Thursday, July 18, 2019

Mata Bintitan

Mata bintitan, apakah itu? Mata bintiitan atau dalam istilah kesehatan sering disebut dengan istilah hordeolum merupakan suatu bentuk infeksi pada bagian mata. Biasanya bagian mata yang terserang infeksi ini adalah bagian kelenjar di bagian tepi atau sisi dari kelopatk mata bagian atas. Jadi, apabila orang mengatakan jika mata bintitan karena mengintip adalah tidak benar, karena mata bintitan adalah gejala infeksi mata yang kerap terjadi pada siapa saja.

Pada dasarnya, Jenis penyakit mata yang satu ini tidaklah berbahaya, karena tidak akan menyebabkan penyakit – penyakit kronis, dan dapat sembuh dalam hitungan hari. Namun, mata bintitian kerap kali mengundang berbagai persoalan pada penderitanya. Persoalan – persoalan tersebut antara lain :

  • Rasa sakit dan perih pada kelopak mata
  • Proses mengedipkan mata yang selit
  • Efek sosial, yaitu merasa malu dan diledek karena mengalami bintiitan
  • Mata terasa tidak nyaman, seperti ada yang mengganjal

Bintititan sendiri biasanya berbentuk seperti benjolan kecil yang biasanya berwarna kemerahan, yang kadang dapat muncul secara tidak terduga sama sekali.

Gejala Mata Bintitan

Bagaimana saja gejala atau ciri – ciri dari mata yang mengalami bintiitan? Berikut ini beberapa ciri – ciri dari mata yang mengalami bintitan :

  1. Muncul benjolan kecil seperti bisul pada kelopak mata bagian atas atau bawah
  2. Mata terasa perih dan nyeri
  3. Mata terlihat bengkak
  4. Kelopak mata yang mengalami bintitan biasanya berearna kemerahan dan kebiruan

Jenis Mata Bintitan

Ternyata, mata bintitan atau hordeolum ini memiliki beberapa jenis atau bentuk, yaitu :

  1. Hordeolum Eksternum

Mata bintitan eksternaHordeolum eksternum merupakan jenis mata bintitan, dimana benjolan tersebut tumbuh pada bagian luar kelopak mata. Biasanya, bintitian eksternum ini terjadi karena masuknya kuman ke dalam kelenjar zeiss pada mata, yang masuk melalui pori – pori mata.

Ciri Ciri Mata Bintitan Eksternal

Ciri utama dari hordeolum eksternum adalah :

  • Benjolan lebih kecil
  • Benjolan terletak di luar kelopak mata
  • Benjolan terletak di sekitar bulu mata
  1. Hordeolum Internum

mata bintitan internaHordeolum Internum merupakan kebalikan dari hordeolum eksternum. Benjolan terjadi pada bagian dalam kelopak mata, yang terjadi atau menyerang kelenjar lemak pada bagian mata. Biasanya, hordeolum internum memiliki ciri utama sebagai berikut :

Ciri Ciri Mata Bintitan Internal

  • Memiliki ukuran yang lebih besar
  • Lebih tebal
  • Teletak lebih ke dalam mata
  • Memiliki rasa seperti ada yang mengganjal pada bagian mata.

Karakteristik jenis mata bintitan internal biasanya lebih mengganggu karena posisinya yang memiliki kontak langsung dengan bola mata.

  1. Hordeolum Kalazion

Mata bintitanHordeolum Kalazion merupakan jenis bintitan yang sudah mengeras, dan sudah tidak tumbuh atau aktif lagi. Belum ada penjelasan secara medis yang dengan jelas membahas tentang penyebab dari hordeolum kalazion ini, namun pengerasan benjolan tersebut dapat terjadi karena adanya penyumbatan, sehingga menimbulkan benjolan yang mengeras.

