26 Obat Mata Bintitan Alami Yang Ampuh

2052

Mata bintitan jelas mengganggu karena di bagian mata akan terasa menggangal dan sangat nyeri. Kalau bintitan tersebut berkembang menjadi pembengkakan, ini juga akan membuat penderitanya mengalami sakit kepala. Walau tergolong bukan penyakit berbahaya apalagi menular, tetap saja bintitan adalah kondisi gangguan kesehatan mata yang akan menghambat aktivitas Anda sekalian.

Selama bintitan, penderita pun dilarang menyentuh area mata, terutama untuk memencet dan mengucek supaya kondisinya tak semakin parah. Memang betul bahwa kondisi ini tak pandang bulu, tapi Anda boleh tenang karena obat mata bintitan pun juga banyak. Cara-cara penyembuhan bintitan secara alami dapat dilihat dan didapatkan melalui informasi di bawah ini.

(Baca juga: penyebab bintitan)

1. Bawang Putih

Mungkin agak mengejutkan karena bawang putih yang memiliki efek panas dan pedas justru dijadikan obat mata bintitan. Terlepas dari efek samping bawang putih yang Anda tahu, bumbu dapur satu ini penuh dengan senyawa antibakteri yang akan menyembuhkan mata bintitan dengan cepat.

  • Caranya: Cukup sediakan bawang putih sesiung saja yang bisa Anda haluskan. Anda dapat mencoba untuk memblendernya atau memarutnya. Namun cara manual yakni dengan menumbuknya juga boleh, baru setelah benar-benar halus teksturnya, bawang putih halus dapat dioles langsung ke area mata. Daerah mata yang terkena bintitan tersebut dapat sembuh secepatnya apabila Anda menggunakan ramuan ini secara rutin.

2. Teh Celup

Untuk mengobati bintitan yang mengganggu, teh celup dapat menjadi pilihan mujarab. Karena sudah banyak orang yang menderita bintitan dan sudah membuktikan keampuah bahan ini, mengapa Anda tak mencobanya?

  • Caranya: Sediakan teh celup 1 saja yang sudah Anda pakai sebelumnya untuk menyeduh teh. Tapi pastikan dulu hendaknya bahwa kantong teh celup yang Anda ambil masih bersih barulah Anda jadikan obat bintitan. Gampang saja, kantong teh celup tersebut dapat Anda kompreskan ke bagian mata yang terkena bintitan dan cara ini pun bakal membuat sakit pada bintitan berkurang. Namun dengan catatan, Anda melakukannya secara rutin dan benar-benar sampai bintitan tersebut kempes.

(Baca juga: mata juling pada manusia)

3. Air Hangat

Obat paling sederhana yang bisa Anda manfaatkan di rumah adalah air hangat. Tapi suhunya pastikan untuk lebih dari sekadar hangat yang suam kuku. Mata yang bintitan akan cepat membaik dengan bantuan obat simpel yang bisa Anda pun tak perlu mencarinya susah-susah.

  • Caranya: Siapkan dulu sebuah wadah untuk menampung air hangat, lalu pakai handuk yang bisa Anda manfaatkan untuk mengompres area mata. Atau bila Anda ingin, tambahkan saja garam secukupnya ke air hangat tersebut dan kemudian air hangat Anda manfaatkan sebagai kompresan di bagian mata yang terserang bintitan. Tahukah Anda bahwa fungsi dari air hangat di sini adalah untuk membuat kelopak mata menjadi lebih rileks? Menggunakannya sehari 3-4 kali secara rajin akan memudahkan Anda melihat hasilnya, yaitu hanya dalam 3 hari bintitan bakal memudar.

4. Kubis

Kubis selain bisa dijadikan sup atau bahan masakan lainnya, daunnya bermanfaat besar dalam menyembuhkan mata bintitan. Diketahui bahwa pembengkakan yang terjadi pada mata dapat berkurang dan mereda secara cepat dengan pengobatan alami ini.

  • Caranya: Sederhana sekali, cukup awali dengan membersihkan daun kubis yang lebar secara menyeluruh dan Anda bisa kompreskan di bagian mata selama semalaman. Lakukan tepat sebelum tidur dan Anda akan merasakan perbedaannya di keesokan harinya. Walau kemungkinan belum sembuh dalam waktu semalam, paginya Anda akan merasa lebih nyaman di daerah yang tadinya diserang bintitan tersebut.

(Baca juga: bahaya lensa kontak pada mata)

5. Kamomil

Kalau biasanya kamomil dijadikan sebagai teh untuk meredakan rasa stres dan menenangkan diri, kali ini kamomil bisa dimanfaatkan sebagai obat mata. Mata bintitan bisa disembuhkan total dengan menggunakan bahan ini asal pemakaiannya rutin.

