24 Cara Mengobati Katarak Secara Alami

Katarak adalah kondisi yang paling sering dialami oleh orang lanjut usia. Katarak bisa menyebabkan kebutaan dan cacat penglihatan secara permanen. Penyakit ini akan menyebabkan lensa mata mengalami kekeruhan. Lensa mata yang terletak di bagian belakang iris dan pupil mata memang memiliki fungsi yang sangat penting. Jika lensa mata Anda mengalami kekeruhan maka pandangan mata memang tidak bisa terpantul dengan baik. Penyakit ini paling sering menyerang orang yang sudah berusia lebih dari 40 tahun.

Ketika awal katarak terjadi maka lensa mata hanya terpengaruh sedikit dan biasanya tidak dirasakan oleh penderita. Lukisan seperti kaca, terang dan bercahaya menjadi gejala katarak yang paling sering. Ketika melihat cahaya maka mata akan menerima sinar yang terlihat lebih terang dari cahaya itu sendiri. Katarak bisa diobati sesuai dengan tahap katarak yang terjadi. Berikut ini beberapa solusi untuk mengobati katarak.

1. Operasi Katarak

Ketika katarak sudah menjadi sangat parah dan terus memburuk dari waktu ke waktu maka tindakan operasi katarak harus dilakukan. Tindakan operasi akan dilakukan oleh dokter spesialis mata . Operasi katarak biasanya bisa mengembalikan penglihatan hingga benar-benar pulih. Operasi dilakukan untuk menghilangkan lapisan kabut pada bagian lensa mata. Selama prosedur operasi bius akan diberikan sehingga pasien bisa merasa nyaman dan tidak akan terasa sakit sama sekali. Prosedur ini juga hanya memerlukan rawat jalan sehingga pasien tidak perlu menginap di rumah sakit. Tindakan operasi katarak juga sering dilakukan dalam kegiatan massal dan tanpa biaya.

2. Menggunakan Kacamata

Pada awal gejala katarak biasanya dokter akan menyarankan untuk menggunakan kacamata. Kacamata sangat berguna untuk katarak pada tahap awal karena membantu lensa mata bekerja lebih baik. Kacamata akan membantu lensa mendapatkan penglihatan yang lebih baik. Kacamata akan membantu meringankan kerja lensa mata sehingga membuat mata bisa bekerja dengan baik. Kacamata juga bisa membantu meningkatkan ukuran objek yang ditangkap oleh lensa mata. Bahkan kacamata bisa membantu lensa mata ketika menangkap cahaya yang terlalu silau.

3. Makan Bawang Putih Setiap Hari

Ketika Anda sudah terkena katarak, maka Anda bisa mencegah atau mengobati agar katarak tidak menjadi lebih buruk. Mengkonsumsi bawang putih setiap hari bisa menjadi langkah yang bisa dilakukan oleh semua orang. Namun pengobatan ini tidak bisa bekerja jika katarak sudah menjadi sangat parah. Bawang putih mengandung sulfur dan glukosinates yang bisa menjadi bahan antioksidan dan melawan radikal bebas. Radikal bebas sering menyerang bagian makula dan lensa mata yang menyebabkan katarak.

Radikal bebas ini bisa disebabkan karena makanan yang mengandung bahan pengawet, sinar matahari atau sinar komputer dan gadget. Bawang putih bisa membersihkan lensa mata dari kabut yang menyebabkan katarak. untuk pengobatan Anda bisa makan dua atau tiga siung per hari. Jika tidak suka maka cukup menambahkan bawang putih dalam masakan.

(Baca juga : efek samping bawang putihbahaya bawang putih)

4. Makan Sayur Bayam

Sayuran bayam sering menjadi sayuran yang sangat favorit untuk anak-anak dan orang tua. Bayam adalah sayuran hijau yang sangat penuh dengan manfaat terutama untuk menjaga kesehatan mata. Bayam akan mengembalikan kesehatan makula mata dan menghapuskan bayangan yang sering menyebabkan katarak. Bayam merupakan  makanan yang mengandung antioksidan seperti vitamin dan mineral. Kandungan beta karoten dalam bayam juga bisa meningkatkan fungsi antioksidan. Anda bisa mengkonsumsi sayuran bayam yang sudah dimasak sebentar untuk mendapatkan khasiat terbaik.

