37 Cara Menenangkan Pikiran yang Kacau

Mungkin Anda sedang merasa tertekan, tak bahagia dan banyak pikiran? Ini akan menjadikan Anda begitu terlihat kurang bersemangat. Seringkali, pikiran yang sedang kacau dan kalut malah justru membuat seseorang bertindak di luar akal sehat. Bertindak nekat yang bisa merugikan diri sendiri dan orang lain bisa saja terjadi ketika sedang stres.

Ada berbagai cara menenangkan pikiran yang sedang kacau saat sedang stres. Apapun penyebab stres Anda, berikut di bawah ini merupakan serangkaian cara ampuh dan aman untuk Anda coba lakukan supaya perasaan dan pikiran menjadi jauh lebih enteng. Supaya beban pikiran lebih ringan dan juga tenang sehingga bisa menikmati hidup lebih baik, cara-cara berikut wajib dipertimbangkan.

(Baca juga: ciri-ciri stres)

1. Ambil Waktu untuk Sendiri

Mengambil waktu sendiri adalah yang paling baik ketika pikiran sedang kacau. Menyendiri adalah cara yang baik untuk menenangkan pikiran karena saat sedang bersama banyak orang, kita akan sulit berpikir jernih. Terkadang pikiran hanya akan menjadi makin kacau saja saat sedang bersama orang lain.

Pikiran yang tadinya berantakan, ketika sedang menyendiri biasanya akan menjadi lebih tenang ketimbang sebelumnya. Memberikan waktu bagi diri sendiri adalah hal terbaik karena Anda butuh untuk berpikir secara jernih. Bahkan dengan waktu menyendiri, Anda bisa melakukan suatu hal yang disukai supaya stres bisa hilang.

2. Mendengarkan Musik

Saat pikiran sedang kacau, tak ada salahnya untuk mendengarkan musik favorit karena hal ini akan sangat membantu dalam menenangkan pikiran. Baik itu musik yang berirama cepat atau lambat, asalkan ini adalah lagu atau musik favorit Anda, hati dan pikiran dijamin jauh lebih baik. Ini karena musik memiliki kemampuan dalam membantu seseorang mengeluarkan hormon bahagia.

Pilihan musik bisa tergantung dari apa yang Anda suka, tapi sebetulnya jenis musik klasiklah yang paling dianjurkan. Musik klasik dengan instrumen piano, biola dan gitar adalah yang yang lebih baik, namun kembali lagi kepada setiap karakter orang berbeda-beda dan selera musiknya pun juga demikian.

3. Beribadah

Untuk dapat menenangkan pikiran yang kacau karena sedang stres, Anda bisa beribadah karena ketika Anda meningkatkan sisi spiritual Anda, segala masalah dalam bentuk apapun tak akan membuat kacau. Saat mendekatkan diri dengan Sang Pencipta, pikiran dijamin akan jauh lebih tenang dan lebih baik secara positif.

Seperti kita lihat pada kebanyakan orang, mereka yang sedang terkena masalah biasanya akan semakin rajin beribadah. Ibadah adalah kunci untuk hidup yang tenang dan tanpa beban pikiran. Saat pikiran kacau dan seakan masalah yang dihadapi tak ada jalan keluar, orang yang beribadah akan dapat tenang dengan cepat karena fokusnya adalah pengandalan akan Tuhan.

(Baca juga: gejala depresi)

4. Berpikir Positif

Stres dan pikiran yang kacau kemudian berkembang menjadi depresi biasanya berawal dari pikiran kita. Itulah mengapa mengubah pola pikir adalah hal utama yang perlu dilakukan terhadap segala masalah yang sedang dihadapi. Pikiran yang terus negatif maka akan semakin membuat stres serta dan hal ini tak akan membantu sama sekali.

Ambil waktu untuk menenangkan hati dan penuhi pikiran dengan segala hal yang positif sehingga segala yang negatif dapat disingkirkan. Tak perlu mencari siapa yang patut dipersalahkan atau meratapi masalah yang ada. Pikirkan bagaimana untuk menyelesaikan secara baik dan bukan dengan cara-cara negatif, apalagi lari dari masalah ke hal-hal yang tidak benar.

5. Mencari Udara Segar

Mungkin Anda tengah kacau baik itu di rumah atau di kantor, kalau misalnya Anda tak bisa berpikir jernih karena di dalam ruangan membuat Anda tambah pusing, silakan keluar sebentar. Tak ada salahnya untuk mencari udara segar sebentar dengan berjalan-jalan ke luar di mana ini salah satu bagian dari menyendiri.

