan juga minyak zaitun 2 sendok makan. Oleskan tidak hanya ke kulit kepalanya saja, tapi juga ke rambut sebagai masker. Tutuplah kepala Anda dengan mengenakan shower cap dan tunggu setengah jam. Setelah itu baru boleh membilasnya menggunakan air hangat dan keramasilah.

(Baca juga: cara menumbuhkan rambut botak)

4. Madu

Sudah tak mengherankan lagi bila madu bisa juga menjadi pelembab kulit kepala yang kering secara alami. Cari tahu dulu cara membedakan madu asli dan palsu karena Anda membutuhkan madu yang super asli, bukan yang campuran.

  • Caranya: Madu murni ini bisa saja langsung diaplikasikan ke kulit kepala secara menyeluruh untuk perawatan seminggu beberapa kali. Tapi ada juga cara lain dengan mencampurnya bersama minyak zaitun 4 sendok makan dan gliserin nabati 2 sendok makan. Madu yang dibutuhkan untuk campuran tersebut adalah 2 sendok makan saja. Keramaslah dan selesai keramas, olesi kulit kepala serta rambut dengan kondisioner tersebut dan lihat hasilnya.

5. Minyak Pohon Teh

Cara mengatasi kulit kepala yang kering lainnya adalah dengan memanfaatkan minyak pohon teh. Bersifat antibakteri dan antijamur, bahan ini akan merawat kulit kepala secara sempurna. Bahkan untuk kulit kepala yang sudah telanjur terasa gatal dan mengalami pengelupasan pun bahan ini sanggup menjadi solusinya.

  • Caranya: Minyak pohon teh ini sangat bagus dijadikan obat perawatan kulit kepala kering, namun jangan langsung diterapkan ke kulit kepala secara langsung. Khusus bahan satu ini harus lebih dulu diencerkan dengan air secukupnya. Bila secara langsung dioles ke bagian kulit, maka kemungkinan iritasi dapat terjadi, maka selalu lakukan proses pengenceran sebelum melakukan perawatan.

(Baca juga: jenis-jenis penyakit kulit dan gambarnya)

6. Lidah Buaya

Bahan yang kita sebut juga dengan istilah aloe vera ini sudah terkenal baik dan khasiat lidah buaya untuk kulit pun telah banyak diketahui. Kekeringan yang berlebihan serta rasa gatal pada kulit kepala bakal mampu diatasi secara efektif dan alami.

  • Caranya: Seperti biasa, ambil bagian gelnya atau lendirnya karena bagian tersebutlah yang terkandung pelembab alami tinggi. Tinggal kupas kulit atau permukaan daunnya lalu bagian gel yang terekspos bisa langsung diterapkan ke kulit kepala secara merata. Gunakan saja jari-jari Anda untuk mengaplikasikannya dan tunggulah sampai sekitar 15 menit sebelum mencuci rambut atau mengeramasinya. Ini juga bagus untuk perawatan bagi rambut rontok.

(Baca juga: penyebab rambut rontok)

7. Minyak Jojoba

Minyak jojoba atau jojoba oil sangat bagus juga untuk mengatasi kulit kepala kering. Sebagai obat pelembab yang alami, gatal-gatal pun mampu dihilangkannya dengan sempurna. Bahkan minyak ini adalah pilihan tepat bagi yang ingin meremajakan kulit kepala.

  • Caranya: Siapkan saja jojoba oil dan oleskan secukupnya ke bagian kulit yang kering sambil memijat-mijatnya selama beberapa menit. Lakukanlah sebelum Anda berangkat tidur supaya khasiatnya terserap semalaman ke dalam kulit kepala. Saat bangun tidur keesokan paginya, langsung cuci rambut Anda menggunakan sampo yang berbahan ringan. Mengulangi perawatan ini setiap seminggu sekali akan memberikan hasil luar biasa bila dilakukan secara rutin.

8. Minyak Wijen

Ada lagi bahan alami yang sanggup membantu melembabkan kulit kepala kering secara sempurna, efektif dan alami. Minyak wijen termasuk bahan yang penuh nutrisi sehingga bagus untuk kesehatan kulit kering dan gatal.

  • Caranya: Siapkan minyak wijen secukupnya dan panaskan, kemudian tunggu sampai hangat dan oles ke bagian kulit kepala secara menyeluruh. Berikan pijatan lembut ketika proses pengaplikasian tepat sebelum berangkat tidur setiap malamnya. Pijatlah kulit kepala selama kurang lebih 10 menit, kemudian gunakan handuk panas untuk membungkus kepala Anda, biarkan 10 menit juga sebelum tidur. Kinerja dari bahan ini akan lebih optimal dengan pengaplikasian pada malam hari, lalu pagi harinya bisa dikeramasi setelah bangun tidur.

