Home Penyakit dan KelainanSakit Kepala 27 Cara Menghilangkan Sakit Kepala Sebelah dan Menahun

27 Cara Menghilangkan Sakit Kepala Sebelah dan Menahun

by Ana Rohma

Cara menghilangkan sakit kepala secara alami memang terkadang dapat menjadi alternatif mudah sebelum pengobatan. Sakit kepala merupakan salah satu keluhan umum yang bisa terjadi pada siapa saja. Sakit kepala bisa menjadi indikasi atau gejala dari sebuah penyakit ringan maupun berat. Beberapa penyakit yang sering disertai dengan sakit kepala seperti flu, masuk angin, mata minus, depresi dan demam. Sementara indikasi sakit kepala yang berat sering menyertai pada penyakit tumor otak atau jenis penyakit kritis lain. Sakit kepala bisa membuat tubuh menjadi tidak nyaman dan sering menyebabkan penderita tidak bisa melakukan berbagai aktivitas.

Sakit kepala pada skala ringan sebenarnya bisa diobati dengan berbagai cara. Dorongan untuk mengobati sakit kepala bisa membuat tubuh cepat pulih dan Anda bisa menjalani berbagai aktivitas seperti biasa. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengobati sakit kepala.

  1. Lakukan Akupuntur

Cara menghilangkan sakit kepala secara alami dapat memanfaatkan akupuntur. Salah satu pengobatan asli China untuk mengatasi sakit kepala adalah dengan akupuntur. Akupuntur dilakukan dengan menusukkan jarum tipis ke bagian titik tertentu di tubuh. Titik yang diakupuntur berhubungan dengan sakit kepala atau syaraf yang berhubungan dengan kepala secara langsung. Selain itu akupuntur juga dilakukan untuk membuka sistem peredarah darah yang baik sehingga bisa membantu mengatasi sakit kepala. Akupuntur bisa dilakukan untuk mengatasi sakit kepala kronis maupun ringan. Perawatan ini bisa dilakukan untuk orang dewasa dan orang lanjut usia. Namun akupuntur harus dilakukan oleh ahli atau dokter yang benar-benar menguasai terapi ini.

  1. Lakukan Peregangan Otot

Salah satu cara alami untuk mengobati sakit kepala adalah dengan melakukan peregangan. Peregangan otot yang bekerja di sekitar kepala akan membantu meningkatkan sistem peredaran darah. Cara ini bisa dilakukan oleh orang dewasa dan orang tua. Beberapa cara peregangan yang bisa dilakukan adalah seperti meregangkan  bagian leher dan kelapa ke depan atau kebelakang selama beberapa kali. Anda juga bisa mencoba untuk menggerakan bahu ke kanan atau ke kiri. Anda bisa mencoba untuk melakukan peregangan selama 15 atau sekitare 20 menit setiap hari.

  1. Lakukan Pijatan dengan Lembut

Ketika sakit kepala juga bisa disembuhkan dengan melakukan pemijatan. Pemijatan dengan lembut bisa membuat syaraf dan otot di sekitar kepala bisa mengurangi sakit kepala. Anda bisa melakukan pijatan di sekitar mata ke arah dahi, ke belakang telinga, leher dan bagian kepala. Pijatan yang dilakukan secara lembut bisa membuat kepala menjadi sangat santai. Bahkan pijatan bisa dilakukan untuk melancarakan peredaran darah. Namun usahakan untuk memijat secara lembut saja karena pijatan yang keras bisa membuat kepala menjadi lebih sakit. Anda juga bisa meminta bantuan terapis untuk melakukan pijatan agar sakit kepala lebih cepat sembuh.

  1. Lakukan Meditasi

Meditasi sebagai salah satu sarana untuk mendinginkan pikiran, menenangkan batin dan membuat jiwa menjadi lebih tenang. Meditasi sudah digunakan untuk menyembuhkan sakit kepala sejak jaman dahulu. Anda bisa mencoba untuk melakukan meditasi dengan cara yang benar, dan membuat kondisi tempat meditasi sangat nyaman. Anda bisa mencoba mengeluarkan semua beban pikiran dan melakukan tehnik pernafasan yang baik. Tehnik pernafasan yang baik akan membantu membuat peredaran darah menjadi lebih lancar. Meditasi akan meringankan sakit kepala dengan cara yang alami. Jika Anda tidak bisa melakukan sendiri, maka bisa melakukan latihan dengan ahli meditasi (Baca : Cara melakukan meditasi).

