25 Cara Menghilangkan Stres Belajar Aman dan Efektif

Bagi para pelajar, belajar merupakan kegiatan yang cukup membuat stres walau memang belajar merupakan sebuah kewajiban. Memang ada beberapa pelajar yang sangat bisa menikmati kegiatan belajar, namun rata-rata akan lebih memilih bermain ketimbang belajar. Stres bisa terjadi dikarenakan seorang pelajar tak kunjung mampu menguasai pelajaran yang diterima.

Belajar hanya beberapa jam saja kemungkinan dapat membuat otak menjadi terasa panas, apalagi kalau menjelang ujian. Tapi jangan khawatir, karena ada cara menghilangkan stres belajar yang bisa dicoba di rumah dan dijamin efektif. Ketika stres melanda, ada beberapa hal yang dapat dilakukan supaya stres tak berkelanjutan dan makin tak terkendali.

(Baca juga: ciri-ciri stres)

1. Merapikan Ruang/Meja Belajar

Stres belajar bisa jadi dikarenakan ruangan atau meja belajar yang berantakan sehingga Anda akan otomatis merasa malas dan tak tertarik untuk belajar. Bersihkan dan rapikan area belajar supaya lebih lega dan nyaman sehingga tak gampang bosan apalagi stres. Dalam pembersihan dan proses merapikan, tentunya segala mainan dan gadget disingkirkan juga.

2. Sedia Air Putih

Menjaga tetap terhidrasi itu penting karena bahaya dehidrasi mampu membuat seseorang merasa mudah stres juga. Air putih mampu meredakan stres sekalipun ketika sedang belajar. Maka dari itu, selalu sedia air putih di meja belajar atau ruang belajar supaya jika stres mulai muncul, kita bisa minum sebentar untuk menyegarkan hati serta pikiran.

3. Makan

Stres belajar terjadi ketika kita belajar di kala lapar dan hal ini sangat mungkin terjadi. Ada banyak pelajar yang memilih untuk belajar sambil mengemil atau makan dulu sebelum belajar, salah satu cara ini boleh dicoba. Supaya tidak stres karena fokus pada pelajaran terus, bisa juga sambil mengemil atau supaya tidak stres memahami pelajaran silakan untuk mengisi perut lebih dulu.

(Baca juga: makanan untuk menghilangkan stres)

4. Berpakaian yang Nyaman

Stres belajar bukan hanya bisa dikarenakan pelajarannya yang sulit dimengerti, faktor pakaian yang kurang nyaman bisa menjadi alasan bagi beberapa pelajar untuk stres. Karena ketidaknyamanan akan pakaian yang dipakai, ini kemudian menjadi faktor penyebab stres para pelajar.

Kebanyakan orang akan merasa paling nyaman dengan suhu 21-24 derajat Celsius dan apabila suhu tak bisa dikendalikan, alangkah baiknya kalau mengenakan pakaian yang nyaman. Pakaian nyaman itu adalah pakaian yang terbuat dari kain katun karena jika sampai berkeringat pun keringat akan terserap dengan baik.

5. Tidur

Dalam menghilangkan stres belajar, cobalah untuk ambil waktu sejenak untuk tidur jika memang pikiran sedang teramat kacau. Bila tak sempat tidur siang, tidur malam yang cukup yakni sekitar 7-8 jam sebetulnya akan membantu kita agar tidak mudah stres. Belajar membutuhkan konsentrasi, dan saat kita kurang tidur, konsentrasi akan menjadi sulit.

6. Mencari Lokasi yang Nyaman

Stres belajar bisa saja timbul karena lingkungan belajar yang membosankan di mana kita terus-terusan berada di kamar. Jika bosan dan membutuhkan suasana baru, tak ada salahnya untuk datang ke tempat-tempat yang lebih nyaman, seperti kafe misalnya. Ada beberapa orang yang lebih produktif dan nyaman bebas dari stres saat belajar di kafe ketimbang di rumah atau perpustakaan.