  • Caranya: Sediakan kamomil sebanyak 25 gram, begitu juga 10 gram thyme serta 10 gram ekor kuda. Setelah semuanya siap, Anda dapat merebusnya bersama-sama seliter air. Inilah cara untuk menyeduhnya, tunggu selama beberapa menit saja. Proses penyeduhan selesai, larutan dapat Anda saring dan gunakan sebagai kompres supaya bintitan cepat kempes dan sembuh.

6. Daun Mint

Tampaknya sudah tak perlu diragukan lagi akan khasiat daun mint untuk kesehatan. Dan rupanya, daun ini juga bagus untuk dijadikan sebagai obat mata yang tengah diserang bintitan.

  • Caranya: Ambil atau sediakan daun mint segenggam dan hancurkan sampai bentuk dan teksturnya halus. Setelah dihancurkan, barulah Anda dapat terapkan ke bagian mata yang terserang bintitan, seperti mengompresnya. Tinggalkan dalam keadaan demikian selama kurang lebih 5 menit. Setelah 5 menit Anda boleh menggunakan air hangat untuk membilas mata sampai bersih.

(Baca juga: penyebab kelopak mata gatal dan bengkak)

7. Minyak Jarak

Jenis minyak ini pun bagus dalam mengobati mata yang terkena bintitan di mana minyak esensial ini juga bermanfaat dalam menyembuhkan berbagai macam jenis masalah kulit. Cara penggunaannya yang tak ribet juga bisa menjadi nilai plus bagi Anda yang ingin mengobati bintitan tanpa memakan waktu lama.

  • Caranya: Ambil minyak jarak beberapa tetes saja seperlunya yang kemudian bisa diteteskan ke bola kapas. Setelah itu, bola kapas dapat ditempelkan ke bagian mata bintitan untuk mengompresnya. Teknik ini bisa digunakan sehari 2 kali supaya penyakit bintitan dapat disembuhkan secara total dan cepat. Sensasi panas dari minyak jarak inilah yang mampu membuat pori-pori kelopak mata terbuka secara alami.

8. Daun Peterseli

Jenis daun mampu meredakan rasa sakit pada mata yang bintitan dan mampu mengempiskan pembengkakan yang terjadi. Sudah banyak yang membuktikan keefektifan dari daun ini sebagai obat bintitan, jadi tak ada salahnya Anda coba.

  • Cara 1: Sediakan secangkir air yang dalam keadaan mendidih, lalu tambahkan beberapa lembar daun peterseli. Rendamlah selama 10 menit dan kain bersih dapat Anda celupkan pada larutan ini. Setelah dicelup, lipatlah kain tersebut dan peras, lalu kompreskan langsung ke bagian mata yang terserang bintitan.
  • Cara 2: Cara lain yang bisa Anda lakukan dengan bahan ini adalah dengan merebus secara bersama-sama daun peterseli, daun akasia, serta daun bancha panggang sekitar 10 menit. Siapkan kain bersih yang bisa Anda rendam kemudian setelah ramuan matang. Rendam ke larutan tersebut dan setelah itu kompreskan ke bagian mata yang bintitan. Tapi pastikan Anda memerasnya lebih dulu agar tak basah pada area mata.

(Baca juga: penyebab mata sering berair dan belekan)

9. Teh Dandelion

Bahan alami lainnya yang bisa Anda gunakan sebagai obat mata bintitan adalah teh dandelion karena manfaatnya memang sangat besar untuk menangani sejumlah masalah kesehatan. Bahkan para penderita hordeolum juga sebaiknya meminum teh dandelion secara rutin supaya bakteri penyebab infeksi dapat dibasmi.

  • Caranya: Rebuslah dandelion di mana air rebusannya dapat dimanfaatkan sebagai air pencuci area mata yang bintitan. Tak hanya itu, bagian kantong tehnya pun juga bagus untuk mengobati bintitan dengan merendamnya lebih dulu ke dalam air hangat. Setelah Anda peras, barulah tempelkan atau kompreskan ke area mata bintitan. Melakukannya rutin akan mempercepat proses penyembuhan.

10. Cengkih

Ada banyak manfaat cengkih yang Anda bisa dapatkan, termasuk juga sebagai obat mata bintitan di mana pembengkakan serta rasa sakit dapat diredakan oleh cengkih ini.

