Sponsors Link

100 Makanan Yang Mengandung Vitamin A Super Tinggi

Sponsors Link

Apakah Anda pernah mendengar bahwa makan banyak wortel akan membuat mata tetap sehat? Ungkapan ini sering kita dengar dari orang tua yang membujuk anak-anak agar mau makan wortel dan sayuran lain. Pada dasarnya ungkapan bahwa wortel mengandung vitamin A adalah benar.

ads

Tapi, bagaimana vitamin A bisa mempengaruhi kesehatan mata? Apa saja sumber vitamin A? Lalu, bagaimana jika tubuh mengalami kekurangan vitamin A? Dibawah ini adalah beberapa penjelasan tentang vitamin A dan sumber terbaik makanan yang mengandung vitamin A.


Apa itu vitamin a ?

 Apa itu Vitamin A?

Vitamin A adalah kelompok senyawa yang termasuk sebagai anti oksidan untuk tubuh. Senyawa anti oksidan ini menjadi kunci penting untuk kesehatan mata, mendukung sistem pertumbuhan tulang dan juga sistem kekebalan tubuh. Fungsi lain dari vitamin A adalah untuk mensuplai selaput lendir pada bagian mata, menghambat perkembangan infeksi virus dan bakteri serta mengatasi masalah penyakit pernafasan seperti asma. Jadi, vitamin A memiliki fungsi yang sangat banyak untuk tubuh, selain untuk menjaga kesehatan mata.


Jenis-Jenis Vitamin A?

Pada dasarnya sumber vitamin A dilihat berdasarkan sumber asalnya. Dua jenis vitamin A berdasarkan sumbernya adalah sebagai berikut:

1. Retinol

Retinol adalah jenis vitamin A yang didapatkan dari hewan. Bentuk vitamin ini dapat dimanfaatkan secara langsung oleh tubuh dan tidak mengalami pengolahan di dalam tubuh.

2. Karotenoid

Karotenoid adalah salah satu bentuk pro vitamin A yang diolah menjadi retinol oleh tubuh. Sumber makanan yang memiliki karotenoid adalah sayuran, buah-buahan dan beberala tanaman umbi.


Akibat Kekurangan Vitamin A

Akibat Kekurangan Vitamin A

Vitamin A menjadi satu-satunya vitamin yang bisa membentuk kesehatan mata. Akibat kekurangan vitamin A paling sering menimbulkan masalah pada kesehatan mata.  Kekurangan vitamin A dapat menimbulkan beberapa gangguan kesehatan di bawah ini.

  1. Rabun senja. Rabun senja adalah salah satu gejala umum yang paling sering ditemukan pada orang yang kekurangan vitamin A. Gejala ini dapat diobati dengan banyak mengkonsumsi vitamin A yang berasal dari hewan (retinol).
  2. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan gangguan secara langsung kepada organ dalam mata seperti kekeringan pada kornea, penglihatan kabur, dan infeksi pada kornea.
  3. Akibat paling parah dari kekurangan vitamin A adalah muncul kerusakan pada bagian retina yang sulit untuk diobati sehingga biasanya menyebabkan kebutaan.
  4. Jika tubuh tidak cukup mendapatkan vitamin A, maka tubuh tidak mempunyai sistem kekebalan terutama yang berkaitan dengan pernafasan seperti asma dan penyakit saluran pernafasan.

Jadi, manfaat vitamin A ternyata sangat penting untuk kesehatan, baik untuk kesehatan mata maupun kesehatan badan. Mengkonsumsi berbagai jenis sayuran, buah-buahan dan produk dari hewan sangat baik untuk mencukupi kebutuhan vitamin A. Dibawah ini adalah daftar makanan yang mengandung vitamin A dalam jumlah yang tinggi.


Makanana Yang Mengandung Vitamin A Dari Daging & Hewan

Makayanan yang mengandung vitamin A dari Hewan biasanya disebut dengan retinol. Ada banyak jenis daging atau produk olahan dari hewan yang mengandung vitamin A. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  1. Hati Sapi (31,718 IU / 100 gr, 634 % Akg)

Hati sapi terkadang dilihat sebagai makanan yang banyak mengandung kolesterol dan lemak. Tapi semua itu ternyata tidak benar. Hati sapi juga bisa menjadi sumber makanan yang banyak mengandung asam amino esensial. Asam amino esensial dibutuhkan oleh tubuh untuk dirubah menjadi protein yang bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, sistem kekebalan tubuh, dan menunjang sistem hormon dalam tubuh. Hati sapi juga banyak mengandung vitamin B12 yang berfungsi untuk memproduksi sel-sel darah merah. Dalam 100 gram hati sapi ditemukan vitamin A (retinol) hingga 31,718 IU atau sekitar 634 % DV.

