Home Tips KesehatanKesehatan Anak Ini 18 Makanan Penambah Berat Badan Bayi Yang Sehat dan Aman !

Ini 18 Makanan Penambah Berat Badan Bayi Yang Sehat dan Aman !

by Erlita

Bagi Anda yang memiliki anak usia bayi dengan berat badan yang kurang, mungkin hal ini meningkatkan kekhawatiran sebagai seorang ibu. Tapi sebenarnya, ada berbagai macam makanan penambah berat badan bayi yang bisa Anda berikan untuk kesehatan si kecil. Berikut adalah daftar berbagai makanan sehat yang patut Anda pertimbangkan untuk diberikan kepada buah hati.

  1. ASI

Air susu ibu sudah pasti dan wajib untuk diberikan kepada bayi Anda bukan hanya sebagai nutrisi penting untuk tumbuh kembang yang sempurna, melainkan juga sebagai penambah berat badan bayi yang efektif, khususnya ketika bayi masih usia 6 bulan ke bawah. Kebutuhan tubuh si kecil akan gizi lengkap bisa terpenuhi dengan pemberian ASI.

  1. Kentang

Jika bayi masih usianya di bawah 6 bulan, maka ASI adalah yang terpenting untuk diberikan kepada sang buah hati. Namun ketika usianya telah lebih dari 6 bulan, Anda perlu memberikan sumber nutrisi penting lainnya, seperti kentang yang akan menambah berat badannya karena kandungan karbohidrat tinggi, mangan, fosfor, vitamin B6 dan vitamin C-nya yang tinggi.

  1. Pisang

ASI saja tak lagi cukup ketika seorang bayi sudah lebih dari 6 bulan usianya, selain kentang yang merupakan sumber makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, pisang adalah buah wajib untuk si kecil. Tekstur lembutnya dan kandungan 100 kalori per buah ditambah kandungan vitamin B6, serat, kalium, karbohidrat dan vitamin C-nya yang tinggi siap menutrisi dan meningkatkan berat badan si kecil.

  1. Keju

Setelah 6 bulan ke atas usia si kecil atau lebih tepatnya masuk usia 8 bulan, beri juga keju yang super lembut untuk meningkatkan berat badannya. Kandungan protein, fosfor, selenium, vitamin D, vitamin A, kalsium dan vitamin B12-nya sangat tinggi sehingga berat badan akan bertambah tapi secara sehat.

  1. Alpukat

Makanan penambah berat badan lainnya yang dipastikan lembut teksturnya, aman bagi bayi berusia 6 bulan ke atas adalah alpukat. Kaya vitamin (C, E, K dan B6), asam pantotenat, serat dan asam folat menjadikan alpukat makanan yang luar biasa baik untuk kesehatan bayi Anda, apalagi karena alpukat mengandung lemak nabati.

  1. Pepaya

Buah lainnya yang juga bisa diberikan pada bayi untuk menambah berat badannya ketika usia sudah masuk 9 bulan ke atas adalah pepaya. Makanan yang mengandung kalori dan serat tinggi ini juga akan sangat baik bagi kesehatan pencernaan si kecil selain menambahkan berat badannya secara alami dan efektif.

  1. Jeruk

Jeruk juga adalah makanan yang mengandung vitamin C tinggi aman bagi bayi Anda. Jangan salah, walau kandungan utamanya adalah air, rupanya ada 62 persen lemak di dalamnya yang siap untuk menambah berat badan si kecil sambil juga menstabilkan daya tahan tubuhnya. Pastikan Anda memberinya saat jeruk sudah dikupas dan dipisahkan dari biji.

  1. Semangka

Bukankah semangka juga sama seperti jeruk di mana kandungan airnya lebih banyak? Ya, tapi Anda juga perlu tahu kalau buah ini di dalamnya terdapat kandungan kalori sebesar 86 persen. Supaya berat badan si kecil naik secara alami dan sehat, kupas semangka, hilangkan bijinya, potong kecil-kecil, lalu berikan pada si kecil (tapi tak boleh sampai berlebihan).

