16 Makanan Pereda Sakit Kepala dalam 3 Menit Paling Manjur

Sakit kepala menjadi penyakit yang dialami banyak orang di seluruh negara dan penyebab dari penyakit ini sangat beragam seperti alergi terhadap makanan tertentu, flu, sinusitis, masalah pada gigi, radang dan lain sebagainya. Gejala yang ditimbulkan dari sakit kepala tidak hanya sebatas rasa sakit namun juga meliputi vertigo, penurunan pendengaran, lelah, masalah penglihatan dan sebagainya. Untuk mengobati sakit kepala memang bisa dilakukan dengan beberapa obat yang bisa secara bebas dibeli, akan tetapi beberapa orang menganggap pengobatan tidak mengurangi tingkat keparahan sakit yang dirasakan.

Pengobatan alternatif lainnya bisa dilakukan dengan merubah gaya hidup, manajemen stres serta memperbaiki pola makan. Berikut ini, kami akan memberikan beberapa makanan pereda sakit kepala sekaligus menghilangkan sakit kepala yang bisa anda konsumsi sehingga sakit kepala bisa hilang dalam waktu cepat.

  1. Jamur

Dalam jamur mengandung vitamin B2 yang juga disebut dengan nama riboflavin yang sangat penting untuk menghasilkan energi celular. Kekurangan riboflavin bisa terjadi karena pola makan yang tidak baik atau predisposisi genetik yang buruk. Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B2 tinggi seperti jamur sangat baik untuk meringankan dan mencegah sakit kepala kambuh kembali. Kandungan vitamin B2 dalam jamur setara dengan brokoli, bayam dan juga beberapa jenis sereal.

Riboflavin dalam jamur ini akan meningkatkan produksi sel darah merah sekaligus meningkatkan penyerapan energi dari makanan yang mengandung lemak, karbohidrat dan juga protein.

  1. Salmon

Kandungan lemak sehat tinggi dalam salmon sudah terbukti bisa mengatasi sakit kepala yang kronis. Dalam ikan salmon ini mengandung asam lemak omega 3 tinggi yang bisa menghentikan peradangan penyebab sakit kepala. Dari sebuah penelitian yang sudah diterbitkan A.S National Institutes of Health, kandungan minyak ikan yang ada dalam ikan salmon memiliki sifat anti inflamasi yang sangat baik untuk mengurangi frekuensi dan rasa sakit yang ditimbulkan.

  1. Hati Sapi

Hati sapi memiliki kandungan vitamin B3 atau niacin yang sangat tinggi. Apabila niacin dalam tubuh tidak mencukupi maka bisa menyebabkan sakit kepala muncul. Niacin sendiri merupakan jenis vitamin yang dapat larut dalam air sehingga tidak akan menimbulkan efek buruk apabila dikonsumsi terlalu berlebihan.

  1. Bayam

Bayam merupakan makanan pembangkit tenaga listrik dalam tubuh yang bisa mengurangi tekanan darah untuk mencegah sakit kepala kronis sekaligus mengatasi mabuk. Dalam bayam juga mengandung magnesium yang tinggi serta kadar air yang baik untuk mencegah dehidrasi. Hindari mengkonsumsi bayam yang terlalu matang karena bisa merusak nutrisi didalamnya.

Magnesium yang ada dalam bayam ini sangat dibutuhkan untuk meringankan sakit kepala dan juga migrain sebab akan mempengaruhi serotonin dan juga neurotransmitter berhubungan dengan sakit kepala.

  1. Semangka

Kandungan air tinggi dalam buah semangka bisa mengurangi dehidrasi dengan sangat cepat yang menjadi salah satu penyebab sakit kepala. Semangkan juga menjadi buah super karena bisa mendinginkan dan meringankan sakit perut sehingga sangat baik untuk dikonsumsi.


  1. Kacang Almond

Anda bisa lebih sering mengkonsumsi kacang almond untuk meredakan rasa sakit yang ditimbulkan saat sakit kepala ini. Dalam kacang almond mengandung asam amino yakni triptofan yang baik untuk melepaskan serotonin dengan sangat baik. Selain itu, almond juga mengandung magnesium yang bisa mengendurkan otot serta pembuluh darah sehingga bisa meringankan sakit pada fisik dan juga stres mental yang menjadi penyebab sakit kepala tegang.

