Mata Panas Kepala Pusing – Penyebab dan Cara Mengatasi

1115

Pusing atau sakit kepala adalah sensasi sakit yang terjadi sekitar kepala dan juga leher karena berbagai faktor. Sakit kepala atau kepala sering pusing juga sering disertai dengan beberapa gejala lain seperti mual, muntah, mata terasa panas dan sakit, kerontokan rambut dan berbagai gejala lainnya. Namun secara umum, sakit kepala atau pusing ini terjadi karena gangguan di kepala atau leher yakni seperti pembuluh darah, telinga, kepala, saraf kepala, mata dan lain sebagainya.

Mata panas kepala pusing yang terkadang juga disertai dengan mata berair, sakit dan juga ketegangan pada mata bisa disebabkan karena banyak faktor mulai dari masalah kornea mata, terlalu banyak beraktivitas menggunakan mata dan lain sebagainya. Supaya lebih jelas, berikut akan kami berikan beberapa penyebab dari mata panas kepala pusing dan bagaimana cara mudah dan terbaik untuk mengatasinya.

Penyebab

Mata panas kepala pusing umumnya terjadi karena ketegangan pada kepala, otot mata dan otot di sekitar leher dalam waktu bersamaan. Rasa sakit di kepala dan mata yang terasa panas tersebut bisa terjadi karena beberapa hal seperti berikut ini.

  1. Membaca Dalam Waktu Lama

Membaca dalam waktu terlalu lama dan posisi yang salah seperti sambil berbaring atau penerangan yang kurang baik bisa menyebabkan mata terasa panas disertai dengan penyebab kepala pusing mendadak. Untuk menghindari hal ini, ada baiknya anda memberi waktu jeda ketika sedang membaca agar mata bisa beristirahat.

  1. Terlalu Lama di Depan Komputer

Mata yang terasa panas dan lelah disertai dengan pusing juga bisa disebabkan karena pemakaian barang barang elektronik terlalu berlebihan seperti komputer, ponsel dan juga televisi. Memakai komputer dan barang elektronik lainnya bisa menyebabkan mata terasa panas dan sensasi sakit di kepala sehingga harus segera dihentikan dan istirahatkan mata anda terlebih dahulu.

  1. Memakai Kacamata Tidak Sesuai

Untuk anda yang memiliki masalah mata seperti minus atau plus, maka kacamata akan digunakan untuk memperjelas pandangan. Akan tetapi pemilihan kacamata yang kurang tepat bisa menjadi penyebab sakit kepala terus menerus dan mata terasa sakit serta panas. Pemakaian kacamata juga bisa menekan area mata dan bagian telinga belakang sehingga akan menimbulkan rasa sakit ketika digunakan terlalu lama.

  1. Alergi

Mata yang terasa panas, terbakar dan terasa pusing di kepala juga bisa terjadi karena peradangan ketika alergi. Alergen lokal di mata seperti make up, pelembab atau alergen di udara seperti bulu binatang dan serbuk sari bisa membuat mata teriritasi, perih, berwarna merah dan berkembang menjadi penyebab sakit kepala akut karena peradangan yang terjadi.

  1. Cedera Mata

Cedera yang terjadi pada bagian mata ketika bekerja, bermain, berolahraga atau aktivitas lainnya bisa menyebabkan gangguan pada mata seperti mata terasa panas dan perih, sakit dan berair serta juga bisa menyebabkan kepala sering pusing. Selain itu, kuku yang tajam juga bisa mencederai mata ketika mengucek mata atau sedang memakai lensa kontak yang membuat infeksi menyebar dan menyebabkan sakit kepala juga terjadi.

Cara Mengatasi

Sesudah dijelaskan beberapa faktor yang bisa menyebabkan mata panas kepala pusing diatas, maka anda juga harus mengetahui beberapa cata mengatasi dan mencegah kedua gejala tersebut. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi mata yang terasa panas disertai dengan pusing atau sakit kepala.

  • Kompres mata: Mengkompres mata memakai sendok dingin atau irisan buah mentimun atau stroberi sangat baik dilakukan untuk membuat mata bisa lebih rileks sekaligus mengatasi penyebab mata tidak jernih.
  • Bersihkan mata: Membersihkan mata dengan penyegar baik tonik atau pelembab mata seperti obat tetes mata atau bahkan air dingin bisa digunakan untuk membersihkan mata sekaligus menyegarkan mata yang kelelahan sekaligus mengatasi ciri ciri mata tidak sehat lainnya.
  • Hindari kebiasaan buruk seperti membaca dengan jarak yang terlalu dekat atau kondisi ruang remang remang dan atur juga terang cahaya laptop atau komputer agar tidak terlalu terang sekaligus atur posisi komputer dengan mata anda.
  • Usahakan untuk berkedip setidaknya sebanyak 20 kali dalam satu menit.
  • Obat tetes mata steroid: Untuk mengatasi mata panas dan pusing karena peradangan mata bisa diatasi dengan obat tetes mata steroid untuk mengatasi infeksi pada mata.

Selain beberapa faktor penyebab mata panas kepala pusing yang sudah kami berikan diatas, masih banyak hal lain yang bisa menimbulkan gejala serupa baik dari aktivitas atau kebiasaan dan juga gejala penyakit lainnya. Jika masalah pada mata ini berlangsung terlalu lama, ada baiknya segera periksakan diri anda ke dokter spesialis mata untuk penanganan secepatnya.