Khasiat Madu Untuk Penderita Kista

6631

Madu memang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Untuk pengobatan pun madu memiliki banyak sekali kegunaan. Mulai dari membantu menyembuhkan penyakit yang ringan hingga penyakit yang paling berat sekalipun. Meskipun banyak dari fungsinya sebagai obat belum teruji secara laboratorium dan hanya mengandalkan kepercayaan saja. Meskipun tidak banyak yang kemudian merasakan kesembuhan setelah mengkonsumsi madu. Salah satu kasusnya adalah madu bagi para penderita kista. Untuk kasus yang satu ini, belum ditemukan secara pasti dengan penelitian yang melalui proses yang panjang dan pembuktian ilmiah bahwa madu secara benar berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit kista. Akan tetapi, saya akan mencoba menelaahnya dari sudut pandang lain dimana jika kita melihat sesuatu dari sudut pandang lain, bisa jadi hal yang sebenarnya mungkin tidak memiliki manfaat, menjadi sangat bermanfaat bagi kita.

Apa itu kista?

Mungkin sebagian dari anda sudah tahu apa itu kista. Utamanya bagi anda perempuan dewasa. Kista mungkin menjadi salah satu momok yang anda takuti karena menyerang bagian vital anda yakni organ reproduksi. Kista masuk dalam golongan tumor jinak yang terbungkus oleh selaput semacam jaringan. Penyakit ini lebih sering ditemui di bagian reproduksi perempuan. Biasanya, penyakit ini berbentuk kistik dan berasa seperti cairan kental. Meskipun ada juga yang memiliki bentuk seperti anggur. Selain itu, kista juga ada yang berisi udara, cairan, nanah, atau juga bahan-bahan lainnya. Meskipun terdengar sangat menyeramkan ketika kista merupakan salah satu bagian dari penyakit tumor, akan tetapi kista merupakan tumor jinak yang jika pengobatannya dilakukan dengan cepat dan tepat, maka tidak akan membahayakan penderitanya. (baca juga: bahaya kopi bagi penderita kista)

Kista dibagi menjadi dua bagian berdasarkan tingkat keganasannya. Berikut adalah penjelasan singkatnya;

  • Kista non-neoplastik

Kista non-neoplastik adalah jenis kista yang tingkat keganasannya rendah atau bisa dibilang jinak. Kista jenis ini biasanya akan mengempis sendiri dalam waktu 2 atau 3 bulan.

  • Kista neo-plastik

Kista jenis ini adalah kista yang membutuhkan perawatan serius untuk menyembuhkannya. Kista jenis ini bisa jadi membutuhkan operasi untuk menyembuhkannya akan tetapi hal tersebut pun tergantung pada ukuran dan sifat dari kista tersebut.

Kista tentu tidak muncul begitu saja. Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan munculnya kista;

  • Mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak trans dan tidak sehat.
  • Kurang olahraga juga bisa menyebabkan kista.
  • Adanya zat-zat tambahan pada makanan anda.
  • Terdapat pengaruh dari faktor genetic.

Dengan penyebab-penyebab itu, maka seharusnya jika anda hidup dengan pola yang sehat dan baik, maka kecil kemungkinan anda tidak akan terkena kista. Selain penyebabnya hal berikutnya yang akan dibahas adalah gejala dari penyakit kista ini. Berikut penjelasannya :

  • Terdapat perubahan jadwal menstruasi

Beberapa orang yang menderita kista ini mengalami perubahan siklus mens. Siklus mens mereka bisa jauh terlambat datangnya, atau terjadi pendarahan di tengah mens. (baca juga: bahaya minum kopi pada saat haid)

  • Keluar darah terlalu banyak ketika mens

Salah satu gejala yang paling bisa dilihat adalah ketika anda menstruasi, di tengah prosesnya keluar begitu banyak darah dan kadang punya terlalu sedikit. (baca juga: cara mengatasi nyeri haid)

  • Terjadi pembengkakan di bagian perut

Biasanya, pada para penderita kista ini mereka mengalami pembesaran di bagian perut. Hal itu terjadi karena kista telah membesar dan berubah menjadi tumor ganas yang menjangkit beberapa organ tubuh yang lain. Maka dari itu, ketika anda merasa bahwa anda telah terkena kista, sebaiknya anda segera memeriksakannya ke dokter dan mengobatinya dengan cara yang tepat agar tidak menjadi tumor ganas. (baca juga: penyakit akibat benjolan di leher)

  • Nyeri di bagian perut

Nyeri di bagian perut adalah salah satu gejala yang muncul ketika anda mengalami kista. Biasanya rasa sakit itu cukup menyiksa. Selain itu anda akan merasakan rasa sakit dan ngilu, seperti digigit semut yang letaknya berada di bagian bawah perut kini dan kanan secara bergantian. (baca juga: penyebab kram perut bagian kiri)

Cara Mencegah Penyakit Kista

Penyakit ini bukan lah penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Ada banyak cara untuk bisa menyembuhkan penyakit kista ini. berikut adalah beberapa penjelasan singkat bagaimana cara mencegah penyakit kista dan cara menyembuhkannya;

  • Kurangi makanan berlemak tinggi

Konsumsi makan lemak tinggi adalah salah satu penyebab munculnya kista. Maka dengan mengurangi konsumsi makanan berlemak tinggi akan menghindarkan diri anda dari penyakit kista. Hal ini karena ketika anda makan makanan berlemak terlalu banyak, akan menyebabkan gangguan hormon dan bisa menyebabkan stress. (baca juga: contoh lemak jenuh pada makanan)

  • Membiasakan pola hidup yang sehat

Pola hidup sehat sudah jelas menjadi kunci dari badan yang sehat. ketika anda memiliki pola hidup yang baik, tidak merokok, tidak minum-minuman keras, rajin berolah raga, makan makanan yang baik dan sehat, maka anda bisa terhindar dari penyakit ini.

  • Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan

Makanan yang mengandung antioksidan akan mampu melawan adanya radikal bebas. Radikal bebas ini bisa muncul karena adanya polusi debu dan bahan kimia lain yang bisa menjadi penyebab munculnya kista. Madu, merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan antioksidan yang baik dan bisa menghadang adanya radikal bebas yang menyerang tubuh. (baca juga: akibat kelebihan antioksidan)

Demikian tadi sedikit penjelasan tentang kista dan manfaat madu bagi kista. Madu sudah jelas bermanfaat, hanya apakah ia dapat menyembuhkan atau tidak, belum ada bukti kuat secara klinis yang membuktikan hal tersebut. Semoga bermanfaat!