Home Featured 7 Jus Untuk Mata Buram Agar Kembali Tajam dan Sehat

7 Jus Untuk Mata Buram Agar Kembali Tajam dan Sehat

by Erlita

Mata kabur atau mata buram biasanya berkaitan dengan rabun jauh maupun dekat, astigmatisme, presbiopi atau kelainan refraksi mata lainnya. Mata iritasi dan mata kering pun dapat menjadi penyebab penglihatan menjadi buram dan kurang maksimal. Untuk mempertajam penglihatan kembali, beberapa minuman jus untuk mata buram ini bisa dimasukkan ke daftar menu diet harian lho.

  1. Jus Kiwi

Buah kiwi yang dibuat jus kaya akan lutein sehingga bila mengonsumsinya rutin dapat membantu sebagai cara menjaga kesehatan mata sekaligus mempertajamnya. Sebagai pelindung mata, tak ada salahnya mengonsumsi jus kiwi secara rutin; blender 2 buah kiwi bersama sedikit air dan tambahkan gula atau es batu sesuai keinginan.

  1. Jus Seledri

Selain kiwi, seledri adalah bahan alami yang bisa dijus untuk mengatasi masalah mata buram. Kandungan lutein di dalam seledri juga tinggi sehingga baik dalam menyehatkan mata sekaligus memberi manfaat bagi kesehatan ginjal. Bukan hanya memberi manfaat pada penglihatan yang makin agar makin tajam, minum jus seledri adalah cara detoks bagi organ ginjal lho; cukup siapkan 2 ikat seledri untuk dibersihkan lalu diblender.

  1. Jus Kale

Kale adalah jenis sayuran yang masih termasuk golongan sayuran berdaun hijau gelap yang juga sama tingginya kadar luteinnya. Kaya pula sifat antioksidan, mineral dan berbagai vitamin, mata kita akan dilindungi dari beragam kerusakan akibat radikal bebas. Untuk memperoleh hasil maksimal, kale yang dijus sebaiknya kale mentah; tapi tentunya harus sudah dicuci bersih dulu ya sebelum diblender.

  1. Jus Jeruk

Jeruk memang merupakan buah yang mengandung vitamin C tinggi, bukan vitamin A. Namun, dengan kandungan vitamin C tinggi yang ditawarkan mampu memperkuat pembuluh darah di mata dan menjaganya stabil. Meminum jus jeruk rutin juga menjadi cara menurunkan risiko kena katarak.

  1. Jus Wortel, Apel dan Bit

Kombinasi wortel, apel dan bit yang dijus bersama bisa menjadi solusi untuk mata yang buram. Ini karena beta karoten dan vitamin A di dalam wortel cukup tinggi, pada apel ada kadar tinggi akan bioflavonoid, sementara zeaxanthin dan lutein ada di dalam bit sehingga kesehatan retina dan makula terdukung baik. Siapkan masing-masing 1 buah, bersihkan, kupas dan blender bersama.

  1. Jus Lidah Buaya

Berbagai vitamin ada di dalam lidah buaya, seperti vitamin E, C, A dan B yang berfungsi melawan radikal bebas. Bahkan mineral magnesium, zinc, dan juga seleniumnya tinggi di dalamnya sehingga bila  gelnya dijadikan minuman jus, ini akan sangat bermanfaat untuk peningkatan fungsi penglihatan. 2-3 batang lidah buaya yang telah dikupas bisa diblender bersama madu 1 sendok makan bersama kurang lebih 200 ml air matang.

  1. Jus Tomat

Seperti kita tahu tomat berwarna merah, dan rupanya likopen adalah kandungan yang memberi warna tersebut. Likopen sendiri merupakan karotenoid yang berkhasiat sebagai penangkal gangguan kesehatan yang berhubungan dengan mata. Meminum jus tomat dengan memblender 1-2 buah tomat menjadi salah satu cara pula untuk mengatasi komplikasi masalah mata seperti rabun senja.

Itulah daftar jus untuk mata buram yang bisa dicoba dikonsumsi rutin. Entah itu mata buram karena penyakit tertentu, iritasi, radiasi sinar biru atau sinar matahari, maupun akibat mengucek mata terlalu sering dan keras, beberapa minuman jus sehat tersebut kiranya bermanfaat dan bisa menjadi solusi efektif.

You may also like