  1. Lakukan Senam Aerobik

Banyak orang yang tidak mau melakukan olahraga karena menderita sakit kepala. Namun ketika Anda mencoba untuk berdiam saja karena sakit kepala maka pasti sakit kepala akan terasa lebih berat. Termasuk untuk penderita migrain ketika sedang kambuh. Namun untuk mengatasi sakit kepala sebenarnya bisa dilakukan dengan senam aerobik. Senam dengan intensitas gerakan yang lambat dan cepat akan membantu mengatasi sakit kepala. Senam bisa membantu tubuh bergerak dengan baik dan membuat aliran darah ke arah otak bekerja dengan baik. Senam juga bisa membantu tubuh mendapatkan oksigen yang cukup.

  1. Lakukan Relaksasi

Sakit kepala juga bisa diatasi dengan beberapa cara yang sangat santai dan mudah untuk dilakukan. Anda bisa mencoba untuk relaksasi dan membuat hati serta pikiran menjadi santai. Cara ini bisa dilakukan dengan duduk santai di sofa yang bisa membuat tubuh Anda menjad sangat santai. Kemudian cobalah untuk menghirup udara dengan sangat santai dan lakukan pernafasan dengan baik. Anda juga bisa mencoba sambil mendengarkan musik sesuai favorit Anda. Lupakan berbagai jenis masalah yang membuat sakit kepala menjadi lebih buruk. Cara ini bisa dilakukan untuk sakit kepala yang disebabkan karena tekanan pikiran yang berat atau stress.

  1. Lakukan Yoga

Cara menghilangkan sakit kepala migrain berkepanjangan dengan cepat dapat melakukan yoga secara rutin. Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang bisa membantu menyembuhkan sakit kepala. Yoga bisa dilakukan dengan berbagai gerakan yang bisa membuat sakit kepala mereda secara perlahan. Anda bisa mencoba untuk bergabung dengan klub yoga atau melakukan yoga berdasarkan tutorial lewat video. Yoga sangat komplek karena menggabungkan beberapa jenis latihan menjadi satu seperti pernafasan, perbaikan bentuk tubuh, latihan untuk mengatur nafas dan relaksasi untuk pikiran dan jiwa. Beberapa gerakan yoga bisa membantu sakit kepala mereda karena membuat aliran darah dan oksigen menjadi lebih baik.

  1. Kompres dengan Air Dingin atau Panas

Sakit kepala memang bisa membuat tubuh menjadi sangat lemah dan tidak mampu melakukan berbagai aktifitas. Anda bisa mencoba untuk melakukan kompres dengan air dingin atau air hangat. Kompres bisa dilakukan dengan handuk yang sudah direndam dengan air panas atau air dingin. Kompres di sekitar dahi dekat dengan mata. Ketika ada perbedaan suhu antara bagian mata dan atas kepala maka perubahan suhu inilah yang mendorong arteri bisa bekerja dengan baik. Bagian otak bisa mendapatkan jumlah darah dan oksigen yang cukup.

  1. Hindari Bahan Tambahan Makanan

Ketika Anda sakit kepala maka hindari semua jenis perasa atau bahan tambahan makanan. Semua jenis bahan tambahan makanan mengandung nitrit dan nitrat. Bahan ini bisa memicu sakit kepala karena membuat senyawa kimia masuk ke dalam aliran darah secara langsung. Senyawa yang tercampur dalam bahan makanan juga akan diserap oleh organ tubuh lewat darah dan air. Karena itu ketika sakit kepala maka usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan alami.

  1. Makan Kacang Almond

Cara menghilangkan sakit kepala sebelah atau berkepanjangan dapat menggunakan kacang almond. Mengkonsumsi kacang almond juga sangat disarankan ketika sakit kepala. Kacang almond mengandung sebuah senyawa yang disebut salisin. Salisin bisa membantu mengatasi rasa nyeri dan sakit kepala. Bahkan kacang almond juga mengandung bahan protein dan asam lemak yang sangat baik untuk membuat peredaran darah menjadi lebih baik. Karena itu penting untuk setidaknya makan kacang almond lima butir setiap hari. Namun jika sakit kepala disebabkan karena migren, maka sebaiknya tidak mengkonsumsi kacang almond.

