Home Penyakit dan Kelainankatarak Katarak di Usia Muda – Penyebab, Pencegahan dan Pengobatan

Katarak di Usia Muda – Penyebab, Pencegahan dan Pengobatan

by Gin Aini

Mata merupakan salah satu organ penting dalam tubuh yang berfungsi untuk melihat. Mengingat fungsinya yang begitu penting, maka menjaga serta merawat kesehatan mata menjadi tugas yang wajib untuk dilakukan. Sama seperti organ tubuh yang lain, mata juga bisa mengalami gangguan dan penyakit dimana salah satunya adalah penyakit katarak. (Baca juga: jenis-jenis penyakit mata)

Katarak merupakan penyakit mata ditandai dengan adanya kabut yang terletak pada lensa mata. Pada lensa mata yang normal biasanya akan terlihat lebih jernih atau transparan dan mengandung banyak air sehingga cahaya dapat menembusnya. Pada orang yang menderita katarak, lensa mata akan terlihat lebih keruh sehingga menyebabkan cahaya sulit untuk menembus ke mata. Hal ini dapat mengakibatkan indra penglihat menjadi buram.

Katarak bukan hanya disebabkan oleh proses penuaan, karena nyatanya ada juga anak muda yang terserang penyakit ini. Dahulu memang katarak banyak dialami oleh lanjut usia di atas 60 tahun, akan tetapi pola hidup dan kebiasaan yang buruk membuat anak muda juga bisa berisiko terkena katarak. Terjadinya katarak pada usia muda, banyak dipicu oleh seringnya seseorang terkena paparan sinar matahari secara langsung yang berakibat pada gangguan mata dan organ kulit. Jika kebiasaan beraktivitas di bawah sinar matahari secara terus-menerus dilakukan, lambat laun akan menyebabkan terjadinya gejala penyakit katarak dini.

Penyebab

Pada pasien katarak dengan usia yang relatif muda maka masalah penuaan bukanlah menjadi alasan utama terjangkitnya penyakit ini. Penelitian tebaru menyatakan bahwa  penggunaan smartphone, tablet, serta perangkat elektronik yang lain ternyata dapat meningkatkan risiko seseorang terkena katarak. Tidak hanya itu, ada pula penyebab katarak lainnya yang harus anda perhatikan seperti:

1. Penderita Diabetes

Seseorang yang di usia mudanya mengidap diabetes atau darah tinggi (hipertensi) memiliki risiko yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengidapnya. Dalam hal ini diabetes dan hipertensi harus segera ditangani dengan baik supaya tidak berdampak buruk pada area mata. Selain diabetes ada pula jenis penyakit lain yang dapat meningkatkan risiko seseorang dengan usia masih muda terkena diabetes yaitu mereka yang menderita kondisi gangguan kulit seperti halnya eksim.

(baca juga : penyebab diabetesbahaya diabetespenyebab darah tinggibahaya darah tinggi)

2. Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar ultraviolet dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit katarak.

3. Faktor Genetik

Faktor genetik ternyata juga dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit katarak. Sejarah keluarga yang positif sering menjadi salah satu sebab seseorang menderita katarak lebih dini pada usia muda.

4. Cedera Mata

Cedera mata atau trauma fisik juga dapat mengakibatkan katarak dini. Sebuah studi menunjukkan jika para pilot yang mengoperasikan pesawat komersial memiliki kesempatan 3 kali lipat lebih besar menderita katarak jika dibandingkan dengan mereka yang berprofesi selain pilot. Penyebab dari kondisi ini diduga oleh adanya radiasi yang berlebihan dari luar angkasa.

