Home Tips KesehatanKesehatan Wanita 7 Khasiat Madu untuk Penderita Endometriosis pada Wanita

7 Khasiat Madu untuk Penderita Endometriosis pada Wanita

by Mei Riska

Endometriosis merupakan suatu penyakit yang dipicu karena pertumbuhan jaringan endometrium di luar rongga rahim. Padahal dalam keadaan normal, seharusnya jaringan tersebut ditemukan di dalam rongga rahim. Dalam siklus menstruasi, ketebalan endometrium akan menebal sebagai persiapan untuk menuju kehamilan. Bila tidak terjadi pembuahan maka lapisan ini akan luruh dan terjadilah siklus menstruasi. Namun pada kasus ini biasanya tumbuh di bagian lain, dan yang terjadi sering pada ovarium atau kandung telur wanita. ( Baca : Cara menjaga kesehatan organ reproduksi )

Endometriosis merupakan suatu keadaan jaringan yang tidak normal, jaringan yang seharusnya berada di dinding rahim, justru tumbuh di lokasi lain dan menyebabkan rasa sakit, pendarahan yang tidak teratur serta bisa juga menimbulkan kemandulan. Pertumbuhan jaringan tersebut biasanya di luar rahim. Endometriosis jika dibiarkan begitu saja akan bisa sangat berbahaya maka dari itu perlu dilakukan pencegahan agar penyakit ini tidak tumbuh menjadi penyakit yang berbahaya. Dan untuk mencegah berkembangnya pertumbuhan jaringan ini biasanya para penderita disarankan untuk mengkonsumsi madu. Selain melakukan terapi obat dapat juga dilakukan dengan terapi konsumsi madu. ( Baca : Madu untuk penderita kistaMadu bagi penderita TBC –  Madu bagi penderita tifus )

Berikut ini kandungan dalam madu:

Inilah khasiat madu untuk penderita endometriosis :

  1. Mencegah Menjadi Kanker

Walaupun madu memiliki rasa manis yang setingkat dengan gula namun mengkonsumsi madu sangatlah aman. Madu bisa membuat anda sehat dengan kandungan yang ada di dalamnya. Asam – asam tersebut merupakan zat yang mampu melawan pertumbuhan sel – sel kanker menjaga stamina tubuh dan juga menurunkan kolesterol tinggi yang terkandung dalam darah. Endometriosis merupakan kelainan atau penyakit di dalam rahim, dengan mengonsumsi madu diharapkan penyakit tersebut tidak berubah menjadi kanker rahim.

Baca : Makanan untuk penderita endometriosisCara mengatasi kolesterol tinggi

  1. Mencegah Peradangan

Kandungan antioksidan pada madu dan juga anti peradangan bisa mencegah endometriosis semakin menjadi parah. Selain itu madu juga memiliki kandungan royal jelly yang bisa digunakan sebagai makanan untuk kesuburan dan juga memperbaiki sistem reproduksi pada wanita.

Baca : Darah beku saat haidMengatasi nyeri haid berlebihanCara meningkatkan hormon progesteron

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Selain itu madu berperan sebagai penguat sistem imun pada tubuh sehingga membantu penderita Endometriosis untuk menanggkal penyakit lain. Madu merupakan jenis makanan organik. Madu tidak memiliki kandungan hormon tambahan sehingga baik untuk dikonsumsi para penderita endometriosis. Madu dapat meningkatkan sistem kekebalan. Hal ini mencegah kemungkinan untuk masuknya penyakit lain pada penderita.

  1. Mengurangi Rasa Sakit Gejala Endometriosis

Madu memiliki zat antioksidan dan anti peradangan yang mampu untuk mengurangi pendertiaan endometriosis. Dengan rutin mengonsumsi madu akan membantu penderita mengurangi rasa sakit saat terkena endometriosis.

  1. Menambah Produksi Sel Darah Merah

Meningkatkan hemoglobin. Madu mengandung Fe atau zat besi yang mampu untuk meningkatkan jumlah eritrosit atau sel darah merah. Saat terkena endometriosis wanita rentan untuk terkena anemia.

Baca : Ciri ciri anemiaPenyebab anemiaKelebihan dan kekurangan zat besiMakanan yang mengandung zat besi

  1. Mengurangi Insomnia Pada Penderita

Hal ini biasanya terjadi karena penderita mengalami stres, dan madu memiliki kandungan yang mampu untuk mengurangi rasa stres tersebut sehingga bisa membuat penderita tertidur.

Baca : Penyebab insomniaDampak insomnia

  1. Menguatkan Kandungan

Memperkuat kandungan. Menurut beberapa ahli obat, madu dapat menguatkan kandungan pada penderita endometriosis sehingga mampu mengurangi kemungkinan penyakit ini bertambah parah.

Itulah beberapa manfaat madu untuk penderita endometriosis, berikut akan dijelaskan cara mengkonsumsi madu yang baik dan benar.

Cara Mengonsumsi Madu untuk Endometriosis

Banyak cara untuk mengkonsumsi madu sebagai obat. Kebanyakan dari kita mengkonsumsi madu dengan cara mencampurkannya dengan air hangat dan meminumnya, namun ternyata cara yang terbaik adalah mengulumnya. Dengan mengulum madu hingga lumer bersama air liur akan membantu lambung dalam mencerna fruktosa. Hal ini akan membantu seseorang untuk mengalami penyakit maag. Pagi hari ketika perut kosong, konsumsilah madu secukupnya. Madu mampu melapisi dinding lambung agar terhindar dari penyakit maag. Berikut langkah – langkah mengkonsumsi madu secara baik dan benar untuk mengatasi endometriosis :

  • Pastikan bahwa madu yang kita konsumsi adalah madu asli dan tidak bercampur apapun. Karena madu yang mengandung zat lain akan mengurangi kualitas madu itu sendiri.
  • Waktu yang terbaik untuk mengkonsumsi madu adalah pagi sebelum sarapan dan ketika malam menjelang tidur. Meskipun begitu madu tetap dapat dikonsumsi kapan pun, karena madu memiliki banyak kelebihan untuk kesehatan tubuh.
  • Mengulum madu dengan air liur agar madu mudah dicerna oleh lambung.
  • Madu juga bisa dikonsumsi dengan mencampurkannya dengan air. Namun gunakan air yang tidak panas dan juga tidak dingin, karena air yang panas dan dingin bisa merusak kandungan yang ada dalam madu.
  • Meminumnya dengan posisi duduk, hal ini untuk membantu ginjal karena meminum dengan posisi duduk menghidari kita terkena penyakit ginjal.
  • Berdoalah ketika meminum madu.

Demikian manfaat madu untuk pengobatan endometriosis. Memang masih banyak hal yang belum dibuktikan secara medis bahwa madu berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit ini. Tapi satu hal yang tidak bisa dipungkiri adalah bahwa madu berkhasiat baik bagi tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih

You may also like