Home Featured Ponsel Meledak di Area Dada Sebabkan Luka Bakar pada Pria Ini

Ponsel Meledak di Area Dada Sebabkan Luka Bakar pada Pria Ini

by Erlita

Pria berusia 21 tahun yang diketahui berasal dari Malaysia beberapa waktu lalu mengalami hal tak terduga, sebuah kecelakaan yang mengakibatkan luka bakar di bagian dadanya. Seperti pada umumnya, orang-orang kini kebanyakan lebih suka mengisi daya ponsel sambil memainkan ponsel tersebut tanpa ingin menunggu dayanya penuh dulu.

Sama halnya seperti pria ini karena ia pada sore hari Sabtu (15/6) lalu tengah mengisi daya ponselnya (charging) sambil tiduran dan memang berniat untuk tidur. Sayangnya, ia punya kebiasaan buruk yaitu tetap memegang dan bermain dengan ponsel tersebut sembari berbaring di tempat tidurnya. Tak lama kemudian ia terlelap dan ponsel berada tepat di atas dada pria ini.

Karena mengalami overheating atau kondisi ponsel terlalu panas, ponsel pun meledak. Bukan hanya membuat kasurnya hangus, pria ini pun jadi terkena luka bakar akibat ledakan tersebut. Anggota keluarga berdatangan dan mengecek kondisi pria ini karena mendengar teriakan kesakitan.

Keluarganya menjumpai pria ini sudah terkena luka bakar dan segera minta bantuan darurat medis menurut hasil lansiran dari Asia One. Pria tersebut masih dalam kondisi sadar saat paramedis datang dan melarikannya ke IGD Rumah Sakit Umum Sarawak di Malaysia. Saat pemeriksaan, dokter menemukan bahwa tangan kanan korban, leher serta dada mengalami 20 persen luka bakar.

Namun sebenarnya, kira-kira faktor apakah yang mampu menyebabkan ponsel jadi mudah terbakar dan bahkan meledak ketika kita mengecasnya?

  • Terlalu panas, jika ponsel ditaruh di sebuah ruangan yang bersuhu tinggi, apalagi di dekat lampu, kompor, perangkat elektronik lain, dan juga pemanas ruangan, suhu ponsel bisa meningkat dan mengakibatkannya terlalu panas. Ketika terlalu dekat dengan sumber panas tersebut terus-menerus, temperatur meningkat dan mampu terjadi ledakan karenanya.
  • Baterai rusak, ponsel meledak atau terbakar dapat juga dipicu oleh kondisi baterai yang rusak di mana hal ini mampu menyebabkan korsleting karena baterai rusak pada umumnya akan menggembung dan akan selalu mudah panas.
  • Ponsel jatuh, hal ini mungkin sudah terlalu sering? Padahal ponsel sering jatuh tak boleh diabaikan dan disepelekan karena meski kelihatannya tak ada yang rusak, kita tak pernah tahu kondisi bagian dalam ponsel. Baterai bahkan berisiko rusak yang akhirnya menjadi pemicu ledakan ketika sedang dicas.
  • Charger bukan bawaan/asli, jadi jika sering meminjam charger milik teman padahal berbeda merk atau seri sebenarnya bukan kebiasaan yang baik. Mengisi daya ponsel menggunakan charger bawaan ponsel adalah yang terbaik karena daya tahan tiap ponsel itu tidak sama.

Pihak medis pun memindahkan pria ini ke unit luka bakar di rumah sakit tersebut supaya mampu memperoleh perawatan yang tepat dan sesuai dengan kondisinya. Semoga ke depannya tak ada lagi kasus seperti ini karena banyak orang akan jauh lebih berhati-hati dengan tidak memainkan ponsel sewaktu daya sedang diisi.

You may also like