12 Tanda Jantung Tersumbat untuk Diwaspadai

Penyakit yang berhubungan dengan jantung memang terdengar menakutkan. Sakit jantung merupakan jenis penyakit yang rentan menyebabkan kematian secara tidak terduga pada sebagian besar korbannya. Bahkan saat ini penyakit jantung tidak hanya menyerang mereka yang berada di usia tua saja, tetapi juga banyak yang terkena serangan jantung pada usia muda.

Penyebab utama serangan jantung tersebut tidak lain adalah karena tersumbatnya arteri yang mengakibatkan jantung kehilangan fungsinya dalam beberapa saat. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengenali dan mencegah tersumbatnya arteri jantung agar tidak terjadi hal yang lebih berbahaya bagi kesehatan. (baca juga: Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Baking Soda, Makanan Yang Mengandung Zinc)

Penyumbatan pembuluh darah disebut juga dengan Artheroclerosis. Kondisi ini adalah saat dimana pasokan darah berkurang pada otot jantung, sehingga memunculkan rasa nyeri pada dada. Jika kondisi ini dibiarkan terlalu lama akan mengakibatkan serangan jantung yang bisa membuat seseorang meninggal mendadak. Berikut ini adalah tanda awal saat kondisi jantung mengalami artheroclerosis tersebut.

Baca Juga:

1. Nyeri Dada

Sakit yang seolah tajam dan menusuk ke bagian jjantung atau dada bagian kiri adalah tanda yang paling dominan dialami sebagian besar mereka yang menderita penyakit jantung. Tanda ini dapat terjadi saat penyumbatan arteri dirasa cukup menyempitkan aliran darah tersebut sehingga jika mengalami kondisi semacam ini sangat disarankan untuk segera berkunjung ke dokter. (baca juga: Penyebab Gigi Sensitif , Cara Menghilangkan Memar)

2. Mudah Lelah

Aliran darah yang tidak lancar karena adanya penyumbatan pada arteri dapat mengakibatkan cepat lelah dan mudah lemas saat beraktifitas. Apalagi jika anda mengalami kondisi tersebut tanpa sebab yang jelas. Anda tidak boleh mengabaikan kondisi ini karena bisa terjadi akibat yang lebih buruk seperti kejang atau bahkan pingsan jika dibiarkan dalam waktu lama.

Artikel Terkait: Cara Menghilangkan Pikiran Negatif , Pertolongan Pertama Epilepsi

3. Insomnia

Gangguan tidur atau disebut insomnia seringkali menyerang penderita jantung saat kali pertama merasakan adanya penyumbatan pada pembuluh darah. Biasanya seseorang akan mengalami kesulitan tidur saat sedang depresi, stres atau pengaruh penyakit lainnya. Namun, bila hal tersebut terjadi tanpa alasan yang jelas maka sebaiknya anda waspada karena bisa jadi merupakan tanda awal penyumbatan arteri jantung anda.

Baca Juga:

4. Konsentrasi Terganggu

Beberapa penderita mengalami penyumbatan arteri mengaku  sulitnya berkonsentrasi meski dalam keadaan yang normal. Kita semua tahu bahwa konsentrasi sangat berkaitan dengan fungsi otak. Penyumbatan arteri yang mengakibatkan darah pembawa oksigen ke otak tidak normal dapat berakibat menurunnya fungsi otak dan merusak konsentrasi pada diri seseorang.

Artikel Lainnya: Badan Terasa Dingin Tapi Tidak Demam, Makanan Penurun Androgen

5. Kebotakan

Hal lain yang menjadi tanda awal jantung tersumbat adalah kerontokan rambut hingga menuju kebotakan permanen. Banyak diantara pasien jantung koroner juga mengalami kebotakan meski masih berada dalam usia muda. Hal tersebut dikarenakan kurangnya nutrisi pada bagian kulit kepala serta tidak lancarnya sirkulasi darah menuju kepala sehingga memengaruhi kesehatan lapisan folikel pada kulit kepala.

