32 Cara Menghilangkan Rasa Gelisah dan Cemas

Situasi di mana Anda merasakan kecemasan dan kegelisahan yang begitu membuat stres pasti sangat tak membuat nyaman. Sebetulnya, ada sejumlah cara untuk Anda lakukan agar kegelisahan tersebut tak menjadi lebih serius dan membuat Anda makin depresi. Tak perlu tenggelam dalam kegelisahan apalagi membiarkannya menghantui Anda, jadi beberapa cara menghilangkan rasa gelisah di bawah ini kiranya mampu membantu.

(Baca juga: cara menenangkan pikiran)

1. Meditasi

Supaya kegelisahan tidak menjadi berlanjut hingga depresi berat, Anda perlu mencari cara untuk mengatasi alias menyetopnya. Meditasi adalah cara yang banyak digunakan untuk mengurangi rasa cemas dan stres, apapun penyebab stres dan gelisah tersebut. Metode meditasi tidaklah sulit karena Anda hanya perlu menarik napas dalam-dalam dan mengembuskannya.

Melakukannya beberapa kali akan membantu Anda menenangkan hati dan seluruh kepanikan yang menghantui pun akan sedikit demi sedikit memudar. Setelah meditasi, Anda akan merasa lebih bisa berpikir secara jernih dan mengutamakan logika karena saat panik pikiran biasanya akan menjadi terlalu jauh.

2. Tutup Mata dan Fokus pada Pernapasan

Saat sedang gelisah, Anda sebaiknya ambil waktu sejenak untuk menutup mata dan kemudian alihkan perhatian ke proses pernapasan. Bernapaslah seperti biasanya secara natural tanpa harus mengendalikannya. Fokuskan diri kepada pernapasan Anda, dan pasti perasaan gelisah mulai berkurang dan memudar dengan sendirinya nanti.

3. Menghindari Minuman Bersoda

Saat kegelisahan melanda, Anda sebaiknya tidaklah minum minuman yang berkandungan soda tinggi. Bukan hanya akan membuat Anda makin gelisah saja, tapi minuman bersoda sebetulnya pun tak baik bagi kesehatan karena kandungan gulanya yang termasuk amat tinggi bahkan mampu merusak gigi. Pilihlah minuman yang menyehatkan ketimbang mengonsumsi minuman soda.

(Baca juga: ciri-ciri depresi)

4. Merapikan Lingkungan

Jika Anda merasa begitu gelisah dan bahkan sangat mudah merasa cemas serta gelisah, silakan untuk mulai membenahi lingkungan di sekitar Anda. Entah itu ruang kantor, kamar atau ruangan lain yang biasa Anda gunakan, jauhkanlah ruangan tersebut dari yang namanya keadaan berantakan. Kondisi berantakan pada sebuah ruangan atau meja kerja saja bisa membuat Anda makin stres.

5. Tidur Lebih Awal

Dalam menghilangkan rasa gelisah dan stres yang terus-menerus menghantui, cobalah untuk tidur lebih awal dan hindari begadang. Kekurangan kualitas tidur adalah ancaman bagi seseorang dan memudahkannya terserang rasa gelisah setiap saat. Oleh karena itu, cobalah untuk tidur lebih awal supaya Anda mendapatkan durasi tidur yang cukup sehingga rasa gelisah bisa hilang.

6. Bangun Tidur Lebih Awal

Ketika Anda dianjurkan untuk tidur lebih awal, bukan lantas berarti Anda bisa tidur lama dan bangun terlambat. Justru Anda disarankan untuk juga bangun 15 menit lebih awal setiap pagi supaya tidak menjadi tambah gelisah. Anda memiliki lebih banyak waktu untuk bersiap-siap sehingga tak akan menjadi terburu-buru yang biasanya mampu menambah kegelisahan. Membiasakan tidur awal dan bangun lebih awal akan membantu menghilangkan rasa gelisah dan Anda pun dapat lebih mengendalikan rasa gelisah yang datang.

