Home MinumanMinuman Berbahaya 4 Penyebab Pusing Setelah Minum Kopi – Gejala, Pengobatan, Pencegahan

4 Penyebab Pusing Setelah Minum Kopi – Gejala, Pengobatan, Pencegahan

by Henny Anugerah

Pusing setelah minum kopi adalah efek samping dari reaksi kafein terhadap jaringan tubuh ketika seseorang mengkonsumsinya secara berlebihan. Kopi adalah minuman yang disukai banyak orang karena nikmat dan memiliki efek menenangkan yang mampu meningkatkan kualitas otak manusia. Namun dapat menyebabkan pusing pusing ketika anda mengkonsumsinya secara tidak tepat. (Baca Juga: Minuman Penurun Gula Darah , Minuman Penambah Stamina)

Penyebab Pusing Setelah Minum Kopi

Ada 4 pemicu munculnya pusing setelah minum kopi yang umum dialami banyak orang, Tetapi belum banyak yang mengetahui hal ini. Sehingga mereka belum memahami bagaimana cara minum kopi yang benar.

  1. Kafein berlebihan

Jika minum kopi setiap hari tidak lebih dari 3 cangkir perharinya maka kopi dapat menyehatkan pembuluh darah keotak, Meemberikan banyak energi dan keadaan psikologis menjadi lebih tenang, Namun ketika kopi diminum secara berlebihan misalntya lebih dari 3 cangkir maka kafein akan menyempitkan pembuluh darah diotak dan menyebabkan aliran darah menjadi lebih lambat, Inilah sebabnya mengapa seseorang bisa mengalami pusing setelah minum kopi.

Baca Juga:

  1. Ketergantungan pada kopi

Seseorang yang sudah bertahun tahun minum kopi maka secara psikologis dirinya tidak akan merasa nyaman ketika tidak minum kopi satu cangkir saja dalam satu hari. Kondisi ini disebabkan seseorang sudah ketergantungan pada kafein yang selalu mampu membuat tubuh lebih merasa bertenaga,Lebih tenang dan fokus.
Berhenti minum kopi karena keadaan yang mendesak atau tiba tiba dalam beberapa hari dapat menyebabkan gangguan prilaku secara psikologis misalnya mudah marah, Tubuh mudah lelah, Tidak dapat berkonsentrasi, kurang waspada bahkan mengalami rasa gelisah yang berlebihan, Namun ketika betemu dengan kopi lagi maka akan muncul pusing setelah minum kopi akibat efek ketergantungan pada kopi yang sudah sangat kuat dan telah ditinggalkannnya untuk beberapa hari belakangan.

  1. Tidak terbiasa dengan kopi

Lain halnya dengan orang yang tidak terbiasa minum kopi namun harus minum kopi karena keadaan misalnya pada acara acara resmi dan non resmi dikantor atau saat berkumpul dengan rekan kerja. Seseorang yang tak biasa minum kopi maka metabolisme tubuhnya mudah mengalami gangguan, Karena tubuhnya tidak bisa merespon lalu menerima zat kafein didalam tubunhnya sehingga mudah menyebabkan penekanan pada pembuluh darah diotak yang menyebabkan munculnya pusing setelah minum kopi.

Baca juga:

  1. Minum dalam kondisi perut kosong

Tidak dianjurkan minum kopi saat perut dalam kondisi kosong, karena kadar keasaman pada pencernaan lambung dan usus akan meningkat tajam dan menyebabkan munculnya mulas, Mual dan pusing kepala. Salah satu efek bahaya kafein bagi tubuh adalah munculnya pusing kepala yang dapat menjadi lebih parah ketika tubuh terserang rasa lemas karena kafein yang berlebihan dapat bersifat diuretik yaitu memicu munculnya dehidrasi berat pada tubuh.

Gejala

Berikut gejala gejala yang muncul sesaat sebelum datangnya pusing setelah minum kopi

  1. Sakit pada leher bagian belakang kepala

Sakit yang berkutat pada bagian leher belakang adalah salah satu gejala reaksi kimia dari kafein yang sedang menghambat jalannya darah dan oksigen pada pembuluh darah diseputar kepala. (Baca Juga: Makanan Penyebab Sakit Kepala)

  1. Kepala mulai berat

Pusing setelah minum kopi biasanya akan didahului dengan kepala yang terasa berat dan pegal pegal disekitar bahu dan leher. Jika tidak segera hilang maka kondisi tersebut memicu munculnya pusing setelah minum kopi. (Baca juga: Penyebab Kepala Terasa Berat)

  1. Muncul perasaan gelisah

Kafein yang terlalu banyak didalam tubuh dapat menyumbat aliran darah dikepala yang menyebabkan munculnya rasa gelisah dan perasaan khawatair yang berlebihan . Kondisi ini cenderung menyebabkan munculnya pusing setelah minum kopi. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Rasa Gelisah)