  1. Konsumsi Makanan Pedas

Berbagai jenis makanan yang pedas bisa membantu mengobati sakit kepala. Beberapa makanan yang dimasak dengan bumbu cabai sangat baik untuk meringankan sakit kepala. Cabai mengandung bahan capcisin yang bisa membantu mengatasi rasa sakit dan nyeri seperti sakit kepala. Bahkan bahan cabai juga bisa membantu meningkatkan energi tubuh. Hal ini berkaitan dengan peningkatan nafsu makan ketika sedang sakit kepala. Anda bisa menambahkan bubuk cabai rawit ke dalam beberapa jenis masakan sesuai dengan selera Anda.(Baca : Bahaya makanan pedas)

  1. Kompres dengan Cuka Sari Apel

Bahan cuka sari apel juga bisa membantu mengatasi sakit kepala. Bahan ini sangat penting untuk meredakan sakit kepala dan kepala yang tidak nyaman. Termasuk jika sakit kepala disertai dengan demam dan hidung tersumbat. Anda bisa mencoba untuk menggunakan kompres cuka sari apel yang bisa melawan infeksi dan mengurangi resiko peradangan.

Cara perawatan:

  • Ambil satu atau dua sendok cuka sari apel dan campurkan dengan air panas.
  • Masukkan handuk lembut ke dalam air hangat dan tunggu selama beberapa saat lalu peras
  • Gunakan untuk mengompres di sekitar dahi dan kepala atas.
  • Lakukan secara berulang-ulang agar sakit kepala cepat sembuh.
  1. Minum Minyak Ikan Salmon

Mengkonsumsi minyak ikan juga bisa membantu mengatasi sakit kepala. Minyak ikan salmon mengandung asam lemak omega 3 yang bisa membuat aliran darah menjadi lebih baik. Bahkan minyak ikan salmon akan membantu mengatasi peradangan dan pembekuan darah yang terjadi pada otak. Minyak ikan salmon juga bisa membantu menurunkan tekanan darah dan membuat jantung bisa bekerja dengan baik. Ketika jantung bisa bekerja dengan baik maka aliran darah dalam tubuh menjadi lebih sehat dan otak mendapatkan pasokan oksigen yang cukup. Anda bisa mencoba untuk minum minyak ikan salmon yang sudah dibentuk dalam kapsul. Pastikan minum sesuai dengan aturan dosis yang disediakan dalam petunjuk label.

  1. Latihan Pernafasan

Latihan pernafasan juga bisa membantu mengobati sakit kepala. Beberapa peregangan dan yoga juga bisa membantu melatih pernafasan. Ketika Anda memiliki sirkulasi pernafasan yang buruk maka bisa menyebabkan sakit kepala. Aliran darah yang tidak cukup baik dan otak kekurangan oksigen bisa menyebabkan sakit kepala menjadi lebih buruk. Bahkan latihan pernafasan bisa menyebabkan tekanan dan stress berkurang dengan baik. Latihan pernafasan bisa dilakukan sendiri atau menggunakan ahli terapi. Latihan pernafasan juga sangat baik untuk penderita sakit kepala yang juga menderita asma dan migren.

  1. Hindari MSG untuk Masakan Anda

Kebiasaan menggunakan MSG untuk menambah rasa makanan memang sudah dilakukan sejak lama (Baca : bahaya MSG). Banyak orang yang tidak bisa meninggalkan MSG karena merasa makanan menjadi tidak lezat. Namun untuk mengobati sakit kepala maka Anda harus meninggalkan MSG sementara waktu. MSG mengandung senyawa yang bisa membuat sakit kepala menjadi lebih berat. Anda bisa menggantikan MSG dengan beberapa bumbu tajam lain seperti bawang putih atau lada. Bawang putih juga sangat baik untuk mengatasi sistem kekebalan tubuh yang menurun.

  1. Rubah Posisi Tidur

Postur tubuh saat tidur juga bisa membantu mengobati sakit kepala. Anda bisa mencoba untuk menggunakan bantal lembut yang tipis agar syaraf di sekitar leher bisa bekerja dengan baik. Jika Anda masih merasa sangat pusing maka cobalah untuk tidur tanpa menggunakan bantal. Selain itu usahakan untuk mengatur kelembaban alami ruang  kamar tidur agar tidur menjadi lebih nyaman. Ketika Anda bangun tidur maka cobalah untuk istirahat sebentar sebelum akhirnya bangun. Cara ini akan mengatasi sakit kepala secara alami dan tidak menyebabkan efek samping.

