23 Makanan Penyebab Sakit Kepala Terus-menerus

Sakit kepala terkadang dihubungkan dengan rasa stres atau tekanan akibat lingkungan sekitar kita. Namun, sebetulnya sering sakit kepala juga bisa disebabkan oleh hal lain, seperti misalnya asupan makanan tertentu. Perhatikan daftar makanan penyebab sakit kepala di bawah ini supaya Anda bisa lebih berhati-hati dalam memilih makanan sehari-hari.

(Baca juga: penyebab sakit kepala akut)

1. Pisang

Buah pisang sepertinya sudah tak diragukan lagi akan kandungan gizinya, tapi sayangnya buah ini tak selalu menyehatkan. Karena pisang mengandung tyramine, maka orang-orang khusus yang sensitivitasnya tinggi terhadap tyramine maka akan sakit kepala ketika mengonsumsi buah pisang. Pada kulit pisang diketahui mengandung tyramine dengan kadar 10 kali lebih banyak dari bubur pisang.

2. Kafein

Selain pisang, sepertinya kafein sudah sangat jelas mampu memberikan efek sakit kepala pada pengonsumsinya. Kafein adalah senyawa yang memberikan efek merangsang sehingga akan menimbulkan sakit kepala, terutama migrainlah yang paling sering. Terlalu banyak mengonsumsi kafein tidaklah baik bagi kesehatan, maka mulailah untuk membatasinya secara ketat lebih dulu.

3. Coklat

Sakit kepala sebelah adalah yang paling sering dipicu oleh makanan ini karena memang kandungan asam aminonya yang tinggi. Di dalam coklat, asam amino adalah senyawa yang juga diketahui sebagai tyramine, jadi itulah mengapa sakit kepala bisa datang ketika memakan coklat agak berlebihan bagi beberapa orang. Meski menjadi cara menghindari stres, coklat juga perlu dibatasi konsumsinya.

(Baca juga: obat herbal sakit kepala)

4. Keju

Banyak yang mungkin belum tahu bahwa keju dibalik kenikmatannya mampu memicu sakit kepala jenis migrain. Jenis keju sendiri ada banyak, dan yang perlu untuk Anda hindari betul adalah keju tua alias keju yang usianya sudah cukup tua karena justru keju inilah yang lebih berpotensi menyebabkan sakit kepala. Tyramine dapat terbentuk menjadi lebih tinggi dan banyak pada keju tersebut.

5. Alkohol

Banyak dari kita tentunya sudah begitu tahu akan bahaya minuman keras bagi kesehatan dan salah satunya adalah kemampuannya dalam memicu sakit kepala. Minuman beralkohol di sini juga termasuk anggur merah di mana ada kandungan fenol di dalamnya berikut juga kandungan tyramine tinggi.

6. MSG

Makanan yang ber-MSG memang lebih sedap dan menggugah selera, tapi perlu diperhatikan juga kalau makanan dengan MSG bisa-bisa malah memicu sakit kepala. Pada dasarnya, MSG pun ada di dalam kecap dan banyak produk kemasan lainnya. Bahaya dehidrasi bisa terjadi akibat kandungan garam tinggi pada MSG sehingga akhirnya menjadi faktor penyebab sakit kepala.

(Baca juga: penyebab sakit kepala terus-menerus)

7. Es Krim

Ada beberapa orang yang saat suasana hatinya tengah kurang baik maka selain coklat, ia akan mengonsumsi es krim. Es krim pada dasarnya memang nikmat apalagi dikonsumsi saat cuaca panas, namun jangan menyantapnya terlalu cepat karena mampu menimbulkan sensasi nyeri pada kepala.

8. Jeruk

Tak banyak yang tahu bahwa buah jeruk merupakan buah yang mengandung vitamin C tinggi tapi juga cukup berbahaya bagi tubuh. Jeruk adalah buah yang juga berkandungan tyramine serta antihistamin tinggi di mana dua-duanya sangatlah mampu menyebabkan sakit kepala. Jadi, batasilah konsumsi jeruk apabila Anda cukup sensitif terhadap tyramine.

9. Cabai

Satu lagi makanan yang banyak digemari oleh banyak orang tapi mampu memicu sakit kepala pada beberapa orang. Cabai rupanya adalah salah satu dari faktor penyebab migrain pada sejumlah orang, jadi sebaiknya hindarilah makanan maupun produk makanan apapun dengan kandungan cabai supaya tak sakit kepala.