  1. Tubuh terasa lebih lelah dari biasanya

Sebelum muncul pusing setelah minum kopi biasanya tubuh akan merasakan pegal pegal dan terserang kelelahan yang tidak biasanya bahkan Kelelahan bisa muncul ketika seseorang dalam kondisi sedang tidak beraktivitas berat. (Baca Juga: Penyebab Cepat Lelah Saat Bekerja)

  1. Perut mual dan kembung

Kafein yang berlebihan seringkali mencederai dan menekan dinding lambung ssehingga mengganggu sistem pencernaan yang akhirnya menyebabkan munculnya rasa mual dan perut kembung. Kedua keluhan ini adalah pemicu paling utama mengapa seseorang selalu merasakan pusing setelah minum kopi. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Perut Kembung)

  1. Muncul rasa kantuk

Mengkonsumsi kopi lebih dari 3 cangkir perharinya dapat menyebabkan seseorang menjadi sering merasa mengantuk, Padahal kafein pada dasarnya menekan rasa kantuk agar seseorang dapat terjaga lebih lama beberapa jam kedepan. Mengapa ini bisa terjadi? Jumlah kafein yang terlalu banyak justru dapat memberikan efek menenangkan yang berlebihan sehingga seseorang dapat terserang rasa kantuk tetapi tidak bisa tidur dengan nyenyak. Kondisi ini justru dapat menimbulkan pusing dan sakit kepala yang timbul tenggelam. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Ngantuk saat Bekerja)

Pengobatan

Tips cara mengobati pusing setelah minum kopi bagi pria maupun wanita

  1. Minum susu hangat

Susu hangat memiliki kandungan senyawa trytophan yang memberi efek menenangkan dan melancarkan peradaran darah seputar kepala yang telah dimasuki oleh kafein sehingga terhindar dari penyempitan aliran darah penyebab pusing setelah minum kopi. (Baca Juga: Khasiat Susu Sapi Murni)

  1. Minum minuman kunyit jahe

Kunyit dan jahe adalah rimpang alami yang biasa digunakan untuk bumbu dapur namun efektif untuk mengobati kepala pusing setelah minum kopi. Parutlah kedua bahan alami tersebut dan seduhlah pada satu gelas air panas matang, Saring lalu dinginkan, Tambhakan air gula aren dan air jeruk lemon untuk kemudian minumlah 2 kali sehari. (Baca Juga: Efek Samping Kunyit)

  1. Suplemen magnesium

Mengkonsumsi suplemen makanan yang mengandung zat magnesioum guna menghilangkan dampak buruk kafein didalam tubuh dan menghancurkan kafein dialiran darah keotak agar tidak muncul pusing setelah minum kopi. (Baca Juga: Dampak Akibat Kekurangan Magnesium)

  1. Kompres es batu 

Ambilah bongkahan batu es ukuran kecil dab balutlah dengan kain tipis untuk kemudian digunakan untuk mengompres pada bagian kepala yang sedang terserang pusing setelah minum kopi. Sejuknya es batu mampu menstimulasi pembuluh darah yang tegang, Mengerut dan tersumbat akibat kafein yang berlebihan sehingga peredaran darah dapat kembali normal. (Baca Juga: Bahaya Makan Es Batu Setiap Hari)

  1. Minum madu asli

Madu asli terbuat dari bahan dasar madu hasil dari lebah lebah terbaik yang didalamnya kaya nutrisi dan beberapa enzim yang baik untuk mencegah pusing setelah minum kopi, Diantaranya enzim lipase, Peroksidase, Diastase, Glukosa oksidase dan Invertase . Enzim enzim yang terdapat pada madu asli dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga mampu menghancurkan kafein yang berlebihan didalam tubuh. (Baca Juga: Ciri-ciri Madu Asli)

  1. Jus lidah buaya

Tahukah anda jika nutrisi yang ada pada lidah buaya ( Vitamin A, B1, C Zat besi, Kalsium, Fosfor dan Protein) dapat bertindak sebagai antioksidan yang kuat untuk melancarkan pencernaan sehingga terhindar dari rasa mual dan kembung, Lidah buaya juga memiliki kemampuan dapat meningkatkan metabolisme tubuh dengan cepat serta sebagai detoksifikasi yang kuat dalam menghancurkan racun racun yang ada dalam tubuh termasuk penumpukan zat kafein dipembuluh darah diotak yang menjadi penyebab munculnya pusing setelah minum kopi. (Baca Juga: Khasiat Lidah Buaya untuk Kulit)

Pencegahan

Tips cara mencegah agar tidak pusing setelah minum kopi

  1. Tiga gelas kopi perhari

Minumlah kopi tak lebih dari 3 gelas perhari untuyk mencegah penumpukan kafein didalam pembulih darah diotak yang menyebabkan pusing setelah minum kopi. (Baca Juga: Manfaat Kopi untuk Penderita Darah Rendah)