Vitamin A yang terdapat dalam hati sapi memiliki beberapa manfaat, antara lain:

  • Untuk menunjang kesehatan organ dalam mata dan kesehatan mata secara umum.
  • Vitamin A berfungsi untuk mendukung sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.
  • Vitamin A juga bermanfaat untuk mendukung kesehatan dan fungsi organ reproduksi.
  1. Hati Ayam (13,328 IU / 100 gr, 267 %)

Hati ayam menjadi salah satu makanan yang mudah kita dapatkan. Hati ayam bisa diolah menjadi berbagai macam masakan. Selain itu ternyata dalam satu buah hati ayam ditemukan sebanyak 13,328 IU / 100 gr, 267 % dari total kebutuhan tubuh. Vitamin A yang ditemukan dalam hati ayam memiliki peran besar untuk kesehatan mata, mencegah katarak, menjaga kesehatan tubuh dan mengurangi gangguan pencernaan dan kesehatan kulit.

Selain itu hati ayam juga banyak mengandung vitamin B12 yang membantu proses produksi sel darah merah, meningkatkan energi dan mencegah munculnya penyakit gangguan memori seperti Alzheimer. Bahkan hati ayam juga mengandung asam folat atau vitamin B9 yang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin.

  1. Ikan Salmon (2500 IU / 100 gr, 40 %)

Ikan salmon adalah ikan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. ikan salmon memiliki jumlah sodium yang sangat rendah. Selain itu beberapa sumber nutrisi juga ditemukan dalam ikan salmon, seperti asam pantotenat, fosfor, riboflavin, protein, vitamin B6, niacin, vitamin B12 dan selenium.

Bahkan kandungan vitamin A dalam ikan salmon bisa mencapai 2500 IU. Konsumsi ikan salmon secara teratur akan menjaga kesehatan mata dan mencegah penyakit macula (penyakit yang menyerang mata dan menyebabkan kebutaan) dan mencegah sindrom kekeringan mata. Anda bisa mengkonsumsi ikan salmon dengan beberapa jenis olahan.

  1. Ikan Tuna (2183 IU / 100 gr, 44 %)

Ikan tuna menjadi sumber vitamin A yang cukup tinggi. Setiap 3 ons ikan tuna segar mengandung sekitar 1150 IU vitamin A atau sekitar 42 % dari total kebutuhan konsumsi harian. Ikan tuna menjadi sumber retinol yang sangat baik untuk menjaga sistem kekebatan tubuh terutama untuk kesehatan mata. Ikan tuna juga mengandung beberapa nutrisi lain yang sangat baik untuk tubuh seperti niacin, vitamin B12, vitamin D, vitamin B6, asam omega – 3 dan fosfor.

  1. Ikan Makarel (187 IU / 100 gr, 4 %)

Ikan makarel banyak diolah menjadi ikan sarden atau jenis ikan olahan yang dikemas dalam kaleng. Ikan makarel mengandung banyak sumber vitamin dan mineral. Ikan makarel mengandung protein, kalsium, selenium, kalium, dan magnesium. Selain itu ikan makarel kaya akan berbagai jenis vitamin seperti niacin, asam folat, kolin, vitamin D, vitamin K, vitamin A, dan juga vitamin B12. Kandungan vitamin A dalam ikan makarel mencapai 187 IU atau sekitar 4 % DV dari kebutuhan konsumsi harian.

Ikan makarel bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh, seperti:

  • Memperbaiki sistem otot tubuh terutama untuk menghasilkan tenaga dan energi.
  • Ikan makarel bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, sistem saraf tubuh, sistem metabolisme dan juga kesehatan jantung.
  • Vitamin A dalam ikan makarel juga sangat penting untuk membantu kesehatan retina dan mencegah kebutaan.
  1. Mentega (2499 IU / 100 gr, 50 %)

Mentega adalah salah satu jenis produk olahan susu. Mentega mengandung 39% lemak yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan nutrisi lain yang ditemukan dalam mentega adalah seperti kalsium, fosfor, dan protein. Mentega juga mengandung vitamin A sebanyak 112 % dari total kebutuhan konsumsi harian atau sekitar 5672 IU. Selain itu mentega juga mengandung beberapa sumber vitamin lain seperti vitamin C, vitamin E, vitamin D, vitamin K, thiamin, ribo flavin, niacin, folat, dan vitamin B6.

Mentega dapat dikonsumsi menjadi bahan kue, isi roti dan bumbu masak. Makan mentega dalam jumlah yang cukup akan membantu memelihara sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin A yang sangat tinggi dalam mentega bisa membantu menjaga kesehatan mata.