(Baca juga: cara mengatasi sakit kepala)


10. Acar

Sejumlah orang tak akan mau melewatkan konsumsi acar karena memang makanan ini adalah makanan wajib saat mengonsumsi beberapa makanan gorengan. Acar mentimun dan telur acar adalah contoh dari jenis makanan acar yang kiranya bisa Anda hindari. Sakit kepala bisa mendadak menyerang dikarenakan konsumsi acar, khususnya bila sampai berlebihan.

11. Ragi Roti

Ada sejumlah orang yang mempunyai penyakit alergi makanan di mana gandum adalah salah satu yang akan menimbulkan reaksi alergi pada tubuhnya. Untuk itulah, bagi yang menderita alergi, gandum atau ragi roti bisa cukup berbahaya karena mampu memicu sakit kepala bagi si pengonsumsi.

12. Daging Olahan

Sakit kepala tak timbul begitu saja karena Anda yang suka makan daging olahan bisa jadi itulah yang menyebabkan kepala sering pusing. Daging olahan mengandung pengawet biasanya dan pengawet pada umumnya mengandung yang namanya nitrat dan nitrit sehingga bisa membuat pembuluh darah melebar. Sakit kepala pun akhirnya menjadi akibat dari konsumsi daging olahan tersebut.

(Baca juga: sakit kepala sebelah kiri)

13. Pemanis Buatan

Hati-hati bagi Anda yang gemar atau terlalu sering menggunakan maupun menikmati pemanis buatan baik untuk makanan atau minuman. Pemanis buatan juga bisa memicu sakit kepala bagi sejumlah orang. Jadi kalau Anda salah satu yang agak sensitif terhadap pemanis buatan, sebaiknya jauhi dan pakailah pemanis alami saja.

14. Cuka Merah

Anda mungkin sudah pernah mendengar bahwa cuka merah adalah salah satu makanan yang mengandung tyramine. Karena itulah, cuka merah termasuk di dalam penyebab makanan penyebab sakit kepala, seperti migrain. Daripada cuka merah, Anda bisa menggunakan cuka putih saja karena di dalam cuka putih tak ada tyramine.


15. Buah Kering

Anda mungkin adalah penggemar makanan buah kering di mana buah seperti ini rupanya tidaklah bagus jika tingkat sensitivitas cukup besar. Yang termasuk di dalam buah kering dan mampu menjadi pemicu sakit kepala antara lain adalah:

  • Buah prune.
  • Buah ara.
  • Kismis
  • Aprikot kering.

(Baca juga: obat sakit kepala)

16. Susu

Di dalam susu ada kandungan yang bernama kasein di mana kandungan inilah yang dapat memicu seseorang mengalami sakit kepala. Walau memang susu adalah makanan yang mengandung kalsium tinggi, Anda bisa membatasi juga asupannya supaya tak berlebihan. Sebetulnya, tak semua produk susu berkasein, tapi khusus yang mengandung kasein bisa Anda jauhi.

17. Kacang

Di dalam kacang ada senyawa bernama tanin yang mampu menjadi faktor penyebab sakit kepala. Tak semua kacang berbahaya dan memicu sakit kepala, tapi Anda perlu tahu beberapa jenis kacang yang akan meningkatkan risiko penyakit ini, seperti:

  • Kacang lima.
  • Kacang merah.
  • Kacang panjang.

18. Alpukat

Kelihatannya memang aman, tapi alpukat yang kaya akan vitamin E ini ternyata tidak cukup aman bagi yang memiliki sensitivitas cukup tinggi terhadap tyramine. Di dalam buah alpukat, ada kandungan tyramine yang sebaiknya menjadikan Anda lebih waspada. Migrain adalah jenis sakit kepala yang paling sering dipicu oleh konsumsi alpukat.

(Baca juga: akibat sakit kepala)

Itulah daftar makanan penyebab sakit kepala yang terlihat biasa dan aman-aman saja tapi cukup berbahaya. Bila memang Anda diketahui punya sensitivitas tinggi terhadap tyramine atau alergi terhadap makanan tertentu, silakan batasi maupun menghindarinya supaya sakit kepala juga dapat dicegah.

, ,
Oleh :
Kategori : Sakit Kepala