Vitamin E : Manfaat – Sumber Makanan – Akibat Kelebihan dan Kekurangan

Tubuh memerlukan bahan bakar untuk melakukan kinerjanya. Salah satu hal yang sangat penting bagi tubuh adalah vitamin. Vitamin yang akan dibahas kali ini adalah vitamin E. mungkin anda sudah banyak mendengar mengenai vitamin E yang bermanfaat bagi kesehatan kulit. Ada banyak asupan makanan yang mengandung vitamin E yang dapat anda dapatkan ataupun dengan mengonsumsi suplemen vitamin E untuk memenuhi kebutuhan vitamin E ini. nah dalam artikel ini akan diberikan penjelasan rinci mengenai vitamin E yang bisa menjadi panduan bagi anda.

Manfaat Vitamin E

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi vitamin E ini terutama untuk kesehatan kulit karena di dalam vitamin E terdapat zat antioksidan yang berfungsi sebagai pencegah masuknya radikal bebas ke dalam kulit dan juga membuat kolagen terbentuk kembali dengan cepat sehingga kulit menjadi lebih cerah dan tidak kusam. Namun tahukah anda bahwa manfaat vitamin E bukan hanya untuk kesehatan kulit semata namun juga bisa menjadi alternatif kesehatan untuk kesuburan pada pria.

Ada fakta yang selama ini mengganggu karena ternyata vitamin E untuk menyehatkan kulit ternyata belum bisa dipastikan benar secara medis. Hal ini tentu mungkin membuat anda kaget karena vitamin E senantiasa hadir di dalam kehidupan kosmetik dan mungkin hampir semua kosmetik mengandung vitamin E dalam komposisinya karena memang vitamin E sudah beredar jelas manfaatnya untuk kesehatan kulit. Berikut ini adalah penjelasan mengenai vitamin E yang belum terbukti baik untuk kulit.

  1. Mencegah keriput

Jika anda perhatikan mungkin saat ini dipasaran kosmetik anti aging selalu mengandung vitamin E. vitamin E ini bekerja sebagai antioksidan yang melindungi  kulit untuk selalu terjaga dari segala gejala masalah keriput. Namun sampai saat ini keefektifan suplemen vitamin E untuk melindungi kulit masih belum terbukti secara medis.

baca juga: cara mencegah dermatitis

  1. Kulit terbakar matahari

Tahukah anda bahwa dengan hanya mengonsumsi suplemen vitamin E atau mengoleskan krim vitamin E ke permukaan kulit juga tidak menjamin anda untuk terhindar dari paparan sinar matahari dari sinar UV yang mampu membakar kulit.

baca juga: makanan yang dapat menyebabkan gatal pada kulit

  1. Menyamarkan bekas luka pasca operasi

Jika anda menggunakan vitamin E untuk menghilangkan bekas luka pasca operasi maka jangan pernah berharap hal itu akan terjadi. menurut sebuah penelitian vitamin E belum terbukti efektif menyamarkan bekas luka.

baca juga: penyebab luka tidak cepat kering

  1. Eksim

Hanya mengonsumsi vitamin E saja belum terbukti mengobati penyakit gatal pada kulit atau eksim.

baca juga: cara mencegah eksim

  1. Kanker kulit

Sampai saat ini belum ada bukti bahwa vitamin E bisa menangkal dan mengobati kanker kulit atau melanoma.Beberapa penjelasan di atas pun sebenarnya berlaku mengenai manfaat vitamin E untuk menyuburkan kesuburan pria. Hal ini memang belum terbukti secara medis dan perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. Vitamin E diduga mampu meningkatkan tingkat kesuburan pria karena antioksidan di dalamnya dirasa mampu mengatasi sel sperma yang rusak karena radikal bebas.


Beberapa penelitian sudah dilakukan dan diantaranya memang menunjukkan hasil positif namun penelitian lainnya tidak menunjukkan hasil yang berarti alias nihil sehingga belum bisa ditarik kesimpulan mengenai hal ini.

