6 Obat Herbal Bintitan Mata Alami

1614

Obat herbal bintitan yang aman dan ampuh sejujurnya sangat mudah kita dapatkan di sekitar lingkungan kita tingal. Dan dengan cara aplikasi yang tidak begitu rumit maka seharusnya masalah mata bintitan tidaklah terlalu sulit untuk disembuhkan. Dengan itu mari langsung saja simak beberapa daftar obat herbal bintitan yang disertai dengan cara aplikasinya yang mudah berikut ini yang bisa anda jadikan opsi untuk kesembuhan sakit anda:

1. Teh celup

Cara aplikasi teh celup untuk meringankan mata yang bintitan adalah sebagai berikut ini:

  • Gunakan bekas celupan teh yang telah pernah anda seduh untuk membuat minuman teh. Yang terpenting pastikan bahwa kantong teh bekas tersebut masih layak dan utuh tidak mengalami kerusakan sehingga higienitasnya juga aman. Jangan sampai anda gunakan bekas kantong teh yang justru kotor dan jelek sehingga justru memperparah infeksi pada daerah mata anda.
  • Menggunakannya cukup mudah yakni langsung saja anda kompreskan kantong teh bekas tersebut ke area mata yang tengah terkena bintitan dan tunggu selan beberapa lama. Jangan lupa untuk mengaplikasikannya secara rutin sehingga bintitan di mata anda akan mengalami penyusutan dan kesembuhan secara signifikan.
  • Kandungan teh dipercaya sangat kaya akan antioksidan baik yang tentunya memiliki kapasitas untuk melawan ragam radikal bebas ataupun mengurangi dampak buruk mikroba yang kemungkinan menimbulkan masalah selayaknya bintitan pada sekitar area mata anda.
  • Jangan lupakan pula untuk menjaga kebersihan mata anda. Akan lebih maksimal jika sebelum dan sesudah pengaplikasian kompres bekas kantong teh anda terlebih dahulu mencuci sekitar area mata anda yang dirasa sakit.

Topik lainnya terkait teh :

2. Kunyit

Cara aplikasi kunyit untuk meredakan keluhan mata yang sedang bintitan adalah sebagai berikut:

  • Sediakan beberapa ruas kunyit secukupnya sesuai kebutuhan anda. Cuci bersih dan anda bisa mengupas bagian kulit tipis terluarnya untuk lebih menjaga higienitas.
  • Kemudian parutlah daging kunyit tersebut sampai halus dan sesuai dengan banyaknya jumlah yang anda butuhkan.
  • Jangan lupakan pula untuk mencuci lalu mengeringkan sekitaran area mata anda yang sakit sebelum dan setelah pengaplikasian tumbukan kunyit tersebut.
  • Kemudian mulailah untuk membubuhkan tumbukan kunyit pada area mata anda yang terserang bintitan. Tunggu beberapa saat. Dan gunakan secara rutin demi semakin memaksimalkan kesembuhan mata anda dari bintitan.
  • Kandungan anti bakteri serta anti radang dalam kunyit dapat mengurangu gejala bintitan utamanya yang disertai kebengkakan cukup parah.

3. Bunga

Cara aplikasi bunga untuk meredakan keluhan bintitan adalah sebagai berikut ini:

  • Cobalah untuk menemukan ragam bunga pada sekitar tempat tinggal anda. Apapun itu, bisa mawar, melati, bunga sepatu, kenanga dan seterusnya. Pilihlah bunga yang tidak kotor. Atau jika anda ragu dan ingin memastikan anda bisa mencucinya sebentar dan tunggu hingga agak mengering.
  • Kemudian mulailah untuk meremas-remas kelopak bunga tersebut sampai lumayan lembut.
  • Jangan lupakan untuk membersihkan area mata anda yang bintitan sebelum dan setelah penggunaan obat alami dari bebungaan tersebut.
  • Selanjutnya bubuhkan lumatan bunga tersebut pada area mata anda yang terkena bintitan. Tunggu sampai beberapa waktu kemudian bersihkan. Gunakan secara rutin hingga gejala bintitan yang anda keluhkan mulai mereda.
  • Kandungan pada bunga mampu meredakan bengkak yang ada. Dan tak berhenti sampai disitu racikan bunga tersebut juga ampuh sebagai pertolongan pertama untuk mengobati sakit atau gatal akibat ragam serangga.