5. Minum Jus Lemon dan Minyak Zaitun

Jus lemon termasuk jenis jus yang bisa membantu menjaga kesehatan mata. Jus lemon mengandung vitamin C dan vitamin A yang akan menjaga makula mata. Anda bisa minum segelas jus lemon setiap hari. Jika perlu tambahkan satu sendok teh minyak zaitun. Jus lemon dan minyak zaitun mengandung bahan antioksidan yang akan menjaga agar katarak tidak memburuk. Namun perawatan ini memang tidak bisa dilakukan jika katarak sudah parah dan harus dilakukan tindakan operasi bedah katarak.

6. Minum Susu Almond

Susu almond memang salah satu jenis susu yang sangat terkenal saat ini. Minuman ini menjadi kebutuhan nutrisi diet yang sangat sempurna. Susu yang terbuat alami dari kacang almond ini mengandung sejumlah nutrisi yang penting untuk mata. Susu almond mengandung vitamin A, vitamin E dan bahan mineral seperti magnesium dan fosfor. Konsumsi susu almond akan meningkatkan kekebalan tubuh dari dalam tubuh. Beberapa orang mengatakan jika meneteskan susu almond ke mata bisa membantu mengatasi katarak lebih cepat. Namun cara ini sering menyebabkan iritasi sehingga lebih jarang digunakan. Pertimbangkan untuk meminum susu almond saja.

7. Minum Jus Wheatgrass

Saat ini minuman jus wheatgrass juga menjadi minuman favorit untuk menjaga kesehatan. Selain membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, maka jus ini penting untuk menjaga kesehatan mata. Tanaman wheatgrass bisa dikonsumsi selama beberapa kali hingga tanaman ini  benar-benar sudah tidak tumbuh. Jus yang dihasilkan mengandung vitamin A dan vitamin E. Bahan-bahan ini bisa menjadi sumber antioksidan yang akan membantu menghilangkan kabut pada lensa mata. Jika Anda tidak menemukan bibit wheatgrass alami maka Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen yang terbuat dari bahan wheatgrass.

8. Minum Segelas Teh Hijau

Teh hijau dipercaya sebagai salah satu minuman yang sangat menyehatkan untuk tubuh. Namun ternyata teh hijau juga memberikan manfaat yang sangat khusus untuk bagian mata. Teh hijau bisa mengatasi berbagai keluhan dengan kesehatan mata. Teh hijau mengandung bahan yang penuh dengan sumber antioksidan. Katekin dan polifenol yang akan meningkatkan kesehatan mata. Teh hijau akan menghilangkan kabut yang bisa membantu mengatasi katarak. Karena itu bahan-bahan antioksidan ini penting untuk menyerang radikal bebas dalam mata yang menyebabkan katarak.

(Baca juga : bahaya minum tehbahaya es teh manis)

9. Minum Jus Bilberry

Bilberry termasuk buah yang kaya dengan kandungan bahan antioksidan. Bilberry mengandung bahan antosianin yang bisa mencegah kerusakan pada bagian lensa dan retina mata. Karena itu jus buah bilberry penting untuk menjaga agar kesehatan mata lebih baik, termasuk untuk penderita katarak. Penyebab katarak karena kerusakan oksidasi yang menyerang bagian makula mata. Anda bisa minum jus bilberry tanpa tambahan gula atau zat pemanis lain. Namun lebih disarankan untuk minum jus alami yang tidak melewati proses kimia dan menyebabkan kerusakan nutrisinya.

10. Makan Pepaya

Buah pepaya juga penting untuk menjaga agar katarak tidak menjadi lebih buruk dan menjadi cara mengobati katarak secara alami. Pepaya bisa mencegah penumpukan protein dalam mata yang bisa menyebabkan katarak. Pepaya akan meningkatkan sistem metabolisme tubuh karena biasanya penderita katarak tidak bisa melakukan sintesa protein dengan baik. Protein yang berlebihan dalam tubuh akan meningkatkan kabut dalam makula dan menyebabkan katarak yang lebih buruk. Makan pepaya juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan seperti untuk bagian pencernaan.


11.Makan Kacang Almond

Kacang almodn sangat penting untuk penderita katarak. kacang almond mengandung bahan vitamin E yang sangat baik untuk mencegah katarak agar tidak memburuk. Bahkan bahan antioksidan alami ini sangat penting untuk menjaga agar lapisan makula menjadi lebih sehat. Makan sekitar 50 gram kacang almond akan membantu mengurangi resiko katarak yang memburuk. Namun jika kondisi katarak terus memburuk maka tindakan operasi bisa dilakukan.