(Baca juga: infeksi kulit karena bakteri)

9. Minyak Zaitun

Kandungan vitamin E-nya yang tinggi sudah tak perlu lagi diragukan. Belum lagi dijumpai juga adanya kandungan asam lemak tak jenuh tunggal yang tak hanya bagus untuk mengatasi gejala kolesterol. Kekeringan kulit kepala pun dapat dirawat dengan kandungan-kandungan nutrisi tersebut.

  • Caranya: Minyak zaitun bisa dipanaskan dan ketika sudah dalam keadaan hangat, kulit kepala dapat diolesi minyak ini. Sambil memijat kulit kepala dengan lembut maka sama dengan mendukung agar nutrisinya terserap sempurna. Tunggu kurang lebih 30 menit dan sesudah itu barulah rambut dibilas secara menyeluruh. Melakukan perawatan ini rutin setiap hari atau 2-3 hari sekali akan membuahkan hasil memuaskan.

10. Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga dapat menyelamatkan kulit kepala kering karena salah satu fungsinya memang mengembalikan kelembaban kulit. Bahkan dengan perawatan rutin, minyak kelapa pun mampu menjadi pencegah timbulnya kembali kekeringan pada kulit kepala. Kulit mengelupas juga dapat diatasi secara baik oleh minyak ini.

  • Caranya: Cukup dengan menyiapkan minyak kelapa secukupnya, hangatkan, lalu ambil untuk dioles ke kulit kepala secara menyeluruh. Selama 1 jam, biarkanlah hingga meresap sempurna dan baru sesudah itu bisa dibilas. Untuk hasil maksimal, perawatan 2 hari sekali atau setiap hari cukup dianjurkan sehingga kulit kering bisa memperoleh kembali kelembabannya.

(Baca juga: cara menghilangkan kurap)

11. Jus Lemon

Lemon merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung vitamin C dan biasanya lemon ini digunakan lebih untuk mencerahkan kulit. Namun rupanya jus lemon ini sangat baik ketika digunakan sebagai obat kulit kepala kering nan gatal. Sifat antiseptiknya juga bisa Anda andalkan dalam membasmi banyaknya ketombe.

  • Caranya: Ambil langsung sari-sari lemon atau jus lemon segar dengan menerapkannya ke kulit kepala yang kering, gatal serta berketombe. Setelah diaplikasikan secara menyeluruh, Anda bisa diamkan dulu sekitar 5 menit sebelum akhirnya dikeramasi. Campurkanlah jus lemon dengan air secukupnya apabila Anda tidak ada masalah dengan ketombe. Ulangi terus perawatan ampuh ini hingga keringnya menghilang dan rasa gatal juga tidak dirasakan lagi.

12. Mayones

Pernah dengar bahwa mayones bisa menjadi obat kulit kepala kering? Karena mayones ini terbuat dari minyak dan telur, maka tetap terjamin kealamiannya, khususnya kalau membuat sendiri. Jelas untuk produk mayones yang beredar di toko dan pasar bukanlah yang alami.

  • Caranya: Mayones yang sudah Anda buat sekitar ½ cangkir bisa langsung diterapkan ke kulit kepala maupun rambut yang dirasa kering. Berikan pijatan-pijatan lembut pada kulit kepala dan tutuplah dulu dengan shower cap atau penutup kepala dari plastik lainnya. Diamkan dulu 15 menit dan baru setelah 15 menit berlalu, gunakan air hangat untuk membilasnya. Lanjutkan dengan mengeramasinya seperti biasa.

(Baca juga: akibat kekurangan kolagen)

13. Bir

Bir adalah langkah alami berikutnya yang layak dicoba untuk mengatasi kulit kepala kering. Memang ada bahaya minuman keras bagi kesehatan, tapi kali ini kita akan menggunakannya sebagai perawatan kulit kepala. Selama tidak diminum maupun tidak dikonsumsi secara berlebih, bir ini dapat menjadi perawatan canggih.

  • Caranya: Siapkan 2 cangkir bir dan jangan ragu untuk mencampurkannya dengan cuka sari apel sebanyak 2 sendok makan. Setelah tercampur rata, aplikasikan secara langsung ke bagian kulit kepala dan rambut setelah keramas. Ulangi perawatan ini sampai kulit kepala tidak kering lagi dan mendapatkan kembali kelembabannya.

(Baca juga: ciri-ciri dermatitis)

Itulah cara-cara mengatasi kulit kepala kering dengan bahan alami paling efektif. Asal mengikuti langkah dan resep yang sudah ada, cara-cara tersebut dijamin aman dan pasti bisa menghilangkan kekeringan tersebut.