  1. Apel

Dampak dari kebiasaan makan apel yang sangat baik bukan hanya akan dapat dirasakan oleh para orang dewasa. Ketika Anda memberikannya pada bayi yang usianya sudah di atas 8 bulan atau masuk 9 bulan, setiap hari 2 kali menjadi pendamping makanan utama, maka berat badan akan bertambah secara cukup signifikan tanpa efek samping berbahaya.

  1. Pir

Pir hampir sama seperti apel, walaupun merupakan makanan padat, Anda bisa coba berikan pada bayi Anda yang usianya sudah menginjak 8 atau 9 bulan ke atas supaya berat badannya naik secara alami. Selain menjadi buah yang mengandung vitamin C tinggi, bayi Anda juga akan dapat memperoleh kandungan vitamin B6, zat besi dan serat dari makanan ini.

  1. Anggur

Makanan satu ini pun bisa Anda berikan pada anak Anda yang usianya sudah 9 bulan ke atas, baik itu anggur yang warnanya merah, ungu ataupun hijau. Anda bisa membuat jus anggur lebih dulu supaya teksturnya lebih halus untuk diberikan kepada si kecil. Pastikan saat mengolahnya pun biji-bijinya sudah dibuang.

  1. Telur

Sumber makanan yang mengandung protein tinggi ini bisa juga Anda berikan kepada si kecil kalau usianya sudah 10 bulan ke atas untuk meningkatkan berat badannya. Telur juga akan memberikan asupan vitamin B12, vitamin A dan berbagai mineral lainnya secara cukup bagi buah hati Anda sehingga kenaikan berat badannya akan terjadi secara sehat.

  1. Daging Ayam

Setelah usia bayi Anda masuk 8 bulan, memberikan daging ayam adalah pilihan yang baik juga untuk menjadikan tubuhnya lebih berisi. Kandungan vitamin B12, magnesium, niacin, fosfor, dan juga vitamin B6-nya sangatlah tinggi sehingga Anda bisa berikan daging ayam secara rutin, entah itu dalam bentuk nasi ayam, sup ayam atau lainnya.

  1. Daging Sapi

Makanan yang mengandung zat besi tinggi ini pun bisa mulai diberikan kepada anak-anak Anda yang berat badannya rendah ketika sudah masuk usia 9 atau 10 bulan ke atas. Anak memerlukan asupan lemak dan zat besi supaya proses tumbuh kembangnya dapat terjadi secara lebih maksimal.

  1. Ubi Jalar

Selain kentang, Anda juga bisa meningkatkan berat badan si kecil saat usianya sudah cukup untuk memperoleh makanan pendamping ASI. Untuk kenaikan berat badan bayi Anda secara alami dan sehat, maka ubi jalar bisa Anda masukkan ke dalam daftar menu hariannya supaya hasil memuaskan bisa terjadi.

  1. Kelapa

Buah ini juga salah satu makanan yang mampu meningkatkan berat badan buah hati Anda karena kandungan kalori dan lemak nabatinya yang begitu tinggi. Anak Anda bisa diberi buah kelapa yang sudah diblender supaya teksturnya lebih lembut dan anak pun jadi tak sulit mencernanya ketika bahkan berusia 6 bulan ke atas.

  1. Kurma

Kurma adalah sumber kalori dan gula yang tinggi sehingga akan meningkatkan berat badan secara efektif bagi bayi Anda sekalipun. Asalkan bayi Anda sudah bisa memperoleh makanan pendamping ASI, maka kurma bisa diberikan, tapi pastikan bahwa bijinya sudah Anda buang lebih dulu.

  1. Buah Kering

Makanan lainnya yang juga bisa Anda berikan pada si kecil saat sudah berada pada usia 8 bulan ke atas adalah buah kering. Kismis adalah salah satu contoh buah kering yang aman diberikan kepada anak Anda, tapi tentunya dengan tidak berlebihan karena pada dasarnya buah kering sudah melewati proses pengolahan dengan penambahan pengawet makanan.

Itulah daftar makanan penambah berat badan bayi Anda yang bisa diberikan sesuai dengan usianya karena pencernaannya harus sudah siap untuk menerima asupan makanan-makanan tersebut. Anda bisa konsultasikan hal ini dengan dokter lebih dulu supaya anak Anda bisa memperoleh manfaatnya secara maksimal.

You may also like