6. Nyeri Kaki

Nyeri pada kaki disebabkan oleh penyumbatan pembuluh arteri yang juga terjadi pada bagian kaki. Kondisi ini dikenal dengan nama klaudikasio, dan seringkali menyerang seseorang yang kebetulan adalah perokok aktif. Kondisi tersebut disebabkan oleh penebalan pada dinding pembuluh karena penumpukkan lemak yang ada di bagian arteri kaki. (baca juga: Pusing Setelah Minum Kopi, Makanan Penurun Albumin)


7. Disfungsi Ereksi

Kondisi ini terjadi pada pria yang sering juga mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak. Gangguan seksual ini dapat menunjukkan bahwa jantung sedang mengalami gangguan yang cukup serius. Masalah seksual seprti kesulitan ereksi, ejakulasi dini dan sejenisnya pada pria dapat disebabkan tersumbatnya arteri yang terletak di bagian pelvis yang juga banyak dialami oleh seseorang yang sering terkena serangan jantung.

8. Sembelit

Sembelit biasanya terjadi akibat gangguan pada saluran pencernaan. Namun, perlu dikatahui bahwa penyumbatan pada arteri ternyata juga mampu menimbulkan sembelit pada perut. Perbedaannya dapat dilihat jika sembelit dapat diatasi dengan pengompresan air hangat, konsumsi herbal rempah dan sejenisnya maka bisa jadi merupakan gangguan saluran cerna. Akan tetapi, bila sembelit tidak teratasi dengan tindakan tersebut maka dapat menjadi tanda awal tersumbatnya aliran darah.

Baca Juga:

9. Lipatan Telinga Berubah

Pernahkah anda mengamati bahwa daun telinga memiliki lipatan yangb n ormal dan cenderung sama. Jika anda mengalami perubahan pada lipatan telinga maka bisa jadi itu adalah akibat dari sirkulasi darah yang tidak sehat atau tersumbat dari arteri ataupun jantung. Oleh sebab itu, mengamati lipatan telinga saat anda mengalami beberapa gejala lainnya juga penting untuk dilakukan.

10. Gangguan Ginjal

Adanya penyumbatn pada pembuluh darah dapat beralibat buruk bagi organ tubuh lainnya, tidak hanya jantung. Oksigen yang tidak mengalir sempurna bersama darah dapat menyebabkan nutrisi tidak dapat diserap serta ginjal dapat mengalami gangguan. Kerusakan ginjal serius bisa terjadi apabila kondisi ini dibiarkan tanpa penanganan yang serius. Bahkan gagal ginjal bisa memicu enyakit serius bagi keseluruhan organ dalam tubuh.

Artikel Terkait: Efek Samping Kunyit, Minuman Penurun Gula Darah

11. Gelisah

Merasa gelisah dalam kondisi yang wajar atau tidak sedang mengalami depresi dan cemas adalah salah satu tanda bahwa pembuluh darah tengah mengalami penyempitan dan penyumbatan. Sirkulasi darah yang normal dan oksigen yang mengalir dengan teratur dapat memengaruhi kondisi psikis tertentu seperti rasa gelisah, marah, dan sejenisnya.

12. Emosi Meningkat

Jika pada anda secara mudah tersulut emosi hanya karena hal sepele yang bisa ditolerir maka bisa jadi emosi anda sedang meningkat. Peningkatan tersebut bisa disebabkan kondisi jantung yang terganggu dan membuat tekanan darah naik sehingga perubahan mental bisa terjadi pada seseorang dalam waktu yang cepat.

Artikel Lainnya: Cara Menyembuhkan Mual, Obat Tradisional Parkinson


Ketika mengalami berbagai tanda awal tersebut dianjurkan bagi anda untuk segera menanganinya dengan beberapa cara tradisional seperti menenangkan otak, rileks tubuh, dan mengatur pola napas. Namun, apabila kondisi tersebut justru semakin parah atau tidak menimbulkan perubahan sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan selanjutnya.

Menjaga kondisi jantung agar tetap sehat perlu dilakukan dengan cara yang cukup mudah, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Olahraga teratur dan jangan sampai mengalami kurang olahraga.
  • Pola tidur sehat supaya tidak mengalami susah tidur atau insomnia.
  • Mengatur pola makan dan menghindari konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh serta karbohidrat yang tinggi.
  • Selalu memanfaatkan buah dan sayur sebagai asupan nutrisi paling utama.
  • Perbanyak konsumsi air mineral dan hindari minuman soda.
  • Konsumsi suplemen atau bahan tambahan multivitamin untuk menjaga jantung tetap sehat.

Baca Juga:

Demikian artikel informatif tentang beberapa tanda jantung tersumbat yang penting untuk diwaspadai. Semoga bermanfaat bagi anda!

, , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Penyakit Jantung