Home Penyakit dan KelainanSakit Kepala 37 Cara Mengatasi Sakit Kepala Tanpa Obat Secara Alami

37 Cara Mengatasi Sakit Kepala Tanpa Obat Secara Alami

by Ana Rohma

Cara mengatasi sakit kepala perlu diketahui oleh masyarakat umut dikarenakan setiap orang pasti pernah mengalami sakit kepala. Sakit kepala bisa membuat penderitanya merasakan kesakitan sebab yang diserang adalah kepala tempat dimana otak berada. Ada sakit kepala tunggal dimana rasa sakit tersebut murni akibat sakit kepala, namun ada juga sakit kepala yang disbebabkan oleh hipertensi dan berbagai macam penyakit lain. Sehingga bisa dikatakan bahwa sakit kepala itu merupakan gejala dari penyakit tersebut.

Sebelum dilakukan pengobatan sebaiknya kita mengetahui darimana asal atau sumber sakit kepala, sebab sakit kepala yang disebabkan oleh penyakit lain, sakit kepala itu bisa hilang jika disertai dengan pengobatan pada penyakit penyebab sakit kepala tersebut.

Mengobati penyakit sakit kepala sangat mudah sekali dan bisa kita lakukan sendiri. Sebelum berkonsultasi ke dokter ada baiknya anda mengobati sakit kepala anda menggunakan cara sederhana terlebih dahulu. Barulah jika tidak berkurang anda bisa mengunjungi dokter. Berikut ini adalah cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi sakit kepala yang anda derita :

  1. Mengkonsumsi Banyak Air Putih

Ketika anda sakit kepala bisa jadi aliran darah dan oksigen menuju ke otak mengalami gangguan sehingga otak kekurangan oksigen dan juga aliran darah. Hal itulah yang bisa menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala. Oleh sebab itu ketika anda mengalami sakit kepala ada baiknya anda mengkonsumsi banyak cairan. Hal itu dikarenakan cairan yang anda minum bisa melancarkan aliran darah dan juga aliran oksigen ke seluruh tubuh manusia terutama di bagian otak. Orang yang mengalami dehidrasi sering merasakan pusing dan berkunang-kunang hal itu dikarenakan orang yang dehidrasi kekurangan cairan di dalam tubuhnya sehingga aliran darah dan oksigen menuju ke otak menjadi berkurang.

  1. Kentang

Selain dehidrasi ada beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit pusing. Penyakit pusing bisa disebabkan karena tubuh yang kekurangan kalium. Mengkonsumsi kentang bisa digunakan sebagai sumber kalium yang baik. Agar pusing segera menghilang anda sebaiknya mengkonsumsi kentang rebus secara rutin. Hindari memasak kentang dengan minyak sebab minyak membuat kentang memiliki lemak jenuh yang justru berbahaya bagi tubuh anda. (Baca : Makanan yang mengandung kalium tinggi )

  1. Pisang

Pisang juga baik untuk mengatasi sakit kepala dikarenakan di dalam pisang terdapat kandungan potasium dan magnesiumnya. Kandungan potasium dan magnesium pada pisang bisa digunakan sebagai pereda sakit kepala. Yang harus diingat di sini adalah mengkonsumsi pisang tidak boleh berlebihan, sebab sesuatu yang berlebihan justru tidak baik bagi tubuh seseorang. Baca :

  1. Es Batu

Bagi yang sering mengalami sakit kepala anda bisa memanfaatkan atau menggunakan es batu untuk meredakan sakit kepala yang anda derita. Caranya pun sangat mudah yaitu dengan menggunakan es batu tersebut sebagain kompres. Caranya adalah berikut ini:

  • Siapkan beberapa potong es batu berukuran sedang.
  • Bungkus potongan es batu itu menggunakan kain yang bersih atau anda bisa juga menggunakan waslap.
  • Tempelkan waslap atau kain yang berisi es batu itu di dahi anda atau di bagian kepala yang terasa pusing.
  • Kompres selama 15 menit, lama kelamaan anda akan merasakan bahwa rasa pusing anda akan berkurang kemudian menghilang. Kompresan ini akan efektif jika sehabis melakukan pengompresan anda tidur kurang lebih selama satu jam. Rasa pusing anda akan hilang jika digunakan untuk tidur.
  1. Permen Mint

Cara mengatasi sakit kepala tanpa obat paling ampuh mungkin salah satunya adalah mint. Permen mint memiliki manfaat untuk menghilangkan pusing dikarenakan kandungan mint atau menthol bisa membuat kepala menjadi lebih rileks sehingga sakit kepala bisa cepat untuk diatasi.