12. Konsumsi Ikan Berlemak Sehat

Beberapa jenis ikan yang mengandung banyak lemak sehat sangat penting untuk penderita katarak. beberapa jenis ikan yang sangat disarankan seperti ikan salmon, ikan tuna dan ikan makarel. Jenis ikan ini mengandung bahan asam lemak omega 3 yang bisa melawan radikal bebas yang menyebabkan katarak. Bahkan mengkonsumsi ikan berlemak dan mengandung minyak sehat ini penting untuk melindungi makula mata. Jika orang tua menjalani diet tertentu berkaitan dengan penyakit komplikasi maka ikan berlemak ini bisa dikonsumsi dalam bentuk suplemen. Namun perhatikan untuk meminta resep berhubungan dengan dosis yang disarankan.

13. Makan Brokoli Setiap Hari

Mengkonsumsi brokoli juga sangat menyehatkan untuk mata. Brokoli mengandung beberapa zat yang penting untuk menghambat katarak dan menyembuhkan katarak secara alami. Beberapa nutrisi ini adalah seperti beta karoten, zeaxanthin, vitamin A, fosfor, vitamin C, vitamin E dan vitamin B. Berbagai nutrisi ini penting untuk mencegah kerusakan pada bagian makula. Bahkan zat ini penting untuk melindungi mata agar tidak terkena radiasi. Konsumsi brokoli yang sudah dimasak sebentar bisa menjaga nutrisi tersebut dan menjaga dari kerusakan.

14. Minum Jus Wortel

Minum jus wortel atau memasukkan sayuran wortel dalam masakan, juga bisa membantu menjaga katarak agar tidak lebih buruk. Mengkonsumsi jusn wortel secara rutin juga sangat penting untuk menjaga agar mata menjadi lebih sehat. Wortel mengandung beberapa nutrisi seperti beta karoten, vitamin A dan vitamin C. Zat ini sangat penting untuk menjaga agar katarak menipis secara alami. Bahkan minum jus wortel bisa membantu agar tubuh Anda menjadi lebih sehat.

15. Masukkan Kuning Telur dalam Diet Anda

Banyak orang yang tidak mau mengkonsumsi kuning telur karena dianggap bisa menambah berat badan. Namun kuning telur ternyata sangat baik untuk menjaga kesehatan mata termasuk mengobati katarak. kuning telur mengandung bahan seperti lutein dan zeaxathin yang bisa membantu mengatasi kabut pada bagian lensa mata. Kedua bahan ini juga menjaga kesehatan makula. Makan kuning telur bisa mencegah katarak sejak masih usia muda terutama untuk anak-anak.

16. Makan Biji Bunga Matahari

Mengkonsumsi biji bunga matahari atau lebih sering disebut dengan kuaci biji bunga matahari ternyara sangat bermanfaat untuk cara mengobati katarak. Camilan ini mengandung beberapa bahan yang sangat penting untuk menyembuhkan katarak pada tahap awal. Biji bunga matahari merupakan makanan yang mengandung vitamin E yang bisa menjadi sumber antioksidan. Bahan vitamin E penting untuk melindungi kesehatan mata akibat kerusakan dari radikal bebas. Bahkan vitamin E juga penting untuk memberikan perlindungan untuk kulit.

17. Kurangi Makanan Manis atau Gula

Penderita katarak juga harus mengurangi kebiasaan minum dan mengkonsumsi makanan yang terlalu manis. Makanan yang manis mengandung gula putih atau gula buatan bisa menjadi sumber penyebab katarak. Terlebih untuk penderita diabetes yang sudah mengalami pandangan mata kabur. Kandungan gula dan berbagai bahan pemanis bisa menghancurkan kemampuan glutathione dan vitamin C yang berada di bagian lensa. Jadi kurangi gula untuk menghambat katarak agar tidak menjadi lebih buruk.

18. Minum Cukup Air Mineral

Kebiasaan minum cukup air mineral juga sangat baik untuk mengobati katarak. Sekali lagi ini adalah perawatan yang sangat alami sehingga khasiatnya tidak akan langsung terasa. Minum yang cukup akan membuat aliran darah dalam tubuh menjadi lebih baik. Bahkan air membantu melarutkan semua racun dan bahan-bahan yang bisa menyebabkan kerusakan pada bagian mata. Bahkan air mineral bisa membuat nutrisi ke bagian lensa dan lapisan makula terpenuhi sehingga menghancurkan katarak.

(Baca juga : bahaya akibat kurang minum air putihakibat terlalu banyak minum air putih)

19. Minum Jus Jambu Merah

Jus jambu merah selain memiliki rasa yang manis dan aroma yang kuat juga bisa membantu mengobati penyakit katarak. Jambu merah mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Buah yang mengandung vitamin C sangat penting untuk mengembalikan kesehatan mata yang buruk agar lebih baik. Bahkan kandungan vitamin C ini penting untuk mengurangi katarak karena menjadi sumber antioksidan. Bahan-bahan antioksidan bisa membantu mengurangi kerusakan mata akibat bahan radikal bebas. Mata Anda mungkin bisa mengalami kerusakan akibat beberapa sumber radikal bebas seperti bahaya sinar matahari, cahaya televisi atau cahaya dari layar komputer.