Namun demikian anda tetap harus mencukupi kebutuhan vitamin E harian anda karena vitamin E bisa digunakan sebagai antioksidan yang akan membuat anda tidak mudah sakit karena bisa melawan racun yang masuk ke dalam tubuh. peristiwa terjadinya kekurangan vitamin E sebenarnya jarang terjadi. kekurangan atau defisiensi vitamin E biasanya hanya terjadi bagi mereka yang melakukan diet rendah lemak, menderita penyakit kistik fibrosis suatu penyakit yang menyerang bagian paru-paru dan pencernan yang sangat mematikan serta jika terjadi gangguan pencernaan.

Makanan yang Mengandung Vitamin E

Anda harus mencukupi kebutuhan vitamin E dengan benar sehai-hari supaya tubuh bisa bekerja lebih optimal. Mungkin anda masih bingung apakah kebutuhan vitamin E anda sudah terpenuhi atau belum. Nah, sebagai panduan yang dapat anda gunakan berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin E. vitamin E sendiri lebih banyak ditemukan di makanan nabati seperti minyak nabati, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dll. Bisa juga ditemukan di makanan hewani seperti di dalam daging unggas dan juga telur unggas.

  1. Bekatul

Bekatul atau mungkin anda lebih mengenalnya dengan istilah dedak padi bisa menjadi sumber vitamin E anda. Di dalam bekatul memang kaya akan berbagai jenis nutrisi seperti serat, mineral, pati dan juga vitamin E. bekatul ini juga bisa mengatasi menurunkan resiko terjadi penyakit beri-beri yang cukup berbahaya bagi tubuh. di dalam 118 gram bekatul setidaknya terdapat 5.8 mg vitamin E.

baca juga: cara menjaga kesehatan alat peredaran darah

  1. Dedak gandum

Dedak gandum tidak sama dengan bekatul karena berasal dari kulit gandum. Dedak gandum juga mengandung banyak vitamin E yang bisa anda dapatkan dengan mudah. Ada banyak khasiat yang akan diberikan oleh dedak gandum ini diantaranya adalah untuk mengobati penyakit wasir, meredakan sembelit, iritasi usus, peradangan usus dan lainnya. dedak gandum ini kaya akan serat, sehingga bagi anda yang sedang dalam program diet lebih baik mengonsumsi dedak gandum ini supaya pencernaan menjadi lebih lancar sehingga berat badan pun bisa dikontrol.

Untuk mengonsumsinya, anda bisa mengolahnya dengan buah, susu, keju atau cokelat. Rasanya sangat unik dan mungkin memang agak susah dikunyah namun ini akan membuat anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu dedak gandum juga sangat baik untuk mengatasi diabetes atau kadar gula darah tinggi.

baca juga: cara mencegah diabetes sejak dini

  1. Kacang almond

Jika anda mencari sumber vitamin E terbaik maka anda bisa mendapatkannya di dalam kacang almond. Di dalam 1 ons kacang almond mengandung 7.5 mg vitamin E. anda bisa mengonsumsi kacang almond langsung saat segar karena lebih banyak mengandung vitamin E dan rasanya juga enak. Untuk mendapatkan kacang almond ini juga sangat mudah karena sudah banyak dijual di pasaran namun memang harganya masih agak mahal karena kacang impor.

baca juga: kacang hijau bagi penderita kista

  1. Alpukat

buah yang memiliki kulit berwarna hijau tua ini sudah cukup populer memiliki kandungan vitamin E tinggi. di dalam satu buah alpukat sedang setidaknya mengandung 2 mg vitamin E. maka tidak heran jika banyak produk kecantikan yang menggunakan ekstrak buah alpukat ini seperti masker, body lotion, krim wajah dan lainnya. untuk menikmatinya anda bisa membuatnya sebagai jus, salad, atau campuran di dalam sandwich namun anda juga bisa memakannya langsung saat segar juga akan terasa enak. Buah alpukat ini memiliki rasa gurih, creamy dan pastinya rendah gula jadi bagi anda yang sedang menurunkan berat badan, buah ini sangat cocok bagi anda.

baca juga: khasiat biji alpukat

  1. Biji-bijian

Berbagai jenis biji-bijian juga bisa menjadi sumber vitamin E terbaik bagi anda misalnya saja seperti biji bunga matahari, biji kacang dan biji lainnya. misalnya saja di dalam setengah gelas biji bunga matahari dapat mencukup hampir 90% kebutuhan vitamin E harian anda. Jadi anda hanya perlu makan kuaci sambil nonton acara kesayangan anda di TV dan anda sudah bisa mencukupi kebutuhan vitamin E anda.