Tak perlu pergi jauh-jauh, Anda bisa mencari udara segar di kompleks kantor atau rumah cukup dengan berjalan saja. Ambil waktu 5-15 menit untuk melakukan ini dan Anda pasti akan merasakan perbedaannya. Pikiran akan otomatis menjadi lebih baik, tenang dan segar setelah melakukan langkah satu ini.

6. Berteriak

Ada kalanya pikiran seseorang saking kacaunya sampai ia ingin berteriak sekencang-kencangnya untuk mengeluarkan segala masalah yang tengah dipendam. Ketika tak memiliki teman untuk berbagi, cara satu ini merupakan cara positif yang bisa dicoba. Banyak kita lihat adegan di film-film ketika seseorang merasa stres dan memilih untuk berteriak kencang.

Hal ini bukan sekadar teori, Anda bisa membuktikan sendiri bahwa berteriak mampu menenangkan pikiran Anda secara efektif. Jika Anda bisa menemukan tempat yang sepi, seperti di pegunungan atau paling tidak di atap gedung kantor misalnya. Tempat-tempat ini merupakan tempat yang pas bagi Anda untuk melepaskan segala kepenatan dan pikiran kacau dengan berteriak sekencang-kencangnya.

(Baca juga: ciri-ciri depresi)

7. Minum Air Dingin

Pikiran yang tak tenang dan sedang kacau bisa membuat hati ikut menjadi panas sehingga terkadang seseorang tak bisa berpikir jernih. Oleh karena itu, penting untuk mengambil langkah positif untuk membuat pikiran serta perasaan lebih tenang. Salah satu cara adalah dengan minum air putih dingin atau air es supaya tubuh dan pikiran lebih segar.

8. Melakukan Peregangan

Pikiran yang kacau selalu akan menegang, begitu juga dengan tubuh Anda, oleh karena itu ada baiknya untuk melakukan sedikit peregangan. Supaya pikiran dan tubuh lebih segar dan tenang, ambil waktu 5-10 menit untuk stretching ringan dan cepat. Cara ini cukup efektif dalam menenangkan pikiran.

9. Menulis

Saat sedang merasa begitu tertekan, tak ada salahnya untuk menenangkan pikiran dengan cara menulis. Mungkin Anda punya sebuah buku jurnal atau diari, atau bisa kertas kosong tak terpakai; gunakan fasilitas tersebut sebagai media menulis segala keluh kesah dan kekesalan Anda. Tuangkan segala masalah yang membuat pikiran ruwet dengan menulis.

Cara ini terbilang sangat efektif bagi beberapa orang, khususnya sejumlah orang yang lebih nyaman meluapkan emosinya lewat tulisan dan bukan dengan bercerita ke orang lain. Tulis apa saja dan di mana saja dengan banyak tulisan sesuai dengan yang Anda inginkan. Dijamin cara ini cukup melegakan dan membuat pikiran kusut menjadi lebih tenang dan baik.

(Baca juga: akibat begadang malam terus-menerus)

10. Menata Lingkungan Sekitar

Cara ampuh lain untuk membuat pikiran lebih tenang adalah dengan melakukan penataan di lingkungan sekitar Anda. Mungkin pikiran sedang kacau, Anda bisa melakukan tindakan positif dengan membenahi dan menata kamar, ruang kerja, atau seluruh bagian rumah. Ketika ruangan yang ditempati lebih rapi dan bersih, ini akan memengaruhi suasana hati menjadi lebih baik.

Saat suasana hati membaik, otomatis segala hal yang membuat pikiran tak tenang juga bakal ikut hilang. Lingkungan yang rapi dan baru akan mendukung pikiran dan hati yang sedang tak enak menjadi lebih segar dan tenang. Kerap mengubah tatanan dari ruangan favorit Anda akan membuat tidak gampang bosan juga.

11. Menangis

Cara lain untuk menenangkan diri dengan meluapkan segala perasaan dan pikiran yang mengganggu adalah dengan menangis. Selain berteriak, menangis adalah yang paling sering dilakukan kebanyakan orang saat sedang stres. Jangan tahan lagi kalau memang Anda ingin menangis; tangiskan dan keluarkan saja supaya pikiran dan perasaan lebih baik.

12. Curhat

Supaya pikiran lebih enteng, Anda bisa mencoba untuk berbagi kepada orang terdekat atau istilah lainnya curhat. Saat seseorang sedang ada masalah, biasanya ia akan mencari orang terdekat dan paling terpercaya untuk berbagi tentang masalahnya.

