Beta-Adalat – Fungsi – Obat Apa – Dosis dan Efek Samping

Beta-Adalat merupakan jenis obat yang mana fungsi utama dari Beta-Adalat adalah untuk membantu mengatasi masalah tekan darah tinggi atau yang disebut dengan hipertensei. Obat ini juga banyak dimanfaatkan untuk membantu mengobati penyakit angin duduk. Penyakit angina sendiri merupakan suatu kondisi yang mana seseorang yang mengalaminya merasakan sensasi yang tidak nyaman pada bagian dada.

Penyakit ini biasanya merupakan sebab dari kurangnya pasokan darah menuju jantung. Penyebab lain dari penyakit angina adalah karena terjadinya suatu penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah yang terdapat di dalam tubuh.

Beta-Adalat hadir sebagai solusi bagi anda semua yang mengalami gangguan tekanan darah tinggi atau yang disebut dengan hipertensi dan juga obat ini sangat ampuh digunakan untuk mengatasi angina. Akan tetapi, sebelum anda mengkonsumsi obat Beta-Adalat, anda sebaiknya mengetahui beberapa informasi penting yang akan kami jelaskan di bawah ini.

  • Kandungan: Beta-Adalat mengandung suatu zat aktif yang disebut dengan Nifedinine sebanyak 5 mg per tablet.
  • Golongan: Beta-Adalat termasuk ke dalam obat yang tidak diperjualbelikan secara bebas. Dengan kata lain, jika anda ingin mendapatkan obat Beta-Adalat, anda harus terlebih dahulu meminta resep kepada dokter.
  • Kemasan: Beta-Adalat di jual di dalam kemasan dos 50 x 1 tablet @5 mg
  • Pabrik: Bayer Schering Pharma

Berikut penjelaskan tentang zat aktif yang terdapat di Beta-Adalat

Nifedinipe merupakan suatu jenis obat yang banyak dimanfaatkan untuk membantu mengatasi masalah hipertensi dan juga angina. Obat ini termasuk ke dalam golongan obat anti hipertensi kategori calcium channel blockers. Adapun untuk cara kerja dari Nifedinipe itu sendiri adalah merelaksasi terhadap otot jantung dan juga merelaksasi pembuluh darah. Sementara itu, Nifedinine juga nantinya akan mencegah ion calcium agar tidak masuk ke dalam slow channel of cardiac dan juga otot jantung selama proses depolarisasi.

Akibat dari penghambatan yang dilakukan tersebut akan mengakibatkan uasodilatasi perifer maupun juga koroner agar terganggu. Sehingga nantinya bisa menyebabkan berkurangnya resistensi perfier serta akan mengakibatkan tekanan darah menjadi menurun.

Cara penggunaan Beta-Adalat

  1. Beta-Adalat disarankan untuk dikonsumsi sesuai dengan petunjuk dari dokter.
  2. Anda jangan pernah memulai atau bahkan menambah takaran dosis Beta-Adalat tanpa sebelumnya anda berkomunikasi terlebih dahulu dengan dokter anda.
  3. Beta-Adalat tidak disarankan untuk dikonsumsi kemudian anda langsung berbaring. Hal tersebut dikhawatirkan dapat menggangu kinerja dari Beta-Adalat. Sebaiknya anda duduk terlebih dahulu dalam waktu kurang lebih 10 sampai dengan 15 menit baru kemudian anda bisa berbaring.
  4. Anda sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi obat ini sementara anda masih mengkonsumsi alkohol atau juga masih merokok. Jika anda tetap melakukannya maka selain cara kerja dari Beta-Adalat akan terganggu, anda juga akan mendapatkan dampak buruk dari penggunaan Beta-Adalat yang kemungkinan besar akan lebih parah dari efek samping yang diterima oleh orang pada umumnya.
  5. Anda sangat tidak disarankan untuk menghancurkan atau bahkan melembutkan Beta-Adalat jika sebelumnya anda tidak mendapatkan persetujuan dari dokter anda. 

  6. Jika anda memiliki beberapa pertanyaan lainnya seputar cara penggunaan Beta-Adalat, anda bisa bertanya kepada dokter anda atau anda juga bisa bertanya kepada pihak apoteker agar supaya nantinya mereka akan memberikan penjelasan secara lebih lengkap mengenai cara penggunaan Beta-Adalat.