  1. Teh Mint

Bagi anda yang sedang mengalami sakit kepala atau pusing anda bisa mengkonsumsi teh mint. Sebelum anda mengkonsumsinya anda hirup terlebih dahulu aroma teh mint tersebut, barulah anda meminumnya secara perlahana-lahan. Aroma mint pada teh tersebut sebagai sarana relaksasi yang bisa menenangkan pikiran. Saat pikiran tenang, sakit kepala bisa berkurang.

  1. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih bisa digunakan sebagai penghilang sakit kepala dikarenakan kandungan yang ada di dalam minyak kayu putih tersebut bisa merilekskan pikiran dan juga aromanya bersifat menenangkan. Kayu putih merupakan tanaman obat yang kaya akan sineol, terpineol, aldehid valerat, butirat dan masih banyak lagi lainnya. Kandungan dari kayu putih itulah yang dipercaya bisa digunakan sebagai penghilang sakit kepala. Sebelum mengoleskannya ke kulit kepala anda bisa mencium aroma dari minyak kayu putih tersebut.

  1. Kelola Stress

Untuk bisa menghilangkan sakit kepala yang anda alami, anda harus pintar-pintar mengelola stress yang anda miliki. Kebanyakan orang yang stress dan tertekan dia akan mudah terserang sakit kepala. Oleh sebab itu jika penyebab sakit kepala anda adalah stress sebaiknya anda mengelola dan menghilangkan stress yang anda miliki terlebih dahulu.

Baca : Penyebab stress – cara mengatasi stress

  1. Aromaterapi

Aromaterapi yang menenangkan bisa membuat kepala menjadi rileks dan sakit kepala bisa menghilang. Aromaterapi bisa anda pilih, mulai dari aroma bunga, buah maupun aroma lainnya. Anda bisa meletakkan aromaterapi tersebut di kamar agar bisa menghirup wanginya. Sering menghirup aromaterapi bisa meredakan sakit kepala yang anda derita.

  1. Makan Teratur

Cara mengatasi sakit kepala secara alami selanjutnya adalah makan secara teratur. Hal yang bisa menyebabkan pusing adalah menurunnya kadar gula di dalam tubuh akibat telat makan dan kekurangan makanan. Untuk menghilangkan sakit kepala yang diakibatkan oleh rasa lapar sebaiknya anda mulai membiasakan diri untuk makan tepat dan teratur. Sering melupakan makan membuat anda beresiko terkena maag kronis.

  1. Batasi Kopi

Efek kopi tidak bagus untuk kesehatan sebab kopi memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Kafein yang ada pada kopi dan dikonsumsi secara terus menerus bisa menyebabkan peningkatan denyut jantung sehingga jantung sering terasa berdebar-debar, efek kopi itu juga membuat sakit kepala dikarenakan pembuluh darah mengalami penyempitan.

Oleh sebab itu batasi pengkonsumsian kopi. Setiap hari kita hanya dianjurkan untuk meminum kopi sebanyak satu cangkir per hari, lebih dari itu bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Kopi juga bisa membuat seseorang mengalami insomnia atu susah tidur. (Baca : bahaya kopi – bahaya kafein)

  1. Teh Hangat

Saat sakit kepala hindari mengkonsumsi makanan maupun minuman yang serba dingin, usahakan pula untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang hangat. Minuman hangat yang bisa digunakan untuk menghilangkan sakit kepala adalah teh tawar hangat. Jika anda tidak suka dengan rasa tawar anda bisa menambahkan stau sendok makan madu. Kandungan kafein pada teh tidak sebanyak kafein pada kopi, jika kafein kopi harus dihindari saat sakit kepala, kafein pada teh justru dibutuhkan saat sakit kepala.