Menceritakan masalah kepada orang yang dekat dan dipercaya mampu melegakan pikiran dan perasaan. Curahan hati dan pikiran kita yang diceritakan kepada mereka tanpa adanya solusi pun akan membuat kita merasa lebih baik. Cukup dengan ada orang lain yang mendengarkan dan berempati saja umumnya akan membuat pikiran tak lagi pusing dan kacau.

(Baca juga: gejala bipolar)

13. Meminta Nasihat/Motivasi dari Orang Lain

Supaya pikiran menjadi jauh lebih tenang, selain hanya berbagi cerita, ada pula orang yang sekalian meminta motivasi, doa dan nasihat dari orang yang dipercayainya. Ada tipe orang yang hanya bercerita saja supaya ia merasa lebih lega, namun ada pula yang lebih mantap kalau sudah mendapatkan ide jalan keluar, nasihat atau motivasi dari orang lain.

Orang tua, kakak, atau sahabat biasanya adalah orang-orang yang bisa kita datangi saat pikiran sedang kacau. Pengalaman hidup yang sudah jauh lebih banyak akan menginspirasi serta otomatis memotivasi kita supaya menghadapi masalah dengan dewasa, positif dan baik.

14. Melatih Pernapasan

Saat pikiran kacau, tak jarang beberapa orang akan menjadi sulit mengendalikan diri serta emosinya. Untuk cara menghindari stres maupun depresi, Anda bisa melatih pernapasan di mana Anda bisa mengawalinya dengan menutup mulut, kemudian ambil nafas satu kali lewat hidung. Dalam hitungan 4 detik, Anda bisa bertahan dan kemudian hembuskan kembali nafas selama 8 detik.

Ulangi cara ini sebanyak 4 kali, tapi Anda bisa melakukannya dengan hitungan sedikit kalau tak bisa menahan nafas terlalu lama. Hanya saja, Anda bisa kemudian meningkatkan jumlah hitungan detiknya sampai mampu bertahan agak lama. Cara ini sangat efektif untuk menenangkan pikiran serta hati yang tengah kalut.

15. Bervisualisasi

Visualisasi adalah cara yang juga aman untuk menenangkan pikiran Anda di mana tentunya visualiasi yang dilakukan hanya yang positif saja. Visualisasi sama dengan imajinasi, jadi bayangkanlah suasana yang nyaman serta damai dan ciptakan seolah-olah hal tersebut nyata. Pikiran serta tenaga pun perlu difokuskan pada visual tersebut supaya lebih efektif.

16. Melakukan Yoga

Yoga adalah salah satu latihan fisik yang bisa membantu supaya keseimbangan antara tubuh, mental dan jiwa seimbang senantiasa. Peregangan otot pada Yoga tak seperti peregangan otot biasa karena tekniknya pun berbeda. Ada posisi-posisi tertentu yang perlu untuk Anda ciptakan dan diri pun harus fokus pada posisi tersebut.

(Baca juga: ciri-ciri sehat mental)

17. Minum Air Putih Banyak

Selain menjadi penyelamat bagi tubuh Anda supaya terhindar dari yang namanya bahaya dehidrasi, minum air putih banyak di kala stres dan banyak pikiran adalah ide bagus. Tak perlu pakai es juga tidak masalah karena yang terpenting asupan cairan senantiasa terpenuhi dengan baik.

Terkadang pikiran menjadi mudah tak tenang dan fokus karena kurangnya cairan di dalam tubuh sehingga otak tak bisa bekerja secara maksimal. Oleh karena itu, minumlah 8-10 atau lebih gelas air putih setiap harinya. Dengan begini, Anda pun menghindari bahaya akibat kurang minum air putih; hanya saja, bersiaplah dengan risikonya, yakni sering buang air kecil.

18. Minum Minuman Hangat

Ini terserah kepada Anda, apakah ingin memilih untuk minum minuman dingin atau justru yang hangat. Keduanya terbukti efektif sebagai cara mengatasi stres dan bahkan menurunkan tekanan darah. Minuman panas atau hangat yang ada sedikit kandungan alkohol dan kafein akan mampu membuat depresi serta kecemasan, jadi jangan mengonsumsinya.

19. Minum Susu

Selain menjadi minuman yang mampu mencegah osteoporosis, susu terutama yang dalam kondisi hangat mampu membuat pikiran jauh lebih tenang. Itulah mengapa seseorang yang susah tidur akan dianjurkan untuk meminum susu hangat. Kadar triptofannya yang tinggi akan membantu agar produksi serotonin meningkat pada otak dan inilah yang akan menenangkan pikiran secara efektif.