Topik lainnya terkait tanaman bunga: Efek Samping Bunga Rosella Bahaya Bunga Dolar

4. Ketumbar

Cara aplikasi ketumbar demi meredakan gejala bintitan pada mata adalah sebagai berikut ini:

  • Mulailah untuk merebus air hingga mendidih dan tambahkan beberapa sendok ketumbar yang telah anda bersihkan sebelumnya. Aduk hingga air tersebut tercampur merata dengan ketumbar yang anda telah tambahkan.
  • Tunggu sampai air tersebut sedikit menyusut kemudian angkat dan saring hingga ketumbar dan air tersebut terpisah.
  • Sebelum dan sesudah pengaplikasian jangan lupa untuk membersihkan area mata anda yang sedang sakit. Lalu ambil kain kering bersih untuk kemudian anda gunakan mengompres secara perlahan area mata anda yang bintitan tentunya setelah mencelupkannya pada air ketumbar yang sebelumnya.
  • Rutinkan untuk melakukan kompres air ketumbar hingga gejala bintitan yang anda alami tampak semakin mereda.

5. Bawang putih

Cara aplikasi bawang putih untuk meredakan gejala mata bintitan adalah sebagai berikut ini:

  • Jangan lupa untuk membersihkan area mata anda yang sakit sebelum dan juga setelah menggunakan obat alami bawang putih berikut.
  • Sediakan bawang putih sesuai yang anda butuhkan. Kupas kulitnya dan bersihkan.
  • Kemudian haluskan atau parut daging bawang putih tersebut hingga menjadi lembut dan bisa untuk dijadikan sebagai obat oles.
  • Selanjutnya bubuhkan bawang putih yang telah lembut tersebut ke area mata anda yang sedang bintitan. Tunggu beberapa saat sebelum anda kemudian membersihkannya.
  • Lakukan secara rutin demi kesembuhan mata anda dari bintitan dengan lebih optimal.
  • Kandungan anti bakteri pada bawang putih mampu dengan efektif meredakan gejala bintitan yang sedang anda derita.

Topik lainnya terkait bawang putih: Efek Menaruh Bawang Putih di Telinga Efek Samping Bawang Putih Bahaya Bawang Putih Mentah

6. Daun jambu biji

Cara aplikasi daun jambu biji untuk meredakan gejala mata bintitan adalah sebagai berikut ini:

  • Bersihkan area mata anda yang sakit sebelum dan setelah pengaplikasian obat alami untuk bintitan dengan daun jambu biji ini. Sediakan beberapa lembar daun jambu biji yang bersih sesuai dengan yang anda perlukan.
  • Lalu tumbuknlah sampai halus daun tersebut untuk kemudian anda bubuhkan pada area mata anda yang sakit. Gunakan secara rutin demi kesembuhan yang semakin maksimal.
  • Daun jambu biji memiliki kandungan anti radang dan anti bakteri yang mampu secara ampuh untuk mengurangi keluhan mata bintitan yang tengah anda alami.

Demikianlah beberapa daftar obat herbal bintitan yang alami nan aman untuk menyembuhkan keluhan sakit mata yang sedang anda derita. Pada dasarnya mata merupakan organ yang sangat sensitif terhadap lingkungan sekitar. Pastikan anda tidak sembarangan mengucek mata dengan tangan kotor dan sebisa mungkin minimalisir mata bersinggungan dengan ragam polutan ataupun kotoran secara langsung.

Konsumsi ragam kudapan dengan kandungan yang dibutuhkan kesehatan mata layaknya sayuran wortel, tomat dan sejenisnya. Dengan mata kita bisa melihat indahnya dunia dan mengerti berbagai pemahaman akan kehidupan. Sudah selayaknya kita jaga titipan berharga yang satu ini dengan senantiasa memelihara kesehatannya secara optimal.

Topik lain terkait mata bintitan: Penyebab Bintitan Penyebab Mata Bengkak Cara Menghilankan Mata Bintitan dengan Cepat