Itamol Paracetamol – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Cara Penggunaan

Itamol merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi demam. Obat ini merupakan obat segala usia dan juga sebagai solusi bagi mereka yang menderita nyeri seperti sakit gigi dan juga sakit kepala. Sudah tentu berarti di dalam Itamol, terkandung paracetamol yang memang merupakan obat untuk mengobati demam dan juga sebagai pereda nyeri. Hal ini karena paracetamol berperan sebagai antipiretik dan juga analgetic.

Untuk anda yang ingin menggunakan Itamol, maka anda harus mendapatkan resep dokter terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan Itamol tergolong ke dalam obat resep. Untuk kemasan dari obat ini, Itamol tersedia dalam bentuk kaplet forte dan juga sirup. Anda bisa menentukan jenis obat mana yang akan anda konsumsi agar supaya pengobatan anda tersebut bisa membersikan hasil yang lebih optimal.

Fungsi Itamol

  1. Itamol merupakan obat yang bermanfaat untuk menurunkan demam. Obat ini bisa digunakan oleh segala usia asalkan menggunakannya sesuai dengan dosis yang ditentukan. Disarankan agar pemberian Itamol diberikan ketika suhu pasien sudah benar-benar tinggi dan memang ia membutuhkan obat untuk menurunkan panasnya.
  2. Itamol juga merupakan obat yang digunakan untuk meredakan rasa nyeri. Beberapa kondisi tersebut seperti sakit kepala dan juga sakit gigi. Akan tetapi, untuk penggunaan bagi pasien yang menderita nyeri berat seperti nyeri setelah menjalani operasi, maka Itamol biasanya akan dikombinasikan dengan obat golongan NSAID yang lainnya.
  3. Itamol maupun obat yang mengandung paracetamol memang sering dijadikan sebagai pilihan utama bagi pasien yang menderita arthritis ringan yang nantinya efek dari obat ini akan sama dengan ketika menggunakan aspirin.
  4. Itamol merupakan komponen utama bagi seseorang yang mengkonsumsi obat pilek dan flu yang sudah bereda di toko-toko obat.

Kontraindikasi Itamol

  • Seseorang yang pernah mengalami hipersensitivitas terhadap paracetamol disarankan untuk tidak menggunakan Itamol.
  • Sementara untuk penggunaan Itamol bagi pasien yang sedang menderita penyakit ginjal, maka kami sarankan agar kondisi tersebut dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.
  • Sementara itu, bagi pasien yang diketahui pernah mengalami alergi terhadap kandungan di dalam Itamol, ia juga sebaiknya bertanya kepada dokter mengenai keamanan dari obat tersebut.

Dosis Itamol

Di bawah ini kam akan menjelaskan kepada anda mengenai apa saja informasi yang berhubungan dengan dosis Itamol.

  • Untuk dosis yang harus diberikan kepada orang dewasa maupun anak-anak yang usianya sudah mencapai lebih dari 12 tahun adalah 3 sampai dengan 4 kali sehari per tablet.
  • Sementara untuk dosis yang harus diberikan kepada anak-anak yang berusia 5 sampai dengan 12 tahun, maka dosis yang harus diberikan adalah sebanyak 1/2 tablet. Dosis tersebut nanti akan dikonsumsi dalam 3 sampai 4 kali per hari.

Cara Penggunaan Itamol

  1. Itamol harus selalu anda gunakan sebagaimana yang sudah dijelaskan oleh dokter.
  2. Meskipun obat ini masuk ke dalam obat demam segala usia, akan tetapi anda tidak boleh menambahkan maupun juga mengurangi takaran dosisnya sesuai keinginan anda.
  3. Itamol harus segera anda hentikan jika selama penggunaannya anda mengalami beberapa reaksi alergi. Beberapa kondisi tersebut antara lain seperti gatal, ruam kulit, maupun juga urtikaria.
  4. Anda juga harus menghentikan penggunaan Itamol jika anda mengalami sakit tenggoroka, pucat, maupun juga arthralgia.

Cara Penyimpanan Itamol

  • Itamol harus selalu anda simpan di tempat yang tidak terlalu lembab.
  • Anda tidak dianjurkan meletakkan Itamol bersamaan dengan obat lainnya, khususnya obat yang memiliki bau cukup menyengat.
  • Anda juga tidak dianjurkan meletakkan di tempat yang mudah dijangkau oleh anak-anak maupun hewan peliharaan anda.