  1. Susu (498 IU / 100 gr, 10 %)

Apakah Anda sering minum susu? Banyak orang yang beranggapan bahwa susu hanya minuman untuk anak kecil. Namun sebenarnya susu sangat baik untuk anak – anak, orang dewasa dan juga orang tua. Kandungan retinol sebagai sumber vitamin A dalam susu mencapai 498 IU. Kandungan retinol terbanyak ditemukan pada susu rendah lemak. Jika Anda mengkonsumsi susu biasa atau susu dengan lemak tinggi maka kadar vitamin A dalam susu tersebut semakin berkurang. Retinol dalam susu dipercaya dapat mencegah kebutaan, gejala katarak dan sindrom kekeringan cairan mata.

  1. Telur (487IU / 100 gr, 10 %)

Telur menjadi makanan favorit semua orang. Telur bisa diolah menjadi berbagai macam jenis masakan dan juga memiliki harga yang terjangkau untuk semua kalangan. Meskipun telur terlihat seperti makanan yang murah, namun dalam satu butir telur memiliki berbagai macam jenis kandungan vitamin dan mineral. Beberapa jenis vitamin dalam telur adalah vitamin B5 (7%), vitamin B2 (15%), vitamin B2 (9%), folat (5%),vitamin A (6%) dan beberapa sumber mineral seperti seng, kalsium, tembaga, fosfor dan selenium. Kandungan vitamin A dalam telur bisa mencegah kebutaan dan sistem kerusakan organ pada mata. Selain itu telur juga banyak mengandung zeaxanthin dan lutein yang menjadi oksidan kuat utuk mencegah kebutaan.

  1. Keju  (1002IU / 100 gr, 20 %)

Keju adalah makanan yang dihasilkan dari olahan susu sapi. Keju menjadi jenis makanan yang disukai semua orang. Selain itu konsumsi keju yang sering dicampur dengan jenis makanan lain juga akan menambah kenikmatan rasa. Dalam 4 ons keju bisa ditemukan sekitar  560 IU. Keju menjadi sumber retinol yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.  keju juga bisa melindungi kesehatan gigi dan mencegah tekanan darah tinggi.

  1. Yogurt

Yogurt adalah salah satu jenis makanan yang diolah dari susu. Pembuatan yogurt dibantu oleh bakteri fermentasi yang bernama laktosa. Bakteri yang baik ini akan mengubah susu menjadi yogurt dengan tekstur yang lembut dan nyaman untuk perut. Rasa yogurt dapat dibuat menjadi beberapa variasi seperti rasa buah-buahan atau sayur. Dalam satu cup kecil yogurt ternyata ditemukan vitamin A hingga 16.7 mcg. Selain itu yogurt juga memiliki beberapa kandungan nutrisi lain seperti protein, karbohidrat, lemak, dan serat. Bahkan yogurt juga mengandung sumber mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, selenium, fosfor, potasium dan seng. Mengkonsumsi satu cup yogurt sehari sudah mampu mencukupi kebutuhan vitamin A harian, sehingga tubuh Anda menjadi lebih sehat dan mata yang cerah.

Makanana Yang Mengandung Vitamin A dari Buah dan Sayur

Vitamin A dari buah dan sayur dikenal dengan sebuatan Karotenoid, ada banyak sayuran dan buah buahan yang mengandung vitamin A.

  1. Ubi Jalar (19218 IU/ 100gr, 760 % Dv)

Ubi jalar adalah tanaman umbi-umbian yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Ubi kuning adalah jenis ubi jalar yang banyak mengandung vitamin A. Dalam 100 gram ubi jalar ditemukan sekitar  19218 IU vitamin A atau sekitar 760 % DV dari kebutuhan konsumsi harian. Vitamin A dalam ubi jalar akan semakin tinggi bila ubi direbus atau di bakar. Keuntungan mengkonsumsi ubi jalar antara lain adalah:

  • Kandungan vitamin A dalam ubi jalar dapat mencegah berbagai gangguan penyakit mata, membentuk sistem kekebalan dalam tubuh, mencegah efek penuaan dan mencegah perkembangan sel kanker.
  • Kandungan vitamin B6 dalam ubi jalar dapat mencegah penyakit jantung
  • Vitamin C dalam ubi jalar dapat menangkal semua infeksi virus, memperkuat tulang dan gigi serta membantu pembentukan sel darah merah.
  • Vitamin D yang ditemukan dalam ubi jalar bisa membentuk sistem kekebalan tubuh secara efektif.
  1. Labu (19.060 IU atau sekitar 820% DV)

Labu bisa ditemukan pada musim-musim tertentu. Buah labu berbentu bulat dengan warna daging oranye. Anda bisa mengolah labu menjadi agar-agar, kue, kolak, atau masakan lain. Rasa alami pada labu adalah manis dan memiliki sifat mengenyangkan. Dalam 50 gram potongan labu yang sudah dimasak ditemukan kandungan vitamin A sebesar 19.060 IU atau sekitar 820% DV untuk kebutuhan wanita. Jumlah ini sangat besar dan bisa menjadi salah satu sumber vitamin A yang murah dan mudah didapatkan. Sementara itu mengkonsumsi labu juga akan bermanfaat untuk kesehatan, antara lain adalah:

  • Kandungan serat larut dan padat dalam buah labu bisa membuat perut menjadi cepat kenyang. Serat ini juga sangat baik untuk membantu proses pencernaan sehingga sesuai untuk program diet.
  • Kandungan vitamin A dalam buah labu bisa mencegah masalah rabun atau penglihatan kabur, mendukung fungsi retina dan mencegah berbagai penyakit mata yang menyebabkan kebutaan.
  • Konsumsi labu secara teratur dapat mencegah masalah penyakit jantung dan darah tinggi karena mengandung pitoestrogen.
  1. Wortel (16,705 IU / 100 gr, 334% DV)

makanan yang mengandung vitamin aWortel adalah sayur untuk semua umur, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Wortel memiliki rasa yang segar dan bisa diolah menjadi beberapa jenis makanan seperti salad, sup, nugget dan olahan lain. Rasa manis dan renyah pada wortel membuat sayuran ini sangat lezat untuk dimakan.

Selain itu dalam 100 gram wortel ditemukan sekitar 16,705 IU atau sekitar 334% DV dari total kebutuhan untuk wanita dan pria. Jumlah kandungan vitamin ini sangat tinggi dan menguntungkan untuk kesehatan tubuh. Kandungan vitamin A dalam wortel bisa tetap didapatkan baik dalam bentuk jus wortel maupun sudah dimasak.

Mengkonsumsi wortel memiliki beberapa keuntungan untuk kesehatan, antara lain:

  • Wortel mempunyai kandungan beta karoten yang sangat tinggi dan prosesnya bisa dirubah menjadi retinol. Sehingga wortel sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, mencegah gangguan terhadap retina, dan mencegah katarak pada usia lanjut.
  • Wortel memiliki kandungan falkarinol (zat pestisida alami yang ditemukan dalam wortel) dan falcarindiol yang dapat menjadi zat anti kanker dalam tubuh.
  • Kandungan beta karoten dalam wortel juga bisa mencegah berbagai macam gejala penuaan pada kulit. Beta karoten bisa menjadi anti oksidan yang bisa mencegah kerusakan sel-sel sehat.
  • Kandungan vitamin A yang cukup tinggi dalam wortel juga berperan untuk mencegah kerusakan kulit, rambut dan kuku. Bahkan wortel juga bisa mencegah masalah kecantikan kulit seperti pigmen tidak rata, kulit kering, dan jerawat.
  1. Bayam (11.450 IU/ 100 gr, 200% )

Sayur bayam adalah makanan favorit semua orang bahkan anak-anak sangat menyukai sayur bayam. Anda bisa mengolah sayur hijau ini menjadi sup atau tumis. Kebiasaan membuat sup bayam dan wortel menjadi salah satu sumber makanan yang sangat sehat untuk tubuh. Harga sayuran bayam juga sangat murah sehingga terjangkau untuk semua orang. Tapi khasiat bayam ternyata sangat tinggi, dalam 100 gram sayur bayam yang sudah dimasak bisa memiliki kandungan vitamin A hingga 11.450 IU. Ini adalah jumlah vitamin A yang cukup untuk orang dewasa termasuk pria dan wanita. Selain itu bayam juga mengandung beberapa manfaat yang sangat penting untuk kesehatan. berikut ini beberapa manfaat bayam untuk kesehatan.

  • Vitamin A dalam sayur bayam sangat efektif untuk mencegah masalah penuaan dini, masalah kulit kering dan juga kulit yang terlalu banyak dibawah sinar matahari.
  • Bayam bisa mengatasi berbagai masalah pencenaan seperti sembelit, masalah lambung dan mencegah bisul.
  1. Sawi

Sawi adalah jenis sayuran hijau yang mudah kita temukan. Sawi termasuk dalam kelompok tanaman kubis atau sayur persilangan. Sawi ditemukan dengan beberapa jenis dan bentuk yang berbeda. Di Indonesia sayur sawi disebut berdasarkan warna seperti sawi hijau, chaisin, atau sawi putih. Semua jenis sawi mengandung vitamian A hingga 9.760 per 50 gram. Kandungan vitamin A dalam sawi semakin tinggi bila telah direbus atau dimasak paling tidak sekitar 5 menit. Manfaat sawi untuk kesehatan ternyata juga sangat besar, berikut ini beberapa manfaat yang perlu anda ketahui:

  • Kandungan vitamin dalam sawi yang paling tinggi adalah vitamin A, vitamin K, dan vitamin C. Semua jenis vitamin ini sangat baik untuk memelihara kesehatan mata, sumber anti oksidan untuk mencegah kanker dan juga nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit.
  • Sawi mengandung nutrisi berupa sulfur yang sangat baik untuk melakukan proses detoksifikasi atau mengeluarkan racun secara alami dari dalam tubuh.
  • Sawi membantu tubuh untuk mengolah kadar kolesterol buruk, memperlancar sistem metabolisme dan memelihara kesehatan jantung.
  • Kandungan vitamin K dalam sawi juga berperan untuk mencegah peradangan yang terjadi pada tulang dan jantung.
ads
  1. Kale

Kale atau sering disebut dengan kailan adalah salah satu jenis sayuran yang banyak digemari oleh orang dewasa dan lanjut usia. Sayuran ini memang belum banyak dikenal di masyarakat umum dan biasanya banyak ditemukan di supermarket. Sayuran ini memiliki bentuk memanjang dengan batang seperti sawi hijau namun memiliki daun yang keriting dan tebal. Kale memiliki jumlah kandungan vitamin A 9500 IU dalam setiap 100 gram penyajian. Jumlah vitamin A yang sangat tinggi membuat sayur kailan menjadi favorit di beberapa negara Asia Timur. Manfaat sayuran kale atau kailan adalah sebagai berikut:

  • Kale sangat dianjurkan untuk orang yang sedang diet. Kale memiliki kandungan kalori yang sangat rendah, tidak ada lemak dan serat yang sangat tinggi. Hal ini membuat kale menjadi makanan yang bisa memperlancar saluran pencernaan.
  • Vitamin A yang sangat tinggi dalam sayur kale juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.
  • Kale memiliki zat besi yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk pembentukan sel darah merah, menjaga kesehatan organ hati dan mendukung pertumbuhan sel sehat.
  • Kandungan vitamin K dalam sayur kale bisa bermanfaat untuk mencegah munculnya sel kanker dan masalah penyakit gangguan memori seperti Alzheimer.
  • Vitamin C dalam sayur kale juga bermanfaat untuk mencegah peradangan dan mendukung sistem kekebalan tubuh.
  1. Lobak Hijau

Apakah Anda pernah mencoba makan sayuran lobak hijau? sayuran lobak hijau memiliki bentuk umbi pada bagian akar dan sayuran seperti sawi hijau pada daun. Penduduk di kawasan Asia Timur paling sering mengkonsumsi lobak hijau, bahkan sayuran ini menjadi menu wajib bagi penduduk di Jepang. Dalam 100 gram sayuran lobak hijau ditemukan kandungan vitamin A sebesar 8820 IU. Ini adalah jumlah yang sangat besar untuk sayuran. Bagian sayur yang bisa dimasak adalah daun dan ubi. Anda bisa membuat sajian sesuai dengan selera. Manfaat sayuran lobak hijau untuk kesehatan antara lain adalah:

  • Kandungan vitamin A dalam sayur lobak hijau dipercaya bisa menambah kelembapan alami kulit dan rambut. Selain itu sayur lobak hijau juga bermanfaat untuk menyuburkan rambut.
  • Vitamin C dalam lobak hijau yang diolah dengan cara direbus bisa meningkatkan produksi kolagen sehingga bisa membentuk kulit yang halus dan lembut.
  • Lobak hijau bermanfaat untuk membantu penyerapan zat besi sehingga mencegah anemia dan mendorong produksi sel darah merah.
  • Lobak hijau juga membantu penyerapan kalsium sehingga membuat tulang menjadi lebih sehat dan kuat.
  1. Cabai

Apakah Anda suka makanan pedas? Indonesia terkenal dengan masakan yang memiliki cita rasa pedas. Pemakaian cabai dalam beberapa jenis masakan membuat rasanya semakin nikmat. Selain itu, ternyata cabai juga memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Dalam per 50 gram cabai ditemukan sekitar 3700 IU vitamin A, terutama untuk cabai merah kecil maupun besar. Jadi, mengkonsumsi cabai ternyata sangat menyehatkan. Berikut ini adalah beberapa manfaat cabai untuk kesehatan.

  • Kandungan vitamin A dalam cabai merah mampu membantu penglihatan agar menjadi lebih jelas, terutama untuk orang yang menderita rabun senja.
  • Vitamin C dalam cabai merah dapat membantu tubuh dalam menyerap zat besi dan juga mencegah serangan radikal bebas.
  • Vitamin B6 dan magnesium dalam cabai membantu semua gejala tidak nyaman saat periode PMS.
  • Kandungan vitamin A, vitamin C dan zat licopen dalam cabai bisa mencegah kanker terutama kanker paru-paru.
  1. Melon

Melon adalah buah yang memiliki rasa manis dan menyegarkan. Musim melon di Indonesia biasanya terjadi saat musim kemarau sehingga sesuai untuk menyegaran badan. Namun selain melon menjadi buah yang menyegarkan dan manis ternyata juga sangat baik untuk kesehatan. dalam 100 gram buah melon ditemukan kadar vitamin A hingga 5400 IU. Selain itu melon juga kaya akan nutrisi lain yang penting untuk kesehatan tubuh.