20. Makan Buah Kiwi

Banyak orang yang tidak mau makan buah kiwi karena buah kiwi memiliki tekstur rasa yang aneh dan rasanya yang asam. Namun buah kiwi bisa menjaga kesehatan mata dan mengurangi resiko katarak. Buah kiwi mengandung bahan seperti vitamin C dan karotenoid yang bisa menjaga kesehatan mata dan kesehatan tubuh secara umum. Bahan-bahan antioksidan yang sangat kuat ini penting untuk menjaga mata dari peradangan. Sumber makanan yang mengandung antioksidan alami ini bisa bercampur dengan zar fitokimia yang akan melindungi DNA tubuh dari penyakit akibat peradangan.

21. Makan Paprika Kuning

Paprika kuning tidak hanya memiliki warna yang sangat cantik, tapi juga penuh dengan khasiat. Paprika kuning mengandung vitamin C yang bisa membantu menyembuhkan katarak. Makanan yang mengandung vitamin C ini sangat penting untuk menjaga mata dan lapisan makula dari kerusakan akibat radikal bebas. Paprika kuning tidak harus dimasak untuk penderita katarak. Paprika kuning bisa dijadikan menu tambahan dalam salad atau jenis olahan yang lain.

22. Minum Jus Stroberi

Orang yang menderita katarak harusnya lebih banyak minum atau makan bahan dari golongan buah beri. Seperti minum jus stroberi tanpa tambahan gula atau jenis sirup lain. Buah stroberi mengandung beberapa bahan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mata seperti asam elagik, fenolik, vitamin C, vitamin A dan beberapa bahan flavonoid. Beberapa jenis bahan ini sangat penting untuk melindungi mata dari katarak dan kerusakan akibat bahan radikal bebas. Orang lanjut usia sebaiknya lebih sering minum jus stroberi jika sudah mengalami beberapa gejala katarak.

23. Mengatur Kadar Gula Darah

Penyakit katarak tidak hanya terjadi pada orang lanjut usia namun juga bisa terjadi pada penderita diabetes. Hal ini terjadi ketika ada banyak cadangan gula yang mulai menumpuk pada bagian lensa mata. Kerusakan makula mata juga bisa mengancam karena bagian ini mendapatkan aliran darah yang banyak mengandung gula. Karena itu penting untuk mengendalikan kadar gula darah dengan berbagai cara seperti :

  • Mengurangi konsumsi makanan yang manis atau mengandung bahan pemanis.
  • Mengurangi konsumsi makanan yang mengandung nilai glikemik yang tinggi seperti nasi dan semua jenis makanan yang mengandung kalori tinggi.
  • Melakukan olahraga ringan untuk membakar kalori tubuh.
  • Mengendalikan berat badan dan mengurangi berbagai aktifitas yang terlalu banyak duduk.
  • Tidak makan terlalu banyak dan lebih baik jika mengkonsumsi makanan dalam porsi sedikit dan lebih sering.

24. Mengkonsumsi Kale

Kale juga sayuran hijau yang sangat menyegarkan. Selain menyehatkan kale bisa menjadi salah satu makanan yang bisa mengobati katarak. Sayuran kale banyak mengandung bahan yang penting untuk menyembuhkan katarak seperti vitamin C. Kale termasuk sayuran hijau yang sangat penting untuk mencukupi kebutuhan vitamin untuk menjaga kesehatan mata. Sayuran kale untuk penderita katarak sebaiknya dikonsumsi dengan cara dimasak sebentar untuk menjaga pertahanan nutrisinya. Selain itu kale mengandung bahan kalium yang sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung. Kale akan melindungi semua kesehatan mata dengan berbagai kandungan nutrisi.

Jenis-Jenis Katarak

  1. Katarak Subkapsular : adalah jenis katarak yang biasanya terjadi pada bagian belakang lensa mata. Kondisi katarak ini paling sering terjadi pada orang yang menderita penyakit diabetes dan kebiasaan konsumsi obat steroid yang tinggi. Penyakit ini juga paling sering terjadi pada orang lanjut usia.
  2. Katarak nuklir: adalah jenis katarak yang bisa menyebabkan kerusakan pada bagian inti lensa mata. Jenis katarak ini juga banyak terjadi pada orang lanjut usia. Kebiasaan terkena radikal bebas saat masih muda akan membuat resiko penyakit ini semakin tinggi.
  3. Katarak kortikal : ini adalah jenis katarak yang biasanya ditandai dengan kabut atau lapisan keruh dibagian lensa mata. Katarak ini akan mempengaruhi bagian korteks mata secara menyeluruh kemudian menyebar ke semua bagian. Jenis katarak ini bisa terjadi pada semua usia.