  1. Perut tidak dalam kondisi kosong

Membiasakan tidak minum kopi dalam keadaan perut kosong karena kafein dapat menekan dan mencederai lambung dan jaringan perut sehingga menyebabkan mual, Kembung lalu pusing setelah minum kopi. (Baca Juga: Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri)

  1. Minum air putih

Minumlah selalu air putih lebih banyak setengah jam setelah minum kopi untuk menetralisir efek buruk dari kafein berupa pusing setelah minum kopi. (Baca juga: Bahaya Akibat Terlalu Banyak Minum Air Putih)

  1. Mengkonsumsi buah

Mengkonsumsi buah buahan manis disela sela minum kopi agar dapat mengurangi efek samping kopi yaitu pusing setelah minum kopi. Misalnya buah kurma, Kiwi, Pisang atau jeruk. (Baca Juga: Khasiat Buah Pisang untuk Kesehatan)

  1. Istirahat cukup

Kurangilah begadang yang tidak perlu mulailah untuk mengubah kualitas poal tidur anda menjadi lebih baik, Yaitu tidur tepat waktu selama 7 sampai 8 jam tiap malam. Tidurlah dengan penggunaan bantal yang sedikit tinggi agar aliran darah yang tersendat menjadi lancar dan kepala yang pusing setelah munum kopi dapat segera hilang. (Baca Juga: Cara Mengatasi Badan Pegal)

  1. Campurkan kopi dengan susu

Untuk mengurangi kuatnya efek kafein terhadap pembuluh darah diotak sebaiknya gabungkanlah minuman kopi anda dengan susu. Protein dan kalsium dalm sudu mampu menetralisir kafein dengan baik. (Baca Juga: Bahaya Minum Teh Campur Susu)

  1. Hindari kopi pada malam hari

Hindari mengkonsumsi kopi berlebihan pada malam hari karena saat kita menjelang instirahat tubuh membutuhkan kondisi lambung dalam keadaan bersih dari segala macam zat zat termasuk kafein. Pastikan tubuh tidak dimasuki kafein dalam jumlah berapapun agar anda mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Apapun yang masuk dalam tubuh sebelum anda berangkat tidur khususnya kafein maka itulah yang akan dikelola pada saat anda tertidur akibatnya pembuluh darah mendapat tekanan terus menerus dan tidak ikut beristirahat melainkan dipaksa untuk tetap bekerja, Kondisi inilah yang menyebabkan seseorang menderita kesulitan tidur. (Baca Juga: Mual Setelah Mengonsumsi Kopi)

  1. Tambahkan lemon 

Buah lemon memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan nutrisi lainnya yang dapat ditambahkan pada minuman kopi anda. Air lemon mampu mengurangi kinerja kafein yang dapat menekan pembuluh darah diotak. Air lemon dapat membersihkan kafein yang menempel pada dinding pembuluh darah dan mengaktifkan saraf saraf dikepala menjadi lebih baik dan terhindar dari iritasi akibat kafein. (Baca Juga: Cara Mengatasi Mual)

Bahaya Kopi bagi Penyakit Tertentu

  1. Penyakit anemia

pusing setelah miunum kopi memang relatif mudah disembuhkan dengan cara mengubah kebiasaan minumm kopi yang berlebihan, Namun minum kopi berlebihan ternyata bisa menurunkan sel darah merah bagi orang orang yang sehat,Terlebih lagi waspadalah pada bahaya kopi untuk penderita anemia karena dapat menyebabkan penderita kehilangan kesadaran.

  1. Penyakit asam lambung

Berhati hatilah pada bahaya kopi bagi penderita asam lambung tinggi karena kafein berlebihan bukan hanya meningkatkan asam lambung yang menimbulkan rasa nyeri pada perut tetapi bisa menyebabkan asam lambung naik kekerongkongan dan menimbulkan iritasi pada saluran dinding esofogus yang menimbulkan sensasi rasa panas seperti terbakar dan jika terhirup masuk pada saluran pernafasan anda maka akan menyebabkan penyempitan pneumonia.

  1. Penyakit stroke

Berhati hatilah bagi seseorang yang memiliki riwayat penyakit stroke atau penderita stroke jika mengkonsumsi kopi. Hendaklah tidak mengkonsumsi kopi lebih dari 3 cangkir perharinya karena takaran yang tidak moderat (wajar) dapat menyebabkan bahaya kopi bagi penderita stroke adalah berupa kerusakan pembuluh darah secara tiba tiba, Kualitas bersihnya kondisi darah menjadi berkurang dan terjadi kerusakan sel sel otak akibat pecahnya pembuluh darah menuju otak.

You may also like