  • Cara 1: Ambil cengkih sebanyak 2-3 buah yang kemudian bisa direndam dalam air hangat. Setelah beberapa menit, airnya inilah yang dapat Anda pakai untuk diterapkan ke area mata bintitan sambil memberikan pijatan lembut.
  • Cara 2: Alternatifnya, Anda dapat menerapkan minyak cengkih tanpa harus meramunya lagi. Terapkan ke area mata yang terinfeksi supaya rasa sakitnya cepat hilang dan bengkaknya cepat mengempis. Karena mengandung sifat antibakteri tinggi, minyak cengkih sangat mujarab dan Anda bisa membuktikannya.

(Baca juga: bahaya glaukoma)

11. Lada Bubuk Cayenne

Pasti Anda sudah tidak asing dengan bahan alami satu ini dan telah banyak pula bukti khasiat dari bahan ini untuk sejumlah masalah kesehatan.

  • Caranya: Untuk menangani mata bintitan, sediakan dulu secangkir air yang direbus dengan menambah bubuk lada cayenne secukupnya. Kain bersih juga perlu Anda sediakan untuk direndam ke dalam larutan ini, baru setelah itu Anda bisa peras dan terapkan. Penerapan bisa langsung ke area mata yang bintitan dan tunggulah hingga beberapa menit sampai ada sensasi panasnya.

12. Biji Tamarind

Supaya rasa sakit cepat reda dan akhirnya hilang, mata bintitan juga bisa diobati menggunakan biji tamarind ini. Nama lain yang lebih familiar bagi Anda untuk biji ini adalah biji asam Jawa.

  • Caranya: Silakan siapkan beberapa biji saja yang kemudian dapat direndam di air secukupnya selama 12 jam atau setengah hari. Lanjutkan dengan membuat pasta halus secara manual, yakni dengan menggosok-gosokkan biji ini ke atas batu. Atau bila Anda memiliki cara lain untuk menghaluskannya juga boleh dipraktikkan. Pasta halus sudah jadi, Anda bisa tempelkan ke bagian mata yang bintitan dan demi hasil terbaik, sehari 3 kali adalah aturan penggunaan yang dianjurkan.

(Baca juga: kelainan pada retina mata)

13. Daun Raspberry

Solusi bagi mata bintitan selanjutnya adalah dengan menggunakan daun raspberry. Bila Anda bisa dengan mudah memperoleh daun ini, sangat boleh dicoba untuk menyembuhkan mata yang tengah bintitan.

  • Cara 1: Daun raspberry yang sudah Anda hancurkan bisa ditaruh dalam air dan rebuslah sekitar 10 menit. Sesudah matang, saringlah lebih dulu sebelum digunakan untuk membilas bagian mata bintitan. Tapi Anda juga sebenarnya bisa menggunakan kantong teh raspberry bila tak dapat menemukan adanya daun raspberry; khasiat keduanya terbilang sama, jadi tak usah ragu untuk menggunakannya.
  • Cara 2: Solusi yang sama seperti di atas, tapi Anda dapat meminumnya juga. Selain dapat diterapkan langsung ke mata, mengonsumsi ramuan daun raspberry juga bisa menyembuhkan dari dalam. Untuk hasil efektif, kedua cara dapat Anda lakukan secara rutin karena kandungan taninnya bakal menurunkan tingkat peradangan pada mata.

14. Daun Akasia

Mata bintitan juga bakal secara efektif diobati dengan daun akasia dengan cara pembuatan dan penggunaan yang sederhana.

  • Caranya: Demi meredakan sakit pada mata karena bintitan, silakan rebus dulu 2 gelas air yang kemudian dapat Anda tambahkan dengan daun akasia segenggam saja. Pastikan air tersebut air mendidih dan seduhlah daun selama beberapa menit. Ambil kain bersih untuk dicelupkan ke ramuan yang sudah matang nantinya. Kain yang sudah basah ini bisa Anda kompreskan ke bagian mata bintitan sehingga iritasi dan rasa sakit dapat berkurang.

(Baca juga: jenis kelainan pada refraksi mata)

15. Lidah Buaya

Seperti yang kita ketahui, khasiat lidah buaya untuk kulit begitu besar. Rupanya lidah buaya pun mampu menyembuhkan bintitan secara alami dan sangat aman untuk diterapkan ke area mata.

  • Caranya: Seperti biasa, dari tanaman lidah buaya, selalu yang paling dibutuhkan adalah bagian gel atau lendirnya. Anda bisa menerapkan secara langsung gel lidah buaya ke area mata yang bintitan. Biarkan selama beberapa waktu sebelum bisa Anda bilas menggunakan air biasa.

