13 Akibat Kelebihan Asam Amino dalam Tubuh

5967

Asam amino atau protein sangat dibutuhkan untuk mempertahankan kesehatan tubuh sehari hari dan uniknya tubuh kita dapat menghasilkan beberapa asam amino dengan sendirinya. Kadar asam amino yang ada did lama tubuh bisa bertambah dari pengkonsumsian makanan yang mengandung asam amino. Tubuh sangat membutuhkan asam amino dalam jumlah cukup untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Keunikan Asam Amino

Asam amino memiliki keunikan yang belum banyak diketahui oleh masyarakat luas, berikut ini adalah keunikan asam amino yang bisa kita ketahui :

  • Makanan tinggi asam amino. Banyak yang beranggapan bahwa jenis makanan daging dagingan menyediakan banyak nutrisi yang berbentuk asam amino bagi tubuh dan tidak perlu lagi mengkonsumsi makanan lain seperti sayuran dan kacang kacangan. Anggapan ini salah, karena kenyataannya makanan yang terbuat dari bahan nabati termasuk biji bijian, kacang kacangan dan sayuran hijau justru mengandung asam amino yang tinggi.
  • Tubuh tidak fit, asam amino tidak stabil. Di dalam tubuh yang sehat akan menghasilkan asam amino non esensial dalam kadar yang seimbang. Tetapi ketika kesehatan tubuh sedang berkurang maka jumlah asam amino menjadi tidak stabil, pada saat itulah tubuh akan langsung merasakan ketidak nyaman.

Berikut ini adalah berbagai macam dampak buruk yang bisa terjadi akibat kelebihan asam amino:

  1. Dapat Menyebabkan Alergi 

Zat asam amino yang masuk dalam tubuh tetapi belum melewati proses menjadi nutrisi yang dibutuhkan tubuh namun saat telah memasuki aliran darah melalui usus , maka zat asam amino dapat disebut sebagai zat asing dimana tubuh akan meresponnya sebagai benda tak dikenal. Otak sebagai pusat syaraf pun memberi sinyal kepada tubuh agar segera menahannya lalu dihancurkan agar tidak meluas kejaringan organ tubuh lain. Kondisi ini menyebabkan timbulnya reaksi alergi. Alergi yang bisa terjadi berupa penyakit crohn dan penyakit kolagen.

Baca : Cara mengatasi alergi pada anak  – Cara tes alergiPenyebab alergi kulit

  1. Mengganggu Kinerhja Hati dan Ginjal

Jika kadar protein berlebihan di dalam tubuh maka akan membuat hati dan ginjal akan terus bekerja berat tanpa istirahat walaupun anda sedang dalam keadaan tidur. Alasannya protein berlebih harus selalu diolah dan disingkirkan melalui urin yang mengandung urea, kondisi ini akan berdampak buruk pada hati dan ginjal itu sendiri jika terus menerus mengurusi kelebihan protein dalam tubuh yang tidak segera anda kurangi. Hati dan ginjal akan mengalami kelelahan dan kerusakan sehingga akan mengganggu kinerjanya menjadi tidak lancar lagi. Selain itu anda akan merasakan kelelajhan, tubuh lemas dan tubuh merasa tidak nyaman. Ketika kondisi ini terjadi terus menerus bukan tidak mungkin dalam jangka lama anda bisa terkena penyakit ginjal  dan fatty liver .

Baca : Ciri ciri gagal ginjal  – Jenis penyakit ginjal  –  Ciri ciri hati bengkak 

  1. Memicu Sel kanker dan Tumor

Jika anda mengkonsumsi banyak daging maka akan banyak pula asam amino yang diproduksi dalam tubuh. Sebenarnya daging memiliki racun yang dapat merubah kondisi sel tubuh yang sehat menjadi sel kanker. Daging yang berbahaya itu adalah daging yang memiliki lemak didalamnya. Tumbuhnya sel tubuh menjadi sel kanker dikarenakan adanya protein yang berlebih yang menimbulkan peradangan kemudian  dapat merusak jaringan sel darah putih dan limfosit. Jika sel darah putih rusak maka imunitas tubuh semakin menurun dan mempercepat pertumbuhan sel tubuh menjadi abnormal ( berubah menjadi sel kanker).

