4 Akibat Kelebihan Antioksidan bagi Tubuh Manusia

6149

Antioksidan sekarang sudah tidak begitu menjadi perbincangan yang asing bagi masyarakat. Antioksidan merupakan zat atau bahan kimia yang dibutuhkan tubuh untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah hal-hal yang berhubungan dengan antioksidan perlu kita ketahui :

  • Sumber antioksidan. Antioksidan bisa didapatkan dari berbagai sayuran serta buah-buahan. Antioksidan juga dapat diproduksi atau didapatkan dari tubuh kita sendiri. Antioksidan yang didapatkan dari buah serta sayuran seperti vitamin E, vitamin C, vitamin A, asam phenolik, selenium, chorophyll, karootenoid, flavonoids, glutathione, coenzyme Q 10, melatonin, serta andlycopene. ( Baca juga : Penyakit akibat kekurangan vitamin CMakanan yang mengandung vitamin C Buah yang mengandung vitamin C  – Akibat kekurangan vitamin A  – Makanan yang mengandung vitamin A  – Buah yang mengandung vitamin A  )
  • Antioksidan di dalam tubuh. Antioksidan yang bisa diproduksi sendiri oleh tubuh seperti asam urat, HDL serta asam amino.
  • Kebutuhan akan antioksidan. Tubuh memerlukan antoksidan untuk menetralisir adanya radikal bebas yang masuk kedalam tubuh. Radikal bebas sekarang telah banyak sumbernya seperti polusi kendaraan bermotor, suhu udara yang kotor, asap rokok serta asap pabrik. Semua itu dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh kita jika tidak dilawan dengan antioksidan.
  • Menyeimbangkan antioksidan. Banyaknya radikal bebas yang dapat masuk kedalam tubuh sehingga kita perlu menyeimbangkan antioksidan yang ada didalam tubuh kita. Beruntung tubuh kita juga memproduksi antioksidan sendiri didalam tubuh sehingga kebutuhan akan antioksidan dapat terkurangi dengan sendirinya walaupun kita tidak mengkonsumsi begitu banyak makanan yang mengandung antioksidan.
  • Kadar antioksidan. Kadar antioksidan didalam tubuh yang baik harusnya seimbang dengan kadar radikal bebas yang masuk kedalam tubuh sehingga tidak terjadi kekurangan atau kelebihan antioksidan didalam tubuh. Kekurangan antioksidan dapat menyebabkan stress oxidative yaitu kondisi tubuh yang memiliki kadar radikal bebas lebih banyak dibanding dengan kadar antioksidan. Kondisi ini menjadikan radikal bebas akan mencuri elektron dari molekul yang ada disekitarnya sehingga akan menyebabkan kerusakan pada molekul.
  • Kerusakan DNA. Molekul yang kehilangan elektron akan berubah menjadi radikal bebas dan akan berperan menjadi pencuri elektron yang ada di molekul sekitarnya dan akan terjadi siklus seperti itu terus sampai berantai. Siklus tersebut jika berlangsung lama maka akan menyebabkan mengalami kerusakan pada DNA, protein serta membran sel. Kerusakan pada bagian tersebut akan memicu timbulnya banyak penyakit seperti kanker, penyakit jantung  serta penyakit berbahaya lainnya. ( Baca : Efek akibat terkena radiasi nuklir  – Ciri ciri penyakit jantung  – Pertolongan pertama serangan jantung  )
  • Efek kekurangan antioksidan. Tubuh kekurangan antioksidan berbahaya bagi kesehatan, tubuh kelebihan oksidan juga berbahaya bagi kesehatan. Jadi tidak hanya kekurangan antioksidan saja yang dapat membahayakan kesehatan tubuh, kelebihan antioksidan juga dapat membahayakan kesehatan tubuh. Memang sesuatu yang berlebihan tidak baik seperti juga jika berlebihan antioksidan pada tubuh.

Setelah mengetahui beberapa poin penting tentang antioksidan, ada baiknya kita engetahui dampak akibat kelebihan antioksidan di dalam tubuh kita. Berikut dampak dari kelebihan antioksidan dalam tubuh yang harus kita ketahui:

  1. Memicu Berkembangnya Sel Kanker

Mengkonsumsi antioksidan dalam tubuh memang baik. Tetapi jika dikonsumsi terlalu banyak maka akan berakibat buruk pada kesehatan tubuh yaitu bisa memicu berkembangnya sel kanker di dalam tubuh. Kebanyakan orang berpikir mengkonsumsi antioksidan dengan jumlah sedikit baik, mengkonsumsi dalam jumlah banyak pasti akan lebih baik. Anggapan ini salah kaprah. Jika mengkonsumsi sayur dan buah secara banyak tetap baik walaupun buah dan sayur mengandung antioksidan yang tinggi.