16. Kunyit

Kunyit bukan hanya jenis rempah yang bisa dijadikan sebagai cara mengatasi jantung lemah saja. Karena sudah terkenal baik kandungan-kandungan di dalamnya, kunyit sangat bisa Anda andalkan dalam mengobati bintitan juga.

  • Cara 1: Awali dengan merebus air sebanyak 2 gelas yang bisa dibiarkan hingga air hanya tinggal bersisa setengahnya. Baru setelah itu masukkan bubuk kunyit 1 sendok teh ke dalamnya. Aduk hingga merata hingga solusi ini menjadi sempurna, airnya pun bisa disaring agar mendapatkan yang bening. Manfaatkan airnya sebagai obat tetes mata sebanyak 1-2 tetes saja sehari 2 kali.
  • Cara 2: Untuk alternatifnya, Anda bisa coba mengonsumsi secangkir susu yang dalam keadaan hangat yang sudah ditambahkan dengan bubuk kunyit. Pakai bubuk kunyit sebanyak 1 sendok teh saja. Bila mengonsumsi teratur, ditambah juga dengan penerapan dari luar tadi, kemungkinan untuk bertambah parah pun kecil.

17. Daun Sirih

Daun jenis ini biasanya kebanyakan dipakai sebagai obat batuk alami. Namun sebetulnya daun sirih punya manfaat besar yang bisa membantu para penderita bintitan. Mata bintitan dapat diatasi oleh daun sirih ini, tepatnya di bagian kelopak mata.

  • Caranya: Ambil 2 lembar daun sirih yang kemudian bisa Anda rebus. Air rebusan inilah yang bisa dipergunakan untuk membilas bagian mata yang terkena bintitan. Kalau biasanya kelopak mata yang terserang, bersihkan bagian tersebut dengan air rebusan ini agar bengkaknya cepat mengempis dan rasa sakit berkurang.

(Baca juga: cara mengobati mata minus)

18. Ketumbar

Ketumbar adalah bumbu dapur lainnya yang mampu menyelamatkan mata Anda dari rasa sakit akibat bintitan.

  • Cara 1: Sejumlah biji ketumbar dapat Anda siapkan dan masukkan serta rendam di dalam air. Tunggulah kurang lebih sejam sebelum kemudian Anda bisa menyaring airnya. Cobalah untuk membilas area mata bintitan dengan air ketumbar ini setiap hari. Supaya hasilnya lebih cepat, Anda bisa melakukannya sehari 3 kali dan lakukanlah secara rutin. Pembengkakan pun dapat mereda secara efektif.
  • Cara 2: Sediakan secangkir air yang bisa direbus, lalu tambahkanlah ketumbar sebanyak 1 sendok teh. Larutan dapat disaring, dan airnya bisa Anda pakai untuk mencuci atau membilas mata sehari 3 kali.

19. Bayam

Mungkin Anda sudah tahu bahaya bayam bagi penderita asam urat tinggi. Namun sebenarnya bayam memiliki sisi baik dan bermanfaat bagi tubuh, termasuk sebagai obat bagi penderita mata bintitan.

  • Caranya: Sediakan bayam segenggam dan pastikan Anda merebusnya lebih dulu sebelum akhirnya diterapkan ke bagian mata yang ingin diobati. Kompreskan pada mata bintitan yang sakit selama paling tidak 30 menit. Melakukannya sehari 3 kali akan membuat penyembuhan mata menjadi jauh lebih cepat, apalagi kalau dilakukan rutin setiap hari.

(Baca juga: bahaya sayur bayam yang dihangatkan)

20. Putih Telur

Bintitan pada mata juga dapat diobati secara efektif menggunakan putih telur. Kalau biasanya putih telur dipakai untuk merawat kulit dan bahkan menghilangkan komedo, kali ini putih telur baik untuk mata bintitan.

  • Cara 1: Pisahkan antara putih dan kuning telur, lalu putih telur dapat Anda tempatkan pada kain atau handuk bersih. Kain yang sudah diberi putih telur tersebut bisa langsung dikompreskan ke mata yang bintitan. Selama 15 menit, Anda dapat membiarkannya selama kurang lebih 15 menit. Menggunakan cara pengobatan ini tiga kali sehari akan membantu proses penyembuhan agar lebih total.
  • Cara 2: Telur rebus juga boleh digunakan sebagai obat. Caranya pun cukup sederhana, yakni menempelkannya ke daerah mata bintitan selama 10-15 menit saja. Lakukan teratur dan lihat hasilnya dalam waktu yang tak lama.

21. Air Garam

Sebagai pereda radang tenggorokan alami, air garam kerap disebut-sebut, tapi rupanya air garam pun efektif dijadikan obat bintitan. Kaya akan mineral magnesium, garam terutama garam epsom adalah yang terbaik karena mampu meredakan rasa sakit dengan menghancurkan bakteri yang menginvasi mata.