  1. Kekurangan Kalsium

Terlalu banyak asam amino didalam tubuh dapat mengakibatkan kondisi darah menjadi asam dan keadaan ini membutuhkan kalsium yang cukup untuk menutrisinya. Kalsium yang terlalu tinggi dalam tubuh tidak baik karena dapat menyerap, mengikat, dan menghilangkan manfaat kalsium  sehingga tubuh kekurangan kalsium.

Baca : Bahaya kekurangan kalsium  – Akibat kelebihan kalsium 

  1. Dehidrasi dan lemas

Bahaya dehidrasi  tidak boleh diabaikan sebab sangat merugikan bagi kesehatan tubuh manusia. Tubuh manusia dapat mengolah dan menghasilkan asam amino sendiri malka batasi asupan asam amino yang ada pada makanan agarv terhindar dari asam amino berlebih. Protein atau asam amino cenderung sangat sulit untuk dicerna karena tubuh kesulitan untuk meyerapnya dengan baik. Kondisi ini dapat mengakibatkan tubuh terserang dehidrasi dan akhirnya lemas karena kurang tenaga.

  1. Mengganggu Sistem Saraf

Kelebihan asam amino didalam tubuh dapat berdampak pada tingkah laku dan kemampuaannya beradaptasi dengan orang lain dan menimbulkan suasana yang berubah ubah secara sosial. Jika mengkonsumsi protein sebaiknya perbanyak  makan sayuran hijau agar kadar asam amino bisa cepat berkurang dan  netral dan tidak mengganggu sistem saraf dan menimbulkan masalah psikologis seperti mudah tersinggung, gelisah, malu, takut, merasa tidak berharga  dan ketakutan.

  1. Menyebabkan Munculnya Asidosi

Asam amino yang berlebihan didalam tubuh dapat menyebabkan Asidosi dimana kelebihan protein dapat mengganggu kinerja organ tubuh seputar perut yang menimbulkan keluhankesehatan berupa ketidakseimbangan hormon dan ion tubuh. Keluhan yang sering terjadi misalnya timbulnya sembelit, gangguan pada pencernaan, asam lambung meningkat dan perut menjadi kembung serta sering buang gas. Terkadang asidosi pada sebagian orang akan mdenyebabkan demam

  1. Menyebabkan Diare  dan Mual Berkepanjangan

Kelebihan protein atau asam amino dalam tubuh dapat mengganggu kinerja enzim pencernaan. Ketika tubuh menderita kesulitan menyerap asam amino berlebih maka pada saat itu pencernaan akan tersendat dan tidak mampu bekerja dengan normal, akibatnya lambung akan mengalami peningkatan asam lambung . Jika kondisi ini dibiarkan saja maka anda akan terserang diare dan kekuranagn cairan  serta rasa muak yang berkepanjangan.

Baca : Bahaya diare 

  1. Mempengaruhi Kesehatan Metabolisme Hati dan Pembuluh Darah Arteri

Jika kadar asam amino terlalu banyak dan berlebih dapat menyebabkan penumpukan lemak pada area hati dan pembuluh darah arteri yang seharusnya bertugas memasok atau menyuplai darah ke ginjal, otak dan jantung. Jika ada penumpukan lemak maka keseimbangan metabolisme lemak pada hati dan pembuluh darah arteri akan terganggu dan bahkan bisa mengalami kerusakan serta daya tahan tubuh akan mengalami penurunan.

  1. Menurunkan Daya Ingat

Kelebihan asam amino dalam tubuh dapat menyumbat aliran darah ke jantung  sehingga jantung tidak mengalami kelancaran ketika memompa darah. Keadaan ini disebabkan banyaknya asam amino yang mempengaruhi keasaman tubuh . Kelebihan asam amino juga dapat meningkatkan depresi , meningkatkan amoniak pada sel darah, demam tinggi kemudian menyebabkan seseorang mengalami penurunan daya ingat seseorang secara sistematik. Hal itu dikarenakan asam amino berlebih dapat merusak saraf otak dan mengganggu pembuluh darah menuju otak.