baca juga: daftar 25 buah yang mengandung vitamin E tinggi

  1. Daun lobak

Bukan hanya di dalam buah-buahan saja kita bisa menemukan vitamin E namun juga di dalam sayuran dan salah satunya adalah di dalam daun lobak. Rasa daun lobak memang agak sedikit pait namun itulah yang menjadi ciri khasnya. Di dalam daun lobak terdapat setidaknya beberapa jenis vitamin seperti vitamin K, Vitamin A, vitamin c, asam folat dan juga pastinya vitamin E. anda bisa menemukan daun lobak ini dengan mudah di pasar tradisional maupun swalayan modern.

baca juga: 30 makanan yang mengandung vitamin E dan manfaatnya

  1. Sawi

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan sayuran yang satu ini karena sangat banyak ditmukan dan mungkin menjadi salah satu jenis sayuran favorit anda. Ya, di dalam sayuran sawi terdapat kandungan vitamin E cukup tinggi yaitu di dalam semangkuk sayur sawi setidaknya terdapat 14% vitamin E dari kebutuhan harian anda. Bukan hanya vitamin E saja namun juga vitamin lainnya seperti vitamin A, K, C dan D serta asam folat juga ada di dalamnya. anda bisa memasaknya menjadi hidangan yang anda sukai atau dengan makan mentah karena juga enak.

baca juga: akibat kekurangan dan kelebihan vitamin C

  1. Minyak biji-bijian

Kalau sebelumnya sudah disebutkna biji-bijian mengandung vitamin E tinggi maka sudah pasti dengan minyak yang terjadi dari biji-bijian ini. diantara minyak dari biji-bijian yang mengandung vitamin E tinggi seperti minyak zaitun, minyak kelapa, minyak kacang, minyak biji bunga matahari dan lainnya. anda bisa menggunakan minyak tersebut untuk memasak karena juga tidak mengandung lemak jenuh sehingga tidak beresiko menimbulkan kolesterol.

baca juga: pisang

  1. Bayam

Sayuran lain yang mengandung vitamin E tinggi adalah sayur bayam. Sayur yang menjadi kesukaan dari popeye ini akan memberikan anda 20% vitamin E dari kebutuhan harian anda dengan memakan bayam sebanyak satu mangkuk saja. selain itu di dalam sayur bayam juga bisa menjadi sumber zat besi, kalsium dan asam folat terbaik. Anda bisa menjadikan bayam menjadi sayur bening atau cukup direbus saja dan menjadikannya lalapan juga akan memberikan rasa enak.

baca juga: jenis-jenis vitamin B kompleks dan manfaatnya

  1. Hazelnut

Hazelnut merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang memiliki rasa gurih dengan buah yang agak besar. Anda mungkin sudah biasa menjadikan hazelnut sebagai camilan. Jika anda beranggapan bahwa kacang membuat jerawat maka anda harus mengalah pada fakta sebenarnya bahwa hazelnut ini mengandung vitamin E tinggi yang justru bagus untuk kesehatan kulit. Di dalam satu ons kacang hazelnut bisa mencukupi kebutuhan vitamin E harian anda sebanyak 20%. Selain dari kacangnya langsung saat ini juga sudah ada susu hazelnut yang bisa anda nikmati.

baca juga: 25 daftar buah yang mengandung vitamin A tertinggi

  1. Papaya

Bukan hanya serat dan vitamin A saja yang ada di dalam papaya namun juga terdapat kandungan vitamin E lho. Di dalam buah papaya mengandung 17% kebutuhan vitamin E harian anda. Anda bisa mengonsumsinya dengan menjadikan jus, camilan, atau bisa dimakan langsung karena rasanya yang enak.

baca juga: 100 makanan yang mengandung vitamin A super tinggi

  1. Brokoli

Sayur brokoli mengandung banyak kandungan nutrisi di dalamnya yang bisa anda dapatkan dengan mudah. Di dalam satu ons brokoli bisa mencukupi kebutuhan vitamin E anda sebanyak 4%. Anda bisa mengolahnya menjadi masakan enak atau jus atau mungkin menjadikannya camilan seperti yang saat ini sedang ngehits di masyarakat?

baca juga: makanan untuk penderita darah tinggi dan asam urat

  1. Paprika

Paprika merupakan cabai yang rasanya tidak pedas dan biasanya digunakan untuk melengkapi masakan supaya mendapatkan kesan menarik karena warnanya yang sangat mentereng. Namun selain tampilannya yang menarik ternyata juga mengandung vitamin tinggi seperti vitamin A, K, C dan pastinya vitamin E.