(Baca juga: cara menjaga kesehatan mental)

20. Minum Teh Hijau

Teh hijau adalah jenis minuman sehat yang kita kenal berkandungan antioksidan tinggi. Banyak orang yang mengalami stres akan mengonsumsi teh hijau sebagai solusinya. Zat alami di dalam teh hijau akan mengurangi tingkat stres dan itu artinya pikiran kacau pun juga bakal hilang dan menjadi lebih tenang. Teh hijau dingin atau panas memberikan efek baik yang sama.

21. Menghabiskan Waktu bersama Hewan Peliharaan

Orang yang sedang pikirannya kacau terkadang tak ingin melakukan interaksi dengan sesamanya, meski orang tua, saudara atau sahabat sendiri. Menghabiskan waktu bersama hewan peliharaan dan menyentuhnya telah diteliti menjadi solusi yang baik untuk mengurangi stres dan menenangkan pikiran.

22. Menggunakan Aromaterapi

Pikiran kacau dan stres bisa juga Anda atasi dengan menghirup aromaterapi yang akan menyejukkan dan menyegarkan kembali pikiran Anda. Wewangian lembut dipastikan mampu membuat perasaan dan pikiran lebih tenang. Pakai saja minyak aromaterapi dengan mengoleskannya ke lengan, area pelipis atau bawah hidung.

23. Berendam Air Hangat

Dalam mengatasi pikiran yang kacau, Anda juga bisa mencoba berendam air hangat. Ketika berendam air hangat, ini akan membantu supaya endorfin terlepas dari tubuh Anda sehingga stres pun berkurang. Waktu atau durasi berendam yang dianjurkan adalah 20 menit supaya hasilnya bisa optimal.

(Baca juga: bahaya mandi air hangat)

24. Menonton Video atau Film Lucu

Supaya pikiran bisa menjadi tenang dan tak dipenuhi masalah, silakan coba untuk mencari video lucu dari Internet atau memutar film ber-genre komedi yang Anda suka. Selain pikiran lebih segar dan tenang, cara ini akan memperbaiki suasana hati juga. Tanpa harus bertindak negatif, Anda bisa membuat pikiran jadi lega.


25. Menyalakan Lilin di Dekat Anda

Apabila Anda sedang banyak pikiran dan kemudian memilih untuk menghabiskan waktu sendiri di kamar atau di ruangan tertentu, cobalah nyalakan lilin. Lilin ini bisa menggantikan lampu di mana Anda mematikan lampu supaya cahaya dari lilinlah yang menerangi ruangan. Anda akan merasa lebih rileks dan pikiran juga otomatis lebih tenang karena cara ini.

26. Tersenyum

Ketika pikiran sedang kusut mana bisa untuk tersenyum? Anda bisa tersenyum dengan memaksakannya, namun setelah beberapa lama dipaksakan, justru nanti akan merasa lebih baik. Tak hanya pikiran lebih tenang, dengan tersenyum perasaan Anda menjadi jauh lebih ringan seperti tak ada beban lagi.

27. Sit Up dan Push Up

Olahraga adalah jalan untuk membuat pikiran kacau menjadi hilang, jadi tak salah kalau di kala Anda emosi serta stres dengan pikiran berkecamuk, lakukan sit up dan push up. Olahraga ini terbilang ringan dan justru juga sangat menyehatkan. Hanya saja, lakukan pada batas wajar saja dan waspadai bahaya olahraga yang berlebihan.

28. Menutup Mata dan Mendengarkan Hembusan Nafas

Dalam mengatasi pikiran yang semrawut, Anda perlu meluangkan waktu sejenak untuk menutup kedua mata. Dari situ, Anda kemudian bisa mendengarkan hembusan nafas dan hal ini baru bisa efektif bila dilakukan di tempat yang tak bising alias sunyi dan sepi. Saat nafas dihembuskan perlahan, dengarkan dan rasakan, efeknya akan sangat baik untuk menenangkan pikiran Anda yang tengah tak karuan.

(Baca juga: bahaya olahraga tanpa pemanasan)

29. Mencari dan Berfokus pada Warna-warna Menenangkan

Pikiran yang sedang kusut sebaiknya tak terkena paparan dari warna-warna yang begitu mencolok dan terang. Justru untuk menenangkan pikiran, Anda bisa memfokuskan diri dan pandangan pada warna-warna yang memberikan rasa dan efek tenang. Kombinasi warna cerah seperti merah, kuning dan oranye bukanlah yang terbaik, lebih baik Anda pilih warna biru, putih dan hijau di mana ada kenyamanan, kesejukan dan rasa tenang yang ditawarkan.