  1. Minum Air Jahe

Mengkonsumsi minuman jahe juga bisa membantu mengobati sakit kepala. Jahe mengandung senyawa yang bisa membuat otot dan syaraf kepala menjadi lebih santai. Bahkan jahe mengandung senyawa yang bisa meningkatkan produksi enzim pengendali tekanan dan pikiran. Jahe juga bisa membuat tubuh menjadi lebih nyaman dan mengatasi gangguan pencernaan lain. Anda bisa mencoba untuk memasak beberapa gelas air dan kemudian tambahkan tiga ruas jahe segar dan rebus hingga mendidih. Ketika akan diminum maka tambahkan satu atau dua sendok madu yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Oleskan Minyak Kayu Putih

Ketika Anda sedang sakit kepala maka cobalah untuk mengoleskan minyak kayu putih di sekitar pelipis, leher dan bahu. Minyak kayu putih memiliki efek yang sangat menyegarkan dan menghangatkan. Lakukan pijatan lembut di sekitar pelipis dan akan membuat Anda menjadi sangat nyaman. Setelah itu cobalah untuk melakukan pernafasan dengan baik sehingga aroma bisa terhirup dengan baik. Setelah itu jangan melakukan pekerjaan apapun. Lebih baik jika Anda istirahat seperti tidur.

  1. Hindari Makan Cokelat

Untuk mengobati dan mengurangi sakit kepala maka cobalah untuk tidak makan coklat (Baca : Bahaya cokelat). Cokelat adalah makanan yang mengandung kafein , sedangkan kita tahu bahaya kafein meningkatkan rasa sakit kepala/. Anda bisa menggantikan coklat dengan jenis makanan lain yang tidak mengandung ragi dan bahan perasa. Beberapa jenis makanan yang disarankan seperti ubi rebus, kentang dan sayuran hijau.

  1. Minum Teh dan Jahe

Ramuan minuman yang sangat disarankan untuk mengatasi sakit kepala adalah seperti teh jahe. Anda bisa menggunakan jenis teh hitam namun usahakan untuk memilih yang tidak terlalu kental. Selain itu tambahkan beberapa ruas jahe untuk meningkatkan aroma. Makanan seperti ini akan membantu tubuh Anda menjadi lebih sehat dan sakit kepala hilang. Jahe mengandung senyawa yang bisa mengatasi rasa sakit kepala.

  1. Lakukan Akupresure

Pijat akupresure sangat disarankan untuk mengatasi rasa sakit kepala. Anda bisa melakukan terapi akupresure di tempat ahli yang sudah menguasai jenis pijatan ini. Akupresure bisa dilakukan dengan memberikan pijatan pada beberapa titik yang bekerja untuk syaraf dan otot. Dengan pijatan secara tidak langsung ini bisa menyebabkan sakit kepala mereda.

  1. Makan Sayur Bayam

Sakit kepala yang disebabkan karena anemia juga bisa diobati dengan makan sayuran bayam. Bayam mengandung zat besi yang sangat tinggi dan bisa meningkatkan produksi sel darah merah. Sayur bayam juga bisa dikonsumsi dengan wortel untuk mengatasi sakit kepala. Cara ini bisa dilakukan dengan membuat sup bayam. Tapi usahakan untuk menggunakan jenis bayam yang masih segar dan sayuran yang sudah dimasak hanya bisa  bertahan selama tiga jam saja.

  1. Mandi dengan Air Hangat

Mandi air hangat juga bisa membantu mengatasi sakit kepala. Mandi dengan air hangat akan membuat semua bagian tubuh Anda menjadi sangat relaks dan santai. Langkah ini bisa dilakukan untuk beberapa sakit kepala yang disebabkan karena sinus, flu atau masuk angin. Namun banyak orang yang tidak mau mandi dengan air hangat karena merasa tidak mampu untuk bangun. Jika penderita sakit kepala tidak mau bergerak maka kondisi sakit kepala mungkin bisa menjadi lebih buruk. Karena itu penting untuk penderita sakit kepala bergerak dan mandi dengan air hangat.

  1. Minum Air Mineral

Mengkonsumsi air mineral dalam jumlah yang cukup sangat penting untuk mengatasi sakit kepala. Minum air yang cukup akan membantu tubuh mendapatkan jumlah cairan yang cukup sehingga bisa membantu jantung bisa bekerja lebih baik. Bahkan cairan yang cukup akan membantu sel-sel tubuh bisa bekerja dengan baik sehingga bisa membantu menghilangkan sakit kepala. Anda bisa mencoba minum air mineral yang hangat. Hindari air dingin atau es karena bisa membuat sakit kepala menjadi lebih buruk.