  1. Mangga

Buah musiman yang paling dicari saat musimnya ini memang mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, vitamin C dan vitamin E serta potassium dan serat. Dalam satu buah mangga bisa mencukupi kebutuhan vitamin E sebanyak 11% dari kebutuhan vitamin harian anda.

  1. Tomat

Buah yang bulat dan berwarna orange segar ketika matang ini juga mengandung berbagai jenis vitamin seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, serat dan likopen yang juga baik untuk kulit. Tidak ketinggalan vitamin E juga ada di dalamnya oleh karena itu masker tomat menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi anda. Anda bisa memakannya langsung saat segar atau dengan mengolahnya menjadi jus atau makanan dan minuman lainnya.

baca juga: makanan yang mengandung potasium

Daftar makanan tersebut hanya beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin E. tentu saja masih banyak jenis makanan lainnya yang mengandung vitamin E dan tidak ada di daftar ini. jadi anda tidak perlu khawatir jika anda dalam sehari tidak makan salah satu dari daftar makanan di atas.

Akibat Kelebihan dan Kekurangan Vitamin E

Vitamin E tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh namun jika dikonsumsi tidak sesuai kadarnya baik itu kekurangan atau kebelbihan vtamin E. jika terjadi kekurangan dan kelebihan maka bisa menimbulkan gangguan kesehatan.  Beirkut ini adalah efek dari kekurangan dan kelebihan vitamin E yang perlu anda ketahui.

  1. Kerusakan sistem saraf dan otak

Kekurangan vitamin E dapat merusak sistem saraf dan otak karena perkembangan sel darah merah tidak maksimal sehingga terbelah menjadi dua. Hal ini sangat berbahaya karena saraf yang terserang adalah otak yang menjadi bagian penting dalam tubuh.

baca juga: jenis kelainan saraf

  1. Katarak

Vitamin E juga dibutuhkan dalam proses penglihatan. Jika terjadi kekurangan vitamin E maka lensa kontak akan tertutupi cairan dan menjadi katarak.

baca juga: katarak di usia muda

  1. Resiko bayi lahir premature

Jika anda mengalami kekurangan vitamin E maka akan mengundang resiko bayi lahir premature. Anda tentu tidak ingin hal ini trejadi bukan? Oleh karena itu jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan vitamin E anda ya.

baca juga: ciri-ciri bayi diare

  1. Gangguan kesehatan kulit

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa salah satu fungsi dari vitamin E ini adalah untuk menjaga kesehatan kulit sehingga jika kebutuhan vitamin E dalam tubuh tercukupi akan membuat gangguan pada kulit.

baca juga: makanan yang dapat menyebabkan gatal pada kulit

Beberapa jenis gangguan kesehatan akibat kekurangan vitamin E di atas harus anda hindari dengan cara memenuhi kebutuhan vitamin E anda setiap harinya.

Pentingkah mengonsumsi suplemen vitamin E ?

Vitamin E merupakan salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak dan memilki efek sebagai antioksidan sehingga kinerja tubuh menjadi optimal. Vitamin E cukup penting bagi kesehatan kulit, kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh. sumber vitamin E dapat ditemukan di berbagai jenis makanan baik nabati maupun hewani namun selain itu anda juga bisa memperolehnya dari suplemen vitamin E. suplemen vitamin E ini termsuk dalam salah satu jenis obat bebas yang bisa dikonsumsi baik oleh orang dewasa juga anak-anak.