Khasiat buah melon antara lain adalah:

  • Kandungan zeaxanthin dalam buah melon bisa mencegah masalah penurunan fungsi mata.
  • Vitamin A dalam buah melon bisa mencegah masalah kebutaan, rabun dan menangkal kerusakan organ mata seperti retina.
  • Nutris vitamin A dalam buah melon juga bisa mendukung nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut sehingga rambut menjadi lebih sehat.
  • Kandungan beta karoten dalam buah melon bisa mencegah berbagai masalah gangguan pernafasan seperti asma.
  • Melon mengandung tinggi serat sehingga bisa membantu masalah pencernaan.

Melon adalah jenis buah yang mengandung vitamin A sangat tinggi sekali.

  1. Selada

Selada adalah salah satu anggota sayur persilangan atau kubis-kubisan. Selada memiliki rasa yang menyegarkan dan biasanya dikonsumsi sebagai lalapan. Sayuran yang bisa tumbuh di daerah bersuhu rendah ini ternyata memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Dalam setiap 100 gram daun selada mengandung sekitar 4100 IU vitamin A. selain itu selada juga memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan, antara lain:

  • Selada memiliki kalori yang sangat rendah sehingga sesuai untuk program diet dan pembakaran lemak. Selain itu kandungn selulosa dalam daun selada bisa meningkatkan fungsi pencernaan.
  • Kandungan vitamin A dalam selada bisa membuat mata menjadi lebih sehat dan mencegah kerusakan retina terutama untuk orang tua.
  • Kandungan vitamin C dan zat beta karoten dalam seladan bisa berfungsi untuk mencegah pembentukan plak pada arteri sehingga sangat baik untuk mencegah jantung.
  • Selada bisa membuat tidur dan istirahat menjadi lebih santai karena pengaruh dari zat lactucarium.
  1. Kacang Kapri

Kacang kapri atau kacang polong adalah jenis kacang yang banyak mengandung nutrisi. Kacang ini bisa diolah menjadi campuran sup atau beberapa jenis sayur. Dan cemilan kacang kapri atau kacang polong biasanya dikeringkan dan ditambah dengan garam. Rasa kacang yang gurih dan renyah membuat semua orang suka dengan kacang polong. Kandungan vitamin A yang ditemukan dalam 100 gram kacang hijau mencapai 3300 IU. Kacang hijau memiliki kandungan lemak yang rendah, namun banyak mengandung protein dan serat. Berikut ini adalah beberapa manfaat mengkonsumsi kacang hijau.

  • Kacang hijau memiliki kandungan zat anti inflamasi yang sangat tinggi. Zat ini bisa mencegah berbagai macam penyakit atau gangguan peradangan seperti penyakit jantung dan osteoporosis.
  • Kandungan serat dalam kacang polong sangat bermanfaat untuk masalah pencernaan dan mengatasi gangguan metabolisme.
  • Vitamin A dalam kacang polong bisa membantu tubuh dalam memelihara kesehatan mata, mencegah gangguan katarak dan berbagai gangguan penyakit mata lain.
  1. Aprikot

Aprikot adalah buah dengan warna oranye yang memiliki rasa manis menyegarkan. Buah ini biasanya disajikan sebagai buah kering dan menjadi salah produk impor. Buah ini memiliki kandungan zat anti oksidan tinggi dan bisa mensuplai energi untuk tubuh. Kandungan vitamin A dalam 100 gram buah aprikot kering mencapai 94 % dari nilai kandungan vitamin A yang disarankan untuk orang dewasa. Selain itu apricot kering juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan seperti:

  • Vitamin A dalam buah aprikot sangat baik untuk memelihara kesehatan mata, mencegah berbagai macam infeksi kuman dan bakteri, menguatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit, gigi dan rambut serta menjaga kesehatan reproduksi.
  • Kandungan kalium dalam buah aprikot bisa menjaga jumlah cairan dalam tubuh, menjaga kesehatan dan fungsi otot, serta memelihara detak jantung. Kalium juga sangat penting untuk mencegah serangan jantung dan stroke.
  • Kandungan serat yang larut dalam air berkhasiat untuk mengatur kadar kolesterol dalam darah.
Sponsors Link