Ciri ciri

  • Biasanya warna yang ditimbulkan tidak terlalu merah.
  • Permukaan keras ketika di sentuh
  • lokasi di kelopak mata bagian atas

Penyebab Mata Bintitan

Mata bintitan memang kadang terjadi tanpa kita sadari, tau – tau ketika bangun tidur, sudah muncul benjolan mata bintititan. Namun sebenarnya, mata bintitan dapat muncul karena beberapa hal, antara lain :

  1. Mata Kelilipan

Ketika mata kelilipan polutan atau allergen tertentu biasanya kita akan berusaha untuk menguceknya. Ketika kita mengucek mata, disanalah polutan – polutan tersebut ternyata malah dapat menimbulkan infeksi pada bola mata dan infeksi pada kelopak mata kita. Infeksi pada kelopak mata tersebut dapat menimbulkan munculnya apa yang disebut dengan mata bintitan.

Maka dari itu, usahakanlah untuk :

  • Tidak mengucek mata ketika terkena debu dan polutan
  • Gunakan kacamata untuk melindungi mata dari debu dan polutan
  • Gunakan obat tetes mata untuk mengatasi rasa gatal ketika mata kelilipan.
  1. Infeksi Kuman Stafilokokus

Kuman stafilokokus merupakan salah satu jenis kuman yang terdapat pada polutan – polutan. Koman stafilokokus ini dapat measuk ke mata, dan menginfeksi bagian pangkal bulu mata, selain itu, kuman stafilokokus ini juga dapat menyebabkan infeksi pada bagian kelopak mata atas dan kelopak mata bagian atas. Inilah yang menyebabkan terjadinya bintitan atau yang hordeolum ini.

  1. Peradangan atau infeksi dari muara kelenjar pada lapisan kelopak mata

Kelenjar – kelenjar yang terdapat pada bagian kelopak mata juga dapat mengalami infeksi atau peradangan yang menyebabkan terjadinya mata bintitan. Biasnya kelenjar meibom, kelenjar zeis dan kelenjar moll adalah jenis kelenjar yang dapat terinfeksi dan mengalami peradangan, sehingga menimbulkan mata bintitan.

Cara Menghilangkan Mata Bintitan

Anda tidak perlu khawatir ketika anda mengalami mata bintitan, karena mata bintitan akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari, atau paling lama 2 mingguan. Selain itu mata bintitan tidak membutuhkan teknik pengobatan khusus, namun ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika anda mengalami mata bintitan, yaitu :

  1. Jangan pernah mengucek – ngucek mata yang mengalami bintitan ketika sedang gatal
  2. Jangan pernah menekan – nekan benjolan pada mata anda
  3. Wajib menghentikan penggunaan make up, seperti eye liner, pinsil alis, dan make up bagian mata lainnya, karena akan menambah infeksi
  4. Tutup mata saat membersihkan nanah yang keluar ketika bintitan atau benjolan tersebut pecah.

Untuk mempercepat penyebuhan dari mata bintitan, anda dapat mencoba beberapa hal di bawah ini, yaitu :

  1. Kompres mata anda dengan air hangat selama kurang lebih 10 – 15 menir setiap hari. Lakukan hal ini kurang lebih 4 – 5 kali dalam sehari
  2. Gunakan salep atau obat tetes mata pada bagian kelopak mata yang mengalami bintitan. Berikut ini jenis obat yang mungkin membantu :
    • Gentamycin
    • Neomycin
    • Polimyxin
    • Chloramphenicol
    • Dibekacin
  3. Konsumsi obat – obatan yang bersifat antibiotic ( atas dasar saran dari dokter )

Ketika gejala mata bintitan muncul lebih dari 2 minggu, maka anda harus pergi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Biasanya Dokter akan menyarankan insisi atau metode penyayatan pada bisul, sehingga gangguan tersebut dapat tuntas dan tidak akan menimbulkan bekas.

Cara Mencegah Mata Bintitan

Untuk mencegah bintitan, anda dapat melakukan beberapa cara :

  1. Gunakan pelindung mata ketika bekerja di tempat yang banyak terdapat polutan
  2. Jangan mengucek mata ketika kemasukan debu
  3. Cuci dan bersihkan tangan sebelum menyentuh bagian mata anda
  4. Jaga kesehatan mata, ada banyak cara menjaga kesehatan mata seperti menggunakan masker dan konsumsi makanan yang mengandung vitamin A.

itulah beberapa info lengkap mengenai mata bintitan. Semoga bermanfaat.

Recommended