30. Menjauhkan Diri dari Sosial Media

Pikiran yang tenang adalah dengan tidak berada di sosial media. Sosial media bukanlah cara untuk bisa menenangkan pikiran, tapi justru biasanya malah bisa menambah panas pikiran dan hati. Oleh karena itu, cobalah menjauhkan diri sementara dan matikan ponsel. Anda bisa melakukan hal lain selama beberapa jam tanpa ponsel dan sosial media.

31. Menggambar/Mewarnai

Cara ini kelihatannya memang kekanak-kanakan bagi beberapa orang, tapi Anda boleh mencobanya dulu dan buktikan sendiri bahwa menggambar/mewarnai merupakan kegiatan yang menyenangkan. Aktivitas sederhana ini banyak digunakan dan diyakini mampu mengatasi stres dan depresi. Jadi, tak ada salahnya Anda membuat pikiran tenang dengan aktivitas semacam ini.

(Baca juga: faktor penyebab lemah mental)

32. Menghindari Makanan/Minuman Bergula Tinggi

Makanan dan minuman dengan kandungan gula tinggi alias yang manis-manis bisa Anda hindari lebih dulu. Makanan/minuman yang mengandung gula berlebihan bisa menjadi stimulator bagi otak sehingga relaksasi pun akan lebih sulit nantinya. Pikiran pun bukannya menjadi lebih tenang, malah bisa berpotensi menjadi makin berkecamuk.

33. Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Selenium

Perhatikan apa yang Anda makan selama mengalami pikiran yang kusut karena saat stres, apa yang masuk ke dalam tubuh juga bisa berpengaruh. Supaya Anda bisa menenangkan pikiran dan menghilangkan segala kecemasan, makanan berkandungan tinggi akan selenium sangat dianjurkan. Contoh dari makanan tersebut adalah ikan tuna, minyak ikan, jamur shitake, kacang Brasil, dan juga salmon.

34. Makan Makanan yang Mengandung Zat Besi

Perlu diketahui bahwa mineral zat besi merupakan jenis nutrisi penting yang diperlukan tubuh dan tak hanya mampu menambah darah saja. Zat besi tinggi pada makanan bakal mampu menjadi penurun hormon yang menyebabkan timbulnya kecemasan. Jadi dengan mengonsumsi makanan seperti ikan halibut, biji labu dan bayam, Anda bisa lebih tenang dan bersuasana hati lebih baik.

(Baca juga: makanan untuk menghilangkan stres)

35. Makan Makanan yang Mengandung Triptofan

Kadar triptofan tinggi pada makanan seperti coklat hitam, daging merah dan kacang-kacangan akan membantu meredakan stres. Ini karena triptofan sendiri merupakan senyawa yang mampu mendukung produksi serotonin menjadi lebih tinggi. Serotonin ini adalah peningkat rasa bahagia.

36. Berinteraksi dengan Alam

Interaksi dengan alam juga mampu membuat seseorang lebih tenang dalam berpikir. Untuk kesehatan fisik dan mental, interaksi ini sangat diperlukan. Jadi bagi yang suka mendekatkan diri dengan alam, ini adalah hobi yang bagus. Tak usah harus naik ke gunung, Anda cukup melakukan kegiatan sederhana di rumah seperti berkebun pun sudah cukup. Dari situ Anda akan membuat Anda mempunyai energi yang begitu kuat dan positif sehingga pikiran akan jauh lebih segar dan tenang.

37. Menghindari Kebisingan

Ketika pikiran tak bisa diajak berkompromi dan sangat kacau, menghindari keramaian adalah yang paling penting. Suara bising dan keramaian hanya akan membuat seseorang tambah stres karena di saat pikiran kacau, inderanya seluruhnya menjadi sensitif. Daripada berada di tempat ramai, carilah tempat sepi dan sunyi untuk menyendiri dan menenangkan pikiran.

(Baca juga: cara meningkatkan daya tahan tubuh)

Itulah cara-cara menenangkan pikiran kacau paling ampuh dan sederhana yang kiranya bisa Anda coba saat pikiran dan hati sedang kalut. Saat pikiran lebih tenang, keputusan yang diambil akan lebih baik dan bijak di mana hal ini akan berpengaruh juga terhadap hidup yang lebih berkualitas.

, , ,
Oleh :
Kategori : Stres