5 Bahaya Bayam untuk Penderita Asam Urat Tinggi

3091

Bolehkah Penderita Asam Urat Makan Bayam?

Asam urat atau disebut pula dengan julukan gout merupakan gangguan kesehatan yang menyebabkan timbulnya rasa sakit pada bagian persendian, terutama pada area jempol kaki. Selain memicu rasa sakit pada sendi – sendi tubuh, pada umumnya penyakit asam urat juga akan menyebabkan terjadinya pembengkakan dengan warna kulit agak memerah. Gejala asam urat tinggi ini merupakan salah satu gangguan kesehatan berupa radang sendi yang disebabkan karena adanya pengkristalan natrium urat pada sendi itu sendiri.

Jadi, bisa kita simpulkan bahwa penyakit gejala asam urat ini disebabkan karena kandungan purin yang tinggi didalam tubuh manusia. Jika anda sudah mengidap penyakit ciri-ciri asam urat, sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi bayam. Hal ini karena kandungan purin yang tinggi pada bayam. Bahkan seseorang yang tidak mengidap penyakit asam urat pun juga tetap harus memperhatikan batasan-batasan dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar purin tinggi. Hal ini guna mengantisipasi seseorang mengidap penyakit asam urat karena asupan zat purin dalam kadar tinggi didalam tubuh. (baca juga: pantangan)

Bahaya Penderita Asam Urat Makan Bayam

Mengapa sangat tidak disarankan bagi penderita asam urat untuk mengkonsumsi bayam? Sedangkan bayam merupakan salah jenis dari sayur-sayuran yang tinggi akan kandungan zat besi, vitamin C, flavonoid, dan beta karotin. Kandungan zat-zat tersebut tertentunya sangat baik bagi kesehatan tubuh. (baca juga: penyebab asam urat tinggi)

Hal yang menyebabkan bayam sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat yakni karena kandungan zat purin yang cukup tinggi. Yakni kandungan yang purin yang terdapat pada 100 g bayam dapat mencapai 57 g purin. Ini tentunya sangat berdampak tidak baik bagi kesehatan seseorang yang mempunyai riwayat penyakit asam urat. Penyakit asam urat ini bukan merupakan penyakit yang bisa dianggap remeh karena selain menimbulkan rasa sakit pada area persendian dan biasanya bahkan menyebabkan penderitanya kesulitan untuk berjalan. Bahaya lain dari penyakit asam urat yang tidak segera ditangani yakni :

  1. Tofi atau Benjolan Keras

Pada bawah kulit dapat dirasakan adanya benjolan yang keras pada area sekitar radang yang disebabkan pembengkakan asam urat. Benjolan keras ini biasanya disebut dengan Tofi dan pada umumnya akan menambah rasa sakit ketika asam urat menyerang. (baca juga: penyakit akibat benjolan di leher)

  1. Kerusakan Sendi Permanen

Apabila asam urat tidak ditangani secara benar selama bertahun-tahun maka sangat berpotensi menyebabkan kerusakan sendi permamen. Hal ini disebabkan karena adanya radang terus-menerus yang diperparah dengan munculnya tofi atau benjolan keras. Dampaknya, tulang rawan dan tulang sendi akan mengalami kerusakan. (baca juga: madu untuk penderita asam urat)

  1. Batu Ginjal

Ketika kadar purin didalam tubuh terlalu tinggi maka gejala asam urat akan jelas dirasakan. Selain memicu rasa sakit akibat adanya pembengkakan pada area sendi ternyata penyakit ini bahkan dapat memicu terjadinya pengendapan asam urat yang kemudian bercampur dengan kalsium didalam ginjal. Bercampurnya endapan – endapan pemicu asam urat dengan kalsium tersebut tentunya sangat berpotensi memicu munculnya bahaya batu ginjal. (baca juga: cara mencegah batu ginjal)

  1. Terhalangnya Proses Penyerapan Mineral

Meskipun bayam merupakan sayuran berdaun hijau yang kaya akan kandungan zat – zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti zat besi, vitamin C, flavonoid, dan beta karotin. Namun kandungan zat oxalat yang terdapat didalam bayam justru akan membawa pengaruh buruk bagi penderita batu ginjal dan batu empedu. Selain itu, kandungan zatoxalat yang terdapat di dalam bayam ini akan menyebabkan terhalangnya proses penyerapan mineral didalam tubuh manusia. (baca juga: akibat kelebihan dan kekurangan mineral)

  1. Berpotensi Terkena Penyakit Gondok

Penyakit asam urat yang tidak segera ditangani akan memicu datangnya gejala – gejal penyakit lainnya seperrti penyebab gondok. Untuk itu, bagi penderita sebaiknya tidak mengkonsumsi sayuran bayam supaya tidak mengalami komplikasi penyakit yang disebabkan masuknya kandungan zat pada bayam yang dapat memperburuk kondisi kesehatan penderita asam urat.

Selain kaya akan kandungan zat purin yang tidak baik bagi penderita asam urat, bayam ini juga merupakan sayuran berdaun hijau yang mengandung goitrogen. Dimana kandungan zat tersebut akan menyebabkan fungsi kelenjar tiroid menjadi terganggu. Seperti yang kita ketahui bahwa  hormon tiroid ini berfungsi dalam menghasilkan hormone tiroksin yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menangkal gejala penyakit gondok. (baca juga: cara mencegah gondok)

Limbah dari memecahnya zat purin yang tidak terbuang melalui ginjal akan menumpuk pada area persendian dan membentuk Kristal natrium urat. Beberapa dari Tumpukan Kristal natrium urat tersebut akan keluar dari tulang rawan sehingga membuat sinovium mengalami radang. Tentunya radang yang terjadi pada sinovium atau lapisan lembut pada sendi akan memicu rasa sakit pada persendian. Untuk itulah kita sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi beragam jenis makanan yang mengandung purin tinggi. Sebaliknya, kita justru dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang berasal dari sayur dan buah-buahan yang mempunyai kandungan potassium tinggi seperti berikut :

Untuk  mengurangi rasa sakit akibat pembengkatan ketika terserang asam urat, sebaiknya anda tidak menggunakan aspirin akan tetapi lebih baik menggunakan ibuprofen karena lebih aman. Selain itu, penderita asam urat juga harus mengkonsumsi banyak air putih dalam sehai minimal 8 gelas supaya Kristal-Kristal didalam tubuh dapat dikeluarkan dari dalam tubuh. Karena pada dasarnya pengobatan penyakit asam urat yakni meredakan rasa sakit yang disebabkan oleh munculnya gejala dan mencegah gejala tersebut terasa kembali.