  1. Brokoli

Brokoli adalah jenis sayuran hijau yang masuk dalam sayur persilangan. Sayur brokoli bisa diolah menjadi campuran sup atau beberapa jenis masakan lain. Warna hijau dalam sayur brokoli akan sangat menyegarkan. Sayuran ini juga memiliki rasa manis dan renyah. Kandungan vitamin A dalam 50 gram brokoli adalah sekitar 1200 IU. Meskipun kandungan vitamin A ini tidak terlalu besar, namun bisa membantu kebutuhan vitamin A harian untuk semua usia. Selain itu brokoli juga mengandung beberapa manfaat untuk kesehatan seperti:

  • Vitamin A dalam brokoli memiliki peran untuk membantu memelihara kesehatan mata, organ reproduksi dan juga kesehatan kulit.
  • Kandungan glukoraphanin dalam brokoli bisa menjadi zat anti kanker dan memelihara fungsi hati.
  • Brokoli memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga bisa membantu pencernaan dan mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.
  • Kandungan kaempferol dan isotonik dalam brokoli juga penting untuk mencegah berbagai penyakit peradangan dan mengurangi potensi beberapa jenis alergi.
  • Kandungan vitamin K dan kalsium dalam brokoli membantu tubuh dalam mencegah penyakit tulang.
  1. Paprika Merah

Paprika adalah salah satu jenis sayur yang memiliki bentuk seperti tomat. Ada dua jenis paprika yang bisa kita temukan, paprika hijau dan merah. Paprika pada dasarnya memiliki rasa pedas seperti cabai, sehingga paprika bisa menjadi pengganti cabai. Paprika merah memiliki beberapa kandungan zat yang kaya dengan anti oksidan tinggi, vitamin A (1 paprika berukuran sedang bisa memiliki kandungan vitamin A sebesar 3700 IU).

Selain itu paprika juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan seperti:

  • Vitamin A dalam paprika merah bisa membantu tubuh untuk membentuk sistem kekebalan, memelihara kelembapan alami kulit, melindungi retina mata dari kerusakan dan menjaga kesehatan reproduksi.
  • Kandungan vitamin K dalam paprika merah juga sangat penting untuk membantu proses pembekuan darah.
  • Kandungan licopene dalam paprika merah berperan untuk melawan serangan radikal bebas sehingga penting untuk mencegah kanker.

Paprika juga merupakan salah satu makanan penurun kolesterol dalam tubuh agar stabil.

  1. Mangga

Mangga adalah buah kesukaan semua orang. Buah ini memiliki rasa yang manis dengan daging yang lembut dan juga kandungan air yang cukup. Mangga mudah didapatkan dan biasanya hanya ditemukan pada musim tertentu. Selain lezat dan manis, buah mangga juga bisa menyediakan kebutuhan vitamin A sebesar 35 %. Kandungan vitamin, mineral dan nutrisi dalam buah mangga juga sangat penting untuk kesehatan, seperti:

  • Kandungan vitamin A dalam buah mangga membantu pemeliharaan kesehatan mata, mengurangi resiko penyakit kekeringan cairan pada retina dan rabun senja.
  • Mangga kaya akan senyawa anti oksidan (isoquercitrin, astragalin, asam galat, dan quercetin) sehingga sangat penting untuk mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker prostat, payudara dan leukemia.
  • Kadar vitamin C dalam mangga bisa membantu program penuruan berat badan dengan menurunkan kadar kolesterol LDL.
  1. Kemangi

Kemangi adalah salah satu jenis sayuran yang biasanya menjadi pelengkap atau lalapan. Kemangi memiliki aroma yang khas dan rasa getar serta pedas. Meskipun sayuran ini sering dianggap remeh ternyata kemangi memiliki kandungan vitamin A hingga 15 % dari konsumsi harian yang disarankan. Konsumsi kemangi kering lebih baik disarankan daripada kemangi mentah. Berikut ini adalah beberapa manfaat kemangi untuk kesehatan.

  • Kemangi memiliki kandungan fito nutrisi, vicenin, dan orientin yang berfungai untuk mencegah kerusakan sel kromosom akibat radiasi atau kekurangan oksigen dalam tubuh.
  • Kandungan minyak atsiri dalam daun kemangi bisa mencegah perkembangan berbagai jenis bakteri.
  • Kandungan beta karoten dalam kemangi meningkatkan kualitas penglihatan.
  • Nutrisi magnesium mampu memberikan perlindungan terhadap kerusakan sel.
  1. Tomat

Tomat adalah buah yang mudah kita temukan dan bisa tumbuh sepanjang musim. Warna tomat yang merah dan kandungan air yang cukup tinggi membuat semua orang menyukai tomat. Pemakaian tomat bisa digunakan sebagai bumbu masakan, buah, jus atau campuran salad. Tomat memiliki kandungan kalori yang sangat rendah, tapi kaya akan mineral dan vitamin. Bahkan dalam 1 buah tomat yang berukuran sedang ditemukan sekitar 1020 IU vitamin A.  Jadi, tomat mungil bisa memberikan manfaat kesehatan yang sangat besar, antara lain:

  • Kandungan licopene dalam tomat membantu tubuh dalam memelihara kesehatan kulit dan rambut.
  • Tomat yang dimasak dalam sup bisa meningkatkan kandungan licopene yang berpedan untuk melawan radikal bebas dan mencegah pertumbuhan sel kanker.
  • Vitamin A dalam tomat bisa membantu kesehatan mata, mencegah masalah rabun senja dan mengurangi potensi katarak saat usia lanjut.
  • Vitamin K dalam tomat dipercaya bisa membantu pemeliharaan kesehatan tulang.
  • Kandungan asam klorogenik dan coumaric dalam tomat bisa melindungi perkembangan sel kanker pada perokok dan pecandu alkohol.
  1. Persik

Buah persik mungkin buah yang kurang terkenal di Indonesia. Buah yang memiliki bentuk seperti buah apel dengan karakter yang manis, renyah dan memiliki kandungan air yang cukup. Dalam buah persik ditemukan beberapa jenis nutrisi dan mineral seperti vitamin C, kalsium, magnesium, zat besi, fosfor dan kalium. Selain itu buah persih juga banyak memiliki kandungan vitamin A (dalam 1 buah berukuran sedang bisa memiliki kandungan vitamin A sebesar 490 IU). Manfaat buah persik untuk kesehatan antara lain adalah:

  • Buah persik memiliki efek mengenyangkan sehingga sangat sesuai untuk orang yang sedang diet.
  • Kandungan vitamin A dalam buah persik membantu mencegah berbagai jenis gangguan kesehatan mata seperti rabun atau gejala katarak.
  • Kandungan vitamin C dalam buah persik membantu perawatan kulit dan regenerasi jaringan kulit.
  • Buah persik juga bisa memberikan efek yang menenangkan.
  1. Pepaya

Pepaya menjadi buah yang sangat banyak digemari di Indonesia. Buah ini tumbuh subur di negara tropis. Buah pepaya memiliki daging buah yang sangat lunak, manis dan menyegarkan. Selain itu buah pepaya dipercaya karena memiliki kandungan mineral, zat anti oksidan, vitamin dan sumber enzim. Bahkan pepaya juga bisa menjadi sumber vitamin A hingga 1554 IU. Konsumsi buah pepaya secara rutin dapat meningkatkan kesehatan , dan beberapa manfaat lain seperti:

  • Kandungan vitamin C, serat dan zat anti oksidan dalam buah pepaya sangat ampuh untuk melawan seranga radikal bebas, mencegah timbunan plak dalam arteri, dan mencegah penyakit jantung.
  • Pepaya memiliki kandungan kalori yang rendah dan memberi efek mengenyangkan sehingga sangat baik untuk program diet sehat.
  • Kandungan flavonoid dan vitamin A (beta karoten, lutein dan zeaxanthin) sangat penting untuk menjaga kesehatan selaput lendir pada mata, melindungi dari penyakit makula dan perlindungan untuk beberapa masalah kesehatan mata (rabun).
  • Kandungan vitamin C dalam pepaya juga sangat penting untuk memelihara kekebalan tubuh dan mencegah infeksi bakteri maupun kuman.
  1. Oatmeal

Oatmeal adalah salah satu jenis makanan yang dihasilkan dari biji gandum. Oatmeal banyak digunakan sebagai makanan pengganti nasi bagi orang usia lanjut. Tapi, oatmeal juga memiliki kandungan nutrisi, vitamin dan mineral. Dalam secangkir oatmeal ditemukan sekitar 1450 IU vitamin A. Oatmeal bisa dikonsumsi rutin sebagai menu sarapan. Selain mengenyangkan, oatmeal juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan seperti:

  • Kandungan serat dalam oatmeal bisa membantu tubuh memelihara organ pencernaan, meningkatkan konsumsi protein dan bisa membuat perut merasa lebih kenyang.
  • Kandungan vitamin A dalam oatmeal juga membantu memelihara kesehatan mata dan mencegah masalah katarak pada orang usia lanjut.
  • Oatmeal juga mencegah penyakit jantung, memelihara kesehatan jantung dan menurunkan kadar LDL dalam darah.

Berbagai jenis sumber vitamin A untuk tubuh bisa mudah ditemukan. Asupan vitamin A alami yang berasal dari alam mudah diserap oleh tubuh, dibandingan dengan jenis vitamin A buatan. Pastikan Anda selalu memasukkan beberapa jenis sayur, buah dan sumber dari hewan sebagai asupan vitamin A untuk tubuh.

Sumber Vitamin Lainnya :

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 03rd, March 2015 / 08:02 Oleh :
Kategori : Panduan Gizi