Cara penyimpanan Beta-Adalat

  1. Disarankan agar supaya Beta-Adalat disimpan pada tempat yang tidak terlalu lembab karena dikhawatirkan dapat mempengaruhi kualitas dari Beta-Adalat.
  2. Jangan pernah menaruh Beta-Adalat di tempat yang mungkin di sana bisa dijangkau oleh anak-anak atau mungkin juga hewan peliharaan anda.
  3. Jika anda menemukan atau tidak sengaja merusak kemasan Beta-Adalat, maka anda harus segera membungkusnya dengan menggunakan plastik higenis. Mengapa demikian? Hal tersebut dilakukan agr supaya Beta-Adalat tidak terkontaminasi dengan zat-zat yang berbahaya. 
  4. Anda tidak dianjurkan untuk membuang orang ini sembarangan, melainkan anda harus terlebih dahulu berkonsultasi dengan ahli kesehatan anda dan juga pihak pembuangan limbah mengenai dimana tempat yang dianjurkan untuk membuang Beta-Adalat.
  5. Yang tidak kalah penting juga adalah, anda disarankan untuk tidak menaruh Beta-Adalat bersamaan dengan obat lainnya di dalam satu wadah. Hal ini dilakukan agar supaya anda tidak kesulitan untuk mencari Beta-Adalat ketika anda tiba-tiba membutuhkannya.
  6. Selain itu, dengan tidak meletakkan Beta-Adalat bersamaan dengan obat lainnya, anda bisa menjaga Beta-Adalat tetap berkualitas karena takutnya nanti bisa bercampur dengan zat yang terdapat pada obat lainnya.
  7. Jika anda ingin mendapatkan penjelasan yang lebih lengkap dan detail lagi mengenai cara penyimpanan obat Beta-Adalat, anda bisa langsung bertanya kepada pihak apoteker maupun juga anda bisa bertanya kepada dokter anda.

Indikasi obat

Di bawah ini akan kami berikan beberapa informasi penting mengenai indikasi Beta-Adalat yang harus anda ketahui.

  • Beta-Adalat digunakan untuk membantu mengatasi gangguan hipertensi, baik yang dilakukan terapi secara tunggal maupun juga dilakukan bersamaan dengan pengobatan tekanan darah tinggi lainnya.
  • Beta-Adalat juga banyak digunakan untuk membantu mengobati penyakit jantung koroner, penyakit jantung atau penyakit kardiovaskuler, postinis angina stabil maupun yang tidak stabil.
  • Beta-Adalat juga bisa anda gunakan untuk membantu mengobati Raynaud’s syndrome. Kondisi ini merupakan sutau kondisi medis yang mana terjadinnya suatu kekejangan pada pembuluh arteri yang nantinya akan mengakibatkan berkurangnya pasokan darah. Kondisi ini biasanya akan dialami pada area sekitar tangan, dan juga bisa di alami pada jari kaki. Sementara itu, Raynaud’s syndrome juga bisa terjadi pada bagian hidung, bibir, maupun juga telinga meskipun memang kasus tersebut masih jarang ditemukan. Dampak atau akibat dari terkena penyakit ini adalah nantinya seseorang tersebut akan mengalami mati rasa, bagian yang terkena tersebut nantinya akan berubah warna menjadi putih atau juga bisa berubah warna menjadi biru.

Dosis obat Beta-Adalat

Di bawah ini akan kami jelaskan mengenai takaran dosis Beta-Adalat yang harus anda ketahui.

Efek Samping

  • Efek samping yang bisa anda terima ketika anda mengkonsumsi obat ini yaitu antara lain seperti mual, muntah, anda juga kemungkinan bisa merasakan pusing dan juga sakit kepala

  • Jika obat ini digunakan oleh seseorang yang terindikasi mengalami penyakit ginjal, maka akan menyebabkan penyakit yang dideritanya semakin parah.
  • Anda yang mengkonsumsi Beta-Adalat dalam jangka waktu yang lumayan lama maka bisa menyebabkan nantinya anda akan mengalami sembelit atau konstipasi.
  • Beta-Adalat juga akan memberikan efek samping lainnya seperti misalnya mag atau dispepsia dan juga bisa mengakibatkan anda terkena diare.
  • Jika Beta-Adalat dalam jangka waktu yang lama juga diketahui bisa menyebabkan anda akan mengalami kondisi lainnya seperti gatal, sakit tenggorokan, atau bahkan anda bisa terkena ruam pada kulit.

Mungkin masih terdapat efek samping lainnya yang belum kami sebutkan. Oleh karena itu, anda disarankan untuk bertanya kepada dokter mengenai kemungkinan efek samping yang bisa anda alami selama anda menggunakan obat Beta-Adalat. Dan juga yang tidak kalah penting bahwasanya tidak semua orang akan mengalami efek samping yang sama antara orang yang satu dengan orang lainnya karena hal tersebut dipengaruhi oleh kondisi tubuh serta sistem kekebalan pada orang tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami samapaikan. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya. Terimakasih.

, , , , , , , , , , , , , , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Merk Obat B