Apa Gejala Katarak?

  1. Katarak biasanya ditandai dengan perasaan tidak nyaman dalam bagian mata. Kemudian kondisi ini akan membuat pandangan mata menjadi kabur.
  2. Katarak sering dimulai dengan pandangan mata kabur yang menyerupai kabut ringan, kabut putih atau bayangan hitam yang terus menerus.
  3. Mata yang terkena katarak bisa menyebabkan pandangan mata menjadi sangat sensitif ketika terkena cahaya matahari, atau jenis cahaya yang terlalu silau yang lain. Bahkan ketika terkena cahaya lampu saat malam hari maka mata menjadi sangat silau.
  4. Katarak bisa mempengaruhi pandangan mata untuk orang yang sudah memiliki kelainan mata seperti miopi. Kondisi ini sangat dipengaruhi kesehatan mata sejak awal.

Apa Penyebab Katarak?

Ada banyak orang yang bisa terkena katarak karena berbagai sebab. Hingga saat ini banyak ahli kesehatan yang menyimpulkan bahwa ada banyak penyebab katarak yang tidak jelas. Berikut ini adalah beberapa jenis penyebab katarak yang sangat umum dan paling sering terjadi.

  1. Mata terlalu sering terkena sinar matahari atau sinar ultraviolet secara langsung tanpa penghalang. Untuk mencegah hal ini maka Anda bisa menggunakan kacamata hitam saat dibawah sinar matahari.
  2. Orang yang terkena penyakit diabetes bisa terkena katarak karena ada banyak kadar gula yang menumpuk dalam lensa mata dan bagian mata yang lain.
  3. Tekanan darah tinggi. Orang yang terkena penyakit tekanan darah tinggi juga bisa terkena katarak. hal ini dipengaruhi oleh tekanan darah yang sangat kuat pada bagian mata. Selain itu tekanan darah tinggi juga bisa menyebabkan komplikasi seperti diabetes yang bisa menyebabkan katarak.
  4. Orang yang terkena obesitas juga bisa mengembangkan katarak. Kondisi ini juga sangat berhubungan dengan penyakit komplikasi seperti diabetes, tekanan darah tinggi dan kondisi kesehatan yang sangat buruk.
  5. Kebiasaan merokok. Kebiasaan merokok juga bisa menyebabkan penyakit katarak. Bahaya asap rokok mengandung nikotin yang bisa menyebabkan penumpukan kabut pada bagian lensa mata. Karena itu mengurangi rokok atau tidak merokok sama sekali akan menurunkan resiko katarak.
  6. Obat-obatan. Kebiasaan mengkonsumsi atau menggunakan obat-obatan untuk menurunkan kolesterol juga bisa menyebabkan katarak. Hal ini disebabkan karena obat ini akan mempengaruhi kerja lensa mata dan menjadi radikal bebas yang merusak mata.
  7. Trauma pada mata. Trauma pada mata akibat cedera atau olahraga bisa menyebabkan katarak. Hal ini bisa terjadi karena kerusakan pada bagian mata seperti lensa dan makula mata.
  8. Miopi yang terlalu tinggi. Penderita kelainan mata seperti miopi yang terlalu tinggi juga bisa menyebabkan kelainan mata seperti katarak. kondisi ini terjadi ketika lensa mata sudah tidak bisa bekerja dengan baik. Bahkan kabut atau penumpukan kabut atau lapisan pada bagian mata.
  9. Riwayat keluarga. Orang yang memiliki riwayat keluarga dengan katarak juga bisa menyebabkan katarak yang menurun. Hal ini bisa menjadi lebih parah jika memiliki keturunan penyakit glukoma yang bisa menyebabkan kebutaan.

Katarak merupakan penyakit yang umum. Namun katarak umumnya bisa disembuhkan dengan operasi bedah ringan. Hingga saat ini operasi menjadi cara yang paling optimal untuk mengembalikan pandangan mata. Sementara cara mengobati katarak secara alami ini, merupakan perawatan yang bisa dilakukan untuk mengendalikan katarak tidak menjadi lebih parah dan mengurangi resiko katarak.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 29th, January 2016 / 03:59 Oleh :
Kategori : katarak