Baca : Ciri ciri depresi

  1. Merontokkan Rambut

Asam amino sangat aktif dan terbukti cepat dalam mencegah rambut menjadi rapuh dan agar tidak mudah rontok. Tetapi jika didalam tubuh anda terdapat kadar asam amino diluar batas kewajaran maka rambut anda terancam mengalami kerontokan dalam jumlah banyak setiap hari dan akan mengalami kebotakan dengan cepat.

  1. Menyebabkan Peradangan

Jumlah asam amino yang normal dalam tubuh dapat mempercepat penyembuhan terhadap peradangan, luka terbuka dan infeksi karena bakteri dan siap memperbaiki jaringan kulit yang mengalami kerusakan serta pada jaringan ikat. Tetapi jika kadar asam amino berlebihan didalam tubuh anda maka manfaat yang didapat adalah kebalikannya yaitu akan mempersulit penyembuhan pada peradangan dan luka  dan semakin memperburuk kerusakan yang telah  terjadi pada permukaan kulit.

  1. Osteoporosis  dan Penuaan Dini

Kadar asam amino yang seimbang didalaam tubuh mampu merangsang lebih cepat produksi hormon pertumbuhan dan memadatkan masa tulang dan meningkatkan kesehatan sel kolagen yang berada di bawah kulit. Jika kadar asam amino berlebihan dan sangat banyak dalam tubuh anda, bisa dipastikan manfaatnya adalah kebalikannya. Manusia mudah terkena osteoporosis dan penuaan dini.

Baca : Penyebab penuaan dini 

  1. Menurunkan Fungsi Sendi

Asam amino yang berlebih dapat mengganggu kepadatan tulang dan menurunkan fungsi persendian. Jika sipenderita tidak segera menurunkan kadar proteiinnya maka akan terserang osteoprosis atau perapuhan pada tulang  yang akhirnya mengubah tulang dalam kondisi mudah retak dan patah.

Jenis-Jenis Asam Amino

Berikut ini jenis asam amino yang ada di dalam tubuh kita :

  • Asam amino non esensial. Jenis asam amino non esensial yaitu jenis protein yang diproduksi oleh tubuh sendiri secara alami. Jenis asam amino non esensial ini berupa protein yang dapat dihasilkan oleh organ hati manusia.
  • Asam amino esensial. Asam amino jenis ini bisa didapatkan dari berbagai macam makanan dengan kandungan asam amino tinggi, oleh sebab itu anda harus memperhatikan beberapa makanan dengan asam amino yang tinggi ini.

Berikut ini adalah jenis-jenis asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh tetapi dalam jumlah yang seimbang :

  1. Isoleusin (Isoleucine)

Berguna untuk memnperbaiki daan mempertajam kecerdasan seseorang, mampu mempertahankan keseimbanagn nitrogen yanag ada dalam tubuh, dapat memperbanyak dan memproduksi hemoglobin serta menyeimbangakan tingkat gula dalam darah .

  1. Leusin (Leucine)

Berguna untuk menyembuhkan retak daan patah tulang serta meningkatkan perlindungan pada kepadaatan tulang pada persendian dan memudahkan penyerapan prekursor neuritransmitter oleh jaringan otak

  1. L-lisin (l-Lysine)

Berguna untuk pertumbuhan dan kepadatan otot bersama penggunaan vitaamin C. Dapat mempercepat pembentukan jringan kolagen dan mempercepaat penyerapan kalsoum dan produksi anti bodi dan daapat juga menyembuhkan bebrbagai macam infeksi herpes genetil.

  1. L-sistein (l-cysteine)

Berguna untk melawan dan menghancurkan radikal bebas yang menyebabkan rusaknta sel sel dan jaringan ikat, dapat juga untuk menetralisir racun dan mengeluarkan melalui uriu dan keringat

  1. L-Glisin (L-glysine)

Berguna untk memproduksi banyak glikogen yang dapat disimpan dalam jaringan lever atau hati.glikogen dapat dipecah dan dihancurkan menjadi glukosa ketika tubuh saangat memerlukan energi tambahan. selain itu glisin dapat juga melindungi dan memperkuat imunitas seseorang.