Fungsi utama dari suplemen vitamin E ini adalah untuk mengatasi defisiensi atau kekurangan vitamin E dalam tubuh. ada beberapa indikasi jika tubuh mengalami kekurangan vitamin E diantaranya adalah gangguan pada penglihatan, kerusakan kulit dan juga gangguan pencernaan. Jika anda mengonsumsi suplemen vitamin E maka sebaiknya diperhatikan betul beberapa hal seperti berikut ini:

  • Bagi anda wanita yang sedang hamil sangat disarankan untuk tidak mengonsumsi vitamin E dalam jumlah berlebihan karena bisa menganggu kesehatan bayi terutama pada gangguan jantung. Jika ibu hamil mengonsumsi vitamin E maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan dosis yang tepat.
  • Begitu pula dengan penggunaan suplemen vitamin E pada anak-anak harus disertai dengan dosis yang tepat.
  • Bagi anda para perokok aktif, penderita gangguan mental, penyakit Alzheimer, gangguan ginjal, serangan jantung, kelainan kulit dan penggumpalan pembuluh darah juga harus hati-hati saat mengonsumsi suplemen vitamin E.  (baca juga: bahaya alzheimer)
  • Saat anda hendak melakukan prosedur pembedahan operasi maka sebaiknya hentikan penggunaan suplemen vitamin E dua minggu sebelum operasi dilakukan karena bisa membuat pendarahan menjadi lebih parah.
  • Sangat mungkin penggunaan suplemen vitamin E ini mengakibatkan alergi dan overdosis, jika anda mengalami hal tersebut segera temui dokter.

Pada umumnya dosis yang dibutuhkan oleh tubuh dari kebutuhan vitamin E ini adalah sebanyak 60 -75 IU tiap harinya. Sangat disarankan anda tidak boleh mengonsumsi lebih dari 1500 IU atau 1000 mg karena akan menyebabkan overdosis. Konsumsi suplemen vitamin E dengan benar dengan melihat kemasan dna melihat dosis yang sesuai atau anda sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai dosis yang tepat. selantjutnya anda juga harus bisa memanfaatkan penggunaan vitamin E ini dengan benar. Beberapa langkah menggunakan suplemen vitamin E dengan benar dapat dilihat sebagai berikut:

  • Disarankan untuk tidak menggunakan vitamin E dalam dosis yang berlebihan, suplemen vitamin E sangat dilarang untuk digunakan dalam dosis tinggi karena bisa membuat gangguan pada tubuh terutama bagi anda yang menderita penyakit gula atau diabetes tipe 2 serta penyakit jantung. Dosis suplemen vitamin E yang berlebihan sangat tidak baik dan bisa menjad fatal bahkan kematian pada penggunanya. (baca juga: kelainan tulang belakang)
  • Hindari penggunaan suplemen vitamin E bersama dengan multivitamin, jika anda sedang mengonsumsi suplemen vitamin E sebaiknya anda tidak mengonsumsi suplemen multivamin lainnya. hal ini disebabkan karena menurut penelitian bisa menyebabkan penyai kanker prostat. Untuk itu anda harus berhati-hati dengan dosis dan juga jangan minum multivitamin lainnya. (baca juga: akibat kelebihan multivitamin)
  • Ada beberapa orang yang tidak cocok dengan vitamin E, ada sebagian orang dengan kondisi kesehatan tertentu yang tidak bersahabat dengan vitamin E ini diantaranya adalah para penderita stroke, penyakit jantung, ibu hamil, para penderita kekurangan vitamin K, penderita kanker di kepala dan leher, gangguan pendarahan dan penggumpalan darah serta orang yang sedang dalam masa menunggu waktu operasi. (baca juga: madu untuk penderita endometriosis)

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan saat anda hendak memanfaatkan suplemen vitamin E sebagai sumber kebutuhan vitamin E harian anda. Namun penggunaan suplemen ini harus dibarengi dengan resep dari dokter secara tepat dan tidak boleh berlebihan. Sangat disarankan anda mendapatkan vitamin E langsung dari sumber makanan secara alami supaya hasilnya lebih baik dan tidak menimbulkan efek samping.

Demikian ulasan mengenai vitamin E, semoga bermanfaat bagi anda yang saat ini sedang mencari informasi mengenai vitamin E yang lengkap. Terima kasih.

, , ,
Post Date: Tuesday 24th, May 2016 / 13:09 Oleh :
Kategori : Vitamin