(Baca juga: makanan untuk menghilangkan stres)

7. Memperkatakan Sesuatu yang Membuat Gelisah Berulang Kali

Saat rasa takut, cemas dan gelisah datang, Anda bisa mencoba memperkatakan hal yang menjadi penyebab Anda gelisah berulang-ulang. Memang pada awalnya rasa panik akan memenuhi diri Anda, tapi dengan cara ini, rasa panik dan gelisah tersebut akan hilang. Perasaan cemas bisa memudar karena akhirnya Anda terbiasa menghadapi masalah tersebut.

Katakan atau sebut terus apa hal yang membuat Anda menjadi gelisah sampai bosan. Dalam proses tersebut, otak akan otomatis memberikan respon terhadap penyebab Anda gelisah dan akhirnya pun kegelisahan, kecemasan dan segala bentuk ketakutan bakal hilang secara perlahan. Anda pun bisa bebas dari rasa gelisah dan mampu mencegahnya untuk kembali datang dengan mudah.

8. Menganggap Masalah Pasti Berlalu

Jika Anda merupakan salah satu orang yang cukup mudah gelisah ketika satu masalah saja datang, jangan panik. Biasakan untuk berpikir positif, yakni dengan menganggap badai pasti berlalu. Tak ada masalah yang tak bisa diselesaikan karena hanya waktunya saja yang bisa sebentar atau lama.

Seperti sebuah lagu, badai pasti berlalu, dan apapun masalah yang dihadapi, percaya saja kalau semuanya pasti bisa terleselsaikan dengan baik. Drama dalam kehidupan Anda pasti nantinya akan berakhr, jadi tak masalah untuk menikmati cerita pikiran Anda suguhkan. Tetap optimis bahwa masalah yang kita hadapi tak akan melebihi kemampuan serta kekuatan diri kita sendiri.

(Baca juga: ciri-ciri stres)

9. Menguasai Rasa Khawatir dan Gelisah

Kegelisahan yang menghampiri bisa menjadikan seseorang mudah panik dan sulit untuk mengendalikan diri. Apapun penyebab kegelisahan tersebut, ada beberapa orang yang kemudian karena hal tersebut malah mengalami yang namanya susah tidur, detak jantung berdetak kencang, dan tumbuh rasa putus asa di dalam diri.

Keadaan seperti itu harus Anda coba hentikan sendiri dan jangan sampai membiarkan perasaan-perasaan negatif justru menguasai diri. Justru diri Andalah yang perlu menguasai rasa khawatir dan gelisah tersebut dengan memikirkan hal-hal yang positif saja. Bayangkan segala kemungkinan positif dari masalah yang dihadapi dan tetap percaya bahwa semuanya pasti akan berakhir.

10. Memikirkan Solusi

Memang tak semua masalah yang membuat kita khawatir dan gelisah bisa diselesaikan secara instan, tapi bukan lantas berarti kita harus selalu dipenuhi kegelisahan. Mulai beranikan diri menghadapinya dengan perencanaan solusi yang tepat. Dengan merencanakan solusinya secara matang, ini bakal mendukung rasa percaya diri untuk lebih tinggi dan perasaan juga menjadi tenang.

11. Merencanakan Liburan

Ketika Anda gampang merasa gelisah, cobalah untuk merencanakan liburan supaya pikiran dan hati menjadi lebih segar. Penyebab gangguan jiwa pada manusia adalah ketika rasa gelisah dan stres di awal tidaklah ditangani secara langsung sehingga akhirnya menjadi lebih parah. Oleh karena itu, ambil waktu untuk liburan sehingga rasa gelisah, tertekan, cemas dan ketakutan bisa hilang.

(Baca juga: cara menghindari stres)

12. Belajar Bersyukur

Kegelisahan mudah datang ketika kita mengkhawatirkan banyak hal dalam hidup kita. Jadi, tak salah kalau mulai saat ini Anda mulai belajar bersyukur dan mengingat-ingat apa saja yang perlu untuk disyukuri. Terlepas dari masalah atau tekanan yang kini sedang menghimpit Anda, ada orang-orang lain yang jauh lebih susah juga dari Anda. Jadi, tak perlu untuk terlalu takut atau gelisah dalam menghadapi apa yang sedang membuat stres.