Antioksidan yang terdapat dalam buah dan sayur akan diimbangi dengan kandungan zat lain yang terdapat didalamnya, sementara jika mengkonsumsi antioksidan dalam bentuk tablet atau kapsul dalam jumlah yang banyak maka akan berbahaya bagi tubuh karena tidak diimbangi dengan jumlah zat yang terkandung didalam kapsul tersebut. Kapsul tersebut hanya terdapat antioksidan.

Baca : Makanan yang mengandung antioksidan

  1. Menyebabkan Penuaan Dini

Mengonsumsi antioksidan dalam jumlah banyak dalam bentuk kapsul juga membahayakan kesehatan tubuh seperti penuaan dini. Penuaan dini yaitu kondisi dimana orang yang masih berusia muda tetapi nampak seperti sudah berusia tua karena kulitnya keriput serta kulit tampak lebih tua. Hal ini tentunya banyak faktor yang menyebabkan.

Salah satu faktor yang menyebabkan penuaan dini yaitu seseorang yang mengkonsumsi antioksidan dalam bentuk kapsul atau tablet dalam kadar yang terlalu banyak. Penuaan dini sangat merugikan maka lebih baik dicegah karena mengobatinya belum tentu berhasil. Jadi jangan terlalu banyak dalam mengkonsumsi antioksidan dalam bentuk kapsul atau tablet. Jika anda ingin menyehatkan tubuh maka konsumsilah sayur dan buah dengan kadar yang banyak maka tidak ada efek samping yang berati bagi kesehatan tubuh anda.

Baca : Penyebab penuaan dini  – Tips awet muda 

  1. Gangguan Kerja Tubuh

Kebanyakan mengonsumsi antioksidan dalam tubuh dapat menyebabkan radikal bebas yang ada didalam tubuh kita habis. Sebenarnya menurut penelitian tubuh kita juga membutuhkan radikal bebas. Bagaimana bisa seperti itu? Tubuh kita juga dapat memproduksi antioksidan sendiri, lah sebaliknya radikal bebas juga bisa diproduksi dalam tubuh kita. Ketika seseorang berolahraga maka didalam tubuhnya dengan sendirinya akan terbentuk radikal bebas. Radikal bebas ini akan merangsang pembentukan antioksidan didalam tubuh.

Pembentukan antioksidan didalam tubuh juga dipengaruhi oleh tingkat aktifitas olahraga yang dilakukan. Mengkonsumsi antioksidan secara berlebihan akan mengganggu sistem kerja tubuh sehingga tubuh tidak bekerja secara maksimal dalam memproduksi antioksidan karena kadar antioksidan di luar batas wajar.

Baca : Cara menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit 

  1. Merusak Keseimbangan Mekanisme Alami Dalam Tubuh

Saat kita mengkonsumsi antioksidan terlalu banyak dalam bentuk tablet ataupun kapsul justru akan merugikan kesehatan tubuh kita karena hal ini dapat merusak keseimbangan mekanisme alami dalam tubuh. Selain mendapatkan asupan zat-zat dari luar seperti kandungan didalam makanan tubuh juga dapat secara alami menyeimbangkan semua proses kinerja dalam tubuh dengan cara menyeimbangkannya secara alami. Tetapi memang untuk bisa mendapatkan hasil kerja tubuh yang maksimal perlu adanya tambahan dan asupan zat-zat yang diperlukan oleh tubuh melalui makanan atau minuman atau sesuatu yang bisa kita konsumsi. Tetapi jika hal ini berlebihan justru akan membahayakan tubuh. Jadi walau membutuhkan tetapi jangan terlalu berlebihan, tetapi secukupnya saja.

Demikian beberapa akibat jika kita mengkonsumsi antioksidan terlalu berlebihan. Jaga kesehatan tubuh anda dengan cara yang wajar dan jangan terlalu berlebihan karena sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Menjaga kesehatan tubuh kita layaknya menjaga anak kecil, jika kita menjaganya dengan terlalu memanjakannya maka anak tersebut akan manja dan tidak mandiri seperti itu juga ketika kita menjaga kesehatan tubuh kita maka jangan terlalu dimanja maka akan mengakibatkan tubuh kita mudah sakit karena sistem imun menjadi kurang kuat. Demikian sedikit penjelasan semoga bermanfaat.