Gejala Karatak

Ada beberapa gejala katarak atau ciri-ciri mata katarak yang umumnya dirasakan oleh para penderita katarak namun yang paling sering terjadi adalah kesulitan mereka untuk melihat secara jelas di malam hari serta penglihatan yang kabur terutama saat berada di tempat dengan silau cahaya yang terang. Gejala lainnya adalah:

  • Seperti ada lukisan pada mata
  • Terdapatnya lapisan kuning atau bisa juga cokelat [artikel terkait: mata putih berwarna kuning]
  • Mata silau
  • Mata melihat cincin pada sumber cahaya
  • Pandangan mata kabur

Pencegahan

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah katarak sejak dini, antara lain:

  • Konsumsi buah bluberry
  • Konsumsi makanan yang banyak mengandung sulfur
  • Gunakan kacamata yang bisa disesuaikan dengan ukuran lensa mata anda
  • Pastikan semua ruangan di dalam rumah terang
  • Gunakan kacamata hitam jika keluar rumah
  • Hindari mengemudi pada siang dan malam hari dalam waktu yang lama

Pengobatan

Cara mengobati katarak biasanya akan diberikan obat-obatan yang berfungsi untuk memperlambat proses pematangan katarak. Namun pada akhirnya penderita akan dianjurkan menjalani operasi untuk bisa memulihkan kesehatan matanya. Namun bagi anda yang ingin segera sembuh dari katarak atau mungkin ingin mencegah terjadinya katarak pada mata, maka anda bisa mengonsumsi beberapa jenis buah dan sayur yang kaya akan vitamin A yang bagus bagi kesehatan mata anda.

  • Wortel. Bukan bukan hanya enak untuk dikonsumsi dengan cara diolah menjadi sayuran melainkan juga dapat pula dijadikan sebagai jus untuk diminum secara rutin. Wortel atau dalam bahasa latin dinamakan Daucus carota ini merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak sekali manfaat. Bagi anda yang ingin mencegah datangnya katarak atau mungkin menghindari gejala penyakit mata yang lain, maka dapat mengonsumsi jus wortel secara rutin setiap hari.
  • Madu murni. Madu murni juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah katarak dengan cara meneteskan beberapa tetes madu pada mata anda. [artikel terkait: cara membedakan madu asli dan palsu]
  • Adas manis. Adas manis ternyata dapat digunakan untuk membantu mengobati penyakit katarak. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengonsumsi adas manis sebanyak 6 gram pada pagi dan malam hari. Kebiasaan ini harus dilakukan secara rutin dan teratur. Untuk hasil yang lebih optimal anda bisa mencampurnya menggunakan bubuk ketumbar dengan jumlah yang sama dengan takaran adas manis anda.
  • Labu. Labu merupakan salah satu jenis tanaman serbaguna dimana buahnya dapat digunakan sebagai bahan olahan sayuran serta minuman yang menyegarkan. Selain itu, labu juga bisa digunakan sebagai salah satu bahan pembuatan kue.
  • Almond serta merica. Almond dan merica dapat digunakan untuk mengatasi katarak dengan cara menyiapkan almond sebanyak 7 buah yang kemudian dihaluskan, kemudian campur dengan merica yang sudah dihaluskan lalu larutkan ke dalam air putih.
  • Kapulaga. Kapulaga yang memiliki nama ilmiah Amomum compactum ini merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang dapat digunakan untuk mengatasi katarak. Kombinasi antara kapulaga serta susu bagus untuk menjaga mata anda supaya tetap sehat. Cara menggunakan kapulaga untuk kesehatan mata cukup mudah, yaitu dengan cara menghaluskan 2 buah kapulaga yang kemudian dituang pada segelas susu. Rebus campuran tersebut hingga mendidih dan biarkan hingga hangat. Bagi anda yang rutin mengonsumsinya maka kesehatan mata akan lebih terjaga.
  • Diet katarak. Cara melakukan diet katarak ini adalah dengan cara menyiapkan 2 hingga 3 buah bawang putih, anggur, buah jeruk, konsumsi bayam, kembang kol, lobak, kacang-kacangan, fenugreek, serta salad mentah yang dikonsumsi sebagai menu sehat harian.

You may also like