  1. Daun Alpukat

Menghilangkan sakit kepala bisa dengan menggunakan daun alpukat.Ternyata tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat, namun daunnya pun memiliki manfaat. Cara menghilangkan sakit kepala dengan menggunakan daun alpukat adalah dengan merebus daun alpukat secukupnya kemudian saat dingin diminum sebanyak satu kali sehari dan hanya satu gelas saja. Jangan mengkonsumsi rebusan daun alpukat secara berlebihan misalnya saja adalah lebih dari satu gelas per hari.

  1. Bunga Matahari

Mungkin untuk saat ini bunga matahari jarang ditemui dikarenakan tidak semua lahan bisa digunakan untukn menanam bunga matahari. Bunga matahari terkenal berkat bijinya yang bisa dijadikan kwaci. Namun siapa sangka jika bunga matahari itu sendiri bisa digunakan sebagai penghilang sakit kepala. Caranya adalah sebagai berikut ini :

  • Rebuslah satu buah bunga matahari bersama jahe menggunakan tiga gelas air.
  • Saat sudah mendidih, sisakan hanya menjadi dua gelas saja.
  • Minumlah air rebusan bunga matahari tersebut sebanyak dua kali dalam sehari.
  • Setelah meminum air rebusannya sebaiknya anda mengkonsumsi telur yang direbus bersamaan dengan nasi putih.
  1. Makan Kari

Kari juga bisa digunakan sebagai penghilang sakit kepala. Kari merupakan makanan dengan kuah kental dan dengan cita rasa yang khas dipercaya bisa digunakan untuk meredakan sakit kepala. Di dalam masakan kari terdapat kandungan rempah-rempah yang banyak. Rempah-rempah yang terkandung dalam makanan kari dipercaya bisa digunakan sebagai pereda nyeri akibat sakit kepala. Mengkonsumsi kari saat panas bisa digunakan untuk melancarkan aliran darah di pembuluh darah sehingga kepala tidak akan kekurangan oskigen maupun kekurangan aliran darah.

  1. Air hangat Dan Minyak Kayu Putih

Anda bisa menghilangkan sakit kepala dengan air panas dicampurkan dengan minyak kayu putih. Caranya pun sangat mudah saja yaitu dengan meneteskan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam air panas tersebut kemudian hirup aroma dari air panas yang telah dicampurkan dengan minyak kayu putih tersebut. Aroma yang dikeluarkan oleh air panas dengan minyak kayu putih itu dipercaya bisa digunakan untuk merilekskan pikiran kemudian sakit kepala pun bisa diredakan dan dihilangkan. Air panas dan juga minyak kayu putih ini bisa digunakan sebagai aromaterapi yang bersifat menenangkan.

  1. Bunga Kenanga

Cara menghilangkan sakit kepala secara alami lainnya adalah dengan menggunakan bunga kenanga. Bunga kenanga memang sulit dijumpai, namun bagi anda yang sedang sakit kepala dan anda memiliki bunga kenanga anda bisa menggunakan bunga kenangan tersebut bisa digunakan sebagai pereda sakit kepala. Caranya pun sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut ini:

  • Siapkan bunga kenangan secukupnya kemudian rebus menggunakan air.
  • Sisakan setengahnya saja.
  • Setelah air rebusan dingin, minumlah air rebusan itu sebanyak tiga kali dalam sehari untuk bisa meredakan sakit kepala yang sedang anda derita.
  • Mengkonsumsi air rebusan ini secara rutin dipercaya bisa digunakan sebagai pereda sakit kepala.
  1. Daun Kayu Putih

Cara mengatasi sakit kepala tanpa obat berikutnya adalah daun kayu putih. Bagi anda yang memiliki tanaman kayu putih anda bisa memanfaatkan daun dari tanaman kayu putih itu untuk menghilangkan sakit kepala yang anda derita. Memang tanaman kayu putih adalah tanaman obat yang tidak perlu diragukan lagi khasiatnya. Cara mengobati sakit kepala dengan menggunakan daun kayu putih sangat mudah sekali yaitu tinggal merebus daun kayu putih secukupnya menggunakan empat gelas air. Sisakanlah sepertiganya. Setelah dingin, minum air rebusan daun kayu putih itu secara teratur maka sakit kepala anda bisa hilang secara perlahan-lahan dari tubuh anda.