13. Bersosialisasi dengan Orang Lain

Biasanya kalau seseorang merasa gelisah, maka menyendiri akan membuatnya makin gelisah dan khawatir. Pikiran negatif akan makin ke mana-mana karena menyendiri, maka sangat penting untuk bersosialisasi dengan orang lain supaya tak lagi gelisah. Menjadi seseorang yang introvert atau tertutup memang tak masalah, namun karena kita adalah makhluk sosial, sesekali pergi ke luar dan berpartisipasi dalam sebuah acara yang melibatkan banyak orang sangat dianjurkan.

(Baca juga: cara mengatasi stres)

14. Olahraga

Ketika dirundung kegelisahan, Anda bisa melakukan olahraga. Berolahraga bukan hanya menyehatkan fisik saja tapi juga mental dan bahkan meringankan suasana hati. Lakukanlah olahraga yang ringan-ringan saja untuk menyegarkan kembali suasana hati dan pikiran Anda. Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan saat Anda merasa gelisah tiada akhir, seperti misalnya:

  • Renang
  • Aerobik
  • Jalan sehat
  • Parasailing
  • Jumping rope
  • Panjat tebing
  • Naik gunung
  • Surfing
  • Push up
  • Sit up
  • Bersepeda
  • Yoga

15. Perawatan Diri

Untuk menghilangkan kegelisahan, Anda bisa melakukan perawatan diri untuk menyenangkan diri sendiri. Terkadang kegelisahan berlebihan membuat kita merasa tak aman dan terus-terusan merasa ketakutan. Oleh karena itu, ambil waktu untuk menyenangkan diri supaya dapat melupakan penyebab dari kegelisahan yang merundungi Anda.

  • Pijat
  • Mani-pedi
  • Potong rambut
  • Creambath

Memang cara ini membutuhkan budget yang agak besar, namun jika memang Anda cukup beruang untuk melakukan perawatan diri, maka tak ada salahnya dicoba. Banyak orang merasa lebih baik setelah dari salon dengan serangkaian perawatan tersebut dan suasana hati pun lebih senang.

(Baca juga: cara menghilangkan stres belajar)


16. Minta Bantuan

Masalah yang membuat kita gelisah kemungkinan adalah masalah yang cukup besar dan terkadang kita sendiri tak mampu untuk mengatasinya. Jika merasa sudah terpojok dan Anda kiranya membutuhkan pertolongan dari orang lain, tak ada salahnya untuk meminta langsung bantuan dari seseorang atau beberapa orang yang Anda percayai.

Apabila sebuah masalah tak bisa diselesaikan sendiri, memecahkannya bersama dengan orang lain akan membuat masalah tersebut menjadi lebih ringan rasanya. Gelisah dan galau karena takut tak ada solusi untuk masalah tersebut? Cobalah datang ke seorang teman atau bahkan ke orang tua atau pasangan, karena siapa tahu mereka mampu membantu Anda.

17. Aromaterapi

Gunakanlah aromaterapi ketika sedang ketakutan, gelisah dan cemas karena aromaterapi akan membantu Anda untuk lebih rileks. Segala rasa gelisah juga dijamin hilang ketika Anda menghirup aroma menyegarkan dan menenangkan dari aromaterapi yang dipakai. Aromaterapi, khususnya lavender, sudah sering juga digunakan untuk mengatasi insomnia akibat stres jadi Anda pun sah-sah saja untuk menggunakan di kala gelisah.

18. Menghindari Kafein

Anda perlu tahu bahwa kafein mampu memicu palpitasi di mana detak jantung bisa lebih cepat dari biasanya. Jika sedang stres dan gelisah, sebaiknya minum air putih atau minum jus buah yang segar-segar saja ketimbang kafein karena mampu membuat kegelisahan tersebut menjadi-jadi. Bahkan serangan panik pun bisa disebabkan oleh kafein ini jika Anda tak mewaspadainya.

(Baca juga: cara menghilangkan stres pikiran)

Itulah serangkaian cara menghilangkan rasa gelisah dan cemas tiada akhir yang membuat Anda sering stres. Sebelum menjadi depresi tingkat berat, pastikan Anda melakukan cara-cara tersebut supaya rasa gelisah hilang dan hidup menjadi lebih positif serta menyenangkan.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Stres