(Baca juga: ciri-ciri depresi)

7. Mandi Air Hangat

Ketika stres belajar, kita akan memiliki pikiran yang berkecamuk seperti ingin melepaskan semua apa yang mengganggu di benak kita. Cobalah untuk mandi air hangat sejenak dan rasakan kenyamanan air hangat tersebut. Dijamin mandi air hangat adalah cara menenangkan pikiran sekaligus menghilangkan stres belajar efektif.

8. Mencuci Wajah

Rasa bosan dan stres melanda ketika kita sedang belajar adalah hal yang wajar, apalagi kalau pelajaran sulit dipahami dan padahal sudah dekat ujian. Jangan takut apalagi khawatir karena kita bisa ambil waktu untuk sekadar membasuh wajah dan mencuci tangan supaya segar kembali. Cara sederhana ini akan menghilangkan stres dan menyegarkan pikiran kita lagi.

9. Melakukan Peregangan

Supaya stres belajar bisa hilang atau setidaknya berkurang, kita juga perlu melakukan peregangan sedikit agar lebih segar. Untuk proses peregangan, kita bisa melakukannya khusus di bagian leher, bahu, punggung, pinggang, dan juga kaki. Peregangan yang dilakukan selama 10 detik pada masing-masing bagian tubuh tersebut dan dengan kekuatan maksimal akan menjadikan stres mudah hilang.

  • Untuk meregangkan leher bagian depan, mulut bisa dijaga tetap tertutup dan dongakkan kepala menghadap ke atas melihat langit-langit.
  • Untuk meregangkan leher bagian belakang, dagu Anda perlu untuk diarahkan ke dada di mana seperti menunduk tapi sampai dagu menyentuh dada.
  • Untuk meregangkan leher bagian samping, wajah hadapkan ke depan dan kemudian pakailah tangan Anda untuk membantu mendorong dan menekukkan kepala ke bahu. Ulangi beberapa kali untuk kedua sisi.
  • Untuk meregangkan bahu, Anda bisa menyatukan kedua tangan di belakang punggung dan dorong ke bawah di mana ini akan menarik otot-otot Anda menjadi lebih baik.
  • Untuk meregangkan bagian kaki, tekuklah satu kaki ke belakang dan tahan dengan tangan. Tariklah kemudian sampai terasa meregang dan ulangi untuk sisi kaki satunya.
  • Untuk meregangkan bokong, bersandarlah pada dinding dan angkat satu kaki ke atas dengan menekuknya tepat di hadapan Anda. Dengan tangan yang berlawanan dengan sisi kaki yang diangkat, tariklah kaki ke samping dan ulangi langkah ini untuk kaki satunya selama beberapa detik.
  • Untuk meregangkan punggung bagian bawah, Anda bisa berdiri dengan posisi kedua kaki lurus, lalu membungkuklah. Pastikan kondisi kaki masih lurus dan dengan kedua tangan Anda mencapai permukaan lantai.
  • Untuk meregangkan perut, Anda bisa berdiri menghadap ke depan dengan kaki lurus sejajar. Kemudian Anda bisa melanjutkan dengan membelokkan tubuh ke arah kanan dan kiri masing-masing beberapa detik. Cara peregangan ini tak hanya membuat tubuh lebih baik tapi juga menghilangkan stres saat belajar.

(Baca juga: gejala depresi)

10. Memperoleh Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari memang bisa sangat membahayakan kulit apalagi bahaya sinar matahari di siang hari. Tapi seseorang yang sedang stres, termasuk stres karena belajar, juga membutuhkan sedikit paparan sinar matahari untuk menjadikannya merasa lebih baik. Kita tak perlu berpanas-panasan secara berlebihan, tapi cukup hanya untuk menghilangkan kepenatan saja.

11. Mengonsumsi Makanan Pedas

Saat sedang stres belajar, cobalah hilangkan rasa stres tersebut dengan mengambil waktu untuk menikmati makanan pedas sebentar. Ingat bahwa setiap tubuh manusia mampu mengeluarkan endorfin untuk melawan segala bentuk stres. Rasa panas akibat dari kepedasan akan otomatis menjadi stimulator endorfin sehingga dijamin stres berkurang atau bahkan hilang.