  1. Kulit Anyang-Anyang

Kulit anyang-anyang bisa digunakan sebagai penghilang sakit kepala yang anda derita. Tidak hanya sakit kepala saja namun kulit anyang-anyang bisa bermanfaat dalam meredakan migraine atau sakit kepala sebelah. Cara pembuatan ramuan menggunakan kulit anyang-anyang pun tergolong mudah. Caranya adalah sebagai berikut ini :

  • Rebus kulit anyang-anyang bersamaan dengan buah anggur secukupnya. Merebusnya dengan menggunakan 5 gelas air.
  • Sisakan hanya menjadi setengahnya saja.
  • Ketika air rebusan dingin, minum air rebusan itu sebanyak satu kali dalam sehari. Jangan meminum air rebusan ini sebanyak tiga kali dalam sehari sebab jika berlebihan efeknya justru tidak bagus untuk tubuh.
  1. Daun Encok

Cara mengobati sakit kepala bisa dengan menggunakan daun encok. Daun encok efektif untuk bisa menyembuhkan sakit kepala. Cara penggunaannya pun sangat mudah yaitu dengan mengoleskan minyak goreng atau minyak sawit di permukaan daun encok, setelah itu tempelkan pada dahi anda. Diamkanlah selama 15 menit, setelah 15 menit rasakanlah bahwa sakit kepala anda akan berkurang. Lakukanlah cara ini sebanyak tiga kali sehari agar sakit kepala anda segera menghilang.

  1. Biji Wijen

Sesuatu yang bisa digunakan untuk menghilangkan sakit kepala adalah biji wijen. Selama ini biji wijen hanya digunakan sebagai bahan roti dan kue saja. Namun siapa sangka jika biji wijen justru mampu meredakan sakit kepala yang anda derita. Biji wijen bisa digunakan sebagai pereda sakit kepala sebab di dalam biji wijen mengandung vitamin E.

Vitamin E yang ada pada biji wijen bisa digunakan dalam menyeimbangkan hormon estrogen di dalam tubuh. Hormon estrogen yang tidak seimbang bisa membuat seseorang menderita sakit kepala. Selain vitamin E, biji wijen kaya dengan magnesium. Cara menghilangkan sakit kepala dengan menggunakan biji wijen adalah dengan menyangrai segenggam biji wijen kemudian mengkonsumsinya sebanyak dua kali dalam sehari.

Baca : Makanan yang mengandung vitamin E & Makanan yang mengandung estrogen

  1. Makanan yang mengandung Magnesium tinggi

Makanan  yang kaya akan magnesium bisa digunakan sebagai penghilang sakit kepala. Banyak makanan mengandung magnesium yang bisa digunakan untuk menghilangkan sakit kepala yaitu makanan yang mengandung kacang-kacangan seperti kacang kedelai, kacang panjang, kacang tanah dan juga lain sebagainya. Tidak hanya itu saja minyak zaitun juga bisa digunakan untuk menghilangkan sakit kepala. Biji gandum dan dandelion juga bisa digunakan untuk meredakan sakit kepala.

  1. Mengkonsumsi Ikan

Orang yang sedang sakit kepala sebaiknya mengkonsumsi ikan agar sakit kepalanya bisa reda. Ikan yang dikonsumsi pun bukanlah sembarang ikan. Ikan yang baik untuk dikonsumsi adalah ikan yang kaya akan omega-3 dan juga kaya dengan lemak esensial. Ikan yang bisa digunakan sebagai pereda sakit kepala adalah ikan salmon, makarel dan juga ikan tuna. Ikan itu bisa menghentikan peradangan yang ada di otak sehingga sakit kepala itu bisa muncul.