  • Caranya: Siapkan air panas secukupnya dan tambahkan garam. Solusi dapat diaduk dengan baik dan kain bersih pun dapat Anda celupkan ke dalamnya. Peras lebih dulu dan kompreskan ke bagian mata yang perlu diobati. Tunggu selama maksimal 20 menit untuk hasil terbaik.

(Baca juga: obat tradisional untuk batuk dan pilek)

22. Daun Jambu Biji

Untuk sakit bintitan mengganggu, salah satu cara mengobatinya adalah dengan menggunakan daun jambu biji. Dengan kandungan serta sifat antibakterinya serta anti inflamasi, bakteri pada mata bakal dapat dibasmi secara tuntas.

  • Caranya: Ambil beberapa lembar daun jambu biji yang kemudian bisa dicuci lebih dulu. Setelah itu tumbuklah dan bubuhkan di bagian area mata yang bintitan. Setelah beberapa menit, Anda bisa membersihkan bubuhan daun jambu biji pada mata. Melakukannya rutin tentu akan memberikan hasil memuaskan dan kesembuhan lebih cepat.

23. Minyak Kelapa

Seperti yang sudah diketahui, minyak kelapa mengandung sifat anti inflamasi di mana sifat inilah yang baik dalam menyembuhkan bintitan.

  • Caranya: Super sederhana, karena ketika Anda sudah memiliki minyak kelapa di rumah, Anda hanya perlu mengoleskannya secukupnya ke bagian yang terkena bintitan. Namun penerapan obat alami ini sebaiknya dilakukan setelah Anda mencuci wajah. Lakukan pengobatan ini secara teratur, dan dalam sehari sebaiknya oles beberapa kali. Menjaga area mata yang bintitan tetap terhidrasi dan lembab akan memberikan kesembuhan lebih cepat.

(Baca juga: cara mengatasi kulit kepala gatal)

24. Cuka Sari Apel

Tak banyak yang menyangka cuka sari apel dapat secanggih ini, bahkan bisa menyembuhkan bintitan juga. Selain menjadi penurun gejala kolesterol, mengatasi tekanan darah tinggi, dan menjadi solusi dari jenis-jenis penyakit jantung, cuka sari apel akan mampu meredakan nyeri akibat bintitan pada mata.

  • Caranya: Campurkan setengah atau satu sendok teh cuka sari apel ke dalam air secukupnya. Lalu air ramuan sederhana inilah yang dapat Anda terapkan pada mata yang bintitan untuk menurunkan rasa sakitnya. Karena mengandung sifat antiseptik dan antibakteri, bintitan bakal dengan cepat dibasmi dan disembuhkan. Gunakan setidaknya sehari 3 kali demi merasakan sendiri perbedaan dan manfaatnya.

25. Minyak Pohon Teh

Satu lagi yang ampuh untuk menyembuhkan bintitan pada mata, yakni tea tree oil atau yang bisa disebut dengan minyak pohon teh. Bersifat anti inflamasi, rupanya minyak pohon teh juga berkandungan anti bakteri dan antiseptik tinggi sehingga mampu menyembuhkan mata bintitan secara sempurna.

  • Caranya: Ambil minyak pohon teh sebanyak 1 sendok teh saja yang bisa dicampur rata dengan air 2 sendok makan. Campurkan pada sebuah wadah yang kemudian dapat Anda masukkan ke dalam lemari es untuk didinginkan. Setelah dingin, barulah terapkan ke bagian mata yang bintitan di mana efeknya memang jauh lebih baik ketimbang tanpa dimasukkan ke lemari es. Dalam sehari, Anda bisa mengulangi metode pengobatan ini 3 kali hingga rasa sakit dan bengkak memudar.

26. Kentang

Menjadi salah satu makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, kentang tak hanya bernutrisi tapi juga berkhasiat sebagai obat mata bintitan.

  • Caranya: Tak begitu sulit, cukup kompreskan sepotong kentang ke atas mata yang bintitan, atau bila Anda tak masalah, buatlah pasta dari kentang. Pasta dapat dibubuhkan lebih dulu ke atas kain bersih, barulah Anda gunakan untuk mengobati area mata bintitan.

(Baca juga: cara mengobati bintitan)

Demikianlah sejumlah rekomendasi obat mata bintitan secara alami yang pastinya Anda butuhkan ketika bintitan menyerang mata Anda. Daripada menggunakan obat kimia, Anda boleh coba cara yang lebih alami dan aman tanpa efek samping ini.