  1. Biji Labu

Biji labu juga mengandung magnesium tinggi yang baik untuk menangkal sakit kepala dengan cara merileksasi pembuluh darah. Mengkonsumsi 1/2 cangkir biji labu sudah mampu memberikan hampir 100 persen kebutuhan magnesium harian di dalam tubuh anda. Magnesium ini nantinya akan bertanggungjawab terhadap lebih dari 300 reaksi bio kimia dalam tubuh termasuk fungsi otot dan juga otak.

  1. Oatmeal dan Nasi Merah

Karbohidrat tidak membutuhkan pengolahan tambahan untuk membentuk glukosa sehingga kadar gula dalam darah bisa tetap stabil. Namun, jika tubuh kekurangan karbohidrat, maka kadar gula bisa turun dan menimbulkan sakit kepala. Oleh karena itu, mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan kaya akan air sangat dibutuhkan untuk mengatasi sensasi menusuk di area kepala anda dan pilihan sumber karbohidrat terbaik yang bisa anda konsumsi adalah oatmeal dan juga nasi merah.

  1. Biji Wijen

Biji wijen memiliki kandungan vitamin E tinggi yang akan menjaga kestabilan estrogen untuk menangkal sakit kepala serta migrain. Selain itu, kandungan L arginin, prekursor nitrat oksida dan juga kandungan alami lainnya juga akan melindungi tubuh dari sakit kepala yang menegang untuk pria dan juga wanita. Tambahkan biji wijen ini dalam setiap masakan seperti tumis dan sup untuk mendapatkan manfaat biji wijen selengkapnya.

  1. Makanan Pedas

Mengkonsumsi makanan yang bercitarasa pedas mampu untuk mengurangi tekanan pada penyakit sinusitis dan membuka saluran udara sehingga sakit kepala bisa diredakan. Sedangkan bubuk cabai yang juga mengandung vitamin E juga sangat baik untuk mengendurkan pembuluh darah dan memberi kelegaan pada sakit kepala.

  1. Roti Gandum

Roti gandum merupakan makanan nikmat yang bisa dikonsumsi untuk penderita sakit kepala. Biji gandum yang belum diproses ini akan melepaskan karbohidrat lebih lambat dalam tubuh dibandingkan dengan roti putih yang bisa berguna sebagai sumber energi. Mengkonsumsi roti gandum secara rutin bisa menjadi solusi terbaik untuk menyembuhkan sakit kepala yang anda rasakan.

  1. Kentang

Mengkonsumsi kentang bersama dengan kulitnya juga menjadi pereda sakit kepala yang baik. Kulit kentang merupakan makanan yang mengandung potassium tinggi yang sangat baik untuk mengurangi rasa sakit menusuk yang timbul karena sakit kepala. Selain itu, potassium dalam kentang juga sangat baik untuk menyeimbangkan elektrolit khususnya saat terlalu banyak minum minuman keras.

  1. Yogurt

Yogurt merupakan makanan ringan tinggi kalsium yang bisa merileksasikan tubuh dan mengatasi sakit kepala. Yogurt menjadi cara nikmat untuk mencukupi kebutuhan kalsium dalam tubuh seperti yogurt yunani yang menjadi salah satu jenis yogurt paling sehat saat ini. Dari penelitian dibuktikan jika mengkonsumsi setidaknya 4 ons yogurt dalam 1 hari dan dilakukan selama sebulan sangat ampuh untuk mengurangi peradangan sakit kepala karena kandungan bakteri baik dalam yogurt tersebut.

  1. Pisang

Pisang menjadi buah ampuh untuk mengatasi sakit kepala membandel sebab tinggi akan kandungan magnesium yang baik untuk melancarkan pembuluh darah dan mengurangi sakit di kepala. Kandungan potassium tinggi yang juga ada dalam buah pisang ini berguna untuk menjaga keseimbangan elektrolit untuk mencegah dehidrasi penyebab sakit kepala.

  1. Ceri

Sakit kepala yang bisa terjadi kapan saja tentunya sangat mengganggu aktivitas khususnya anda yang sering bekerja di depan komputer. Senyawa di dalam buah ceri ini sangat ampuh untuk mengubah oksida nitrat dalam darah yang merupakan gas alami untuk melindungi dan meringankan ketegangan sakit kepala dan migrain.

Makanan pereda sakit kepala tegang yang sudah kami berikan diatas adalah solusi terbaik untuk meredakan sensasi menusuk yang ditimbulkan sakit kepala dengan cara alami yang tentunya tidak memberikan efek samping berbahaya seperti saat mengkonsumsi beberapa jenis obat. Konsumsi beberapa makanan diatas secara teratur setiap hari supaya sakit kepala bisa hilang dan tidak kambuh kembali.

, , ,
Oleh :
Kategori : Sakit Kepala