  1. Semangka

Semangka merupakan buah yang kaya air. Buah yang kaya air seperti semangka bisa digunakan untuk menghindari dehidrasi dan jika terkena dehidrasi tubuh akan mudah merasakan pusing. Tidak hanya semangka saja, buah yang kaya air lainnya pun bisa digunakan untuk menghilangkan sakit kepala yang diakibatkan oleh dehidrasi. Buah yang kaya akan kandungan air tersebut adalah buah melon, buah pir, jeruk dan masih banyak lagi lainnya.

  1. Yoga

Jika anda merasakan sakit kepala, anda bisa melakukan cara meditasi atau yoga untuk merilekskan pikiran anda. Banyak orang yang percaya bahwa dengan melakukan yoga tubuh dan kepala menjadi rileks sehingga sakit kepala bisa dihilangkan.

  1. Peregangan

Melakukan peregangan bisa digunakan untuk menghilangkan sakit kepala.  Hal itu dikarenakan sakit kepala bisa disebabkan oleh tegangnya otot yang ada di kepala. Otot yang tegang di kepala itu hanya bisa diredakan dengan melakukan peregangan yang bisa digunakan untuk merilekskan otot kepala. Lakukanlah gerakan senam peregangan yaitu dengan mengulur badan, mengulur tangan, kepala dan lain sebagainya. Melakukan peregangan ruitn selama 15 menit setiap harinya juga bisa digunakan untuk menghinmdari datangnya sakit kepala.

  1. Tidur Cukup

Cara menghilangkan sakit kepala lainnya adalah dengan tidur cukup. Banyak yang mengeluhkan sakit kepala dikarenakan pola tidur dan jam tidur yang tidak cukup. Oleh sebab itu untuk menghindari sakit kepala atau menghilangkan sakit kepala bisa dengan cara tidur cukup dan tidur lebih berkualitas. Sakit kepala akan bertambah jika anda gunakan untuk bergadang.

  1. Biji Alpukat

Tidak hanya daun alpukat saja yang bisa digunakan untuk menghilangkan sakit kepala, namun biji alpukat pun bisa digunakan sebagai pereda sakit kepala. Sakit kepala yang bisa diredakan menggunakan biji alpukat adalah sakit kepala yang disertai dengan demam. Cara meredakan sakit kepala menggunakan biji alpukat pun tergolong mudah yaitu sebagai berikut ini :

  • Siapkan dua buah biji alpukat.
  • Parut atau blender biji alpukat tersebut.
  • Campurkan dengan satu sendok makan air.
  • Tempelkanlah campuran biji alpukat dengan air tersebut ke bagian dahi anda.
  • Diamkan selama 2 jam lamanya saat anda tidur di malam hari.
  • Penggunaan secara teratur bisa digunakan menghilangkan sakit kepala secara cepat.
  1. Air Jahe

Cara menghilangkan sakit kepala bisa menggunakan air jahe. Jahe selain bisa digunakan sebagai obat untuk meredakan mual, namun jahe memiliki sifat anti peradangan yang bisa digunakan untuk menghilangkan peradangan di otak, tidak hanya itu saja anti-histamin bisa digunakan sebagai penghilang sakit kepala. Cara membuat air jahe untuk menghilangkan sakit kepala sangat mudah sekali yaitu sangrai 4 ruas jahe, kemudian rebuslah menggunakan 5 gelas air. Tambahkan satu sendok gula pasir. Rebus sampai mendidih, ketika hangat mulailah mencium aroma dari air jahe tersebut baru diminum sedikit demi sedikit. Air jahe juga bisa ditambahkan dengan madu jika anda suka.

  1. Pemijatan

Bagi yang suka dipijat, anda bisa melakukan pemijatan di pelipis dan bagian kepala yang terasa sakit. Memberikan pijatan di kepala selama 15 menit bisa digunakan untuk melancarkan aliran darah dan juga oksigen menuju ke otak. Jika anda tidak tahu cara pemijatan yang benar, anda bisa mengundang terapis untuk datang ke rumah anda.