12. Menelepon atau Mengobrol dengan Teman

Rasa bosan dan juga stres sangat wajar apabila terjadi pada seseorang yang sedang belajar, khususnya saat mendekati masa ujian. Supaya stres hilang, luangkan waktu hanya sekadar untuk mengobrol bersama teman. Entah itu lewat telpon atau chatting melalui berbagai aplikasi di ponsel akan membuat kita jauh lebih baik.

(Baca juga: gejala bipolar)

13. Menonton Video Lucu atau Inspiratif

Belajar terus-menerus akan mengakibatkan stres dan jika dipaksakan malah justru biasanya tidak akan efektif. Oleh karena itu, ambil waktu sejenak untuk menonton video-video lucu yang bisa membuat kita tertawa atau bahkan menonton video motivatif dan inspiratif. Hal tersebut akan membantu kita segar kembali dan siap belajar kembali nanti.

14. Mengonsumsi Coklat Hitam

Supaya stres belajar hilang, makanlah coklat hitam yang diketahui paling mampu menstimulasi produksi oksitosin. Banyak orang mengandalkan coklat hitam ketika sedang stres karena memang mengonsumsinya adalah cara mengatasi stres yang terbilang ampuh. Ini akan meningkatkan mood kita sehingga stres dijamin hilang.

15. Melatih Pernapasan

Selain melakukan peregangan, melatih pernapasan juga penting untuk dilakukan supaya tidak mudah terbawa stres. Lakukan dengan cara mencari posisi yang nyaman, kemudian tutuplah kedua mata. Pastikan seluruh otot tubuh dalam kondisi yang rileks, lalu bernapaslah melalui hidung.

Ambil nafas yang kemudian ditahan selama 7 detik, lalu keluarkan atau hembuskan nafas tadi lewat mulut selama 7 detik juga. Lakukan metode ini berulang kali hingga 7 kali dan setelahnya pasti tubuh dan pikiran menjadi jauh lebih rileks dan siap untuk menghadapi pelajaran yang sulit kembali dengan lebih semangat.

(Baca juga: ciri-ciri sehat mental)


16. Memijat

Stres belajar bisa mengakibatkan sakit kepala pada beberapa orang, maka dari itu bersiaplah juga untuk memberi pijatan seperlunya. Kita bisa melakukan pemijatan di bagian pelipis, kelopak mata, leher bagian belakang, telinga bagian belakang, serta telapak tangan dan kaki. Pemijatan ringan akan membantu tubuh serta pikiran menjadi jauh lebih baik sehingga nantinya kita bisa melanjutkan belajar tanpa stres yang bertumpuk-tumpuk.

17. Berpikir Positif

Saat stres belajar, kita akan sering merasa bahwa diri kita tak mampu memahami pelajaran tersebut dengan baik. Bahkan kadang kala kita akan merasa sudah berada di ujung dan seperti akan menyerah. Namun tetaplah berpikir positif bahwa diri kita mampu dan jangan sampai rasa percaya diri justru menjadi makin turun.

18. Pergi Bermain dengan Teman

Salah satu obat stres belajar paling ampuh adalah bermain bersama dengan teman. Jika mengobrol melalui telpon atau pesan singkat tidaklah begitu efektif dalam menghilangkan stres, Anda bisa melakukannya dengan cara pergi bersama teman untuk hangout di tempat-tempat untuk refreshing. Entah itu cuci mata di mall, makan bersama di kafe, atau sekadar jalan-jalan mencari udara segar adalah cara yang oke.

(Baca juga: cara menghindari stres)

Demikianlah berbagai cara menghilangkan stres belajar paling ampuh dan juga tergolong aman serta positif. Menghilangkan stres tak harus dengan cara yang negatif karena cara-cara di atas cukup ampuh untuk me-refresh kembali pikiran dan suasana hati kita ketika suntuk belajar terus.

, ,
Oleh :
Kategori : Stres