  1. Metion (methionine)

Berguna untuk melenyapkan berbagai macam bentuk zat racun yang ada pada hati dan regenerasi hati serta mamapu menstabilkan kadar kolesterol dalam darah.

  1. Triptofan (Tryptopan)

Berguna untuk pertumbuhan , perkembangan daan mendukung keberhasilan mrtabolisme tubuh . Kekurangan zaat triptofan daapat menyebabkan seseorang mudah terserng depresi dan stres berat.

  1. Isoleusin (Isoleucine)

Berguna untuk ketersediaan energi yang selalu ada untuk otot dan mencegah terjadinya kerusakan pada jaringan otot. Dapat pula berperan sangat kuat dalam pembentukan hemoglobin.

  1. Tirosin (Tyrosin)

Berguna untuk mengurangi kadar stres dan mencegah depresi berat pada penggunaa obat obatan atau seseorang yang baru saja berhasil menjalani operasi besar.

  1. L-histidin (L-Histidin)

Ketika alergi sistem imunitas seseorang dalaam tubuhnya akan melepaskan  zat histidin . Histidin dapat melebarjkan daan merenggangkan pembuluh darah yang menyempit dan mengecil serta mengurangi gejala Rheumatoid arthritis.

  1. Glutamin (Glutamine)

Glutamin adalah asam amino yang ada pada jaringaan otot dan sebagai sumber energi yang jugaa sekaligus mampu memperbaiki dan mningkatkaan imunitas tubuh.

Pengobatan Asam Amino Berlebih dan Pencegahannya

Ada beberapa pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi asam amino yang berlebihan di dalam tubuh manusia, berikut ini adalah pengobatannya :

  • Kapsul vit A. Pemberian tablet atau kapsul vitamin A secara  berkala tetapi konsisten
  • Makanan bergizi. Pemberian makanan bergizi tinggi untuk mempercepat pertumbuhan anak anak usia balita
  • Garam beryodium. Diadakan pemantauan yang teratur dan terorganisir tentang pemakaian garam beryodium
  • Pantauan gizi. Diadakan pemantauan status Gizi (PSG) pada masyarakat secara merata agar terhindar dari kesimpangsiuran tentang gizi pada posyandu
  • Sosialisasi manfaat sayur dan buah. Memberi pemahaman yang benar tentang manfaat sayuran daan buah buahan pada posyandu
  • Pemahaman akan asam amino. Memberi pemahaman yang benar tentang kelebihan dan kekurangan asam amino untuk kesehatan tubuh yang digalakkan pada kegiatan kesehatan posyandu.

Pencegahan Asam Amino Berlebih

Karena pada dasarnya tubuh dapat mengolah dan menghasilkan asam amino esensial kita perlu mencegah terjadinya asam amino yang berlebihan dengan cara berikut ini :

  • Batasi asupan makanan yang mengandung banyak asam amino atau protein.
  • Jika anda tidak dapat menghindarinya sebaiknya anda mengimbanginya dengan mengkonsumsi sayuran setelahnya agar kadar asam amino bisa segera di kurangi dan dapat berubah pada kondisi yang seimbang .
  • Nutrisi yang ada pada sayuran mampu menetralisir kelebihan asam amino dalam tubuh dengan cepat.
  • Nutrisi yang ada pada sayuran mampu mengikat zat protein agar tidak mudah diserap tubuh dan tidak  terlalu cepat mengalir pada aliran darah.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak asam amino atau protein sangat baik dan ideal jika dibarengi dengan sayuran hijau, agar kadar asam amino dalam tubuh tidak terus meningkat. Semakin banyak  sayuran yang dimakan maka nutrisi yang ada pada sayuran akan mengikat zat asam amino agar tidak mudah terserap oleh tubuh dan menimbulkan penumpukan di berbagai macam sehingga tubuh akan terhindar dari bahaya akibat kelebihan asam amino dan bisa menyebabkan organ tubuh menjadi tidak seimbang. Semoga bermanfaat.