  1. Menghangatkan Tubuh

Menghilangkan sakit kepala bisa dengan cara menghangatkan tubuh. Bisa jadi anda sakit kepala dikarenakan di dalam tubuh anda banyak angin yang masuk sehingga menyebabkan anda sakit kepala. Agar sakit kepala anda reda, anda bisa menghangatkan tubuh di bagian belakang kepala dengan bagian leher menggunakan sekantung air hangat. Sekantung air hangat tersebut dipercaya bisa digunakan untuk meredakan sakit kepala dan menghilangkan sakit kepala.

  1. Apel

Apel buah yang kaya akan manfaat. Di dalam apel terdapat berbagai macam kandungan yang bisa digunakan untuk meredakan sakit kepala. Apel bisa digunakan untuk meredakan sakit kepala sebab di dalam apel terdapat zat yang terbukti mampu menyeimbangkan alkaline dan juga kadar keasaman di dalam tubuh. Saat alkaline dan keasaman di dalam tubuh seimbang maka sakit kepala bisa hilang atau reda. Anda bisa mengkonsumsi apel dengan kulitnya sekaligus, namun sebelum mengkonsumsinya anda harus mencuci bersih kulti apel tersebut agar pestisida maupun kotoran yang menempel pada apel tersebut menjadi hilang.

  1. Merangkak

Menghilangkan sakit kepala bisa dengan cara merangkak. Hal ini bertujuan untuk melancarkan aliran darah dan juga oksigen menuju ke otak. Cara merangkak yang benar untuk meredakan sakit kepala adalah sebagai berikut ini :

  • Ambil posisi merangkak dengan mengusahakan posisi punggung dalam keadaan tegak lurus atau tetap datar.
  • Gerakkan kedua tangan berada di depan dan menurunkan dahi ke arah lantai.
  • Usahakan panggul juga tetap terangkat.
  • Tahanlah posisi ini selama 5 sampai dengan 10 menit agar tekanan di bahu sampai dengan bagian punggung mengendur.
  • Ulangi cara ini tiga kali banyaknya.
  1. Menghindari Layar

Agar sakit kepala cepat reda atau hilang ada baiknya anda menghindari layar, entah itu layar handphone, layar televisi, layar komputer, layar video game dan masih banyak lagi lainnya. Sakit kepala tidak akan mudah hilang jika anda tidak bisa menghindari layar-layar tersebut, hal itu dikarenakan radiasi layar bisa membuat syaraf otak menjadi tertanggu.

  1. Mengatur Nafas

Mengatur nafas juga bisa anda gunakan untuk menghilangkan sakit kepala. Pengaturan nafas itu berfungsi sebaai pengaturan oksigen yang masuk ke dalam tubuh agar lebih maksimal. Mengatur nafas ini disertai dengan memejamkan kepala dikarenakan sambil memejamkan mata bisa meredakan ketegangan di otot kepala.

  1. Aspirin

Obat yang ada di pasaran yang bisa digunakan untuk mengobati sakit kepala adalah aspirin. Kandungan aspirin bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Cara kerja aspirin untuk mengobati sakit kepala adalah menghambat penghasilan prostaglandin. Prostaglandin inilah yang memicu sakit kepala pada manusia.

  1. Parasetamol

Parasetamol bisa digunakan untuk menghilangkan nyeri akibat sakit kepala. Saat sakit kepala, kepala akan tertusuk-tusuk jarum dan menghasilkan nyeri luar biasa. Untuk menghilangkan nyeri anda bisa menggunakan parasetamol.

Demikianlah hal-hal yang bisa digunakan untuk mengobati sakit kepala. Jika dari cara tersebut tidak mendapatkan perubahan, sebaiknya anda melakukan konsultasi ke dokter. Dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan untuk mengetahui sumber dari sakit kepala yang anda derita. Biasanya dokter akan memeriksa syaraf di kepala anda. Jika ada penyumbatan, penyempitan pembuluh darah, tumor dan lain sebagainya dokter akan mengatasi sumber utama dari penyebab sakit kepala tersebut, barulah dokter akan memberikan kepada anda cara mengatasi sakit kepala.

You may also like