  1. Minum Obat Dokter

Cara menghilangkan sakit kepala dengan cepat tentu dengan konsumsi obat. Jika Anda sudah mencoba beberapa cara namun sakit kepala tetap tidak sembuh atau berkurang, maka cobalah untuk melakukan pemeriksaan ke dokter. Dokter akan memberikan beberapa jenis obat sesuai dengan penyebab sakit kepala.  Bahkan biasanya dokter akan mencoba memberikan vitamin seperti vitamin B2 yang bisa membantu menghilangkan sakit kepala. Namun konsumsi obat sakit kepala secara bebas memang tidak disarankan karena bisa memberikan efek samping jangka panjang.

  1. Jangan Menggunakan Komputer

Kebiasaan bekerja dengan menggunakan komputer juga bisa menyebabkan sakit kepala. Untuk menghindari sakit kepala yang berlebihan maka Anda harus mencoba untuk tidak menggunakan komputer. Komputer memantulkan cahaya yang bisa membuat mata menjadi sangat lelah dan kondisi sakit kepala menjadi lebih berat. Untuk itu cobalah untuk tidak menggunakan komputer dan lebih baik membuat mata beristirahat dengan tidur atau bersantai.

  1. Hindari Semua Jenis Makanan Pemicu Alergi

Ketika Anda merasa sakit kepala, maka hindari mengkonsumsi makanan yang bisa menyebabkan reaksi alergi. Makanan yang menyebabkan alergi sering menyebabkan sakit kepala dan membuat sakit kepala menjadi lebih buruk. Beberapa jenis makanan ini misalnya adalah kedelai, gandum, susu, jagung dan ikan laut yang memiliki rasa asin.

Cara Mencegah Sakit Kepala

  1. Jika Anda bekerja dengan tekanan yang berat, maka cobalah untuk mengatur waktu agar tekanan tidak menyebabkan sakit kepala. Anda bisa mencoba hanya memikirkan pekerjaan ketika sedang berada di kantor saja.
  2. Hindari kebiasaan mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol, karena bahaya alkohol bisa menyebabkan sakit kepala menjadi lebih berat.
  3. Hindari menggunakan jenis lampu yang memberikan sinar radiasi yang lebih tajam.
  4. Hindari menggunakan jenis pewangi ruangan yang bisa membuat sakit kepala seperti pewangi dengan aroma yang sangat tajam dan tidak nyaman.
  5. Biasakan untuk mengkonsumsi air mineral dalam jumlah yang cukup, yaitu paling tidak tiga liter dalam sehari.
  6. Biasakan untuk memiliki waktu tidur yang cukup. Anda bisa mencoba untuk membuat jadwal yang teratur untuk istirahat dan bekerja.
  7. Biasakan untuk melakukan olahraga secara teratur seperti berlari, jalan kaki atau jenis olahraga lain. Olahraga bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat dan nyaman.
  8. Hindari kebiasaan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat. Akibat kelebihan karbohidrat bisa menyebabkan perubahan metabolisme dan menyebabkan sakit kepala.
  9. Hindari kebiasaan mengkonsumsi kafein berlebihan. Kafein bisa menyebabkan sakit kepala menjadi lebih berat karena memicu syaraf dalam otak terkena efek dari kafein.
  10. Hindari kebiasaan mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan tambahan seperti perasa. Makanan yang mengandung bahan ini bisa menyebabkan sakit kepala.
  11. Lakukan kebiasaan mengkonsumsi makanan yang sehat seperti buah dan sayuran yang menyehatkan. Buah yang mengandung vitamin C sangat disarankan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  12. Pilih jenis bantal yang nyaman dan sehat untuk tidur. Bantal yang nyaman dan bisa membuat otot di sekitar leher dan syaraf bisa menjadi lebih nyaman. Ketika Anda tidur maka membutuhkan posisi yang benar-benar bisa membuat kepala menjadi lebih santai.

Sakit kepala lainnya

Sakit kepala memang membuat aktivitas tidak bisa dilakukan dengan baik. Sakit kepala sering menyebabkan tubuh menjadi lemah. Karena itu langkah untuk mencegah sakit kepala harus dilakukan dengan baik. Sementara jika Anda menderita sakit kepala maka bisa mencoba beberapa cara alami, sebelum melakukan pemeriksaan medis.

You may also like