Bahaya CT Scan Kepala Bagi Kesehatan

12796

CT Scan merupakan salah satu metode medis yang saat ini sudah mulai banyak digunakan di dalam dunia kedokteran. CT Scan atau yang biasa disebut dengan istilah Computed Tomography merupakan suatu metode penggambaran medis dengan menggunakan tomografi, yang mengandalkan sina X dalam menghasilkan gambar 3 dimensi dari bagian dalam dari sebuah objek, yang dalam hal ini adalah manusia. CT Scan saat ini seringkali digunakan untuk memastikan diagnose dari para pasien yang diduga mengidap gangguan kanker. Dengan menggunakan metode CT Scan ini, maka segala macam gangguan yang berada di dalam tubuh pasien, akan trlihat dan juga dimunculkan dalam citra tiga dimensi, yang lebih mudah untuk dianalisa. Biasanya CT Scan sering digunakan untuk pasien penderita kanker dan juga berbagai macam virus – virus berbahaya.

Berikut ini adalah beberapa kegunaan lainnya dari CT Scan :

  • Mendeteksi pendarahan pada bagian otak
  • Melihat dan juga menganalisa cedera pada bagian otak (Baca : Penyebab sakit kepala)
  • Melihat kondisi keparahan dari patah tulang yang dialami oleh pasien
  • Melihat kemungkinan penyakit dalam
  • Mendeteksi pembesaran rongga otak
  • Dan banyak lagi kegunaannya dalam dunia medis

Ada beberapa prosedur yang harus diperhatikan sebelum melakukan pemeriksaan CT Scan , antara lain :

  • Penggunaan baju atau seragam khusus yang longgar
  • Melepaskan segala macam peralatn logam yang menempel pada tubuh, karena dapat mengganggu hasil pencitraan dari CT Scan
  • Tidak makan dan juga minum beberapa jam sebelum melakukan proses pemeriksaan CT Scan
  • Memberitahu kepada tenaga medis menganai obat – obatan yang biasa diminum, serta penyakit yang dimilki oleh pasiennya.

Setelah prosedur terlaksana, maka proses pemeriksaan dengan menggunakan CT Scan dapat dilakukan. Pasien akan diminta untuk berbaring pada alas, yang kemudian akan dimasukkan ke dalam alat scanner yang akan melihat bagian dalam dari organ tubuhnya, yang kemudian hasilnya akan ditampilkan pada layar. Setelah hasilnya ditampilkan pada layar, maka dokter dan juga tenaga medis dapat menganalisa dan juga mendiagnosa gangguan kesehatan apa saja yang dialami oleh pasiennya.

Ternyata, meskipun dinilai memiliki banyak sekali manfaat penting dalam membantu dunia medis, namun demikian, ternyata proses cst ini juga menimbulkan beberapa efek samping yang dapat terjadi. Biasanya hal paling umum yang menyebabkan munculnya bahaya dan juga efek samping dari CT Scan ini adalah kondisi radiasi dari sinar x yang digunakan oleh scanner.

Radiasi dari sinar x ini, apabila sudah sering terkena tubuh, dan paling tidak apabila pasien sudah mengalami lebih dari 2 hingga 3 kali pemeriksaan menggunakan CT Scan , akan menimbulkan bahaya dan juga efek samping buruk. Apa saja? Berikut ini adalah efek samping dan juga bahaya dari CT Scan :

  1. Menimbulkan alergi

Bahaya pertama yang dapat muncul dari penggunaan CT Scan adalah dapat menyebabkan munculnya alergi tertentu pada organ tubuh. hal ini brkaitan erat dengan penyuntikan beberapa jenis bahan kimia yang diberikan, untuk memperjelas tampilan dan juga reaksi dari bahan kimia tersebut terhadap gangguan di dalam tubuh.

Biasanya, setelah proses CT Scan selesai, tubuh akan menimbulkan reaksi berupa alergi pada bagian organ tubuh, seperti bagian hati dan juga ginjal, yang dapat menyebabkan masalah pencernaan.

  1. Menyebabkan gatal – gatal dan juga alergi

Tidak hanya pada bagian dalam organ tubuh, CT Scan jga dapat menimbulkan reaksi alergi lainnya, yaitu berupa gatal – gatal pada bagian kulit. Ya, hasil paparan radiasi dari sinar x yang digunakan dalam proses pemeriksaan CT Scan ini dapat menyebabkan kemunculan reaksi dari kulit terhadap radiasi. Reaksi umum itu adalah gatal – gatal pada kulit. Dan juga bisa saja menimbulkan iritasi dan juga kulit yang mengalami ruam dan juga kemerahan

Gatal – gatal dan juga reaksi alergi pada kulit ini tentu saja bisa disembuhkan dengan menggunakan obat dari dokter kepercayaan anda.

  1. Berbahaya bagi ibu hamil dan juga janin

Ibu yang sedang mengalami kehamilan tidak boleh melakukan ct scan. Hal ini disebabkan oleh kondisi dari ibu hamil itu sendiri yang kemungkinan tidak fit, dan juga janin dari ibu hamil itu sendiri yang masih sangat sensitive terhadap paparan dari radiasi sinar x tersebut. Kondisi radiasi sinar x pada ibu hamil dan juga janinnya dapat menyebabkan munculnya gangguan kesehatan pada sang ibu, dan juga dapat menyebabkan pertumbuhan dan juga perkembangan dari janin yang menjadi tidak normal, dan bukan tidak mungkin nantinya akan mengalami kecacatan pada saat melahirkan.

Maka dari itu, bagi anda yang sedang mengalami kehamilan, amad tidak disarankan untuk melakukan CT Scan, karena sangat mempengaruhi kesehatan anda dan juga janin anda.

  1. Dapat menyebabkan kanker

Penyakit paling mematikan di dunia, Ternate metode CT Scan juga dapat menyebabkan munculnya kanker. Ya, hal ini ternyata dapat terjadi, terutama ketika pasien sudah melakukan metode CT Scan lebih dari 2 atau 3 kali. Radiasi sinar x yang muncl pada proses CT Scan itu dapat menyebabkan kemunculan tumbuhnya sel – sel kanker di dalam tubuh.

Disarankan bagi anda yang akan melakukan ct scan, agar tidak melakukan metode ini terlalu sering, karena malahan akan menyebaban kanker apalagi ketika dilakukan secara sering. Biaya CT Scan hampir sama dengan perkiraan biaya MRI karena menggunakan mesin yang tidak terlalu berbeda yaitu sekitar 2 -4 juta, tergantung bagian yang di scan.

Itulah beberapa bahaya yang dapat muncul akibat penggunaan CT Scan. Jadi, meskipun CT Scan merupakan salah satu bentuk kemajuan teknologi dari dunia kedokteran, namun ternyata masih memiliki efek samping dan juga bahaya bagi kesehatan tubuh, apabila sering digunakan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan juga menambah wawasan anda semua. Terima Kasih.